Yuk Kenali Kain Ceruti Dan Kelebihannya Untuk Pemakaian Sehari-Hari

Trend fashion muslim semakin beragam dengan tampilannya yang modis dan menawan. Berbagai macam kain pun digunakan sebagai bahan dasar pakaian tersebut, termasuk ceruti. Kain ceruti ini memiliki karakteristik yang serupa dengan bahan sifon. Keunikan dari bahan ini membuatnya banyak dipilih oleh masyarakat. Bahan ini pun juga dapat ditemukan di toko kain terdekat dengan harga yang cukup terjangkau.

Jenis kain ini mempunyai tampilan transparan dan tipis. Teksturnya pun seperti pasir dan kulit jeruk jika diraba. Oleh karena itu, Ceruti masih termasuk dalam jenis kain sifon meski banyak yang mengira bahan ini keluarga crepe. Pada umumnya ceruti digunakan untuk membuat pakaian seperti rok, gamis, maupun baju lainnya karena bahannya yang tipis dan lentur.

Supaya lebih terlihat fashionable, ceruti ini bisa dipadukan dengan jenis kain lain seperti katun, sutra, satin, hingga wolfis. Kombinasikan pula dengan kain furing agar gamis atau baju tidak terlihat transparan atau tembus pandang. Bahan ini juga sangat lembut dan elastis, sehingga mudah untuk dibentuk atau fleksibel. Tidak heran, jika ceruti nyaman dan tidak membuat gerah saat dikenakan untuk beraktivitas.

Perawatan ceruti ini termasuk mudah hanya perlu mencucinya menggunakan tangan. Hal ini agar tidak merusak serat kain dan menjadi lebih awet. Sebelum membelinya, berikut ini beberapa informasi mengenai bahan ceruti yang perlu diketahui.

Kain ceruti

Memahami Apa Itu Kain Ceruti

Kain ceruti merupakan bahan yang masih turunan dari kain sifon dan memiliki karakteristik yang hampir sama. Terdapat tekstur yang mirip seperti kulit jeruk dan ada bintik-bintik kecil yang halus di permukaannya. Selain halus, tekstur dari kain juga sedikit elastis atau mudah direnggangkan. Bahan ceruti akan menampilkan kesan jatuh saat dikenakan dan tidak mudah melayang ketika terkena angin.

Melihat dari karakternya yang unik tersebut banyak sekali desainer dan penjahit yang memilih ceruti sebagai bahan fashion. Biasanya kain digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian muslimah, seperti membuat jilbab maupun gamis. Warna yang ditawarkan pun sangat beragam, sehingga membuat tampilan semakin cantik dan elegan. Ceruti ini cukup mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang masih relatif terjangkau.

Ceruti dan Sifon, Apa Bedanya?

Serupa tapi tak sama, bahan ceruti dan juga sifon ini memang terlihat cukup mirip namun memiliki perbedaan. Kedua kain ini dikenal dengan bahannya tipis dan memiliki tekstur yang lembut, serta mudah dibentuk. Selain itu, kain tersebut mempunyai ragam variasi warna dan motif yang menarik. Kemiripan inilah yang membuatnya disebut sebagai sifon ceruti.

BACA JUGA:  Bahan Scuba yang Jadi Favorit di Dunia Fashion dan Penjelasan Lengkapnya ¬†

Material yang menerawang membuat kain memerlukan inner atau furing untuk tambahan. Biasanya kain digunakan untuk bahan utama kerudung maupun gamis. Bahannya yang tipis membuat kain ini menjadi favorit masyarakat untuk dijadikan item fashion yang modis.

Berkarakter jatuh dan ringan, membuat bahan ini terlihat mewah dan elegan ketika dikenakan. Selain itu, harganya pun tidak terlalu mahal dan mudah ditemukan di pasaran, baik offline maupun online.

bahan ceruti

Jenis-Jenis Kain Ceruti

Ada beberapa jenis kain ceruti yang sering kali dijadikan bahan utama produk fashion. Setiap jenisnya memiliki keunggulan dan karakteristik yang hampir sama satu sama lain. Meski begitu, terdapat perbedaan yang mendasar jika dilihat secara detail. Selengkapnya, inilah macam-macam bahan ceruti yang perlu diketahui agar tidak salah beli.

