Cotton Bamboo, Bahan Super yang Cocok Untuk Pembuatan Kaos

Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa kain katun paling banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan pakaian, terutama kaos. Meskipun begitu banyak yang tidak tahu kalau katun ini memiliki banyak sekali jenis, salah satunya adalah cotton bamboo. Bagi yang belum mengetahui tentang kain jenis ini, maka bisa melihat pembahasan lengkapnya disini.

Pengertian Cotton Bamboo

Karena belum banyak yang mengetahui tentang jenis-jenis kain katun, maka belum banyak juga yang mengetahui kain cotton bamboo ini. Secara sederhananya ini adalah jenis katun yang merupakan gabungan antara katun dengan benang dari serat bamboo pilihan. Meskipun ada bahan campuran dengan bambu, namun bahan ini termasuk ke dalam bahan berkualitas tinggi (premium).

cotton bamboo

Kelebihan yang Dimiliki

Tentunya karena merupakan kualitas premium, maka bisa dibilang jika kain yang satu ini memiliki banyak sekali kelebihan. Bahkan bisa dibilang kelebihan kain yang satu ini jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Sehingga tidak heran jika harga dari kain cotton bamboo ini lumayan mahal. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh kain jenis yang satu ini diantaranya:

BACA JUGA:  Bertekstur Unik, Inilah Serba-Serbi Kain Emboss yang Perlu Diketahui

1. Teksturnya Lembut

Pertama tekstur kain ini sangat lembut meskipun memiliki bahan dasar bamboo dan juga katun. Selain lembut kain yang satu ini juga memiliki karakteristik lentur, dan memiliki kemampuan air yang sangat tinggi. Sehingga tidak heran jika bahan ini sering dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan kaos, karena kelebihan yang dimilikinya ini.

2. Memiliki Sifat Anti Bakteri

Kelebihan cotton bamboo yang selanjutnya adalah memiliki sifat anti bakteri, yang tentunya sangat jarang dimiliki oleh jenis kain yang lainnya. Hal ini dikarenakan kain yang satu ini memiliki penny quinone yang merupakan zat anti bakteri alami. Sehingga pengguna tidak usah khawatir akan bakteri yang bisa tiba-tiba datang.

3. Tahan Terhadap Sinar UV

Kain ini memang terkenal akan ketebalannya, dan juga sangat awet. Tidak hanya itu saja bahan yang satu ini juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menangkal efek sinar UV. Bisa dibilang kain yang satu ini sanggup menahan sampai 417 kali lipat lebih banyak sinar ultra violet jika dibandingkan dengan kain lainnya.

4. Tidak Mudah Lembab

Selain memiliki kemampuan menangkal sinar UV yang baik, kain katun bamboo ini juga tidak mudah lembab saat dikenakan. Hal ini dikarenakan daya kapilaritas yang dimiliki oleh kain ini sangat tinggi. Bukan hanya tidak lembab saja, tapi dengan menggunakan kaos berbahan ini juga bisa menangkal bau yang tidak sedap.

BACA JUGA:  Kain Denim, Si Bahan Pakaian Trendy Segala Zaman

5. Ramah Lingkungan

Tidak hanya memberikan kelebihan kepada penggunanya, kain yang satu ini juga memberikan kelebihan kepada lingkungan. Hal ini dikarenakan sifat ramah lingkungan yang dimiliki oleh kain jenis ini. Dimana kain ini sangat mudah terurai atau bahasa lainnya degradable. Sehingga saat dibuang sekalipun kain ini tidak akan mencemari bumi.

6. Sejuk Saat Dikenakan

Sebenarnya sudah bukan rahasia umum lagi jika kain katun memang memiliki rasa sejuk saat digunakan. Meskipun begitu, kain katun bamboo ini tidak hanya sejuk saja tapi pada saat musim dingin kain ini justru akan memberikan kehangatan. Sehingga benar-benar memberikan kenyamanan yang berlebih kepada penggunanya.

7. Tidak Menimbulkan Alergi

Kelebihan yang terakhir merupakan kelebihan yang paling banyak dicari oleh konveksi kaos yakni ramah terhadap kulit sensitif, serta tidak menimbulkan alergi. Hal ini disebabkan karena serat yang dimiliki oleh kain ini sangat halus, juga tidak ada campur tangan kimia di dalamnya. Sehingga pengguna yang berkulit sensitif tidak perlu merasa khawatir.

Kekurangan Bahan Cotton Bamboo

Meskipun terlihat sempurna, namun tidak bisa dipungkiri bahwa bahan yang satu ini juga memiliki kekurangan layaknya bahan lain yang tersebar di pasaran. Walaupun begitu, kekurangan yang dimiliki oleh bahan yang satu ini bisa dibilang tidak banyak, sehingga produsen tidak perlu khawatir. Adapun kekurangan tersebut diantaranya :

BACA JUGA:  Kenali Jenis-Jenis Kain Rayon dan Kelebihannya dalam Dunia Fashion

1. Memiliki Harga yang Lumayan

Pertama adalah harga kain katun ini lumayan mahal jika dibandingkan dengan bahan katun sejenis yang digunakan untuk membuat kaos. Perbandingan harga akan sangat terasa bedanya ketika produsen menggunakan bahan cotton combed dengan cotton bamboo ini. Meskipun begitu hal ini sebanding dengan kualitasnya.

2. Pilihan Warna Minim

Meskipun sudah banyak digunakan oleh produsen dalam bahan baku untuk membuat sebuah kaos, namun bahan yang ini ternyata memiliki pilihan warna yang sedikit. Sehingga sedikit susah dalam menentukan kombinasi warna yang ingin digunakan.

3. Tipis

Terakhir bahan ini cenderung tipis jika dibandingkan dengan bahan katun yang lain terutama cotton combed yang tipe 30s. Walaupun tipis, bukan berarti bahan ini memiliki tingkat keawetan yang rendah. Karena justru hal yang terjadi adalah sebaliknya, yakni bahan ini sangat kuat.

Jadi bagaimana, sudah mengerti kan tentang cotton bamboo ini. Dimulai dari apa sebenarnya katun bamboo ini sampai bagaimana kekurangan dan juga kelebihannya. Sehingga sekarang produsen tidak perlu lagi merasa bingung apabila ingin menggunakan bahan ini sebagai bahan baku untuk pembuatan kaos.

error: Content is protected !!