Kain Denim, Si Bahan Pakaian Trendy Segala Zaman

Kain denim sering disamakan dengan jeans. Padahal denim merupakan bahan baku untuk pembuatan jeans yang merupakan salah satu hasil dari kreasi denim. Kain ini menjadi salah satu bahan yang menjadi salah satu favorit milenial.

Denim merupakan alternatif dari kain jeans yang harganya cukup mahal. Bahan denim ini dibuat dari serat alami katun 100% yang ditenun dengan teknik silang kepar sehingga kain yang dihasilkan memiliki serat diagonal. Selain itu, kain ini juga ada yang dibuat dari campuran katun dan spandex elastis.

bahan denim

Karakteristik

Karakteristik dari kain denim ini terdapat beberapa ciri unik. Berdasarkan ciri khas tersebut terdapat empat karakteristik yang pasti dijumpai pada setiap denim. Empat karakteristik unik tersebut adalah :

1. Awet

Bahan denim termasuk salah satu kain yang awet dan tahan lama bila dipakai. Selain tahan lama, kain ini juga tahan dengan segala kondisi dan cuaca. Menilik sejarah kain ini awalnya digunakan oleh para pekerja tambang sehingga pasti terbukti awet dan kuat.

2. Nyaman

Selain itu, kain ini juga sangat nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan kain ini terbuat dari serat katun yang ditenun beberapa kali sehingga menghasilkan denim yang tebal. Kain ini juga nyaman digunakan pada musim dingin karena memberikan rasa hangat dari ketebalan yang dimilikinya.

3. Tebal

Kain denim merupakan kain yang tebal sehingga cocok bila dikenakan untuk aktivitas berat seperti berburu, serta keluar di malam hari dan di musim dingin. Bahan denim yang cukup tebal membuat bahan ini banyak dicari. Selain itu, ketika cuaca panas pun bahan ini juga nyaman dipakai karena ketebalannya mampu menyerap panas di sekitarnya.

4. Model Tidak Bervariasi

Sayangnya, kain ini memiliki model yang itu-itu saja. Bahan denim bervariasi pada jenis pakaian dan fashion accessories. Namun, bahan ini tidak bisa dijadikan model yang beraneka ragam misalnya dijadikan model pleated ataupun kulot.

bahan kain denim

Ragam Jenis Kain Denim

Kain denim memiliki beraneka macam jenis. Dari semua jenis kain yang nampak mirip denim, terdapat delapan macam jenis denim yang sering dijumpai di toko-toko kain. Dengan mengenal ragam jenis kain ini, membuat pakaian berbahan denim seperti di toko fashion brand ternama seperti Levi’s terasa mudah dan lebih terjangkau:

1. Black-coated Denim

kain demin hitam

Pertama adalah black-coated denim. Seperti terjemahannya, kain ini dilapisi dengan sesuatu berwarna hitam. Warna hitam tersebut merupakan cairan akrilik yang sengaja disiramkan pada kain agar menjadi lebih tahan lama. Setelah dipakai dan dicuci beberapa kali, warna hitam tersebut akan pudar karena terkena reaksi kimia dari deterjen.

2. Colored Denim

denim warna

Berikutnya adalah colored denim. Seperti namanya, denim jenis ini memiliki aneka warna. Warna yang diberikan adalah selain warna biru dengan teknik pewarnaan sulfur atau dengan cairan belerang. Hal ini dilakukan agar warna dari pewarna kain dapat masuk ke dalam serat-serat denim.

3. Prewash Denim

shopee

Lalu terdapat prewash denim. Kain prewash denim adalah kain denim yang sudah dicuci terlebih dahulu sebelum dijahit menjadi aneka produk pakaian. Warna dari denim ini biasanya biru muda dan bahkan bisa lebih terang. Hal tersebut terjadi akibat warna asli denim telah memudar pada proses pencucian kain.

4. Poly Denim

Kemudian terdapat poly denim. Kain poly denim merupakan jenis denim yang bahannya tidak hanya katun saja, melainkan dicampur dengan serat polyester. Sehingga, ketika dipakai bahan ini tidak terasa terlalu berat dan lebih cepat kering bila dibandingkan denim biasa.

5. Raw Denim

denimhunters.com

Raw denim merupakan denim yang dibuat seperti puluhan tahun lalu saat kain ini sering digunakan sebagai bahan seragam penambang di Amerika. Kain ini memiliki warna yang biru sangat gelap dan pekat karena tidak mengalami proses pencucian setelah dibuat. Kemudian, tekstur kain ini terasa masih sangat kasar.

6. Ramie Denim

denim kain

Jenis denim ini merupakan denim yang termasuk dibuat dari serat alami 100%. Karena denim ini dibuat dari campuran serat rami dan katun. Hasil dari kain ini terasa sangat halus, lebih mudah dicuci dan tidak mudah berkerut bila dibandingkan dengan jenis denim lain.

7. Selvedge Denim

Lalu juga terdapat selvedge denim, kain ini dibuat dengan cara dijahit dengan sangat rapi di bagian ujung dan pinggirannya. Kain ini diberi nama selvedge karena memiliki jahitan yang pada detail di setiap ujungnya. Penampakan dari denim jenis ini sering dilihat pada anak-anak muda yang sering menggulung celana jeansnya, karena detail dari selvedge terlihat pada jahitan bagian dalamnya.

8. Stretch Denim

bahan kain denim

Kemudian terdapat stretch denim yang merupakan denim terbuat dari campuran bahan katun dan bahan elastis seperti spandek. Kain stretch denim merupakan salah satu jenis bahan kain yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Karena memberikan kesan langsing dan ramping pada penggunanya namun tidak terlalu ketat. Biasanya, kain ini digunakan untuk bahan celana dan kemeja.

Nah, sudah tahu kan kain denim ini ternyata memiliki karakteristik yang unik dan tersedia dalam berbagai macam jenis. Penggunaannya pun juga beragam mulai untuk pembuatan jaket, celana, vest, kemeja, rok, topi, bahkan sepatu. Kain ini sangat cocok untuk menambah kesan fashionable bagi si pemakai.