Menu
Selamat Datang Di Website Kami - Jasa Pembuatan Jersey Printing

Formasi Futsal Yang Terbaik Saat Bertahan Dan Menyerang

Formasi Futsal Yang Terbaik Saat Bertahan Dan Menyerang

Pernakah Anda melakukan evaluasi atau mencari penyebabnya, mengapa tim anda sering mengalami kekalahan saat bertanding. Padahal sebelum pertandingan mungkin saja Anda dan tim yakin akan mampu meraih kemenangan. Harus di ketahui jika futsal merupakan permainan tim yang bukan ajang permainan indivindu yang pastinya butuh strategi yang akan di usung dan di terapkan saat bertanding. Karena kebanyakan tim futsal yang sering menelan kekalahan, karena memiliki stratergi atau skema permainan yang buruk.

Formasi Futsal Yang Terbaik Saat Bertahan Dan Menyerang

Memang jika mau di kaji banyak sekali sebenarnya faktor yang bisa mempengaruhi sebuah tim untuk bisa meraih sebuah kemenangan bukan hanya kemampuan indivindu atau skill pemain saja. Untuk itu sebuah membutuhkan juga taktik yang dapat membuat permainan menjadi lebih kompetitif yang membuat lawan akan menjadi waspada dan segan ketika bertemu dengan tim Anda.

Berikut ini akan di ulas terkait berbagai formasi futsal yang bisa di pakai tim Anda. Sehingga nanti saat bermain bisa menjadi lebih terorganisir dalam meraih kemenangan.

Mengenal Prinsip Prinsip Dalam Formasi Futsal

Formasi futsal yang akan di ulas dalam artikel ini bisa menjadi formasi terbaik bagi tim Anda. Namun juga perlu memperhatikan beberapa faktor yang juga bisa mempengaruhi keberhasilannya formasi formasi tersebut di antaranya : tim lawan yang di hadapi, tipe pemain di tim Anda dan juga tingkat kebugaran pemain yang ada pada tim Anda.

Adapun formasi yang bisa di gunakan nanti, ada dua prinsip dasar sederhana yang harus lebih dulu mampu Anda kuasai.

1. Memiliki minimal satu orang yang memiliki naluri menyerang

Pastinya Anda hasrus memiliki setidaknya satu pemain yang memiliki naluri menyerang  dengan baik terutama dalam melepaskan tekanan dari pertahanan kubu lawan.

2. Memiliki minimal satu orang dengan naluri bertahan

Sering Anda lihat sebuah tim berantakan di karenakan tidak memiliki satu pemain pun yang mampu bertahan dengan cepat dan tepat. Tim yang baik tahu bahwa tim perlu memiliki seseorang yang mampu menjalankan peran ini.

Kedua prinsip di atas hendaknya di miliki sebuah tim agar mampu bermain dengan baik. Karena tim yang baik bukan hanya kuat saat menyerang, namun juga saat bertahan.

Mulai Dengan Cara Yang Sederhana Lebih Dulu

Dalam bermain futsal jelas hanya terdapat empat pemain di lapangan, yang berarti hanya ada beberapa cara untuk mengatur tim anda. Untuk mencoba menerapkan formasi, sebaiknya di mulai dari tingkat yang sederhana dulu dan nanti kemudian di kembangkan ke tingkat yang lebih rumi atau formasi yang lebih modern.

Dan cara terbaik untuk menerapkan formasi formasi tersebut, dengan menggunakan sebagai formasi bertahan lebih dulu. Dan ketika tim kehilangan bola, setiap pemain kembali ke pertahanan dengan formasi tersebut.

Ketika tim Anda menyerang, formasi tersebut dapat di terapkan atau dapat di gunakan kembali. Namun setiap pemain harus bisa melakukan sistem rotasi posisi dan membuka ruang, agar pemain lain mudah untuk saling melakukan operan. Ketika menyerang, jangan hanya terpaku pada bentuk formasi secara tepat, karen akan bisa melumpuhkan kreatifitas dalam membongkar pertahanan kubu lawan.

Mari kita mulai dengan mempertimbangkan formasi formasi berikut ini:

-A. Formasi 1-2-1 ( Diamond Formation / Formasi Berlian )

Taktik Futsal Dalam Srategi Bertahan Yang Efektif

Taktik dan skema formasi berlian adalah merupakan salah satu formasi yang paling populer dalam memberikan keseimbangan sebuah tim baik saat menyerang ataupun saat bertahan.

Dalam formasin ini, menempatkan satu pemain di posisi bertahan , satu pemain sebagai penyerang dan dua pemain mengisi pos sayap atau lini tengah yang di harapkan akan mampu mendukung tim baik saat bertahan maupun ketika menyerang. Kedua pemain ini juga harus mampu beradaptasi kapan saat tim harus menyerang dan kapan saat tim akan bertahan.

Kelebihan fomasi ini:
+ Memberikan permainan yang melebar pada tengah lapangan
+ Memberikan rasa disiplin dan tanggung jawab pada posisi pemain. Terutama saat bertahan maupun menyerang. Satu pemain bertanggung jawab bertahan dan satu pemain bertanggung jawang sebagai penyerang utama.

Kekurangan formasi ini :
– Jika pemain sayap terlalu fokus menyerang hanya akan meninggalka satu pemain di sektor pertahanan. Dan tentunya dapat di manfaatkan kubu lawan saat melakukan serangan balik dengan dua orang pemain lawan atau bahkan lebih. Untuk itu pemain di posisi bertahan harus disiplin dan kedua pemain sayap harus mampu membatu pertahanan dengan cepat.
– Dua pemain sayap harus fleksibel dalam menempati posisinya. Dan dua pemain ini harus mampu membaca pertandingan dengan baik, kapan saat menyerang dan kapan saat bertahan. Selain itu, pemain sayap di tuntut memiliki kecepatan dan stamina yang sangat baik , karena kedua pemain ini akan sering bergerak selama pertandingan berlangsung.

