Simak Penjelasan Tentang Kain Jet Black dan Peruntukannya

Banyak orang yang tidak mengetahui apa itu kain jet black.  Oleh sebab itu, kali ini kita akan membahas jenis kain yang satu ini, baik pengertian dan peruntukannya. Dengan demikian, akan menambah wawasan mengenai berbagai macam kain yang umum diketahui oleh banyak orang.

Selama ini banyak orang yang hanya mengenali jenis kain katun saja. Untuk penggunaan berbagai jenis pakaian. Katun masih menjadi idola untuk bahan membuat pakaian. Padahal untuk membuat pakaian yang berwarna hitam, kain jet black tersebut jauh lebih unggul. 

Walaupun hanya memiliki satu warna, yaitu warna hitam. Jenis kain yang satu ini memiliki tekstur yang sama dengan kain katun. Keunggulannya yaitu memiliki warna hitam yang lebih pekat. Sehingga cocok bila digunakan untuk membuat gamis muslimah dengan cadar yang identik berwarna hitam. 

bahan jet black
shopee

Apa Itu Kain Jet Black

Kain Jet black pada dasarnya bukanlah jenis kain katun. Kain yang digunakan merupakan jenis wolfis melalui proses pencelupan warna jet black yang hitam pekat. Oleh sebab itu, kain ini bukan merupakan jenis kain katun, seperti yang dianggap oleh banyak orang. 

Bahan dasarnya adalah kain wolfis yang memiliki ciri-ciri yang ringan seperti bahan untuk membuat kaos,lebih mudah menyerap keringat sekalipun berwarna hitam pekat, tetap sejuk di kulit. Itulah sebabnya, kain ini banyak diekspor ke negara-negara Arab. 

Kain Jet black itu sendiri merupakan kain yang dimodifikasi dari jenis kain wolfis yang diberi warna hitam pekat. Oleh sebab itu harganya lebih mahal dari kain wolfis. Sesuai dengan namanya, kain ini hanya memiliki satu warna, yaitu warna hitam pekat. Namun, tetap memiliki kenyamanan seperti pada kain wolfis. 

Penggunaan Kain Jet Black 

Karena warnanya yang hitam pekat, namun tetap memberikan kenyamanan. Kain yang satu ini banyak digunakan untuk membuat gamis khas Arab yang menggunakan cadar. Walaupun memiliki warna hitam, namun tetap memberikan nyaman dan sejuk. 

Kain ini pun memiliki warna hitam polos. Untuk Mempercantik pembuatan baju gamis, seringkali ditambahkan bebatuan dan manik-manik. Dengan demikian, tampilan manik-manik tersebut akan lebih berkilauan di atas warna kain yang hitam pekat tersebut. 

Tidak hanya untuk penggunaan gamis wanita, jenis kain ini pun sangat cocok untuk digunakan pada pembuatan gamis untuk pria. Khususnya untuk para pria muslim yang digunakan untuk shalat dan kegiatan keagamaan lainnya. 

Karakteristik Kain Jet black 

Banyaknya yang menggunakan bahan jet black untuk pembuatan gamis, niqab dan khimar. Berikut ini beberapa Karakteristik khusus bahan jet black, yaitu 

1. Kain Tidak Mudah Kusut 

Bahan kain yang satu ini tidak mudah kusut. Itulah sebabnya banyak digunakan untuk membuat gamis yang membutuhkan bahan yang lebih lebar. Sifatnya yang tidak mudah kusut tersebut menjadikan kain ini sangat cocok untuk dipakai pada acara-acara resmi, dimana mengharuskan menggunakan baju yang rapi. Bahkan ketika digunakan untuk beraktivitas seharian. 

2. Tekstur Kain Sejuk, Tebal dan Tidak Menerawang 

Seringkali kita mengenal kain dengan warna hitam lebih bersifat panas di kulit. Berbeda dengan bahan yang satu ini, kain ini lebih sejuk, tebal dan tidak menerawang sehingga cocok digunakan untuk pembuatan gamis. Pasalnya tidak menonjolkan lekukan tubuh. Namun, sekalipun bahan ini lebih tebal tetap saja memberikan kenyamanan. Bahan kain juga lebih mudah menyerap keringat. 

3. Hanya Terdiri dari Satu Warna 

Karakteristik khusus pada bahan kain ini yaitu hanya memiliki satu warna saja, yaitu warna hitam polos. Itulah sebabnya bernama jet black. Hal tersebut sangat sesuai dengan karakteristiknya berwarna hitam pekat. Proses pewarnaan nya pun menggunakan teknologi yang canggih. 

4. Hitam yang Elegan 

Warna hitam pada jet black ini, lebih mendominasi. Bahkan terlihat lebih mencolok dengan warna hitam pada jenis kain lainnya. Warna hitamnya pun tidak pudar sehingga terlihat lebih elegan. Dengan demikian, sangat cocok bila digunakan untuk menghadiri acara-acara resmi. Warna tersebut memberikan kesan elegan pada pakaian. 

5. Serat yang Halus 

Karakteristik lainnya yaitu memiliki serat yang halus. Bahkan ketika menyentuhnya, tekstur kain tersebut lebih halus dibandingkan jenis kain lainnya. Hal tersebut karena penggunaan bahan wolfis yang memiliki sifat kain yang cenderung lebih halus. Dengan demikian, akan memberikan kenyamanan kepada pemakainya. 

Itulah karakteristik bahan jet black yang banyak digunakan untuk membuat gamis ala Timur Tengah yang lengkap dengan cadarnya. Mengenali Karakteristik bahan tersebut sangatlah penting untuk membuat gamis muslimah dengan cadar ala Timur Tengah. 

Khusus untuk wanita muslimah yang mengenakan cadar, penggunaan kain jet black ini sangat disarankan. Pasalnya kain ini tidak menimbulkan efek panas dan gerah, sekalipun berwarna hitam yang identik dengan kesan panas, tapi juga tidak menerawang. 

Warna hitam pada kain yang digunakan untuk pembuatan gamis, seringkali menimbulkan kesan panas sehingga membuat tidak nyaman pemakainya. Oleh sebab itu, sebaiknya menggunakan bahan jet black untuk mendapatkan kesan nyaman tanpa mengesampingkan fungsi gamis khas Arab tersebut, yaitu tebal dan tidak menerawang.