Ukuran Lapangan Bola Voli Sesuai Standar Internasional

Sebenarnya berapa ukuran lapangan bola voli yang ideal? Sama dengan cabang olahraga lainnya, tempat tersebut memiliki ketentuannya sendiri. Bila ingin tahu akan hal itu, maka ada baiknya Anda memahami penjelasan di bawah.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Mengenal Lapangan Bola Voli

Khusus area pertandingan bola voli, baik nasional maupun internasional memiliki ketentuan yang harus ditaati. Adanya standar ini memudahkan masyarakat sehingga mereka bisa melakukan perlombaan dengan tenang. Namun, apabila melakukannya untuk bersenang-senang, tidak perlu mengikuti aturan.

Segelintir orang memainkan pertandingan voli tanpa menggunakan lapangan yang seharusnya. Hal itu dimaafkan dengan syarat bukanlah perlombaan resmi sebab pertandingan nasional maupun internasional memiliki patokan jelas.

Tidak hanya ukuran lapangan, bahkan tinggi net pun disusun sedemikian rupa. Apabila ingin mengadakan perlombaan bola voli secara resmi, Anda perlu menganut aturan tersebut. Agar tak salah, sebaiknya ketahui beberapa informasi mengenai berapa luasnya.

Berapa Ukuran Lapangan Voli Secara Umum?

Lapangan bola voli mempunyai ketentuan berbeda dari olahraga lainnya. Sebelum membuatnya, sebaiknya ketahui berapa ukurannya. Dengan begitu, Anda bisa memberikan tempat yang layak saat mengadakan perlombaan antar regu.

Ukuran lapangan voli

Baik lapangan indoor maupun outdoor harus dibuat menurut aturannya. Jika dilihat dari standar internasional, maka luasnya adalah 162 m2 dengan rincian:

  • Panjang 18 meter
  • Lebar 9 meter
BACA JUGA:  Istilah-Istilah dalam Bola Voli yang Wajib Dipahami

Ukuran tersebut juga digunakan untuk perlombaan antar daerah.

Rincian luas lapangan bola voli yakni panjang garis serang ialah 3 meter. Selanjutnya lebar garis lapangan sebesar 5 cm dan area untuk servis sekitar 3 meter.

Ini harus dipatuhi saat membuat tempat bertanding. Adanya ukuran itu memberikan patokan apakah pemain melakukan pelanggaran atau tidak.

Mengenal Ukuran Net Voli

Selain lapangan, alangkah baiknya juga memahami berapa besar net yang direkomendasikan. Tahukan Anda bahwa ukuran net untuk laki-laki dan perempuan tidaklah sama?

Ada sedikit selisih dalam pertandingan. Meskipun demikian, perbedaannya tidak terlalu mencolok.

Panjang net secara umum sekitar 9 meter. Sedangkan lebarnya hanya 1 meter. Tinggi net untuk laki-laki ialah 2,43 meter. Sedangkan net khusus perempuan dibuat lebih pendek yakni 2,24 meter. Jarak antar tiang dan garis tepinya adalah 0,5 sampai 1 meter.

Tiang net pada pertandingan bola voli setinggi 2,55 meter. Di tepi atas terdapat pita berukuran 5 cm dan bagian sampingnya ada pita berukuran 1 meter. Dapat terlihat dengan jelas bahwa secara umum, ukurannya sama, namun perbedaannya hanya pada tingginya saja.

Mengenal Diameter Bola

Selain memahami ukuran lapangan bola voli secara umum, Anda juga harus mengetahui tentang diameter bolanya. Selain itu, perlu juga diketahui tentang berat serta bahan pembuatannya. Pengetahuan ini sangat penting sebab jika mengetahuinya, potensi berhasil memainkannya pun makin besar.

Diameter bola voli mulai 18 hingga 20 cm. Sementara itu, beratnya sekitar 260 gram. Untuk bisa memukul benda itu, dibutuhkan teknik memainkan lengan serta tangan dengan kecepatan yang tepat. Pembuatan barang tersebut disengaja agar lebih mudah saat memainkannya.