B. Formasi 2-2 ( Square Formasi / Formasi Kotak )

Taktik Futsal Dalam Srategi Bertahan Yang Efektif

Formasi ini biasa juga di sebuat dengan formasi kotak jika melihat posisi pemain yang di turunkan. Dalam formasi ini, dua pemain akan bertugas bertahan dan dua pemain bertugas untuk menyerang.

Formasi memagng sangat sederhan sekali, dapat untuk mengembangkan pertahanan dengan dua orang  dan penyerangan juga dua orang.

Walaupun dua pemain di tugaskan untuk menyerang dan dua pemain untuk bertahan, namun peran semuan pemain harus fleksibel. Pemain yang bertahan juga harus mampu membantu serangan dan begitu juga sebaliknya ( dalam pertandingan bisa saja terjadi rotasi pemain atau bertukar tempat ). Dan kebanyakan tim bertahan dengan tiga pemain, begitu juga saat melakukan serangan.

Kelebihan formasi ini :
+ Memberikan kesimbangan yang baik saat menyerang maupun bertahan
+ Pertahana dan penyerangan memiliki pemain cukup di posisinya

Kekurangan formasi ini:
– Pertahanan bisa menjadi lemah bial satu pemain bertahan ikut membant serangan sementara pemain menyerang tidak mau membatu pertahanan
– Bisa saja menjadi tidak jelas siapa penyerang yang akan membantu bertahan dan pemain bertahan yang harus membantu serangan jika sebuah tim belum mampu melakukan komunikasi dengan baik atau belum pengalaman bermain bersama.

C. Formasi 2-1-1 ( Pyramid Formatiom / Formasi Piramida)

Formasi piramida lebih kuat dalam bertahan di banding dengan formasi 2-2 atau formasi kota. Formasi ini menggunakan dua pemain bertahan dan satu pemain tengah dan stu pemain bertugas menyerang.

Kelebihan formasi ini
+ Formasi ini sangat baik ketika mencoba melakukan pressing tinggi di pertahanan sendiri dan kemudian melakukan serangan balik yang cepat
+ Memiliki satu pemain yang bisa fokus pada penyerangan
+ Pemain tengah bisa memberikan dukungan dengan maksimal pada pertahan
+ Memiliki dua pemain bertahan, satu orang dapat membantu serangan dan satu bertahan tetap di posisinya.

Kekurangan formasi ini:
– Kudua pemain bertahan tidak dapat mengandalkan gelandang saja untuk membantu penyerangan
– Membutuhkan pemain tengan yang memiliki mobilitasi dan stamina yang prima dalam menjalankan perannya untuk bisa membantu bertahan maupun menyerang.

D. Formasi Y / Y Formation

Sebenarnya formasi yang membentuk seperti huruf Y ini memiliki resiko tinggi. Jika memang harus menggunakan formasi ini , pastikan tim anda mencetak banyak gol. Karena dengan menggunakan dua penyerang dan hanya meninggalkan satu pemain bertahan dan satu  pemain gelandang untuk membantu serangan , membuat pertahanan lebih lemah dan mudah dieksploitasi kubu lawan.

Kelebihan formasi ini:
+ Formasi ini sangat berguna untuk melawan tim yang lemah dan untuk mengejar ketertinggalan gol.
+ Satu pemain di belakang bisa fokus bertahan saja
+ Lebih baik formasi ini di gunakan untuk melakukan presssing tinggi di pertahanan lawan.

Kekuarangan formasi ini:
– Butuh adaptasi yang lebih untuk bertahan saat melawa tim yang memiliki kekuatan lebih baik. Di butuhkan setidaknya 3 pemain dalam beratahan. Untuk itu perlu di pertimbangkan transisi formasi menjadi formasi berlian atau piramida ketika kehilangan bola
– Jika pemain tidak ikut membatu pertahanan dan tidak melakukan pressing ketikan kehilangan bola, pertahanan dalam kondisi bahaya.

Setelah mampu mempelajari dan menguasi formasi di atas. Di harapkan tim Anda juga mampu mempelajari strategi yang di gunakan kubu lawan, agar formasi yang di terapkan tim Anda bisa tepat untuk bisa mengakhiri laga dengan kemenangan.

bikin jersey futsal printing



Rekomendasi dari WHO terkait langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  • Cuci tangan lebih sering setidaknya selama 20 detik
  • Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  • Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  • Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  • Gunakan masker bila keluar dari rumah
  • Hindari menyentuh wajah
  • Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling membantu dengan menjaga diri dan lingkungan masing-masing. Semoga kita semua selalu sehat dan bisa melalui keadaan saat ini.

Desain Jersey Terbaru

Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Jersey Bola Full Print Paruns Yang Menawan
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Jersey Futsal Code Flopin Bunga Ungu
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Kaos Bola Futsal Code Nation Tampil Gahar
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Kaos Futsal Code Camodrip Motif Doreng Army Terbaru
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Kaos Sepak Bola Kode Cregen Hijau Muda Motif Keren
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Jersey Futsal Printing Code Peeses Gambar Bulu Sayap Burung Yang Keren
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Jersey Bola Futsal Skulmasy Warna Kuning Hitam Motif Ornamen Paling Unik
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Seragam Futsal Printing Clous Gradasi Warna Merah Biru
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail