Peluang Usaha yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil dan Tanpa Modal

Peluang Usaha – Membuka sebuah usaha bisa dikatakan tidaklah mudah, berbagai macam jenis usaha terkadang membuat kita bingung untuk memilihnya apalagi bila kita menilik persaingan yang sangat ketat. Selain itu dari segi modal yang harus di keluarkan mungkin tidaklah sedikit. Hal itulah yang membuat banyak orang urung mendirikan sebuah usaha.

Peluang Usaha

Namun semenjak perkembangan dunia internet yang semakin meluas dimana para penggunanya yang semakin hari kian mengalami peningkatan bahkan bisa di bilang untuk wilayah Indonesia pengguna internet sudah sangatlah banyak. Hal ini mulai memunculkan celah yang mulai dimanfaatkan sehingga terjadi pergeseran dari pemasaran Offline beralih ke pemasaran Online.

Peluang Usaha Modal Kecil Dengan Cara Online

Peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil bisa dilakukan dengan cara Online? Ada beberapa keuntungan apabila kita menggunakan usaha secara online untuk memasarkan baik produk atau jasa yang kita tawarkan diantaranya adalah

1. Menggunakan modal usaha yang relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan bisnis offline yang harus membayar sewa tempat, dll .

2. Melalui internet apa yang kita tawarkan bisa di akses 24 jam nonstop dimana pengguna internet tidak terbatas oleh waktu maupun tempat. Bahkan barang atau jasa yang kita promosikan bisa mencapai tingkatan nasional maupun Internasional.

3.Dengan usaha online kita bisa menjual barang atau jasa dari pihak lain entah itu dengan menjadi reseller, dropsip atau sebagai pihak perantara dari usaha milik orang lain.

Beberapa contoh pemasaran usaha online diantaranya dengan kita membuat website baik untuk toko online atau company profil usaha kita, memanfaatkan dan memaksimalkan media sosial seperti Facebook, Twitter atau penyedia jasa iklan seperti Tokopedia, BukaLapak, dan masih banyak lagi media yang lainnya yang bisa di cari di google .

Peluang Usaha Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Peluang usaha apa sih yang paling menjanjikan dan menguntungkan?

Sebuah pertanyaan yang sering muncul dari seseorang yang ingin memulai sebuah usaha. Mungkin anda adalah salah satunya yang bertanya tentang hal tersebut.

Pada dasarnya sebuah bisnis apabila kita tidak menjalani bisnis tersebut, kita tidak akan tau bisnis tersebut menguntungkan atau tidak

Berikut adalah beberapa peluang usaha yang menjanjikan yang bisa memberi keuntungan besar yang mungkin bisa menjadi referensi anda:

1. Peluang Usaha Online

Dengan adanya teknologi internet, kita menjalankan bisnis jadi semakin mudah. Kita tidak di haruskan mempunyai modal yang besar.

Bisa anda bayangkan jika anda harus membuka sebuah toko di pinggir jalan raya, berapa biaya yang anda keluarkan untuk sewa ruko? Sedangkan untuk menjalankan bisnis online anda hanya memerlukan beberapa media saja seperti gadget dan quota internet.

Dalam memasarkan bisnis online pun juga tidak sulit dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter atau followers instagram.

2.Peluang Usaha Dropship

Secara singkat tentang apa itu dropship bisa di jelaskan sebagai berikut :

Katakanlah anda mempunyai sebuah toko online entah itu dengan membuat website , fanspage facebook atau jenis toko online lainnya. Anda memasang gambar produk pada toko online anda dimana semua gambar produk tersebut adalah barang dari supplier anda.

Ketika terjadi transaksi jual beli antara anda dengan konsumen, maka anda segera menghubungi supplier anda untuk mengirimkan barang kepada konsumen atas nama toko online anda. Jadi semua stock barang berada pada supplier ,anda hanya memesan kepada supplier ketika mendapatkan order.

Jadi inilah yang di sebut dengan sistem dropship. Dimana anda bekerja sama dengan penyedia barang yang dinamakan supplier dropship.

Supplier dropsip bertanggung jawab sepenuhnya atas barang yang di pesan oleh konsumen anda, dari proses menyediakan barang pesanan anda , mengemas barang sampai mengirimkan kepada konsumen anda .

pembeli atau konsumen

Sistem dropship ini memiliki beberapa keunggulan

1. MUDAH, Dengan memanfaatkan teknologi internet kita sudah bisa menjalankan bisnis ini ,
2. BEBAS MODAL , karena kita tidak mengeluarkan biaya untuk membeli stock barang karena semua barang dari supplier.
3.BEBAS RUGI ,Bagaimana kita bisa mengalami kerugian jika semua proses dari supplier , mulai dari barang , pengemasan , sampai pengiriman . Dengan pemasaran online ,kita hanya perlu fokus mencari order dan bisa di kerjakan sambil bersantai di rumah .

Sebelum melakukan usaha dengan sistem dropship , ada beberapa hal yang perlu di perhatikan:
– Pastikan anda bekerja sama dengan pihak supplier yang jelas dan terpercaya. Dimana anda sudah tau pasti keberadaannya dan alangkah lebih baiknya jika anda juga mengetahui pasti tentang kualitas barang yang di jual. Jangan sampai pihak konsumen di rugikan karena barang yang di beli tidak sesuai dengan gambar produk yang di jual
– Lakukan komunikasi dengan baik kepada pihak supplier . Anda harus mengetahui update stock barang dari pihak supplier tiap harinya . Hal ini untuk kelancaran anda bertransaksi dengan konsumen .

Mudah bukan melakukan sistem dropship , anda bisa mencobanya .

3.Peluang Usaha Jual Perlengkapan Olahraga

Sepakbola, futsal , basket , lari dll memang sedang banyak di gandrungi oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Dengan banyaknya kegiatan seperti bermain futsal ,basket ,sepeda gunung, lari pagi saat car free day pada hari minggu, kegiatan-kegiatan tersebut seakan telah menghipnotis masyarakat untuk mengikutinya. Bukan hanya kaum pria saja , namun kaum wanita juga banyak yang menggemari kegiatan berolahraga.

Situasi ini jelas sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai lahan bisnis. Anda bisa membuat bisnis jual beli perlengkapan olahraga seperti kaos bola , jersey futsal , celana , sepatu olahraga dan atribut lainnya yang biasa di pakai saat berolahraga .

Selain menjual perlengkapan olah raga, bisnis jasa pembuatan pakaian olahraga juga sangat menjanjikan. Baik itu untuk kebutuhan seragam tim futsal, seragam basket dll.

Jika anda tidak mempunyai cukup modal tetapi ingin membuka usaha jasa pembuatan pakaian olahraga, anda bisa mendaftarkan menjadi mitra kerja dari perusahaan yang terpercaya .. caranya dengan menjadi broker dan melemparkan pekerjaan kepada vendor produksi.

4. Peluang Usaha Di Bidang Makanan

Kita tau makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia . Manusia tiap hari pasti memerlukan makan . Itulah sebabnya peluang bisnis di bidang makanan tak akan pernah ada matinya . Selain makanan berat , makanan ringan seperti keripik , snack , kue ,juga menjadi kegemaran di masyarakat .

Bisnis di bidang ini tergolong memerlukan modal yang tidak sedikit . Namun apabila anda bisa mengembangkannya dengan baik bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar .
Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dan di penuhi sebelum menjalankan bisnis ini

1.Izin Usaha
Anda harus memastikan bahwa makanan atau minuman yang di jual aman dan tidak berbahaya apabila di konsumsi serta harus berlabel halal . Anda bisa mendapatkan perizinan MUI atau pihak yang berwewenang

2.Harus baik untuk kesehatan
Jangan hanya mementingkan mendapatkan keuntungan besar saja , tetapi jangan sampai merugikan pihak yang mengkonsumsi . Jangan mencampurkan zat-zat yang berbahaya ke dalam makanan .

3.Ciptakan varian rasa
Agar konsumen tidak merasa bosan , anda harus menciptakan berbagai banyak rasa . Lebih baik lagi jika itu adalah rasa “khas” dari produk anda yang tidak di miliki pihak lain
Anda juga bisa memasarkan produk makanan dengan media online , membuka lowongan untuk para reseller dengan anda menjadi supplier barang.

5. Peluang Usaha Bidang Fashion

Pakaian juga termasuk salah satu kebutuhan pokok manusia . Fungsi pakaian bukan lagi hanya untuk menutupi tubuh, tetapi juga untuk penampilan seseorang . Hal ini membuat orang menginginkan pakaian yang bagus untuk menjaga dan memperindah penampilannya.

Oleh sebab itulah bisnis di dunia fashion bisa di katakan sebagai bisnis yang sangat bagus dan sangat menjanjikan.

Anda bisa menjalankan sistem dropsip apabila belum mempunyai produk .

6. Usaha Yang di Kerjakan
Sebaik-baiknya usaha dalah yang di jalani, jika hanya bertanya dan merencanakan, semua itu akan menjadi hal yang sia-sia.

Nah tunggu apa lagi , kerjakan dan mulailah bisnis anda dari sekarang ..

Tips Promosi Usaha

Promosi saat sedang melakukan usaha sangatlah penting.  Hanya saja masih banyak yang melakukan kegiatannya dengan kurang tepat, dan efektif. Oleh karena itu supaya bisa lebih baik, dan lebih sesuai di sini akan diberikan tipsnya. Tips ini akan bermanfaat untuk membantu pengusaha terutama untuk pemula.

1. Memahami Pasar dan Target

Mengenali pasar menjadi hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengenali pasar yang ada. Pasar ini termasuk seperti harga yang ditetapkan, apa yang konsumen sukai, dsb. Dengan begitu maka untuk menetapkan semuanya bisa dengan mudah dilakukan, terutama dalam menetapkan harga. Karena pengusaha bisa menetapkan harga yang bersaing, namun juga tidak terlalu murah.

2. Memahami Pesaing

Pesaing juga merupakan hal yang harus diamati. Karena sekarang usaha printing rumahan juga sudah memiliki banyak peminat. Jadi setiap tahunnya banyak usaha baru yang tumbuh. Oleh sebab itu ada baiknya untuk memahami pesaing yang ada, supaya bisa menentukan langkah yang baik ke depannya. Dalam hal pelayanan, dan juga harga semuanya bisa lebih bersaing.

3. Membuat Rancangan Bisnis

Setelah mengetahui pesaing, dan mengenali pasar yang ada maka langkah selanjutnya adalah membuat rancangan bisnis. Dalam rancangan ini penting untuk meletakan hal apa saja yang dilakukan sebagai promosi. Selanjutnya adalah buat rincian harga dari kegiatan tersebut. Hal ini penting supaya kegiatan promosi tidak melebihi budget dan tidak menyebabkan kerugian.

4. Memanfaatkan Koneksi

Koneksi di sini tidak perlu yang besar, hanya memanfaatkan saja yang ada seperti keluarga, teman, dan orang-orang terdekat lainnya. Lakukan promosi kecil-kecilan terhadap orang-orang tersebut. Dengan begitu produk bisa lebih dikenal, dan biasanya promosi bisa dilakukan dengan sistem WOM. Jadi biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar, dan bisa lebih menghemat.

5. Mengoptimalkan Penggunaan Sosial Media

Dalam penggunaan sosial media dalam hal pemasaran ini bisa dikatakan memberikan banyak sekali keuntungan. Seperti murah, jangkauan luas, dsb. Karena itu untuk dapat mengoptimalkan kegiatan pemasaran, memaksimalkan sosial media merupakan langkah yang tepat. Gunakan hal ini secara maksimal untuk menarik minat pelanggan, dan menjaring lebih banyak konsumen.

6. Mempertahankan Kualitas

Kualitas merupakan hal yang penting dalam memproduksi suatu produk. Karena itu dalam membuat usaha ini pastikan mempertahankan kualitas yang dimiliki. Jangan hanya berfokus pada kuantitas saja. Sebab kalau konsumen mendapatkan produk dengan kualitas yang baik, maka promosi akan berjalan dengan sendirinya. Bisanya proses promosi ini dilakukan dari mulut ke mulut.

7. Jangan Pernah Menolak Order

Terakhir jangan pernah menolak order karena ini berkaitan juga dengan kepercayaan konsumen. Nantinya kalau konsumen sudah percaya, maka bukan hal yang sulit untuk mendapatkan konsumen selanjutnya. Oleh karena itu sesulit apapun, usahakan tidak pernah menolak order. Dengan begitu kepercayaan konsumen meningkat, dan kegiatan promosi yang bisa dilakukan juga lebih mudah.

Seperti yang bisa dilihat di atas bahwa untuk tips promosi marketing usaha ini sangat mudah untuk dilakukan. Semuanya juga pasti akan memberikan dampak yang baik, karena itu tidak ada salahnya juga untuk dicoba. Apalagi semua tips yang dilakukan di atas juga tidak membutuhkan banyak biaya. Jadi calon pengusaha tidak usah khawatir akan mengalami over budget.

Dengan melakukan promosi ini, maka target konsumen yang luas itu bisa lebih mudah dicapai. Jadi usaha printing rumahan yang dijalani juga bisa lebih sukses. Tentu saja hasil yang didapatkan tidak bisa instan, harus ada proses yang dilakukan. Karena itu jangan malas untuk menerapkan semuanya secara perlahan.