Sejarah dan Karakteristik Kain Nagata Drill serta Kelebihan dan Kekurangannya

 

Kain nagata drill sering banyak ditemui pada bahan dasar seragam. Nagata drill banyak digunakan untuk manufaktur tekstil dan bahan pakaian formal.

Artikel ini akan menjelaskan sekilas tentang kelebihan dan kekurangan dari nagata drill. Selain itu, pembaca akan dapat mengetahui karakteristik dari kain ini dan perbedaannya dengan kain lainnya.

Namun, sebelum kita menjelajahi lebih jauh tentang bahan nagata drill, penting juga mengetahui bahan dasar drill itu sendiri.

Nagata drill termasuk dalam berbagai tipe kain drill. Mari kita simak sejarah dari kain drill dan karakteristiknya.

kain nagata drill

Sejarah Kain Drill

Kain drill adalah jenis kain yang dipintal dengan tekstur unik yaitu diagonal atau miring. Jalinan benang kain drill yang kuat membuat kain ini cocok untuk dipakai untuk bahan pakaian lapangan.

Bahan dasar dari kain drill adalah polyester dan katun, namun tiap jenis kain drill memiliki persentase katun dan polyester yang berbeda.

Pada awal mula manufaktur kain ada, kain drill yang memiliki warna dasar khaki kerap dipakai untuk pembuatan pakaian militer. Khaki sendiri dalam bahasa Hindi bermakna debu, karena itulah kain khaki berwarna coklat.

BACA JUGA:  Bertekstur Unik, Inilah Serba-Serbi Kain Emboss yang Perlu Diketahui

Pada saat perang dunia kedua, manufaktur kain memproduksi banyak kain drill untuk pakaian militer tentara.

Penyebab dari maraknya produksi kain khaki untuk seragam tentara adalah warna coklatnya yang dapat dipakai oleh tentara untuk berkamuflase.

Bahkan setelah perang dunia kedua, karena popularitas kain drill saat perang dunia pemakaian kain drill juga digunakan oleh masyarakat untuk pakaian kasual.

Kain drill memiliki kualitas dan tekstur yang berbeda, tergantung dengan jenis kain drill yang ingin dipakai. Semakin banyak unsur bahan katun, semakin mahal dan berkualitas kain drill tersebut. 

nagata drill

Spesifikasi Kain Nagata Drill

Nagata Drill adalah salah satu bahan drill yang terkenal dan dipakai dari bahan kain Japan Drill.

Nagata Drill sering dipakai untuk bahan pembuatan pakaian formal seperti kemeja, seragam perusahaan, seragam sekolah, celana formal, dan jas almamater.

Permukaan nagata drill halus di kulit dan memiliki komposisi serat benang yang tebal. 

Walaupun berserat tebal, memakai pakaian dengan nagata drill enak di permukaan kulit karena memberi sensasi yang dingin.

Kain ini juga dapat menyerap keringat dengan baik, karena bahan katun lebih mendominasi dibandingkan bahan polyester. 

nagata

Nagata Drill memiliki kualitas baik dan stabil pada setiap penyusutan dan lipatan. Nagata drill cukup populer untuk pembuatan kemeja lapangan (PDL).

BACA JUGA:  Jenis Kain Parasut dan Cara Perawatannya Agar Tetap Awet

Mahasiswa juga sering memesan bahan nagata untuk seragam organisasi atau komunitas mereka. Kain ini tentunya memiliki harga yang berbeda, tergantung persentase katun.

Pro dan Kontra dari Bahan Nagata Drill

Seperti bahan kain lainnya, kain berkualitas seperti Nagata drill tentunya memiliki kelebihan kekurangan spesifik. Berikut adalah informasi mengenai kelemahan dan kelebihan dari nagata drill. 

1. Kelebihan Nagata Drill 

Nagata drill memiliki kualitas bagus untuk pembuatan seragam formal, kelebihan inilah yang membuat nagata drill populer dan disegani oleh banyak orang. Berikut adalah kelebihan dari nagata drill:

  • Warna awet dan tidak gampang pudar-keawetan dari kain ini membuat nagata drill dapat dipakai dalam waktu lama
  • Umumnya persentase katun nagata drill tinggi- karena katun yang mendominasi, kain ini lebih dingin di kulit dari kain drill lain.
  • Lembut di permukaan kulit dan dingin- karakteristik ini ada karena persentase katun yang tinggi di nagata drill
  • Serat benang tebal, tetapi masih memberi karakteristik dingin
  • Dapat menyerap air dengan baik sehingga tidak gerah di kulit

Baca juga: bahan american drill

2. Kekurangan Nagata Drill

Kekurangan nagata drill memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Beberapa nagata drill memiliki karakteristik warna yang mudah pudar- nagata drill memiliki tingkatan berbeda dan tentunya tingkatan ini memberi dampak pada mudah atau tidaknya warna pada kain. Keawetan warna juga dapat dipertahankan dengan perawatan kain yang benar.
  • Bahan nagata drill berat untuk beberapa orang- Ketebalan nagata drill bisa dibilang diatas rata-rata dibandingkan kain lain. Massa kain ini sebenarnya tidak berat, namun beberapa orang merasa bahwa pintalan serat kain yang tebal menambah massa dari kain ini
  • Nagata drill memiliki harga yang mahal karena kualitas kain yang bagus dan memiliki sensasi dingin di permukaan kulit. Komposisi bahan katun yang mendominasi membuat harga nagata drill melambung tinggi dibandingkan kain lainnya. 
BACA JUGA:  Kain Bludru: Pengertian, Proses Pembuatan, Karakteristik, dan Tips Merawatnya

Walaupun bahan kain ini memiliki beberapa kekurangan, kain ini masih cukup populer di publik karena kenyamanan dan daya serap keringat yang baik.

Penggunaan kain ini cocok untuk orang yang memprioritaskan kenyamanan dibandingkan harga.

Ditambah lagi, nagata drill ini memiliki bahan yang tidak mengiritasi kulit. 

Ini adalah sekilas informasi tentang nagata drill beserta dengan karakteristik dan sejarahnya.

Semoga informasi mengenai kain ini berguna bagi para pembaca yang ingin mengetahui kain nagata drill lebih dalam. 

error: Content is protected !!