10 Fakta Menarik tentang Kain Tile dan Peruntukannya 

Dalam penggunaan fashion sehari-hari, tentunya tidak luput dari penggunaan berbagai jenis kain untuk pakaian. Salah satunya yang sering dijumpai adalah kain tile. Seperti pada umumnya, kain ini pun digunakan untuk bermacam-macam jenis pakaian. 

Sayangnya, masyarakat luas hanya mengenali kain katun sebagai bahan pakaian. Wajar saja, karena kain katun lebih familiar di kalangan masyarakat luas daripada kain tile itu sendiri. Oleh sebab itu, pentingnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai karakterististik kain ini. 

Dengan demikian, masyarakat lebih paham mengenai penggunaan yang tepat kain ini dengan mengenali karakteristiknya terlebih dahulu. Hal tersebut merupakan tahapan yang harus dilalui apabila ingin menggunakan kain sebagai bahan pakaian. 

Kain Tile

10 Fakta Kain Tile

Dalam industri pakaian kain tile sering kali dikenali juga sebagai kain tutu. Jenis kain ini merupakan jenis kain yang sering digunakan untuk membuat baju pesta atau baju wanita yang feminim. Berikut ini karakteristik yang mudah dikenali, yaitu :

1. Menyerupai Jala 

Karakteristik kain tile yang lebih mudah terlihat, adalah teksturnya lebih menyerupai jala yang halus. Kain ini membentuk jaring halus yang transparan. Dengan demikian, bisa tembus pandang. Oleh sebab itu, jika digunakan untuk membuat pakaian membutuhkan bahan tambahan kain furing. 

Teksturnya tersebut membuat kain ini bisa digunakan juga sebagai kelambu yang dapat menghalau masuknya nyamuk atau serangga kecil lainnya. Terutama, seringkali digunakan pada kamar bayi untuk melindunginya dari gigitan nyamuk tersebut. 

2. Mayoritas Berwarna Cerah 

Walaupun ada beberapa bahan tile yang berwarna gelap. Namun, mayoritas kain ini memiliki warna cerah. Pasalnya kain ini memiliki simbol keceriaan, seperti penggunaan untuk baju pesta, baju balet, rok tutu anak dan remaja. Penggunaan untuk bahan-bahan tersebut diharuskan memiliki bahan yang cerah. 

Khususnya pada saat ini, kain yang bertema rok tutu tersebut selalu identik dengan warna cerah, seperti biru langit, merah muda, kuning, hijau daun. Perpaduan tersebut seringkali dipadu padankan dengan tema Harajuku,  yaitu gaya anak muda Jepang masa kini. 

3. Halus 

Walaupun bertekstur jala yang kecil, namun kain ini halus ketika disentuh. Berbeda dengan kain brokat yang cenderung kasar. Kain ini lebih halus, sehingga cocok untuk digunakan sebagai rok remaja, gaun pesta, busana pesta anak-anak, yang dapat memberikan unsur elegan. 

BACA JUGA:  Kain Kanvas, Bahan yang Sering Dijadikan untuk Custom Item

Beberapa pakaian yang menggunakan kain tile ini memiliki selalu dibuat seperti renda yang menumpuk. Hal tersebut dikarenakan teksturnya yang halus. Dengan demikian, kain ini pun dapat menghasilkan pakaian bak pakaian yang biasa dikenakan oleh puteri kerajaan, yang mewah dan elegan. 

4. Mengembang 

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, karakteristik kain tile ini selain halus juga mengembang. Oleh sebab itu, banyak digunakan untuk busana pesta wanita, dan busana penari balet. Dengan demikian, akan menghasilkan pakaian bak bunga yang bermekaran. 

Memiliki karakteristik yang mengembang tersebut, membuat kain ini lebih banyak digunakan untuk pembuatan baju wanita. Walaupun demikian, di awal kemunculannya, banyak pria di Eropa menggunakan kain ini sebagai dasi dan juga kemeja dalaman jas. 

5. Memiliki Tekstur Berlubang Kecil 

Lubang kecil yang dimaksudkan adalah, jala atau jaringan yang membentuk kain tersebut. Dengan demikian, karakteristik kain ini seringkali dikenal sebagai kain jala atau kain dengan lubang kecil, yang membentuk jaringan kain yang halus. Sehingga kain ini sangat mudah untuk dikenali. 

Kain yang memiliki serat halus ini, seringkali digunakan sebagai kelambu karena teksturnya yang berlubang kecil, sehingga kain tersebut tembus pandang dan cocok digunakan di dalam kamar tidur. Disamping itu, dapat memperindah tampilan kamar tidur tersebut. 

6. Jarak Kain Renggang 

Teksturnya yang berlubang kecil membuat kain tersebut memiliki jarak kain yang membentuk kain lebih renggang. Dengan demikian penggunaan kain ini lebih terasa sejuk di kulit, dan tidak panas karena teksturnya tersebut. Tidak hanya itu, jarak kain yang renggang tersebut didapatkan dari proses penenunan kain tersebut. 

Penggunaan kain ini pada wilayah yang beriklim panas sangat cocok, hanya saja harus dipadukan dengan penggunaan bahan furing yang juga tidak menimbulkan panas. Pasalnya, beberapa bahan furing menimbulkan efek panas dan gerah pada tubuh. 

7. Ditenun Menggunakan Serat Filamen

Proses penenunan kain tersebut dengan menggunakan serat filamen, menghasilkan kain yang membentuk seperti jala halus. Walaupun demikian, hal tersebut merupakan keunikan dari kain ini, sehingga kain ini membentuk seperti kelopak bunga jika sudah diaplikasikan pada pakaian. 

Pada kain bahan tile premium, jala yang dihasilkan sedikit mengkilat dan halus. Dengan demikian, kain tersebut bisa membuat tampilan lebih elegan dan juga mewah. Untuk membedakannya harus dengan cara menyentuhnya, tidak bisa dilakukan hanya sebatas melalui gambar. 

8. Terbuat dari Bahan Sutra, Rayon, dan Nilon 

Kain bahan tile pada umumnya terbuat dari Rayon, Sutra, dan Nilon. Ketiganya membedakan kelas kain, yaitu premium dan kualitas kain lebih rendah dari premium. Dengan demikian, kain ini pun dipilih berdasarkan kain yang digunakannya, karena peruntukannya yang berbeda-beda. 

Kain bahan premium biasanya terbuat dari kain Sutra yang lembut. Namun, tidak menutup kemungkinan, bahan lain pun bisa menghasilkan kain tutu berbahan premium, hanya saja kualitasnya lebih rendah dari kain Sutra. Untuk membedakannya, yaitu dari segi tekstur yang lebih rapi dan halus. 

BACA JUGA:  Yuk Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Apa Itu Kain Wol

9. Terdapat Kain dengan Glitter 

Selama ini seringkali kita temukan kain tile polos atau tanpa Glitter. Padahal, terdapat juga kain bergliter untuk menambah kesan mewah dan juga elegan pada pakaian. Khususnya pada pakaian yang digunakan untuk ke pesta. Pada dasarnya, penggunaan bahan tile itu sendiri berguna untuk menambah kesan mewah pada pakaian. 

Penggunaan kain dengan bahan glitter membuat tampilan lebih elegan dan juga mewah. Glitter yang terdapat pada kain ini akan menampilkan cahaya yang berkilauan pada kain tersebut. Dengan demikian, kain tersebut akan terlihat lebih eksklusif. Oleh sebab itu, penggunaannya seringkali dikhususkan untuk baju pengantin wanita. 

10. Memiliki Karakteristik Feminim yang Kuat 

Pada dasarnya, kain dengan bahan tile dapat membuat tampilan lebih feminim. Itulah sebabnya, setiap wanita yang menggunakan bahan tile selalu terlihat lebih cantik bak seorang putri raja. Hal tersebut dikarenakan pengaruh kain ini memiliki karakteristik feminim yang kuat. 

Setiap wanita yang menggunakan pakaian dengan kain bahan tile ini, akan terlihat lebih cantik. Terutama jika mengenakannya di acara-acara khusus, seperti pernikahan, pesta ulang tahun, dan juga saat akan melakukan  tari balet di acara perhelatan konser tersebut. 

Pentingnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai beberapa fakta mengenai bahan tile ini agar dapat memberikan manfaat mengenai pengetahuan akan penggunaannya terhadap pakaian yang sesuai. Hal tersebut dikarenakan, beberapa jenis pakaian seringkali tidak mendapat bahan pakaian yang tepat. Pejam bm

Jenis-jenis Kain Tile 

Selintas, banyak orang yang mengenali kain ini hanya terdiri dari satu macam saja. Padahal ada beberapa macam jenis kain tile itu sendiri berdasarkan bahan yang digunakannya sehingga menghasilkan kain yang berbeda dari teksturnya:

1. Tile Sutra (Silk Tulle

Jenis yang pertama dari kain bahan tile ini terbuat dari kain Sutra, sehingga menghasilkan kain yang lembut dan halus. Walaupun demikian, kain ini tidak mudah rapuh. Seperti halnya keunggulan kain Sutra yang lembut namun kuat, begitu juga dengan kain jenis tile dari bahan Sutra ini. 

2. Kain Bahan Tile dari Nilon (Nylon Tulle) 

Penggunaan bahan Nylon pada kain jenis tile yang satu ini akan membuat tampilan menjadi lebih cantik. Sesuai dengan esensi penggunaan bahan tile itu sendiri yang dapat membuat cantik pemakainya. Disamping murah, bahan Nilon juga dipilih untuk pembuatan bahan tile karena lebih kuat. 

3. Kain Bahan Tile Poliester (Polyester Tulle) 

Bahan Polyester merupakan bahan yang terbuat dari campuran plastik. Oleh sebab itu, bahan ini akan menghasilkan bahan tile yang sedikit kaku. Dengan demikian, bahan tile jenis ini seringkali digunakan untuk pembuatan aksesoris dan juga cenderamata. 

BACA JUGA:  Beberapa Karakteristik Kain Sutra yang Harus Diketahui 

4. Illusion Tulle 

Bahan tile yang satu ini terbuat dari campuran nilon dan juga bahan poliester. Oleh sebab itu, penggunaannya biasa digunakan untuk penutup wajah pada pengantin wanita, karena bahan ini digunakan menyerupai jala yang berbentuk diamond. 

5. Stretch Illusion Tulle 

Jenis bahan tile selanjutnya yaitu jenis stretch Illusion tule.  Bahan ini terbuat dari campuran spandex dan nilon sehingga menghasilkan bahan tile yang sedikit melar. Bahan ini akan menghasilkan stretch yang elegan. Dengan demikian, sangat cocok bila digunakan untuk membuat gaun pada wanita yang berukuran lebih besar. 

Itulah beberapa jenis kain bahan tile yang sering digunakan oleh banyak orang. Pentingnya untuk mengetahui beberapa jenis tersebut guna membuat busana yang tepat. Khususnya untuk para pebisnis industri pakaian. 

Penggunaan Kain Tile 

Kain Tile biasa digunakan untuk semua pakaian wanita, seperti gaun, baju balet, baju pengantin wanita, dan juga baju pesta. Hal tersebut dikarenakan karakteristik kain tersebut lebih kuat memiliki unsur feminim. 

Penggunaan kain tile untuk pakaian tersebut, tidak terlepas dari penggunaan furing atau lapisan kain untuk menutupi kain yang transparan. Kain jenis ini tidak terlepas dari penggunaan bahan furing.  Bahkan kedua jenis kain ini tidak bisa dipisahkan. 

Penggunaan kain furing untuk pakaian dengan kain bahan tile ini dimaksudkan agar menutupi badan, sebagaimana fungsi kain pada umumnya. Kain dengan bahan tile memiliki tekstur menyerupai jaringan kecil yang tidak dapat menutup tubuh dengan sempurna. 

Tidak hanya untuk pakaian, penggunaan kain tile tersebut bisa digunakan untuk kelambu yang dapat menghalau masuknya nyamuk, karena teksturnya yang menyerupai jala kecil. Oleh sebab itu, kain ini memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. 

Semakin berkembangnya industri pakaian, mengharuskan para pelaku bisnis mengenal beberapa jenis kain untuk pakaian, agar tidak salah memilih bahan yang tepat untuk jenis pakaian yang berbeda-beda, yang diproduksi oleh para pelaku bisnis tersebut. 

Penggunaan bahan tile ini seringkali digunakan untuk berbagai jenis busana wanita untuk ke pesta. Oleh sebab itu, pentingnya untuk mengetahui beberapa fakta lengkap mengenai bahan yang satu ini agar dapat menghasilkan busana yang tepat. 

Khususnya bagi para desainer dan juga pelaku bisnis busana pesta wanita dan juga pembuatan baju untuk penari balet, pentingnya untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kain tile tersebut. Pasalnya, kain ini digunakan sebagai bahan pokok jenis pakaian tersebut. 

error: Content is protected !!