Bahan Scuba yang Jadi Favorit di Dunia Fashion dan Penjelasan Lengkapnya  

 

Dalam dunia fashion, seringkali kita mengenal berbagai macam kain, salah satunya adalah bahan scuba (scuba fabric). Para perancang busana, tentunya sudah tidak asing dengan kain yang satu ini. Mereka sering menggunakan kain ini dengan cara menggabungkannya dengan jenis kain lainnya ataupun digunakan secara tunggal.

Terlebih, pada saat pandemi seperti saat ini, kain ini seringkali digunakan untuk membuat masker kain karena teksturnya yang tebal sehingga efektif menahan debu yang masuk. Keunggulan lainnya yaitu bersifat tahan air, menjadikan kain ini memiliki nilai tambah untuk digunakan sebagai masker. 

Penggunaan masker kain di dunia fashion seringkali menggabungkan nilai estetika kain tersebut sehingga menghasilkan masker yang tidak hanya berfungsi sebagai alat kesehatan, tetapi juga sebagai bagian dari fashion. Oleh sebab itu, memilih kain ini untuk digunakan sebagai masker merupakan hal yang tepat. 

Selintas Tentang Kain Scuba 

Dahulu kain dengan menggunakan bahan ini banyak digunakan untuk bahan pakaian renang. Seiring berkembangnya zaman, penggunaan kain ini banyak digunakan untuk berbagai jenis pakaian. Terutama saat ini, kain ini pun seringkali dibuat untuk membuat masker kain. 

Jenis kain rajut ganda ini, dipadukan dari bahan polyester dan spandek. Itulah sebabnya, kain ini pun sangat pas di badan, lentur dan juga tidak menyediakan rongga udara bila digunakan untuk berenang. Bahkan bila digunakan untuk pakaian menyelam sekalipun. 

Dikarenakan karakteristiknya, kain ini menghasilkan jenis kain yang unik dan eksklusif. Kain ini pun mulai banyak digunakan di dunia fashion, walaupun banyak orang yang sulit membedakan neoprene dan kain scuba. Padahal perbedaannya terletak pada busa yang digunakan. 

Perbedaan antara kain scuba dan neoprene yaitu penggunaan lapisan busa pada bahan ini. Sementara kain Scuba tidak menggunakan lapisan busa sama sekali. Oleh sebab itu, bahan kain ini sangat cocok digunakan untuk beragam jenis pakaian yang bersifat tebal, namun tetap sejuk. 

kain scuba

Apa Itu Kain Bahan Scuba? 

Bahan scuba adalah kain tebal yang jatuh, yang terdiri dari dua anyaman. Banyak orang yang menyebutnya sebagai kain neoprene, kain ini pun bersifat elastis hingga mencapai 40%, dan juga dapat menyerap keringat lebih banyak. 

Penggunaan bahan kain scuba di dunia fashion, seringkali dibuat sebagai baju gamis pada pakaian wanita muslimah dan juga gaun untuk wanita. Dengan demikian, tidak hanya untuk pelengkap medis dengan penggunaannya sebagai masker kain. 

BACA JUGA:  Yuk Simak Apa Saja Keunggulan Dari Kain Sifon Serta Cara Merawatnya Agar Lebih Awet

Namun  bagi para pecinta fashion, memadu padankan baju gamis dan masker dari kain ini menciptakan keselarasan penggunaan fashion. Dengan demikian, fungsinya tidak hanya untuk penunjang alat kesehatan semata, tetapi juga menambah nilai estetika masker yang modis. 

Anyaman dua layer pada kain ini menghasilkan tekstur kain yang elastis dan rapi pada lapisan horizontal dan vertikal. Oleh sebab itu, kain ini pun memiliki tingkat kerenggangan yang lebih tinggi. Maka dari itu, banyak yang menggunakannya untuk baju renang atau berolahraga. 

Karakteristik Kain Bahan Scuba 

Kain scuba ini seringkali digunakan sebagai masker kain selain sebagai berbagai jenis baju wanita, seperti gamis dan gaun. Berikut ini Karakteristik yang mudah dikenali:

1. Lentur dan Elastis 

Karakteristik yang mudah dilihat secara kasat mata dari bahan scuba adalah lentur dan elastis. Hal tersebut dikarenakan bahan ini mengandung 90 %Polyester dan 10%Spandex. Dengan demikian, tingkat elastisitas dari bahan ini lebih tinggi, bahkan bisa mencapai 40%. 

