Karakteristik, Kelebihan, dan Kekurangan Kain Lotto sebagai Bahan Pakaian Olahraga

 

Salah satu bahan pakaian olahraga yang paling terkenal di dunia adalah kain Lotto yang berasal dari Italia, tepatnya daerah Treviso. Lotto berdiri sudah sejak lama sejak tahun 1973 dan memang bergerak di bidang olahraga dengan produk pertama sepatu tenis. Brand ini kemudian berkembang hingga merambah produk kain seperti jaket, training, atau kaos dan dikenal dengan kain lotto.

Sebenarnya, di Indonesia sendiri bahan kain yang sering disebut lotto ini adalah replika dari material asli yang digunakan brand Lotto sendiri. Banyak orang menyukai kain ini karena memang sangat nyaman untuk dipakai ketika berolahraga. Ciri khas utama dari kain ini adalah tekstur yang lembut dan pas untuk kegiatan berkeringat. Tekstur dan cirinya tak jauh berbeda dari Adidas atau Diadora.

Karakteristik Kain Bahan Lotto

Kain ini sebenarnya masih terbagi menjadi dua macam yakni super dan juga khusus yang memang berbeda kenyamanannya. Kain tipe super lebih tebal dan masih sangat nyaman digunakan tetapi dibandrol dengan harga yang lebih tinggi daripada kain super. Pakaian olahraga saat ini kebanyakan menggunakan kain ini sebagai bahan dasarnya karena memang sangat nyaman dan ringan.

BACA JUGA:  Serba-Serbi Bahan Jersey, Kain yang Nyaman untuk Berbagai Kebutuhan Fashion

Ciri khas lain dari kain yang digunakan dalam bahan pembuatan pakaian olahraga ini adalah keringanannya. Bahan kain Lotto ini terkenal karena keringanannya sehingga banyak diekspor ke luar negeri untuk kepentingan konveksi di sana. Banyak juga bahan seragam sekolah atau komunitas yang menggunakan kain ini.

Selain itu, setiap serat yang ada pada kain ini tersusun sangat rapi dan rapat sehingga tidak ada cahaya yang bisa masuk. Meskipun memang pada saat diperhatikan dari luar, terdapat rongga-rongga pada bagian kainnya. Banyak cabang olahraga dan produsen garmen besar menggunakan kain tipe ini sebagai bahan dasarnya.

bahan lotto

Kelebihan Kain Bahan Lotto

Ada beberapa keunggulan dari kain bahan lotto satu ini karena memang kain ini termasuk ke dalam salah satu bahan kain berkualitas tinggi. Kain ini dibandrol dengan harga tidak terlalu tinggi sehingga peminatnya beragam dari kelas menengah ke bawah hingga ke atas. Beberapa kelebihan utama dari kain ini adalah:

1. Nyaman Dikenakan

Karakteristik kain yang lembut dan dingin membuat bahan kain satu ini sangat nyaman saat dikenakan apalagi ketika bersentuhan dengan kulit. Bahkan pada saat badan berkeringat pun kain satu ini tidak akan terasa menempel dan lepek sehingga tetap nyaman dikenakan.

BACA JUGA:  Kain Kanvas, Bahan yang Sering Dijadikan untuk Custom Item

2. Menyerap Keringat

Meskipun kain ini tampak berongga jika dilihat dari luar, tetapi ketika dilihat lebih teliti, tenunan tiap benangnya sangat rapat. Hal ini menciptakan sirkulasi udara yang sangat baik pada baju olahraga sehingga terasa dingin. Pada saat berkeringat juga baju bisa lebih cepat kering daripada bahan kain lainnya dan juga tidak mudah bau.

3. Leluasa Bergerak

Sebagai olahragawan, pergerakan yang dilakukan sangat diperhitungkan termasuk juga atribut yang dikenakan. Meskipun kain lotto memiliki ketebalan yang beragam, keseluruhannya masih tetap memiliki bobot yang relatif ringan. Bahan kain ini terbuat dari campuran serat polyester dan juga serat sintetik yang sudah diperhitungkan agar tetap ringan dan nyaman.

4. Bisa Menyesuaikan Lekukan

Pada saat berolahraga, bagian tubuh biasanya akan menekuk ketika melakukan gerakan. Tingkat elastisitas dari bahan akan sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan penggunaan dan juga gerakan pemakai. Bahan ini memiliki elastisitas yang baik sehingga bisa menyesuaikan lekukan dengan sangat mudah. Karena itu pakaian yang terbuat dari kain ini memiliki variasi ukuran yang sedikit.

5. Varian Warna Beragam

Pakaian yang menggunakan kain ini sangat jarang berwarna polos tanpa ada perubahan warna di pakaiannya. Satu jenis saja bisa memiliki tiga varian seperti misalnya pada warna biru, bisa memiliki corak biru muda, navy, dan biru langit. Pakaian yang dihasilkan akan terlihat sangat simple tetapi masih terlihat elegan karena karakter motif yang dihasilkan cukup kuat.

BACA JUGA:  Bahan Poly Cotton: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan & Cara Merawatnya

Kekurangan Kain Lotto

Meskipun banyak sekali kelebihan dari kain yang satu ini, tetapi masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satu kekurangan utama yang biasa ditemui adalah perawatannya yang cukup sulit. Kesalahan dalam memakai detergen atau teknik mencuci yang buruk bisa membuat serat kain ini menjadi rusak.

Kerusakan pada kain bisa dengan mudah terjadi ketika pencucian yang dilakukan menggunakan kain yang terlalu basa akibat kesalahan detergen. Kekurangan yang paling sering terjadi adalah tidak tahan panas sehingga kain seringkali rusak ketika disetrika dengan panas berlebih.

Kain ini memiliki sirkulasi yang sangat baik sehingga meskipun memiliki ketebalan yang tinggi, masih tidak bisa menahan panas. Bahan tipe ini memang sering digunakan pada sweater ataupun jaket tetapi tetap tidak bisa menjadi pakaian yang bisa dikenakan pada suhu yang dingin.

Jadi itulah dia beberapa hal tentang kain lotto yang sangat terkenal sebagai bahan jersey dan juga bahan jaket olahraga. Nyaris semua bahan pakaian olahraga mulai dari jersey sepak bola, celana training, pakaian jogging, dan sebagainya menggunakan kain ini sebagai bahan dasarnya.

error: Content is protected !!