Mengenal Tentang Kain Viscose dan Peruntukannya 

Ada banyak jenis kain yang sering digunakan untuk kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah kain Viscose. Jenis kain ini seringkali disebut sebagai kain katun sintetis, namun tetap memiliki keunggulan dan kenyamanan bila digunakan.

Jenis kain yang satu ini memiliki tekstur yang lembut, ringan dan lentur. Dengan demikian, sangat cocok bila digunakan untuk beberapa jenis kemeja dan juga beberapa pakaian wanita. Sebagaimana jenis katun lainnya yang lebih cocok untuk beberapa jenis pakaian. 

Demikian juga dengan kain Viscose ini, banyak sekali manfaat yang didapatkan, walaupun hanya jenis kain turunan dari jenis kain katun. Namun tetap saja memberikan manfaat yang sama seperti halnya jenis kain katun pada umumnya. 

bahan viscose
aliexpress.com

Tekstur Kain Viscose 

Kain Viscose memiliki tekstur yang ringan dan halus. Kain ini pun terbuat dari serat batang pohon Askasia yang menghasilkan serat yang menyerupai kapas. Itu sebabnya kain ini seringkali disebut sebagai kain katun sintetis atau kapas buatan. 

Sama-sama terbuat dari bahan alami, antara kain katun dan Viscose ini memiliki tekstur yang hampir sama. Bahkan jika sudah dibuat dalam bentuk pakaian, sangat sulit untuk membedakan keduanya. Serat Viscose ini sama-sama memiliki daya serap keringat yang tinggi. 

Sebagaimana kain katun, serat ini memiliki tekstur yang halus. Bahkan jika melihat kembali sejarahnya tekstur tersebut dibuat mirip kain sutera. Hal tersebut dikarenakan pada awal penciptaannya kain ini dibuat untuk membuat kain sutra sintetis. 

Penggunaan Kain Viscose 

Kain Viscose ini memiliki tekstur yang dingin di kulit. Oleh sebab itu, banyak orang yang menggunakan jenis kain ini untuk beberapa model pakaian, seperti:

1. Gamis 

Pakaian muslimah yang satu ini, memerlukan tekstur kain yang mudah jatuh (flowy) dan tidak memberikan efek panas di kulit. Oleh sebab itu, penggunaan kain ini sangat disarankan untuk membuat gamis yang memerlukan penutup tubuh yang panjang, tetapi tidak menimbulkan gerah. 

Gamis juga merupakan sejenis gaun wanita yang memiliki rok yang panjang. Oleh sebab itu, penggunaan bahan untuk pembuatan gamis ini haruslah bahan yang mudah jatuh. Dengan demikian, bahan Viscose ini merupakan salah satu bahan terbaik untuk pembuatan gamis. 

2. Kemeja 

Pakaian khusus pria ini seringkali digunakan untuk menghadiri acara-acara resmi. Untuk itu, kemeja tersebut harus rapi dan tidak mudah kusut. Dengan demikian, memilih bahan Viscose ini merupakan bahan terbaik untuk membuat kemeja. Karena sifatnya yang tidak mudah kusut. 

Berbeda dengan jenis bahan kemeja pada umumnya, bahan kain ini lebih mudah menyerap keringat. Dengan demikian, sangat cocok bila digunakan untuk membuat seragam kemeja yang digunakan untuk bekerja di siang hari. Sifatnya yang mudah menyerap keringat, menjadikan kemeja dengan bahan ini sangat disarankan. 

3. Gaun 

Bahan Viscose pun sangat cocok bila digunakan untuk membuat pakaian wanita jenis gaun. Gaun merupakan pakaian wanita yang biasa digunakan untuk ke pesta. Oleh sebab itu, jenis kain ini sangat cocok untuk membuat gaun tersebut karena kain yang dingin bila bersentuhan dengan kulit. 

Bahan untuk membuat gaun ini haruslah bahan yang nyaman, tanpa mengesampingkan nilai estetikanya. Terutama untuk gaun, sangatlah penting bila menggunakan bahan yang dapat memberikan nilai kemewahan. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk menggunakan bahan kain tersebut. 

4. Rok 

Jenis pakaian wanita yang satu ini harus menggunakan tekstur kain yang mudah jatuh, sehingga membuat penggunanya lebih leluasa untuk bergerak. Oleh sebab itu, bahan Viscose sangatlah baik bila digunakan untuk membuat rok. Disamping itu, jenis kain ini pun lebih dingin sehingga tidak akan menimbulkan gerah. 

Macam-macam rok yang banyak digunakan oleh wanita. Namun semua jenis tersebut, memerlukan bahan yang tepat agar dapat menghasilkan rok yang nyaman dan juga tidak membuat efek gerah dan tetap lembut di kulit. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk menggunakan bahan Viscose ini. 

5. Blouse

Jenis pakaian wanita yang satu ini merupakan jenis pakaian wanita dengan model rok panjang yang menutupi kaki. Pakaian yang satu ini, hampir menyerupai dengan gamis. Oleh sebab itu, diperlukan bahan yang tidak mudah menimbulkan efek gerah dan panas. Itulah sebabnya sebaiknya menggunakan bahan Viscose. 

Sifat Viscose yang lentur, serta mudah untuk dijahit dan dibuat pola jenis blouse. Dengan demikian, jenis kain ini merupakan kain yang cocok untuk membuat jenis pakaian wanita yang satu ini. Disamping itu, pemakainya pun akan merasa nyaman bila menggunakan bahan tersebut. 

Setelah mengenal lebih banyak mengenai jenis kain Viscose, sebaiknya untuk menggunakan bahan kain ini sebagai alternatif lain penggunaan bahan pakaian yang tentunya lebih murah dari jenis kain katun asli. Khususnya jika akan menggunakannya untuk industri. 

Memilih bahan Viscose untuk beberapa jenis pakaian, tetap memberikan manfaat seperti kain katun. Oleh sebab itu, penggunaan bahan ini tetap memberikan kenyamanan tanpa mengesampingkan nilai estetika dari pakaian tersebut, karena pakaian tidak cukup hanya dengan rasa nyaman saja, melainkan juga harus tetap memperhatikan nilai estetikanya.