Elastisitas tersebut menjadikan bahan ini lebih nyaman dipakai, bahkan untuk gaun bisa disesuaikan dengan semua ukuran tubuh manusia yang berbeda-beda. Itulah sebabnya, kain dengan bahan ini menjadi primadona di kalangan desainer fashion pada saat ini, karena mudah membuat pakaian dengan semua ukuran. 

2. Tebal 

Walaupun kain bahan scuba ini tebal, namun lebih mudah menyerap keringat dan nyaman ketika digunakan, dan juga lebih mudah jatuh  (flowy). Oleh sebab itu, memilih kain yang tebal namun mudah jatuh jawabannya ada pada bahan kain ini. Karakteristiknya yang tebal menjadikan kain ini tidak tembus pandang. 

Berdasarkan hal tersebut, banyak digunakan untuk baju gamis wanita. Sesuai dengan syarat utama pakaian wanita muslimah, yang mengharuskan tidak boleh tembus pandang, namun tetap nyaman digunakan, tidak panas. Oleh sebab itu, memilih bahan ini merupakan pilihan yang tepat. 

3. Tidak Mudah Kusut 

Karakteristik yang paling jelas terlihat dari bahan scuba ini adalah tidak mudah kusut. Pasalnya kain ini bersifat flowy dengan dua layer anyaman yang menjadikannya tidak mudah kusut. Oleh sebab itu, penggunaan kain ini sangat cocok digunakan untuk pakaian yang digunakan untuk aktivitas harian yang tinggi. 

Terkadang, beberapa wanita aktif seringkali memiliki rutinitas harian yang cukup padat. Dengan demikian, memilih baju yang mendukung aktivitasnya tersebut sangat disarankan. Khususnya untuk baju yang tidak mudah kusut. Penggunaan baju yang mudah kusut, untuk menunjang aktivitas harian yang padat tentunya akan sangat mengesalkan. Terutama jika aktivitas tersebut mengharuskan pertemuan dengan orang lain. 

4. Mudah Jatuh 

Karakteristik bahan scuba selanjutnya yaitu flowy atau mudah jatuh. Lihat saja pada beberapa pakaian yang menggunakan kain dengan bahan ini, misalnya gamis atau gaun. Kedua jenis pakaian wanita tersebut memiliki model rok yang mudah jatuh. Itu sebabnya, bahan ini banyak dipilih untuk digunakan pembuatan pakaian wanita. 

BACA JUGA:  Mengenal Kain Corduroy, Bahan Dasar, Kelebihan, dan Cara Perawatannya

Model rok untuk wanita memang seharusnya menggunakan bahan yang flowy,  tidak kaku, dan juga tidak kasar agar rok tersebut nyaman ketika dikenakan. Rok yang dibahas di sini meliputi gamis dan gaun. Dengan demikian, penggunaan bahan ini untuk jenis pakaian tersebut sangatlah direkomendasikan. 

5. Halus Ketika Disentuh 

Bahan Scuba saat ini menjadi primadona bahan kain di kalangan designer fashion.  Hal tersebut dikarenakan bahan ini sangat halus ketika disentuh. Disamping sebagai Karakteristik, memiliki bahan yang halus merupakan salah satu kelebihan bahan kain tersebut. 

Karakteristik tersebut sangat mudah dirasakan dengan sentuhan tangan. Itulah sebabnya, memilih bahan kain ini cukup mudah untuk dikenali. Dengan demikian, pakaian yang menggunakan kain dengan bahan tersebut sangat nyaman digunakan. Teksturnya yang halus merupakan keunggulan lain dari kain tersebut. 

Itulah beberapa karakteristik yang mudah dikenali dari bahan kain ini. Apabila ingin memilih untuk menggunakan kain ini, sebaiknya untuk mengenali terlebih dahulu karakteristiknya agar dapat dengan mudah untuk digunakan pada beberapa jenis pakaian yang sesuai. 

Harga Kain Bahan Scuba 

Harga  bahan kain scuba ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan kain bahan jenis lainnya. Hal ini disebabkan, beberapa keunggulan yang telah dijelaskan sebelumnya, yang menjadikannya Karakteristik kain tersebut. Untuk harga sendiri dibedakan antara kain scuba polos dan kain scuba bermotif. 

Harga kain tersebut sekitar antara Rp45.000 – Rp75.000 per meter. Walaupun harga tersebut akan berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan waktu. Namun harga yang dapat dijadikan acuan pada saat ini, yaitu harga dengan nominal yang telah disebutkan di atas. Motif dan polos memiliki harga yang berbeda. Untuk 

Terdapat 2 jenis kain scuba  yaitu polis dan bermotif  Kain Scuba polos berkisar antara Rp45.000 – Rp65.000. Sementara  untuk kain scuba motif, seharga  antara Rp55. 000 sampai dengan  Rp75. 000 per meter nya. Bagi para industri pakaian jadi  sebaiknya untuk mengetahui harga bahan pakaian tersebut sebelum membelinya. 

Penggunaan Bahan Scuba 

Melihat karakteristiknya, tak mengherankan banyak yang mencari kain scuba dan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Bahan kain Scuba seringkali digunakan untuk beberapa fungsi kain seperti di bawah ini, yaitu:

1. Baju Olahraga 

Teksturnya yang halus, tebal, dan mudah menyerap keringat menjadikan bahan kain ini seringkali digunakan untuk pembuatan baju olahraga. Baik baju olahraga untuk seragam sekolah, tentara, maupun untuk baju olahraga pribadi. 

Aktivitas dalam berolahraga kerap kali mengeluarkan keringat. Oleh sebab itu, pentingnya untuk menggunakan bahan yang dapat menyerap keringat. Namun demikian, sifatnya yang tebal dan memiliki elastisitas yang tinggi menjadikan kain ini menyerupai kaos. Elastisitas tersebut membuat nyaman bergerak 

BACA JUGA:  Bahas Lengkap Tentang Kain Blacu, Mulai Dari Karakteristik Hingga Kelebihan  

2. Baju Renang 

Bahan kain Scuba pun bisa digunakan untuk baju renang. Teksturnya yang elastis menyerupai kain spandex yang nyaman, membuat baju renang dengan menggunakan bahan ini lebih pas di badan. Oleh sebab itu, beberapa baju renang yang menggunakan bahan ini pun seringkali digunakan untuk baju buat menyelam. 

Berenang memang mengharuskan penggunaan pakaian yang tidak menyediakan ruang udara, untuk mencegah masuknya udara, yang dapat memberatkan massa pakaian tersebut. Oleh sebab itu, penggunaan kain ini sangat disarankan karena teksturnya yang elastis dan pas di badan. 

3. Gamis 

Tekstur kain yang mudah jatuh (flowy), menjadikan kain ini sangat cocok untuk digunakan sebagai gamis. Sebagaimana gamis yang memiliki model rok yang mudah jatuh. Oleh sebab itu, bahan ini sangat disarankan untuk membuat baju dengan model gamis. 

Gamis merupakan salah satu jenis pakaian wanita yang mengharuskan menggunakan bahan yang adem, dan juga tidak menerawang. Bahan kain ini memiliki kriteria penggunaan bahan gamis. Sebagaimana gamis yang tidak boleh menerawang dan juga tidak boleh memperlihatkan bentuk tubuh. 

4. Gaun 

Seperti halnya penggunaan bahan  scuba untuk gamis. Penggunaan bahan ini untuk gaun pun sangat direkomendasikan. Gaun merupakan salah satu jenis pakaian wanita yang memiliki rok dan juga mengharuskan menggunakan bahan yang mudah jatuh, karena modelnya yang menyerupai rok. 

Tidak hanya itu, penggunaan gaun pun diharuskan untuk menggunakan bahan yang halus untuk menambah sisi elegan gaun tersebut. Sebagaimana kita tahu, gaun merupakan pakaian wanita yang seringkali digunakan untuk menghadiri acara-acara formal. Oleh sebab itu, penggunaan bahan ini dapat memberikan kesan yang elegan tanpa harus mengesampingkan segi kenyamanannya. 

5. Masker 

Di tengah pandemi virus Corona yang mengancam banyak jiwa. Banyak orang yang memilih menggunakan masker kain agar dapat menghalangi masker tersebut masuk atau terhisap ke dalam tubuh. Memilih penggunaan masker kain dengan bahan kain Scuba ini merupakan langkah yang tepat guna menghalau virus tersebut. 

Banyak orang yang merasa kebingungan untuk memilih bahan kain yang tepat untuk penggunaan masker. Pasalnya bahan kain yang tersedia, seringkali menimbulkan rasa pengap dan sedikit berbulu sehingga dapat menambah kemungkinan besar penyakit masuk. 

Penggunaan bahan scuba untuk berbagai jenis pakaian tersebut menjadikan pakaian tersebut menjadi lebih baik. Tidak hanya untuk pakaian saja, keunggulan kain ini untuk digunakan sebagai masker kain yang saat ini sedang ‘booming’, amatlah penting untuk menghalau kuman tersebut masuk. 

Walaupun tergolong pendatang baru di dunia fashion. Ternyata bahan scuba mampu membuat para desainer pakaian meliriknya dan memilih untuk menggunakannya, mengingat banyaknya keunggulan dan kelebihan yang terdapat pada kain ini. 

error: Content is protected !!