Mengenal Karakteristik Bahan Kain Baloteli Dan Informasi Lengkap Lainnya

Bahan kain baloteli memang menjadi salah satu bahan kain yang cukup populer dalam dunia fashion. Bahannya yang ringan dan sangat adem tentunya menjadi daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Berbagai jenis pakaian seperti gamis atau gaun untuk para muslimah pun mengandalkan bahan balotelly karena seratnya yang rapi dan tidak menerawang.

Apabila dilihat secara mendetail, jenis kain satu ini memiliki detail dan juga tekstur yang cukup khas. Pasalnya motif kain membentuk kotak-kotak kecil bergaris ini memberikan kesan rapi namun tidak nampak terlalu formal. Maka tidak heran jika sangat cocok dan nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Tidak hanya itu, bahan balotelli ini memiliki beragam pilihan warna dan juga motif lainnya yang bisa dipilih sesuai keinginan maupun kebutuhan penggunanya. Pastikan untuk memilih kain yang tepat dan juga teliti agar tidak kecewa nantinya. Pemilihan kain yang bagus akan menghasilkan pakaian yang berkualitas pula, maka jangan lupa untuk mempertimbangkannya dengan baik.

Namun meskipun begitu, penggunanya harus tetap melakukan perawatan yang tepat agar selalu awet dan kualitas terjaga. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuatnya nyaman dipakai. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, yuk simak mengenai karakteristik, macam-macam kain, pemanfaatan hingga cara merawat kain baloteli yang tepat berikut ini.

Apa Itu Kain Baloteli?

Kain baloteli merupakan salah satu bahan kain yang cukup tebal dan juga bertekstur khas. Motif berbentuk kotak dan juga bergaris yang dimilikinya menjadikannya dikenal di kalangan umum dan populer di dunia fashion. Bahkan bisa dibilang motif unik satu ini membuatnya mudah dibedakan dengan jenis kain lainnya yang ada di pasaran.

Bahan pembuatan kain satu ini memang masih diragukan masuk dalam kategori katun atau tidak. Hal ini dikarenakan bahan yang dipakai tidak 100% serat katun alami. Sehingga apabila dilihat dari fakta di lapangan, maka kain baloteli ini dinyatakan tidak sama dan berbeda dari katun pada umumnya.

Bahan balotelly ini juga menampilkan efek kilau yang sangat mempesona dan tidak bisa ditemukan pada kain katun. Maka tidak heran apabila sering dimanfaatkan menjadi sebuah gamis atau gaun untuk muslimah.

Karakteristik Bahan Kain Balotelli

Bahan kain satu ini memiliki karakteristik yang cukup istimewa dan berbeda dari lainnya. Hal ini membuatnya cukup populer dan disukai oleh banyak orang. Berikut inilah karakteristik bahan balotelli yang wajib diketahui, antara lain:

BACA JUGA:  Sedang Mencari Informasi Seputar Kain CVC? Yuk Simak Disini!

1. Tekstur Berserat

Karakteristik balotelli yang pertama adalah memiliki tekstur yang berserat, dimana sangat khas dan berbeda dari kain lainnya. Tekstur berserat yang dimilikinya yaitu cenderung lebih bergaris dengan tekstur agak kasar. Hal ini membuatnya jadi lebih rapat dan juga tidak menerawang. Sehingga cocok menjadi bahan pembuatan pakaian untuk para muslimah.


2. Jenis Kain yang Ringan

Selain memiliki tekstur yang berserat, kain satu ini cukup ringan dan sangat halus. Bahannya yang nyaman ini bahkan seringkali populer digunakan untuk pembuatan rok, gamis, gaun hingga hijab. Bahan yang tebal namun ringan ini tentunya menjadi idaman para muslimah untuk bahan baku pembuatan pakaian syari yang cantik.  

3. Bermotif Kotak-kotak dan Bergaris

Tidak hanya jenis kain yang ringan saja, namun karakteristik lain yang dimilikinya adalah motif kotak-kotak dan bergaris. Berbeda dengan jenis kain lainnya, motif yang dimiliki oleh kain baloteli ini cukup khas dan bisa diraba teksturnya. Hal inilah yang membuat kain satu ini cukup khas dan menarik di mata sebagian orang.