1. Diamond

Jenis ceruti ini juga dikenal sebagai bahan diamond Italiano. Kain ini memiliki karakteristik yang ringan, elastis, serta fleksibel atau mudah dibentuk. Selain itu, permukaan dari bahan diamond ini tidak licin dan lembut ketika disentuh meski kurang rata. Tidak heran jika kain jenis satu ini sering dijadikan bahan baku hijab premium.

2. Baby Doll

Salah satu keunggulan dari kain ceruti jenis baby doll ini yaitu tidak mudah kusut. Bahan ini juga bisa dibilang cenderung elastis atau lentur. Karakteristik lainnya adalah kain ini nampak transparan dan tidak mengkilap dengan permukaan yang sangat lembut ketika disentuh. Tidak hanya itu, jenis kain ini juga tidak dapat menyerap keringat dengan baik, namun meskipun begitu masih tetap nyaman digunakan sehari-hari loh.

3. Amunzen

Bahan amunzen menjadi salah satu jenis kain ceruti yang sering digunakan sebagai cadar. Kain ini memiliki keunggulan yang dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga bisa menimbulkan efek sejuk saat dikenakan. Tidak hanya itu, amunzen juga memiliki karakteristik yang menerawang dan jatuh.

4. Georgette

Georgette dikenal karena teksturnya yang halus dan mirip seperti kain ceruti jenis premium. Biasanya kain ini digunakan untuk pembuatan jilbab dan pakaian. Selain halus, bahan ceruti ini juga sangat lentur dan sedikit melar, serta terlihat jatuh atau flowy. Kain georgette ini sangat nyaman dikenakan sehari-hari dan tidak memperlihatkan lekukan tubuh.

5. Ultimate

Tidak jauh berbeda dengan jenis ceruti lainnya, bahan ultimate ini memiliki tekstur yang lembut dan halus. Kain ini pada umumnya digunakan untuk membuat gamis, jilbab, rok, hingga pashmina yang sangat nyaman dikenakan. Harga bahan ini juga tergolong ekonomis dan terjangkau sehingga banyak diminati masyarakat.

6. Ceruti Premium

Terakhir, terdapat jenis ceruti premium yang memiliki tekstur lembut dan halus, serta sedikit berserat ketika diraba. Bahan ini juga mempunyai tekstur yang tidak pecah ketika dijahit sehingga sangat kuat dan cocok untuk dijadikan bahan utama pembuatan pakaian. Namun, bahan premium ini sedikit menerawang ketika dipakai. Ceruti premium ini dapat digunakan untuk membuat jilbab atau gamis.

BACA JUGA:  Mengenal Kain Voal, Kain yang Banyak Digunakan Sebagai Hijab!

Baca juga: bahan kain scuba

Kelebihan Bahan Ceruti Dibanding Kain Lainnya

Ciri khas atau karakteristik menjadi salah satu kelebihan pada setiap jenis kain yang mungkin menjadi pertimbangan ketika akan membelinya. Ceruti juga memiliki beberapa kelebihan yang penting untuk diketahui, sebagai berikut.

1. Kualitas Kain Bagus dan Harga yang Terjangkau

Kualitas bahan yang semi premium memang menjadi salah satu kelebihan dari kain ceruti. Jenis kain ini sangat beragam, seperti ceruti Diamond, Georgette, Amunzen, dan lain sebagainya. Bahan ini memiliki tampilan yang cantik, elegan serta klasik ketika dipakai. Meski begitu, harga yang ditawarkan oleh kain ini tidak begitu mahal dan relatif terjangkau.

2. Tampilan Kain yang Elegan

Selain kualitasnya yang bagus, bahan ceruti ini ternyata bisa memberikan tampilan yang elegan dan cantik. Alasannya karena jenis kain ini memiliki sifat yang ringan dan cenderung jatuh. Sehingga ceruti sangat cocok digunakan di setiap kesempatan dan kegiatan.

3. Bersifat Kuat Meskipun Tipis

Meski terlihat tipis dan dapat melayang jika dikenakan, ternyata jenis kain ini cukup kuat dan tidak mudah sobek. Terbuat dari serat kain yang cukup kuat menjadikan bahan ceruti ini unik dan tahan lama. Tidak mengherankan jika pakaian berbahan ceruti banyak diminati karena awet dan tidak mudah rusak walaupun sering dipakai.

4. Tidak Terasa Panas Saat Dipakai

Kelebihan lain dari kain ceruti yaitu tidak menimbulkan efek panas atau gerah saat dikenakan. Bahan ini dikenal bersifat sangat ringan dan tidak lembab yang cocok untuk dipakai sehari-hari. Perlu diperhatikan pula jika ada beberapa jenis ceruti yang tidak mampu menyerap keringat dengan baik dan cenderung panas.

5. Mudah Dicuci dan Tidak Mudah Melar

Memiliki sifat yang agak kaku membuat bahan ceruti ini tidak mudah melar. Kain ini juga memiliki tekstur yang lembut sehingga tetap nyaman digunakan. Selain itu, ceruti tergolong sangat mudah dicuci dan tidak gampang luntur atau berubah warna. Jika ingin mencuci, sebaiknya dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan untuk menghindari kerusakan.

Pemanfaatan Kain Ceruti

Tergolong bahan yang mudah didapat, kain ceruti banyak digunakan untuk pembuatan berbagai jenis pakaian yang modis dan fashionable. Selain itu, kelebihan dan keunikan dari kain ini membuatnya digemari oleh masyarakat. Berikut ini beberapa manfaat dari bahan ceruti untuk kebutuhan fashion.

1. Jilbab

Saat ini jilbab menjadi item fashion yang cukup populer dengan pilihan model dan bahan yang bervariasi. Ceruti biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan jilbab. Mulai dari model yang simple hingga yang mewah semua kain ini akan membuat penampilan semakin modis dan elegan.

BACA JUGA:  Inilah Jenis Bahan Kaos Terbaik yang Banyak Digunakan di Industri Tekstil

2. Gamis

Pembuatan busana muslimah seperti gamis memang perlu memperhatikan faktor kenyamanan si pemakai. Karakteristik dari bahan ceruti yang jatuh ini membuatnya semakin menarik. Namun, sebaiknya perlu ditambah furing atau inner karena bahannya yang agak menerawang.

3. Rok

Layaknya gamis, ceruti juga bisa dijadikan bahan untuk membuat rok yang fashionable. Mempunyai sifat dan karakteristik yang mirip dengan sifon membuat bahan ini semakin diminati masyarakat. Supaya menambah kesan menarik dan elegan, biasanya rok akan ditambahkan furing karena tampilannya yang menerawang.

4. Baju

Ceruti cukup populer dengan tampilannya yang tampak mewah dan elegan. Tidak heran jika bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan baju dengan model khusus. Karakter kain yang kuat membuatnya cocok untuk berbagai model pakaian dan hijab yang fashionable. Selain itu, bahan ceruti juga mudah dibentuk dan tidak gampang sobek.

Tips Perawatan Ceruti Yang Tepat

Sama seperti jenis pakaian yang lain, baju berbahan ceruti juga memerlukan perawatan yang tepat agar tetap awet. Untuk mencuci kain ceruti sebaiknya dicuci  manual dengan menggunakan tangan dan menguceknya secara lembut . Hal ini karena bahan kain satu ini memiliki tampilan yang tipis dan mudah sobek. Jika ingin menggunakan mesin cuci, maka disarankan untuk mengatur pada mode soft.

Pada saat menjemur, letakkan pada tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Selain itu, jemur pakaian dengan keadaan terbalik atau bagian dalam berada diluar untuk menjaga kualitas warnanya. Hal ini berpengaruh agar warna kain tidak mudah luntur dan lebih cepat kering.

Apabila perlu dilakukan proses penyetrikaan, maka ada baiknya untuk tidak mengatur suhu terlalu tinggi. Pilih suhu medium atau sedang agar pakaian tidak mudah berkerut. Pastikan untuk menyimpan pakaian di dalam lemari yang kering. Serta tambahkan kamper agar terhindar dari jamur yang akan membuat kain menjadi mudah rusak dan tidak tahan lama.

Itulah ulasan selengkapnya mengenai kain ceruti dan kelebihannya. Kain ini memang populer untuk dijadikan bahan pembuatan busana muslim, seperti gamis, rok, maupun hijab. Tekstur dan karakteristik bahan yang ringan dan unik membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Selain itu, ada beberapa jenis bahan ceruti yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Harga dari kain ini juga relatif terjangkau, sehingga sangat cocok bagi yang ingin bahan berkualitas namun minim budget.

error: Content is protected !!