Mengenal Kain Corduroy, Bahan Dasar, Kelebihan, dan Cara Perawatannya

Saat ini produk fashion yang bertemakan old fashion dengan nuansa vintage di dalamnya kembali sering dikenakan. Salah satu jenis kain yang kembali terkenal adalah kain corduroy dengan ciri khas permukaan teksturnya seperti bergaris-garis kain. Kain ini sering digunakan untuk kepentingan pembuatan baju atau pakaian yang tidak memerlukan pelapis bahan lain karena memang sudah tebal.

Ada berbagai tingkat kelenturan yang dimiliki oleh kain satu ini. Dulu, kain jenis ini memang sempat menjadi bahan dasar berbagai cabang olah raga pada era 70-an. Tak jarang juga kain ini dipakai untuk pembuatan karpet karena tingkat ketebalan dan kelembutannya. Karakter dasar dari kain ini yang lembut, tahan lama, tebal, dan nyaman tidak pernah berubah sejak dulu.

Bahan Dasar Kain Corduroy

Jika diamati secara sekilas, kain satu ini akan tampak seperti sambungan garis-garis yang kemudian dipisahkan oleh sebuah jalur. Jalur tersebut secara tidak langsung bisa menjaga kehangatan dari pengguna. Saat garis kain lebih tebal, kehangatan juga bisa lebih terjaga. Nah saat ini bahan dasar kain ini sudah mulai beragam.

Rata-rata bahan yang digunakan adalah bahan yang bisa diregangkan baik secara horizontal ataupun vertikal. Beberapa bahan yang biasa digunakan adalah serat dari katun, rayon, acrylic, dan gabungan dari beberapa serat tersebut. Tak jarang juga ada kain yang dibuat dari perpaduan bahan tersebut dengan spandek sehingga lebih lentur.

Dulunya, kain ini kebanyakan dibuat menggunakan bahan dasar serat cotton saja yang kemudian di-twist lalu baru ditenun. Dari proses inilah kemudian didapatkan pola garis-garis pada permukaan kain satu ini. Kain ini biasa dibandrol dengan harga yang tidak bisa dibilang murah karena memang kualitasnya yang baik dan bahan yang bagus.

bahan corduroy

Kelebihan Bahan Kain Corduroy

Bahan kain satu ini tidak hanya terkenal karena nyaman dipakai tetapi juga karena bisa membuat penggunanya terlihat keren. Salah satu artis Indonesia yang sering menggunakan bahan ini adalah Isyana Sarasvati dengan tampilan sedikit tomboynya. Beberapa keunggulan dari bahan kain ini adalah:

1. Awet

Bahan dasar kain ini yang di-twist terlebih dahulu sebelum dilakukan penenunan menjadikan kain ini lebih awet dan tahan lama. Kain ini juga tidak mudah robek serta tidak perlu terlalu berhati-hati ketika mencucinya. Serat kain yang sangat kuat dan rapat juga mendukung keawetan bahan kain yang satu ini.

2. Tampak Mewah

Setiap pengguna kain ini pasti akan terlihat tampil dengan pakaian yang dirasa cukup mewah. Serat garis yang ada pada pakaian berbahan dasar ini biasanya akan tampak sedikit mengkilap sehingga menampilkan kesan glamor. Jika beberapa bahan lain yang mengkilap bisa tampak murahan, tidak dengan bahan kain yang satu ini.

3. Punya Ciri Khas Tersendiri

Kelebihan lain dari pakaian berbahan dasar kain corduroy adalah tampilannya yang berbeda dengan bahan lainnya. Jika pada beberapa bahan mungkin akan tampak sama, tapi bahan satu ini akan langsung terlihat perbedaannya. Bahkan tanpa diperhatikan dengan seksama pun, pakaian berbahan dasar ini akan terlihat sangat khas.

4. Ringan

Jika kain tebal biasanya akan memiliki bobot yang berat, tidak dengan kain satu ini. Kain ini akan terasa sangat ringan meskipun pada kain paling tebal sekalipun. Ini tentunya akan sangat nyaman dipakai dan tidak terlalu mengganggu.

5. Tidak Terawang dan Hangat

Kelebihan lain dari kain ini adalah tidak terawang sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan bentuk tubuh yang terlihat dari luar. Selain itu, kain ini juga terkenal hangat dan lembut sehingga akan sangat pas dipakai ketika cuaca sedang terasa dingin. Kemampuan kain menahan panas sekaligus menjadi kekurangan kain ini karena tidak cocok dipakai di kegiatan outdoor.

tokopedia

Cara Perawatan Kain Corduroy

Banyak sekali kelebihan kain yang satu ini dan hal lain yang juga perlu diketahui adalah cara merawatnya. Sebenarnya perawatan yang perlu dilakukan tidak terlalu sulit hanya tinggal menekan area yang kotor saja. Jangan pernah menggunakan sikat saat mencuci kain ini karena bisa membuat seratnya menjadi rusak. Ketika mencuci dengan tangan juga jangan mengucek terlalu kuat.

Kesulitan yang paling umum dilakukan saat menggunakan kain ini adalah kemalasan. Noda yang menempel pada baju tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Noda akan mengendap dan meresap di sela-sela serat sehingga akan lebih susah dihilangkan. Tidak jarang juga noda tersebut akan meninggalkan bekas pada warna kain yang tidak enak dilihat.

Saat noda sangat susah dihilangkan, boleh menggunakan deterjen yang cukup keras untuk menghilangkannya. Jika membutuhkan sikat, sikat gigi adalah hal terbaik yang bisa dipakai karena tidak akan merusak serat kain. Setelah selesai dicuci, proses penjemuran kain ini akan memerlukan waktu cukup lama.

Jadi itulah dia beberapa informasi dasar berkaitan dengan kain corduroy yang perlu diketahui. Kain ini mulai berangsur-angsur naik menjadi salah satu kain favorit di masyarakat loh terutama di kalangan anak muda.