Campur Warna dan Rumus Mendapatkan Berbagai Macam Warna

 

Dalam dunia seni, warna adalah salah satu aspek paling penting. Campur warna merupakan salah satu cara agar mendapat warna baru yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Di dunia ini terdapat banyak warna, baik warna alami di bumi ini maupun warna yang sengaja diciptakan oleh manusia.

Dari banyaknya warna yang ada, tidak semua industri memproduksinya dalam bentuk cat atau pewarna yang laian. Oleh sebab itu, kamu perlu berlatih mengasah kemampuan pencampuran warna untuk kebutuhan kamu sendiri. Misalnya adalah untuk cat atau corak suatu seni.

Dalam dunia industri digital jersey printing, pencampuran warna merupakan metode dasar yang digunakan dalam industri ini. Konsep warna dalam dunia cetak grafis yang umum digunakan adalah RGB dan CMYK. Kombinasi warna dasar dari masing-masing konsep tersebut akan menghasilkan warna lain.

Pencampuran warna secara digital tentu lebih mudah dibandingkan dengan manual, namun kamu tetap harus memahami konsep dasar pencampuran ini. Sehingga kamu dapat berhasil mendapatkan warna sesuai keinginan. Selain itu, kamu juga dapat melatih pengetahuan akan warna dan kombinasinya.

campur warna

Berbagai Macam Jenis Warna yang Perlu Diketahui

Warna mempunyai beberapa macam jenis. Dalam teknik campur warna, kamu memerlukan pengetahuan mengenai beberapa jenis warna yang akan menghasilkan warna baru sesuai keinginanmu. Berikut ini, kami akan menjelaskan mengenai warna dan zat tambahan yang kamu butuh kan saat pencampuran.

  1. Warna Primer

Warna primer sering disebuk sebagai warna dasar. Warna ini merupakan induk dari berbagai macam warna karena dapat melahirkan warna-warna baru yang akan masuk ke dalam warna golongan sekunder atau tersier.

BACA JUGA:  Fungsi Warna Burgundy dalam Dunia Desain dan Percetakan Digital

Warna yang termasuk ke dalam warna ini adalah biru, merah, dan kuning. Warna yang dihasilkan dari ketiga warna primer ini dapat mencapai puluhan hingga ratusan.

  1. Warna Universal (Netral)

Warna umum atau dikenal dengan warna netral adalah warna gelap dan putih. Warna gelap ini dapat diperoleh dari campuran seluruh warna primer dalam bentuk melamin dalam takaran tertentu, hingga membentuk satu warna.

Sedangkan warna putih merupakan gabungan dari semua warna primer dalam bentuk sinar menjadi satu. Sehingga, mata dan perangkat lensa tidak mampu mendefinisikan warna yang dihasilkan dan hanya tertangkap warna putih.

Warna gelap biasanya digunakan untuk menggelapkan warna lain, namun putih digunakan untuk menjadikan warna lain lebih muda. Meski demikian, untuk menghasilkan warna yang diinginkan dengan mencampur warna-warna ini kamu memerlukan teknik campur warna yang tepat.

  1. Warna Spesial

Warna spesial ini adalah warna yang unik dan tidak biasa seperti warna emas, perak, neon, dan warna unik lainnya. warna tersebut hanya dapat diciptakan di industri dengan standar tertentu. Kamu tidak dapat menciptakan warna emas atau perak dengan menggunakan warna primer.

  1. Zat Additive

Zat additive atau zat kimia yang ditambahkan ke dalam suatu kombinasi warna agar hasil akhirnya berbeda dengan warna pada umumnya. Misalnya zat kimia fluorescent yang menjadikan warna bercahaya di saat gelap atau metalic membuat warna berkilau saat terkena cahaya.

BACA JUGA:  Mengenal Warna Cream yang Banyak Digemari oleh Masyarakat Indonesia

Tidak hanya itu, dalam corak warna juga biasa ditambahkan doff powder yang menjadikan warna yang kamu buat tidak mengkilap dan zat additive lainnya.

Metode Dasar Campur Warna dengan Cara yang Mudah

Mengkombinasikan warna agar mendapatkan warna yang baru memerlukan metode tertentu, agar lebih mudah dan hasilnya lebih optimal. Perbandingan dan persentase warna yang hendak dicampur juga sangat penting untuk diperhatikan, supaya menghasilkan warna yang sesuai dengan keinginan kamu.

Namun sebelum kamu mempelajari metode yang rumit, tentunya kamu harus menguasai metode dasar campur warna terlebih dahulu. Berikut ini adalah metode dasar yang harus kamu pelajari dan kuasai sebagai permulaan,

  1. Menuangkan Warna Muda ke Warna Tua

Untuk metode pencampuran warna, alangkah baiknya jika kamu menuangkan warna lebih muda ke warna lebih tua. Misalnya saat kamu ingin membuat warna biru muda dari kombinasi biru tua dan putih. Langkah yang harus kamu lakukan adalah menuangkan warna putih ke warna biru tua sedikit-sedikit.

  1. Komposisi dari Kombinasi Warna Tidak Diketahui

Misalnya kamu ingin membuat warna terracota. Kamu harus melihat dengan jelas terlebih dahulu warna terracota. Warna ini terlihat di antara jingga dan coklat, sehingga kamu dapat memasukkan warna coklat ke dalam warna jingga sedikit-sedikit hingga terbentuk warna terracota.

BACA JUGA:  Mengenal Warna Ungu Berdasarkan Arti, Jenis-Jenis dan Psikologi Warnanya

campur warna

Rumus Umum Campur Warna untuk Mendapat Warna yang Diinginkan

Setidaknya ada beberapa cara mengkombinasikan warna untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Diantaranya adalah.

  • Kombinasi Warna Primer

Warna primer atau warna induk ini, jika dikombinasikan akan menghasilkan warna sekunder. Tingkat gradasi yang dihasilkan dari kombinasi ini, tergantung pada komposisi dari warna primer. Berikut ini adalah contoh warna yang dihasilkan dari kombinasi ini.

  1. Merah + Kuning = Jingga
  2. Merah + Biru = Ungu
  3. Biru + Kuning = Hijau
  4. Merah + Hitam = Merah Tua
  5. Hitam + Putih = Abu-abu
  6. Kombinasi Warna Sekunder

Campur warna ini dihasilkan dari warna-warna sekunder yang dikombinasikan, sehingga membentuk warna berbeda. Kombinasi ini akan menghasilkan warna tersier. Warna tersier sendiri adalah warna yang dihasilkan dari gabungan 3 warna atau lebih. Misalnya,

  1. Merah + Hijau = Coklat
  2. Kuning + Biru = Coklat
  3. Merah + Coklat = Maroon
  4. Merah + Putih + Biru = Magenta
  5. Merah Muda + Jingga = Peach
  6. Putih + Coklat + Hitam = Sand
  7. Biru + Ungu = Biru Dongker
  8. Merah + Biru = Biru Dongker
  9. Kuning + Hijau + Coklat = Olive
  10. Ungu + Merah = Burgundy

Dan warna-warna lainnya yang ingin kamu dapatkan sesuai keinginan kamu. Hal terpenting agar mendapatkan warna spesifik adalah cara kamu dalam pelaksanaan campur warna. Selain itu, kamu juga perlu mempelajari dan melihat lebih banyak warna.

error: Content is protected !!