4. Beragam Pilihan Warna

balotelly-bahan

Terdapat pula berbagai warna yang bisa dipilih, yaitu mulai dari warna polos, cerah hingga bermotif. Hal ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan juga kebutuhan pembuatan pakaian nantinya. Dengan motif dan warna yang beragam ini, maka tidak heran apabila designer sangat tertarik menggunakan produk bahan kain baloteli satu ini.

Macam-Macam Kain Baloteli

Setelah mengetahui apa itu kain balotelli dan juga karakteristiknya, ada baiknya untuk mengetahui macam dari kain satu ini. Sehingga akan memudahkan pemilihan kain berdasarkan kebutuhan. Berikut inilah macam-macamnya, antara lain:

1. Kain Baloteli Biasa

Macam kain baloteli yang pertama adalah grade biasa atau original. Jenis bahan satu ini memiliki karakteristik yang agak sedikit kaku dan tidak jatuh. Maka dari itu kain satu ini lebih sulit untuk digerakkan. Namun sangat cocok dimanfaatkan sebagai bahan kombinasi gamis atau baju muslim pria. Kualitas yang diberikan pun cukup baik dan dibanderol dengan harga sangat terjangkau.  

2. Grade A

shopee

Selain baloteli biasa, ada pula kain dengan grade A yang memiliki karakteristik sedang. Meskipun tidak sebaik kain baloteli Ar-Raihan atau A+, namun kain satu ini memiliki kualitas yang cukup baik dibandingkan grade biasa. Kain ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan pakaian di acara formal maupun non formal sekalipun.  

3. Ar-Raihan atau Grade A+

sumber: mizutex.com

Varian kain baloteli selanjutnya adalah kain grade A+ atau Ar-Raihan. Dengan grade yang lebih unggul, tentunya kualitas yang dimilikinya pun tidak main-main. Bahan satu ini memiliki karakteristik yang lebih halus, adem, dan tidak kaku. Sehingga sangat cocok untuk membuat gamis yang lebih jatuh dan nampak cantik. Penggunanya pun akan lebih nyaman dalam mengenakannya.

BACA JUGA:  Bahan Jaket dan Informasi Lainnya yang Wajib Disimak Sebelum Membelinya

Salah satu bahan balotelli dengan grade A+ adalah kain Zegna Italiano. Kain yang tidak mudah kusut, lembut dan juga jatuh ini digadang-gadang memiliki kualitas yang cukup premium diantara baloteli lainnya. Bahkan harganya pun cukup mahal jika dibandingkan dengan kain wolfis loh. Tertarik untuk mendapatkannya?

Pemanfaatan Kain Baloteli

Terdapat beberapa pemanfaatan dan juga kegunaan bahan balotelli yang bisa dipilih. Mulai dari pakaian muslimah hingga baju koko. Berikut inilah penjelasan lengkap mengenai penggunaan bahan baloteli tersebut, antara lain:

1. Gamis

Kegunaan pertama dari kain balotelli adalah dimanfaatkan untuk pembuatan gamis syari. Hal ini dikarenakan bahan dan seratnya yang cukup rapat, sehingga kain tidak menerawang dan lebih tertutup. Selain itu, jenis kain satu ini memiliki bahan yang cukup mudah diatur dan dibentuk sesuai keinginan. Maka tidak heran jika pakaian yang dihasilkan lebih menarik dan juga nyaman digunakan.

2. Baju Muslim

Selain gamis syari, kain satu ini bisa pula dimanfaatkan untuk pembuatan baju muslim atau baju koko untuk pria. Hal ini karena kualitas dan bahannya yang nyaman, sehingga membuatnya banyak diminati oleh para designer. Pemilihan grade baloteli yang tepat juga akan membuat model baju jadi tampak lebih menawan loh.

3. Rok / Bawahan

shopee

Kain baloteli satu ini juga sangat cocok untuk pembuatan rok ataupun bawahan. Dengan bahan yang mudah diatur, tentunya berbagai model rok dan bawahan dari yang simpel hingga paling mewah sekalipun bisa tercipta dengan baik. Namun kekurangannya yaitu seringkali bahan agak terasa panas apabila digunakan sebagai rok.

4. Hijab

Tidak hanya pakaian saja, namun pemanfaatan bahan baloteli ini bisa juga digunakan untuk hijab dengan berbagai model loh. Bahan kain yang tidak menerawang dan jatuh ini menjadi alasan mengapa banyak produsen hijab tertarik dan menggunakan jenis kain satu ini untuk produk mereka. Apalagi mengingat banyaknya pilihan warna dan motif yang beragam, sehingga hal ini pun menjadi sebuah pertimbangan yang baik.

5. Blouse

tokopedia

Blouse memang menjadi idaman para wanita untuk mengekspresikan diri dalam dunia fashion. Salah satu bahan kain yang cocok untuk pembuatan blouse ini adalah kain baloteli. Hal ini dikarenakan tekstur dan motifnya yang khas, sehingga cukup menarik dan digemari oleh sebagian besar masyarakat.

Tips Perawatan Kain Yang Tepat

Melakukan perawatan pada bahan kain satu ini memang penting dilakukan. Hal ini agar kain tetap awet dan kualitasnya terjaga dengan baik. Berikut inilah beberapa tips perawatan kain baloteli yang bisa dicoba, antara lain:

1. Proses Pencucian

Dalam merawat kain bahan baloteli, tentunya dibutuhkan langkah pencucian yang tepat. Tidak berbeda dengan jenis katun, kain satu ini cukup rentan dan membutuhkan perlakuan khusus pada saat pencucian. Pastikan untuk tidak mencucinya secara kasar atau ekstrem, serta gunakan air dingin dan deterjen yang tidak merusak kain.

BACA JUGA:  Apa itu Kain Fleece? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Apabila mencucinya secara manual dengan tangan, maka jangan mengeceknya secara keras ataupun menyikatnya. Hal ini akan menyebabkan serat bahan baloteli menjadi rusak dan kualitas pakaian pun menurun. Cukup kucek secara lembut untuk menghilangkan noda maupun bau keringat pada pakaian.

2. Penjemuran Kain

Setelah proses pencucian, maka langkah berikutnya adalah pada proses penjemuran kain. Pastikan untuk menjemurnya di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini akan membuat warna pakaian jadi lebih cepat pudar loh. Coba angin-anginkan saja di dalam ruangan dan tunggu hingga pakaian mengering.

Tips lainnya yaitu gunakan gantungan baju atau hanger agar pakaian tidak terlipat. Sifat bahan yang mudah melar akan membuat kain jadi mudah berubah bentuk pada saat penjemuran loh. Penjemuran kain yang tepat ini akan membuat kain jadi lebih awet dan tidak cepat rusak.

3. Tips Menyetrika Kain

Hal berikutnya adalah pada saat proses penyetrikaan pakaian. Pastikan untuk tidak sembarangan dalam menyerika, yaitu gunakan setrika uap dan mengatur suhunya dengan tepat. Hindarilah mengatur suhu yang terlalu panas, pasalnya bahan yang cukup berserat ini bisa menjadi rusak apabila disetrika dengan cara yang salah.

4. Penyimpanan Kain

Selain tips menyetrika kain yang benar, pastikan pula bahwa penyimpanan kain atau pakaian pun berada di tempat yang tepat pula. Hal ini tidak kalah penting dan harus diperhatikan lebih teliti lagi. Cara menyimpan kain yang benar adalah dengan menggunakan gantungan pakaian atau hanger agar tidak kesulitan saat mengambilnya di lemari.

Tidak hanya membuat proses pengambilan jadi lebih mudah, namun hal ini akan membuat bahan kain tidak mudah melar dan tetap terjaga kualitasnya dengan baik. Bila perlu tambahkan gantungan pewangi pakaian atau kamper di dalam lemari untuk menjaganya terhindar dari jamur.

Demikian ulasan lengkap mengenai kain balotelli dan juga informasi penting lainnya. Kain satu ini sangat cocok digunakan sebagai bahan baku pakaian sehari-hari yang ringan dan juga nyaman. Pengguna pun bisa memilih warna dan motif sesuai keinginan.

Hal inilah yang membuatnya jauh lebih unggul dibandingkan kain lainnya. Namun pastikan untuk selalu mempertimbangkan pemilihan bahan baloteli yang berkualitas agar tidak mengecewakan nantinya. Semoga bermanfaat dan selamat memilih kain yang tepat untuk pakaian idaman ya!

error: Content is protected !!