Mengenal Bahan Kain Supernova untuk Membuat Pakaian Terbaik

Jenis kain adalah hal yang harus diperhatikan ketika membeli atau membuat pakaian. Memilih jenis kain yang salah bisa mengakibatkan pakaian tidak nyaman dipakai. Ada banyak jenis kain yang sering digunakan, salah satunya adalah kain supernova.

Dibandingkan dengan bahan katun, mungkin supernova kalah dalam hal popularitas sebagai bahan pakaian. Meski demikian, bukan berarti jenis kain ini memiliki kualitas yang tertinggal jauh dari katun. Supernova sendiri masih termasuk dalam keluarga katun, namun lebih tipis dan ringan, sehingga mirip denim. Untuk mengenal lebih mengenai bahan supernova, simak ulasan berikut:

kain supernova

Karakteristik Bahan Supernova

Setiap kain pembuat pakaian memiliki karakteristik yang unik. Sifat dan karakteristik dari masing-masing kain nantinya akan dijadikan pertimbangan dalam pembuatan pakaian. Lalu, bagaimana dengan supernova?

Karakteristik utama dari supernova adalah teksturnya yang lembut dan ringan. Kain jenis ini juga tidak kaku dan sedikit jatuh. Sayangnya, supernova mudah kusut sehingga harus disetrika jika akan dipakai.

Supernova adalah jenis kain yang masih masuk ke dalam kategori katun. Oleh karena itu, kain ini memiliki beberapa kemiripan dengan katun. Salah satunya yakni kain ini terasa sejuk dan mudah menyerap keringat.

Ini dikarenakan, supernova memiliki rongga serat yang besar sehingga membuat kulit mudah bernapas. Tidak hanya itu, kain supernova juga tergolong kuat dan tidak mudah luntur berkat seratnya yang kuat.

Karakteristik lain dari supernova yang membedakannya dengan jenis kain lainnya adalah kain yang tipis dan tidak terlalu tebal. Jika dilihat dari ketebalannya, supernova berada di atas kain sifon, tetapi di bawah kain katun. Karena itu, jika kain ini akan dipakai sebagai bahan pakaian, maka perlu memberi furing sebagai pelapisnya.

bahan kain supernova

Kelebihan

Kain supernova merupakan salah satu kain yang sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan pakaian. Hal ini dikarenakan, supernova memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya disukai banyak orang. Kelebihan dari kain ini yakni:

1. Murah

Harga menjadi pertimbangan bagi sebagian orang ketika akan membuat pakaian. Supernova memiliki harga yang termasuk terjangkau namun dengan kualitas yang tidak kalah baik dengan jenis kain lainnya. Ini membuat banyak orang memilih supernova sebagai bahan kain pembuat pakaian.

2. Nyaman Digunakan

Supernova memiliki rongga serat yang besar membuatnya terasa sejuk dipakai dan mudah menyerap keringat. Kain ini juga ringan dan halus. Berkat sifat-sifat tersebut, supernova terasa nyaman saat digunakan terlebih di tempat dengan iklim tropis yang sering membuat tubuh berkeringat.

3. Memiliki Berbagai Macam Ketebalan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh supernova adalah ketebalannya yang bervariasi. Umumnya kain yang memiliki ketebalan ringan memiliki sifat yang lebih ringan dan juga mudah jatuh. Kain dengan ketebalan ini cocok digunakan sebagai kerudung, rok, dan gamis.

Supernova juga memiliki variasi ketebalan yang tinggi dimana kain tersebut cenderung lebih tebal dan kaku. Kain dengan ketebalan ini sering dimanfaatkan untuk membuat celana panjang atau kemeja formal.

bahan supernova
bukalapak.com

Kekurangan

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti kain supernova adalah jenis kain sempurna yang cocok digunakan sebagai bahan membuat pakaian. Terdapat beberapa kekurangan pada supernova.

Ketika akan menggunakan supernova sebagai bahan pakaian, kekurangan dari kain ini harus dipertimbangkan agar tidak terjadi kesalahan. Beberapa kekurangan supernova adalah sebagai berikut:

1. Sulit Kering

Supernova merupakan bagian dari katun yang terbuat dari serat sintetis alami. Hal ini membuat kain ini sulit untuk kering dan juga mudah ditempeli bakteri. Akibatnya, apabila tidak langsung dijemur di bawah sinar matahari, kain akan mengeluarkan bau tidak sedap.

Supernova juga akan berbau apabila tidak dikeringkan dengan sempurna. Oleh karena itu, pastikan mengeringkan kain jenis ini secara sempurna saat mencucinya.

2. Mudah Kusut

Kekurangan dari supernova adalah kainnya yang mudah kusut, terlebih sehabis dicuci. Karena itulah, kain ini membutuhkan perawatan yang ekstra supaya tetap terlihat rapi dan necis. Menyetrika kain ini secara rutin sehabis mencucinya merupakan perawatan yang tepat terhadap supernova.

3. Serat Mudah Rusak

Serat-serat dari kain supernova biasanya keluar-keluar tidak beraturan. Maka dari itu, kain ini mudah sekali rusak apalagi jika disikat saat dicuci. Cara terbaik mencuci supernova untuk mencegah kerusakan adalah dengan merendam dan menguceknya secara perlahan.

Beberapa Produk Yang Menggunakan Kain Supernova

Berkat karakteristik yang dimilikinya, supernova menjadi salah satu kain terfavorit dalam pembuatan pakaian. Dalam dunia fashion, kain ini sering ditemui dalam berbagai macam bentuk produk.

Gamis dan kerudung adalah contoh kecil dari pengolahan kain supernova dalam dunia fashion. Gamis dengan supernova sebagai bahannya merupakan kombinasi yang sempurna sebab kain ini sangat ringan dan mudah menyerap keringat.

Penggunaan supernova sebagai bahan pembuat kerudung juga sangat tepat dilakukan. Sifatnya yang dingin membuat kerudung dengan bahan supernova nyaman dipakai. Selain gamis dan kerudung, supernova juga kerap dijadikan bahan untuk membuat kemeja, rok, dan jaket long outer.

Kain supernova sering digunakan dalam pembuatan pakaian baik kerudung, maupun gamis. Untuk mengeluarkan potensi terbaik kain supernova, hal yang harus dilakukan adalah memahami dengan baik karakteristik, kelebihan dan kekurangan kain ini. Dengan begitu, kain supernova bisa bertransformasi menjadi pakaian terbaik.