Menu
Selamat Datang Di Website Kami - Jasa Pembuatan Jersey Printing

Sejarah Futsal Di Dunia dan Indonesia Dan Tokoh Yang Berjasa Mengembangkannya

SEJARAH FUTSAL !! Newbie Dilarang Baca!!

Sejarah futsal – Seperti kita tahu olahraga futsal memang sedang semarak di kalangan pecinta bola di indonesia akhir-akhir ini. Baik anak muda atau dewasa memainkan olahraga ini sebagai aktifitas rutin untuk berolahraga dan untuk menyalurkan hoby tentunya. Walaupun kegiatan futsal sudah akrap dan sering dilakukan, akan tetapi banyak sebagian orang belum mengetahui tentang sejarah futsal itu sendiri.

Sejarah Futsal Dunia

Bisa di bilang futsal hampir mirip dengan sepakbola dimana di mainkan oleh 2 tim dengan memakai jersey futsal dan tujuan dari olahraga ini sama-sama mencetak gol ke gawang lawan. Tetapi jelas ada perbedaan diantara keduanya.

Kata Futsal berasal dari bahasa spanyol. Adalah Futbol dan sala yang apabila diartikan dalam bahasa indonesia futbol artinya sepakbola dan sala yang artinya ruangan. Jadi futsal dimainkan di dalam ruangan sedangkan sepakbola dimainkan di luar ruangan .

Berawal dari hujan yang lebat di Montevidio Uruguay pada tahun 1930 ,seorang pelatih sepakbola berkewarganegaraan Argentina yang bernama Juan Carlos Ceriani, terpaksa memindahkan latihan pemainnya dari lapangan yang tergenang air ke dalam ruangan.

Dengan ruangan yang tidak terlalu besar maka sang pelatih mengubah susunan pemain dalam satu tim dari 11 menjadi 5 pemain. Pola latihan di dalam ruangan ternyata sangat bagus untuk perkembangan skill apabila di praktekkan di dalam sepakbola di lapangan yang lebih besar.

Adalah Edison Arantes do Nascimento atau lebih dikenal dengan nama Pele adalah contoh dari salah satu bintang sepakbola dunia asal Brazil yang mengembangkan bakat sepakbolanya dari futsal .

Baca juga : Cara mengetahui posisi terbaik dalam bermain futsal

Seiring berjalannya waktu, lambat laun olahraga futsal terus mengalami perkembangan dan mendapatkan respon yang bagus dari masyarakat di Montevideo . Akan tetapi sejarah lahirnya futsal berawal dari Uruguay ditentang oleh beberapa negara. Kanada dan Brazil juga mengakui bahwa futsal lahir di negara mereka .

Semakin dikenalnya futsal di beberapa negara, pada tahun 1936 dibuatlah aturan permainan untuk olahraga futsal. Dan dengan dibuatnya aturan permainan futsal, olahraga ini terus mengalami perkembangan di belahan benua Amerika latin dan merambah ke Eropa.

Pemain pemain dari Amerika latin yang mengembangkan karier sepakbolanya di liga Italia ,memperkenalkan futsal di negeri Pizza ini pada era 1950an. Untuk mengisi kekosongan saat jeda, para pemain Amerika latin ini memainkan futsal dan pada akhirnya futsal berkembang dan di sukai di Italia.

Selain di Italia pada medio itu futsal juga di gemari di Inggris dan di Spanyol. Di spanyol perkembangan futsal lebih cepat karena dari segi “culture” antara spanyol dengan negara negara di amerika latin ada kemiripan .

Bertajuk Piala amerika selatan , pada tahun 1965 pertadingan Internasional Futsal pertama kali di gelar dengan memunculkan Paraguay sebagai juaranya. Brazil yang di kenal sebagai penghasil talenta pemain sepak bola mulai merajai kejuaraan futsal di Amerika selatan sebanyak 6x hingga tahun 1979.

Pada tahun 1974 perwakilan berbagai negara mengadakan pertemuan di Sao Paulo Brazil dan terbentuklah FIFUSA (The Federacao Internationale de Futebol de Salao). FIFUSA adalah organisasi yang resmi yang menaungi futsal pada era itu sebelum akhirnya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989.

Sejarah Futsal Di Indonesia

Bagi penggemar olah raga futsal di tanah air, tahukan anda tentang sejarah futsal di Indonesia dan tokoh yang berjasa mengembangkannya. Seperti di ketahui sejarah perkembangan futsal di Indonesia di banding negara Amerika Latin, Eropa bahkan Asia seperti Thailand dan Malaysia terbilang cukup lambat.

Meski sebenarnya saat itu sudah ada perwakilan yang menduduki jabatan di Komite Futsal FIFA sejak tahun 1997 yakni (Alm) Wandy Batangtaris.

Sejarah Futsal Di Indonesia Dan Tokoh Yang Berjasa Mengembangkannya

Futsal di Indonesia baru mulai berkembang dengan baik pada tahun 2005. Hal ini di sebabkan karena waktu pengurus  PSSI dan para pengusaha belum mampu melihat peluang olahraga ini jika di kembangkan di Indonesia. Padahal olahraga futsal bisa memberi prestasi dan juga bisa memberi peluang bisnis yang bagus.

Setelah di bahas terkait sejarah awal berkembangnya futsal di Indonesia yang terbilang agak lambat. Selanjutnya kita juga harus mengetahui beberapa tokoh yang berjasa mengembangkan futsal di Indonesia hingga menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak di gemari dan di sukai oleh semua kalangan. Mari di simak ulasannya berikut ini secara singkat.

1. (ALM) Wandy Batangtaris

Beliau merupakan salah satu Anggota Komite Futsal FIFA dan juga Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri  pada era Azwar Anas sekaligus munduduki jabatan Anggota Komite Keuangan AFC (1997-2001). Beliau bersedia menerima tawaran untuk menduduki jabatan Komite Futsal FIFA karena memiliki keyakinan futsal memiliki potensi dan prospek bagus jika di kembangkan di tanah air. Bersama Junji Ogura ( Jepang) dan Richard King Lai (Guam) beliau juga termasuk salah satu dari tiga wakil Negara Asia yang menduduki Komite Futsal FIFA.

Jasa beliau yang paling nyata dalam upaya pengembangan futsal di tanah air dengan mendorong PSSI agar mengembangkan futsal dengan pengadaan bola futsal dan juga bahan lapangan futsal yang saat itu masih sulit di temukan. Selain itu, beliau juga yang memperkenalkan aturan main ( rule of the game ) dan paduan bermain futsal pada pihak pihak yang terkait di Indonesia.

2. ( ALM ) Ronny Pttinasarani

Beliaulah yang di sebut sebagai pelopor serta pengembangan futsal di Indonesia. Karena pada waktu merupakan pelatih dan tokoh lapangan yang tentunya perannya berbeda dengan Alm. Wandy Batangtaris yang banyak menduduki bagian organisasi dan kepengurusan. Beliau lebih dulu mengikuti coaching Clinic pada tahun 2000 di Malaysia setelah mendapat mandat dari PSSI. Sejak itu, beliau mulai menyebarkan futsal ke berbagai kalangan ,termasuk juga SSB serta Timnas Indonesia.

Dengan yakin futsal akan berkembang dengan baik di Indonesia seperti di negara lainnya dengan menjadikan futsal dari pembangunan sepakbola di era modern. Dengan berbagai dukungan yang di dapat, sepanjang tahun 2001 beliau berkeliling ke sejumlah kota besar untuk memperkenalkan olahraga futsal.

Dan puncaknya ketika mampu membawa Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Futsal setahun kemudian. Terlebih dengan posisinya sebagai Pelatih Nasional , maka futsal dengan cepat di tularkan pada para pemain sepakbola, salah satuya Fachri Husaini. Dalam perjalannya beliau juga di batu teman sejawatnya yaitu Cepi S. Husada, Abi Habasanto dan Buadiarto Shambazy.

3. Justinus Lhaksana

Beliau merupakan pelatih Timnas Futsa Indonesia pada periode 2004-2005. Pernah tinggal di Belanda selama 15 tahun dan memegang sertifikat kepelatihan futsal KNVB (asosiasi sepakbola Belanda) dan melatih level Divisi Utama di Belanda.

Meski awalnya sempat di ragukan menangani Timnas , namun kala itu Timnas Indonesia mampu mengalahkan Malaysia yang sulit di taklukan. Pada masanya, peringkat futsal Indonesia  di urutan 29 dunia ( sebagai perbandingan di tahumn 2012 peringkat 47).

Selain tokoh yang di sebutkan di atas, tentunya masih banyak tokoh lain yang berjasa dalam perkembangan futsal di Indonesia. Dari sisi organisasi ada Ronny Pagemanan (Ketua Departemen Futsal PSSI 2004), Trymedya dan juga Gusti Randa ( Ketua umum dan wakil ketua POFI – Persatuan Olahraga Futsal Indonesia , 2003) meski saat it POFI menginduk pada AMF bukan FIFA. Selain itu ada juga Abi Hasantoso, Anggota Pegembangan Futsal. Sementara untuk wasit ada Puji Suprayitno, Anang Suryana dan Puja Negara.

Sedangkan dari sisi Event Organizer ada Andi Zamzani (Difamita) dengan even Ispiro Futsal Championship 2013 dan DSFL ( Djarum Super Futsal Legaue ) 2004, PEFI ( Piala Emas Futsal Indonesia) dan LIFUMA ( Liga Futsal Mahasiswa ) serta ajang resmi PSSI yag di beri nama Biang Bola (2004).

Sementara para tokoh wanita yang terlibat pengembang futsal di antaranya Maya Virca (Biang Bola Manegement) dan Vivin C, Sungkono yang merupakan Direktur Teknik Timnas Futsal Wanita sekaligus pelopor LIFUMI ( Liga Futsal Mahasiswi) serta penggerak LFWI ( Liga Futsal Wanita Indonesia).

Untuk tokoh tokoh dari kalangan selebritis di ataranya  (Alm) Adjie Massaid (AMFC), (Alm) Ricky Jo  ( Ricky Johanes ) yang merupakan presenter sepakbola serta Tio Nugroho (BFN) dan Darius Sinatrya ( Kit Futsalismo).

Demikian beberapa toko pelopor dan pengembang futsal di Indonesia , yang di nilai memiliki peran dan jasa besar di rentang tahun 1998-2010. Tak lupa pula dengan tanpa mengurangi rasa hormat pada toko tokoh lain yang mungkin tidak tertulis di sini.

bikin jersey futsal printing

Incoming search terms:

Desain Jersey Terbaru

Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Jersey Bola Full Print Paruns Yang Menawan
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Jersey Futsal Code Flopin Bunga Ungu
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Kaos Bola Futsal Code Nation Tampil Gahar
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Kaos Futsal Code Camodrip Motif Doreng Army Terbaru
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Kaos Sepak Bola Kode Cregen Hijau Muda Motif Keren
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Jersey Futsal Printing Code Peeses Gambar Bulu Sayap Burung Yang Keren
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Jersey Bola Futsal Skulmasy Warna Kuning Hitam Motif Ornamen Paling Unik
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822 4272 7047
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Seragam Futsal Printing Clous Gradasi Warna Merah Biru
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail