Tips Terhindar Virus Corona

Dunia hari ini sedang heboh dan mengalami perubahan besar-besaran karena kehadiran sebuah virus bernama Covid-19. Setiap orang mendapatkan himbauan untuk beraktivitas dari dalam rumah. Berbagai tips terhindar virus corona pun bertebaran.

Beberapa Tips Terhindar Virus Corona

Pandemi Covid-19 telah menjadikan setiap aktivitas mengalami perubahan baik dari segi proses maupun tempat pelaksanaannya. Berbagai lembaga pendidikan bahkan meminta para peserta didik untuk belajar dari rumah masing-masing. Jangan risau, berikut beberapa tips terhindar virus corona:

  1. Stay at Home

Kalimat “Staf at Home” sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang semenjak pandemi melanda. Maknanya adalah orang-orang mendapat anjuran untuk menetap dalam rumah. Kegiatan-kegiatan yang sifatnya outdoor pun menjadi lebih berkurang.

Himbauan beraktivitas dari rumah ini bertujuan untuk mengurangi kontak antara sesama manusia sehingga angka penularan dapat menjadi lebih rendah. Maka dari itu, lebih baik tidak pergi jika bukan karena kepentingan yang sangat mendesak.

  1. Jaga Jarak

Kadang kala seseorang harus pergi keluar rumah karena suatu alasan mendesak yang tidak bisa selesai dari rumah. Jika sudah begini, mau tidak mau orang itu harus berinteraksi dengan dunia luar. Sebagai salah satu solusi untuk menghindari kemungkinan penularan perlu adanya menjaga jarak.

Sesuai anjuran dari pemerintah dan juga WHO (World Health Organization), setiap orang perlu menjaga jarak aman sekitar satu meter. Hal ini juga berlaku saat sedang berada dalam antrian atau sejenisnya. Tujuannya tentu untuk menghindari droplet dari penderita Covid-19.

  1. Mencuci Tangan

Mencuci tangan telah menjadi anjuran untuk menjaga kebersihan sejak lama sekali. Bahkan sebelum makan pun, kegiatan ini seolah berperan sebagai hal wajib guna mencegah kuman masuk ke pencernaan bersama makanan.

Pada masa pandemi Covid-19, anjuran mencuci tangan pun ramai bertebaran. Setiap orang perlu melakukannya karena virus penyebab penyakit ukurannya tak kasat mata. Maka, pakai air mengalir dan sabun untuk membersihkan berbagai parasit yang mampu menimbulkan gangguan.

  1. Membawa Hand Sanitizer

Beberapa orang mungkin sewaktu-waktu mengalami kondisi yang mengharuskan keluar rumah dan tidak menemui sarana cuci tangan memadai. Oleh karena itu, perlu adanya hand sanitizer atau pembersih tanpa bilas sebagai alternatif.

Walaupun bukan sebagai sarana pencegahan utama, paling tidak penggunaan hand sanitizer menjadi cara penurunan risiko infeksi virus corona. Jadi, ketika tempat mencuci tangan tak memadai maka inilah alternatif sementara untuk menjaga diri saat keluar rumah.

  1. Memakai Masker saat Keluar Rumah

Masker sudah menjadi benda super wajib bagi siapa saja yang harus bepergian dan meninggalkan rumah. Sempat mengalami kenaikan harga beberapa waktu lalu, tetapi hadirlah benda penutup mulut ini dengan bahan kain dengan harga lebih bersahabat.

Masker merupakan penutup yang fungsinya memberi perlindungan bagi penggunanya pada daerah sekitar mulut hingga hidung. Harapannya adalah penularan dari droplet penderita tidak akan menginfeksi pemakainya. Oleh karena itu, penting sekali bagi siapapun saat bepergian.

Baca selengkapnya: manfaat memakai masker covid 19

  1. Menjaga Kesehatan dan Sistem Imun

Virus merupakan penyebab penyakit yang sedikit banyak memiliki hubungan dengan sistem imun. Seperti corona, saat daya tahan tubuh seseorang mengalami penurunan maka muncullah gejala akibat infeksinya sehingga timbul gangguan ringan sampai serius.

Guna menghindari penyakit akibat virus corona, ada baiknya setiap individu senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar sistem imun tidak tetap prima. Beberapa cara yang dapat menjadi pilihan adalah dengan konsumsi makanan baik dan berolahraga rutin.

  1. Makan Makanan Bergizi Tinggi

Seperti pada poin sebelumnya, mengkonsumsi makanan bergizi tinggi merupakan salah satu upaya dan cara dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun setiap orang. Tujuannya tentu agar terhindar dari infeksi virus corona penyebab pandemi Covid-19 yang sedang mewabah.

Makanan bergizi tinggi bukan selalu berarti harganya mahal. Berbagai bahan pangan dengan harga murah pun dapat memberi manfaat baik bagi tubuh. Hal ini sah-sah saja asalkan telah memenuhi poin penting 4 sehat 5 sempurna yang cukup dan sesuai kadar tepat.

  1. Berolahraga Rutin

Olahraga memang telah menjadi salah satu kegiatan kebugaran untuk menjaga kesehatan tubuh. Sifatnya pun beragam, ada yang ringan, sedang, hingga berat. Poin penting dari aktivitas ini adalah porsinya sesuai kemampuan agar tetap memberi manfaat.

Mencegah penularan Covid-19 dapat dengan cara berolahraga rutin bagi siapa saja yang mampu. Tidak harus olahraga berat karena setiap orang memiliki batas dan kemampuan masing-masing. Pastikan untuk melakukannya secara rutin dan cukup untuk tubuh bugar. Berikut adalah contohnya:

  • Senam

Senam merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak bentuk dan macam. Beberapa sangat sangat cocok untuk saat pandemi karena memungkinkan orang melakukannya dari rumah. Gerakan-gerakan sederhana bisa menjadi pilihan.

Platform YouTube menyediakan banyak sekali panduan senam sederhana bagi siapa saja yang ingin mengikutinya. Setiap gerakannya memiliki iringan dan hitungan sesuai instruksi dari instruktur. Pengguna dapat memilih sendiri video mana untuk menjadi panutan.

  • Lompat Tali

Bagi beberapa orang yang tidak memiliki masalah kesehatan lain, lompat tali bisa menjadi salah satu opsi olahraga dari rumah saat pandemi. Namun, dalam pelaksanaanya memerlukan tempat agak luas dan jauh dengan barang-barang atau perabotan.

Olahraga lompat tali dengan durasi yang cukup dapat memberi manfaat bagi tubuh. Selain menyehatkan, kalori pun dapat mengalami pembakaran sehingga berat badan pun turun. Namun, bagi beberapa orang mungkin lebih memilih berolahraga jenis lain karena merasa melelahkan.

  • Peregangan

Peregangan memiliki berbagai jenis. Ada banyak sekali beredar di YouTube atau platform lain. Siapa pun dapat memilih untuk menjadikannya panduan. Durasinya pun bermacam-macam sesuai dengan keinginan instruktur.

Kegiatan meregangkan tubuh bermanfaat untuk melemaskan otot-otot sehingga tidak tegang atau kaku. Pastikan untuk melakukannya secara hati-hati dan dengan mendengarkan saran dari instruktur atau ahlinya.

  • Yoga

Bagi sebagian orang mungkin yoga masih menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup asing. Kegiatan satu ini juga mampu memberi manfaat dalam peningkatan kebugaran tubuh. Selain itu, keuntungan lain darinya adalah berupa ketenangan.

Selama stay at home, orang-orang dapat mencoba yoga dengan mengikuti berbagai panduan dari profesional yang ada di YouTube. Durasi dan gerakannya pun berbeda-beda. Selain itu, dapat pula menggunakan jasa pengajaran privat.

  1. Berjemur

Matahari terbit pada pagi hari dengan sinar yang menghangatkan tubuh. Ada banyak sekali manfaat darinya khususnya bagi manusia. Oleh karena itu, berjemur selama beberapa menit menjadi salah satu tips menghadapi virus corona.

Berjemur memang menjadi anjuran untuk menjaga daya tahan tubuh guna menghindari infeksi virus corona. Namun, hal ini juga harus beriringan dengan tata cara yang benar dan sesuai anjuran ahli. Pastikan waktu dan durasinya tepat. Jangan saat matahari terik dan berlama-lama.

  1. Saling Mengingatkan

Nah, setiap orang memiliki kesadaran yang berbeda-beda dalam memahami urgensi menjaga tubuh dari virus corona. Beberapa manusia mungkin justru tidak percaya dengan adanya pandemi ini. Maka, sebagai sesama manusia berakal, ada baiknya untuk saling mengingatkan.

Mengingatkan orang lain dalam hal kebaikan bukan berarti berniat menggurui dan merasa lebih pintar. Upaya pencegahan Covid-19 adalah untuk kepentingan bersama sehingga setiap individu perlu memiliki pikiran yang sejalan agar pandemi ini segera berakhir. Bukan malah meningkat.

  1. Tidak Bersikap Egois

Setiap orang memiliki kepentingannya masing-masing. Namun, saat pandemi seperti ini semua manusia tidak boleh bersikap egois. Janganlah mementingkan keinginan individu yang nantinya merugikan dan memperparah keadaan. Sebenarnya hal ini berlaku pada hari biasa pula.

Sesuai anjuran pemerintah untuk stay at home, meskipun memiliki keinginan untuk berkumpul bersama teman maka tundalah. Bermain bukan merupakan hal mendesak dan menundanya lain kali tidak menjadi masalah. Tentu lebih baik daripada penularan Covid-19 semakin tinggi.

  1. Menggunakan Layanan Antar

Setiap hari, orang memiliki kegiatan yang beragam dengan tingkat urgensi berbeda-beda pula. Salah satunya adalah berbelanja keluar rumah. Aktivitas membeli barang tentu perlu guna memenuhi kebutuhan hidup. Namun, ada solusi untuk hal ini yaitu dengan menggunakan layanan antar.

Pada zaman yang semakin canggih ini, jasa penyedia layanan antar telah memberikan pilihan jenis pengantaran. Beberapa contohnya adalah berupa belanja barang, paket, hingga pembelian makanan dari restoran atau tempat makan yang bekerja sama.

  1. Menjaga Kebersihan Pakaian, Barang dan Lingkungan

Kebersihan merupakan suatu keharusan bagi siapa saja. Tidak hanya tubuh, pakaian, barang dan lingkungan juga harus mendapat perhatian lebih. Hal ini juga merupakan upaya penting dalam mencegah kemungkinan penyebaran virus corona yang mungkin menempel pada berbagai benda.

Salah satu contoh menjaga kebersihan pakaian, barang dan lingkungan adalah dalam menerima paket. Sebaiknya bila benda tiba dengan pelapis kertas atau plastik, semprotkan cairan pembersih yang aman. Selain itu, setelah bepergian hendaknya mencuci pakaian segera saat sampai rumah.

  1. Kurangi Penggunaan Barang Milik Orang Lain

Setiap barang memiliki potensi untuk menjadi tempat menempel berbagai bakteri, virus, hingga kotoran. Salah satunya adalah corona. Ketika ingin meminjam barang milik orang lain, tentu tidak tahu bagaimana kondisi kebersihannya. Maka lebih baik untuk mengurangi kebiasaan ini selagi bisa.

Contoh mengurangi memakai barang orang lain adalah saat menjadi penumpang kendaraan umum roda dua. Penumpang bisa membawa helm dari rumah. Selain itu, untuk berjaga-jaga, bawalah sapu tangan atau tisu. Jangan melupakan masker pula guna menutup mulut serta hidung.

  1. Membayar Secara Non-Tunai

Era digital memudahkan setiap orang hingga dalam hal pembayaran. Sekarang, membayar suatu jasa atau pembelian barang tidak hanya dengan menggunakan uang tunai. Sudah ada teknologi berupa e-money yang membuat siapa saja lebih mudah dalam melakukan transaksi jual-beli.

Uang merupakan sebuah benda dengan wujud nyata. Oleh karena itu, ada kemungkinan virus dapat menempel dan menyebar melaluinya. Nah, metode pembayaran non-tunai ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi potensi ini. Dengan begitu, kontak dengan benda lebih sedikit.

Itu tadi beberapa tips terhindar virus corona dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh, kebersihan, serta tetap beraktivitas dari rumah. Selain itu, ingatkan pula orang lain agar lebih sadar. Semoga pandemi ini dapat segera berlalu.

Info Lain Yang Wajib Kamu Baca: