Posisi Pemain Sepak Bola Lengkap Beserta Nama dan Tugasnya

Berbagai macam posisi pemain sepak bola memiliki tugas masing-masing di dalam permainan. Titiknya bisa saja berubah tergantung dengan formasi dan strategi yang digunakan. Namun walaupun demikian tidak akan mengubah fungsinya.

Beberapa Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Posisi pemain sepak bola

Pada permainan olahraga sepak bola, ada beberapa nama-nama posisi yang wajib diketahui. Semuanya memiliki tugas masing-masing sehingga dapat menghadang lawan untuk memenangkan pertandingan. Hal ini harus benar-benar dipahami karena berkaitan erat dengan rancangan strategi.

Berikut ini beberapa nama posisi pemain bola beserta dengan tugas-tugasnya.

1. Goal Keeper atau Penjaga Gawang

Goal Keeper adalah pemain yang posisinya terletak pada barisan ke satu. Jika dilihat dari kostum bola yang dipakai agak berbeda dari lainnya karena menggunakan kaos tangan. Hal ini berkaitan dengan tugasnya sebagai penangkap bola agar tidak menembus gawang.

Sebenarnya, tugas dari Goal Keeper sesuai dengan namanya yaitu sebagai penjaga gawang. Jadi posisi ini menempati lapisan pertahanan paling akhir, juga sebagai penentu menang dan kalahnya suatu team sepak bola. Bisa dibilang, penjaga gawang merupakan pemain dalam sepak bola yang posisinya berada di barisan pertama. Maka dari itu, kelincahan dan kecepatan bereaksi merupakan salah satu kuncinya.

BACA JUGA:  Teknik Menggiring Bola yang Penting untuk Dikuasai

Goal Keeper ini harus memiliki tingkat reflek insting yang tinggi, karena memperkirakan gerakan kaki dan tembakan yang dihasilkan merupakan hal cukup sulit jika dilihat oleh orang biasa. Maka untuk mencapai profesionalisme, pemain wajib melakukan latihan terus menerus.

2. Striker atau Penyerang

Striker merupakan pemain yang posisinya menempati posisi paling akhir yaitu dekat dengan gawang lawan. Bisa dikatakan bahwa tugasnya adalah sebagai pencetak gol. Jadi pada saat menerima umpan dari teman satu tim, mereka harus langsung mencari celah untuk menciptakan kemenangan.

Berikut ini beberapa tipe Striker.

  • Center Forward (Penyerang Tengah)

Center Forward adalah pemain yang menempati posisi penyerang di bagian tengah. Jika ada umpan dengan arah menuju central, maka mereka akan mencari celah untuk menendangnya ke teman lain atau langsung ke gawang.

Penentuan penembakan bola harus benar-benar dipikirkan secara matang, baik dari segi sudutnya atau kebiasaan kiper lawannya. Jadi strategi permainan sudah tertanam di pikiran sehingga pada saat mengalami kondisi tersebut dapat langsung memberi refleks terbaik.

  • Wings Forward (Penyerang Sayap)

Tipe penyerang selanjutnya adalah Wing Forward. Tugasnya yaitu menempati posisi bagian sayap yaitu kanan dan kiri lapangan. Hal ini bertujuan untuk menerima umpan dari teman satu tim dan bersiap menembakkannya tepat pada gawang.

Posisi pemain sepak bola ini menempati bagian sayap lapangan yang dekat dengan gawang untuk membantu penyerang lain agar dapat melihat kelonggaran. Dengan demikian, bola dapat menembus dan membobol haluan kiper lawan.

BACA JUGA:  Mengenal Sejarah Singkat Sepak Bola Dunia dan Indonesia

3. Midfielder atau Gelandang

Gelandang atau Midfielder menempati posisi antara Bek dan Striker. Tugasnya yaitu menghubungkan kedua pemain tersebut. Dengan kelincahan dan ketangkasannya, lawan akan terhalau untuk merebut bola dan menyerang ke gawang tim.

Berikut ini beberapa tipe Gelandang dalam permainan sepak bola.

  • Defending Mindfielder atau Gelandang Bertahan

Gelandang Bertahan ini biasanya disebut dengan DM yang merupakan singkatan dari Defending Mindfielder. Posisinya terletak tepat di belakang garis pertahanan namun tepat di depan pembela. Pemain ini harus selalu siap ada di titiknya masing-masing.

Mengapa harus selalu siap? Karena apabila terjadi serangan balasan, maka gelandang harus sudah sigap untuk melakukan perlawanan. Dengan demikian, diperlukan kelincahan dan mobilitas tinggi untuk mencegah bola mencapai garis pertahanan.

  • Center Midfielder atau Gelandang Tengah

Gelandang ini jika dilihat fungsinya sama saja dengan tipe lain, hanya saja penempatan posisinya yang agak sedikit berbeda karena letaknya terdapat di tengah-tengah lapangan. Jadi penguasaan areanya adalah sekitaran bagian sentral.

Dengan penguasaan lokasi tengah ini, pemain dapat menghalau lawan yang ingin menembus bek. Jika hal ini dapat dilancarkan, maka bola dapat ditahan dan dikembalikan kepada penyerang kembali sehingga gawang akan aman.

  • Attacking Midfielder atau Gelandang Serang

Pemain yang disebut dengan gelandang Serang akan menempati posisinya agar lawan tidak dapat membobol pertahanan. Kelincahan mengontrol bola mampu menggiringnya kembali ke depan dan menyerahkannya kepada penyerang.

Posisi ini harus ditempati oleh seorang pemain yang memiliki keterampilan menggiring bola secara handal dan juga kecepatan berpikir untuk menentukan pilihan arah terbaik. Dengan demikian, tidak akan terjadi kesalahan tembakan atau tendangan.

  • Winger atau Gelandang Sayap

Tipe Gelandang yang terakhir ini ditempatkan pada posisi pinggir lapangan, yaitu sebelah kiri dan kanan. Jadi, bisa dibilang sebagai penguasa sayap. Sebenarnya tugas Winger ini sama saja dengan lainnya, hanya saja area penjagaannya saja sedikit berbeda.

BACA JUGA:  Teknik Menendang Bola yang Tepat

Penempatan posisi di sisi-sisi lapangan harus siap apabila tim lawan mulai maju melalui pinggiran dan mencoba menembus bek. Jadi, ketangkasan Gelandang Sayap ini sangat berperan dalam mempertahankan bola agar tidak mencapai garis pertahanan.

4. Defender atau Bek/Back

Posisi terakhir adalah Bek yang berasal dari kata Back dan tempatnya berada di bagian belakang lapangan. Tugasnya mempertahankan agar bola tidak dapat menembus hingga ke gawang sehingga sangat membantu kerja kiper.

Maka dari itu, yang menempati posisi ini harus memiliki kelihaian dan kelincahan dalam bermain dan menggiring bola agar lawan tidak dapat terus masuk hingga merusak pertahanan. Jadi peran bek ini cukup penting di dalam permainan sepak bola.

Bek terbagi atas tengah dan sayap, keduanya sama-sama memiliki tugas sebagai penghalau lawan menuju ke lingkaran gawang. Hanya saja posisinya agak berbeda, yang satu tepat di sentral dan lainnya di sisi pinggir.

Demikianlah penjelasan terkait nama-nama posisi pemain sepak bola beserta tugasnya masing-masing. Seluruhnya merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena memiliki keterkaitan kuat antara satu dan lainnya.

error: Content is protected !!