Ukuran Panjang Lapangan Sepak Bola Sesuai Standar Internasional dan Nasional

Ukuran panjang lapangan sepak bola di luar negeri diatur oleh FIFA yang merupakan organisasi football internasional. Tapi di Indonesia ukuran lapangan sepakbola disesuaikan dengan peraturan PSSI. Maka dari itu, di bawah ini akan diulas secara singkat standar-standarnya.

UKURAN LAPANGAN SEPAK BOLA

Ukuran Panjang Lapangan Sepak Bola Sesuai Standar Internasional

Lapangan merupakan fasilitas terpenting bagi olahraga sepakbola. Ukuran lapangan sepakbola dibuat untuk membuat pemain nyaman dalam melakukan aktivitasnya. secara internasional, semuanya diatur oleh Federation Internationale de Football Association atau biasa disebut FIFA. Berikut beberapa aturannya.

1. Panjang dan Lebar Lapangan Sepak Bola

Untuk melaksanakan kompetisi Piala Dunia, lapangan sepak bola yang digunakan harus sesuai dengan  standar FIFA. Karena semua dibuat sesuai kondisi internasional, memang jika dilihat ukurannya agak lebih sedikit besar dibanding nasional.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

Sesuai standar FIFA, panjang lapangan sepak bola harus mencapai 100 hingga 110 meter. Untuk lebarnya berkisar di angka 64 sampai 75 meter. Jadi jika dibandingkan dengan di Indonesia ada sedikit perbedaan namun tidak begitu signifikan.

2. Luas Lapangan

Membuat suatu lapangan sepak bola berdasar standar FIFA harus mengikuti setiap ukurannya dengan benar. Pada umumnya, hal ini untuk memenuhi kebutuhan kompetisi antar negara seperti Piala Dunia yang dilakukan empat tahun sekali.

Di dalam aturan telah ditentukan bahwa luas lapangan sepak bola berada pada angka 4050 hingga 10800 meter persegi. Namun, pada kenyataannya ukuran yang sering digunakan adalah sebesar 7140 meter persegi.

3. Garis Tengah Lapangan

Garis tengah ini pada dasarnya dibuat untuk membagi dua lapangan sehingga kedua sisi memiliki ukuran yang sama. Selain itu, juga dijadikan pembatas antar daerah lawan dan tim sehingga bisa diketahui wilayah kekuasaan masing-masing.

Di tengah garis tersebut dibuat lingkaran yang memiliki ukuran jari-jari sesuai dengan standar FIFA, yaitu 9,15 meter. Area ini digunakan sebagai tempat terjadinya tendangan kick off pada awal permainan. Lawan tidak boleh memasuki wilayah ini.

4. Garis Area Penalti

Area pinalti ini digunakan apabila pemain melakukan sebuah pelanggaran. Wilayah tersebut dibatasi oleh garis putih disertai titik yang jelas sehingga lebih mudah melakukan pengeksekusian tendangan bola ke gawang.

Jarak titik tersebut hingga ke gawang adalah 11 meter atau 12yds. Jadi, tendangan bebas harus dilakukan sejauh ukuran tersebut, tidak boleh kurang dan lebih. Maka dari itu, peluang masuknya pinalti ditentukan oleh kelihaian pemain dalam menembakkan bola dan memanfaatkan celah.

5. Garis Area Gol

Daerah ini adalah tempat kiper. Kiper adalah pemain dengan jersey bola yang berbeda sendiri, bertugas menjaga gawang dari tembakan lawan. Di sinilah area yang harus dilindungi agar bola tidak menembusnya. Karena semakin seringnya garis ini terlewati musuh, maka peluang kekalahan menjadi lebih besar.

Garis area gol yang sesuai standar FIFA adalah 5,5 meter dari kiri dan kanan tiang gawang dan juga ke arah depannya. Jika dihitung luas keseluruhan, panjangnya mencapai 18,32 meter sedangkan lebarnya hanya 5,5 meter saja.

6. Garis Sudut

Di lapangan sepak bola pasti terdapat bendera diikat di sebuah tiang pada pojok-pojoknya. Area inilah yang disebut garis sudut. Fungsinya sebagai tempat seorang pemain melakukan tendangan penjuru untuk memberi umpan.

sudut-lapangan-sepakbola

Garis sudut ini dibuat melengkung di keempat pojokan lapangan dengan jari-jari sebesar 1 meter. Jika dilihat dari bentuknya, hanya berupa seperempat lingkaran saja yang memiliki sudut siku-siku. Untuk tiang benderanya berukuran 1,5 meter.

Ukuran Panjang Lapangan Sepak Bola Sesuai Standar National

lapangan sepak bola nasional

Panjang lapangan sepak bola sesuai standar nasional biasanya ukurannya lebih kecil dibanding international. Hal ini disesuaikan dengan tubuh masyarakat Indonesia yang memiliki postur agak sedikit mini dibanding orang negara barat.

Adapun beberapa persyaratan ukuran lapangan sepak bola Nasional adalah sebagai berikut.

1. Panjang dan Lebar Lapangan Sepak  Bola

Membuat lapangan sepak bola di Indonesia harus mengikuti ukuran lapangan sepakbola standar nasional yang telah diputuskan oleh organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau biasa disebut PSSI. Seluruh aturan dibuat untuk membuat pemain lebih nyaman dalam bermain.

ukuran-lapangan-sepak-bola-nasional

Ukuran lapangan sepak bola sesuai standar PSSI adalah memiliki panjang 90 hingga 110 meter, kemudian lebarnya berkisar di angka 45 sampai 90 meter. Jadi dalam pembuatan fasilitas ini harus perhitungkan semuanya berdasarkan aturan yang telah dibuat.

2. Lingkar Tengah

Jika Anda melihat gambar lapangan sepak bola, pasti ada lingkaran yang ada di tengah-tengah. Biasanya digunakan untuk memulai awal permainan. Jadi kedua pihak akan berdiri berhadapan dan bolanya berada di antaranya.

Lingkaran tengah lapangan sepak bola memiliki ukuran jari-jari 9,15 meter. Jadi setelah diukur melintang sebesar angka tersebut, kemudian garis melingkar hingga membentuk bulat sempurna di bagian sentralnya.

3. Ukuran Gawang

Gawang merupakan kunci menang dan tidaknya sebuah permainan sepak bola. Semua pemain berusaha menghalau lawan agar tidak dapat menembus hingga ke garis pertahanan. Kiper sebagai penjaga memiliki tanggung jawab besar akan hal ini.

Ukuran gawang berdasar standar PSSI panjangnya 18,30 meter dan lebarnya sebesar 5,5 meter. Apabila penjagaan tidak diperketat menggunakan strategi dan formasi yang tepat, maka bola akan mudah menerobos masuk. Jadi dibutuhkan keterampilan dan kecepatan dalam menangkap.

4. Ukuran Kotak Pinalti

Area kotak penalti adalah garis dengan bentuk persegi panjang yang terletak pada ujung-ujung lapangan  sepak bola mengitari gawang. Tempat ini digunakan untuk batasan pemain melakukan tendangan bebas akibat dari sanksi setelah pelanggaran.

Ukuran kotak pinalti ini memiliki panjang 40,3 meter dan lebar sebesar 16,5 meter. Di dalam area tersebut dibuat titik yang berguna sebagai batas melakukan tendangan bebas. Jaraknya hingga ke gawang adalah 11 meter.

Itulah perbandingan ukuran panjang lapangan sepak bola sesuai standar internasional dan nasional. Ternyata jika dilihat dari besarnya tidak berbeda jauh.