BACA JUGA:  Sejarah Bola Voli dan Perkembangannya

Tekanan pada bola sendiri sekitar 0,30 hingga 0,325 kg/cm2. Sedangkan kelilingnya berukuran sekitar 65 cm. Jadi, selain diameter, ada beberapa detail yang perlu diperhatikan. Jika Anda membeli di toko resmi, maka tidak perlu khawatir karena umumnya ukurannya sudah sesuai.

Ketahui Ukuran Lapangan Voli Mini

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia olahraga mungkin tak asing dengan lapangan bola voli mini. Area pertandingan ini dibuat lebih kecil dari ukuran biasanya karena umumnya dimainkan anak-anak. Selain itu, biasanya jumlah pemainnya tidak sampai 6 orang.

Sebenarnya, lapangan ini merupakan modifikasi, bukan diperuntukkan untuk ajang perlombaan nasional maupun internasional. Bisa dibayangkan, bahwa ukurannya agak berbeda karena dibuat agak kecil.

  • Panjang: 12 meter
  • Lebar: 6 meter
  • Tinggi: 2 hingga 2,10 meter

Dibuatkannya lapangan bola mini ini agar anak-anak tidak kesulitan mempelajari teknik bermain voli. Dilihat dari ukurannya, tentu area itu sangat cocok dengan anak-anak yang memiliki postur kecil dan tidak tinggi. Berkat adanya tempat tersebut, kini mereka bisa berlatih tanpa terhalang postur.

Posisi Pemain di Lapangan Voli

Dalam permainan bola voli, terdapat 6 pemain dengan perannya masing-masing. Agar bisa memenangkan pertandingan, satu tim harus bekerja sama secara baik. Mereka perlu membagi tugas sehingga lawan dapat ditaklukan. Tanpa adanya taktik, mungkin akan sulit untuk menang.

Salah satu peran penting ialah smasher. Tugasnya melakukan serangan kepada lawan. Peran ini juga dinamakan spiker. Jika ia tidak ahli, akan sulit membobol pertahanan pihak musuh. Kemudian ada set upper atau tosser. Dia memiliki peran untuk melakukan pengaturan pembobolan ke tim lainnya.

BACA JUGA:  Blocking Bola Voli: Ketahui Pengertian dan Triknya Berikut Ini!

Selain itu, di lapangan bola voli juga terdapat defender yang berperan sebagai penerima serangan dari pihak lawan. Tak hanya itu, Anda pasti menemukan server. Ia memiliki tugas melakukan servis dan membantu liberio (defender).

Penggunaan Lapangan Voli

Pemakaian lapangan bola voli bervariasi. Kebanyakan memilih menggunakan area indoor karena dinilai nyaman dan aman dari terik matahari. Namun, tempat outdoor pun juga kerap digunakan. Baik dalam atau luar ruangan memiliki keunggulan masing-masing.

Jika lapangan akan digunakan untuk perlombaan, harus dibuat sesuai ukuran yang dianjurkan. Panjang tiang, net dan lebarnya harus diperhatikan secara detail. Apabila ini tidak ditaati, maka area tersebut tidak akan bisa menjadi tempat pertandingan voli.

Oleh karena itu, penting untuk memahami ukuran lapangan voli. Tak hanya ukuran netnya saja, namun lebar dan panjangnya pun harus disesuaikan menurut standar internasional. Jika itu dilakukan, pertandingan akan lebih sportif. Anda juga memakai sepatu olahraga dan juga baju voli demi kenyamanan dan keamanan ketika memainkan bola voli.

Itulah sedikit info tentang ukuran lapangan bola voli. Dari penjelasan itu, bisa disimpulkan bahwa peraturannya cukup ketat mulai panjang hingga tiangnya harus disesuaikan.

error: Content is protected !!