Kain Spandek: Pengertian, Jenis, Karakteristik, Kelebihan dan Cara Merawatnya

 

Kain spandek merupakan salah satu jenis kain yang menjadi dasar pembuatan pakaian dan dipilih orang karena alasan tertentu. Sebagai dasar pembuatan pakaian tentu bahan spandek memiliki ciri khas, kualitas, kelebihan serta manfaat. Bahan spandek digunakan pula melihat dari sisi harga yang masih terjangkau.

Untuk memahami seperti apa bahan spandek yang ada saat ini, maka perlu adanya pembahasan tentang kain berbahan spandek. Bagaimana karakteristik kain tersebut dan manfaat yang diberikan oleh bahan spandek. Serta cara yang mudah untuk merawat kain ber berbahan spandek agar awet dan tahan lama.

Kain Spandek

Tentang Kain Spandek

Bagi orang-orang terutama wanita, bahan spandek ini tentu tidak asing lagi. Dan menjadi salah satu kain yang dipilih untuk pembuatan pakaian. Bahan spandek terbuat dari 100% serat sintetis yang merupakan serat buatan. Dengan material dasar pada Bahan spandek ini berupa polimer yang berkarakteristik lentur.

Tingkat kelenturan bahan spandek yang akhirnya dijadikan pilihan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan pakaian. Karena terasa lentur dan seakan mirip karet ini. Pakaian dari bahan spandek tetap lebih unggul dari segi kekuatan dan daya tahan bahan dibandingkan karet.

Nama spandek (spandek) ini sebenarnya elastane karena bahan pembuatannya. Namun, di beberapa negara seperti eropa, Amerika Serikat bahkan Indonesia lebih mengenal dan menyebut kain jenis elastane ini dengan sebutan spandek. Sementara itu, di Inggris biasa menyebut dengan Lycra untuk jenis bahan spandek.

Karakteristik spandek juga bisa dipadukan dengan bahan lain saat dilakukan pembuatan, sementara itu, untuk pemberian warna pada bahan sangat mudah. Sehingga di pasaran banyak jenis dari bahan spandek tersebut. Setelah memahami seperti apa kain spandek maka inilah jenis-jenis dari bahan spandek yang ada di pasaran.

Jenis Kain Spandek

Sering dijumpai di pasaran bahwa jenis kain sangat beragam, seperti katun, wolfis, satin, dan sebagainya. Sama halnya dengan spandek. Spandek juga memiliki berbagai macam jenis bahan yang dipadukan dengan bahan lainnya. Sehingga memberikan variasi bahan serta warna yang berbeda pada pengguna yang memilih kain spandek

1. Spandek Katun

Bahan dari spandek katun terbuat dari perpaduan antara katun dengan serat sintetis berupa elastane dari bahan dasar spandek. Pada kain katun spandek ini sangat lembut, elastis dan sangat adem dipakai sehingga menjadi pilihan favorit untuk baju daster. Biasanya penggunaan katun spandek ini sebagai bahan pakaian seperti legging, tank top, baju, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Yuk Bahas Tuntas Seputar Kain Oxford, Kelebihan dan Kekurangannya

2. Spandek Nylon

bahan spandek

Tentunya bahan penyusun dari spandek nilon ini adalah paduan antara nilon dengan elastane. Biasanya spandek nilon dipilih karena memiliki karakteristik ringan, nyaman, lembut dan begitu melar. Pakaian yang menggunakan bahan dasar spandek nilon yaitu seragam olahraga, baju renang, bra, tank top,celana dan sebagainya. Namun, bahan spandek nilon ini tidak direkomendasikan dan tidak cocok untuk bahan dasar gamis.

3. Spandek rayon

bahan spandek rayon

Untuk bahan rayon sendiri karakteristiknya lebih lembut dari katun, kemudian dipadukan dengan serta elastane. Maka spandek rayon menjadi bahan yang begitu lembut, terasa elastis, sangat adem dan nyaman dipakai, serta menyerap keringat. Jenis dari spandek rayon ini juga ada spandek rayon super dan spandex semi rayon dengan karakteristik sama.

Pada jenis yang ada dari spandek rayon ini terletak pada kadar campuran bahan spandeknya. Sehingga bai semi rayon atau rayon super pada spandek akan terlihat lebih melar dan elastis dibandingkan rayon biasa.

4. Spandek Sutra

Pada spandek sutra ini biasanya disebut juga dengan silk yang merupakan jenis paling tinggi diantara jenis pendek lainnya. Merupakan sebuah kombinasi dari bahan sutra dengan bahan elastane yang menghasilkan perpaduan sangat berkualitas. Dengan sifat bahan memiliki tingkat elastisitas tinggi, mengkilap, sejuk tebal, halus dan sangat ringan saat dipakai.

5. Spandek Jersey

Ada tiga kombinasi bahan penyusun dari spandek jersey ini yaitu serat elastin, serat rayon serta serat bambu. Dan bahan jersey spandek mempunyai keunggulan dengan elastisitas yang tinggi, memiliki karakter kain yang jatuh saat dipakai, mampu menyerap keringat dan sebagainya.bahan dari spandek jersey ini juga tergolong tebal untuk pembuatan kaos dan sejenisnya.

6. Spandek Balon

Percampuran antara serat poliester dengan serat elastin mampu menghasilkan sapndek balon. Sebuah perpaduan yang pada akhirnya menghasilkan kain spandek balon dengan karakteristik begitu ringan, terlihat mengkilat dan sangat lentur. Sehingga biasanya direkomendasikan untuk bahan pakaian sehari-hari bahkan gamis.

7. Spandek Polyester

Spandek polyester atau PE merupakan gabungan dari serta polyester dengan serat elastane yang karakteristiknya mirip katun. Namun,kain spandex polyester ini lebih tipis dibandingkan dengan katun dan kain spandek lainnya. Dengan karakteristik yang dimiliki tersebut maka spandek polyester juga dipilih oleh para desainer sebagai bahan pembuatan pakaiannya.

8. Spandek Korea

Sering dengar spandek korea? Disebut juga dengan istilah ITY yaitu Interlocked Twisted Yarn. Untuk spandek korea ini mirip dengan kain jersey dan bersifat melar, bahannya jatuh dan lembut. Namun, dari segi bobot bahan, spandek korea ini lebih berat dibandingkan spandek jersey ataupun spandek rayon. Ada jenis lain dari bahan spandek korea yang juga digunakan untuk pakaian yaitu spandek wood korea.

BACA JUGA:  Beberapa Karakteristik Kain Sutra yang Harus Diketahui¬†

9. Strech Denim

Pada stretch denim ini menggunakan bahan spandek sebagai penyusunnya dengan kadar sekitar 3% serta terjadi peregangan 15%. Hal ini menjadikan stretch denim lebih lebar dari ukuran yang sebenarnya dan karakteristik tersebut mirip dengan bahan jeans. Desainer pakaian menggunakan bahan stretch denim sebagai bahan dasar pakaian wanita seperti legging, celana panjang ketat dan sebagainya.

Dengan adanya jenis kain spandek yang ada saat ini menjadikan ragam pakaian dilihat dari bahan pembuatannya. Sehingga menampilkan pakaian dengan berbagai pilihan yang tersebut dari jenis jersey tersebut. Selanjutnya perlu dipahami seperti apa kain berbahan jersey sebagai salah satu rekomendasi bahan untuk pembuatan pakaian.

Karakteristik Kain Spandek

Selain spandek memiliki berbagai jenis yang ada dengan dipadukan bahan yang lainnya. maka bahan spandek ini juga memiliki karakteristik yang istimewa sebagai dasar pakaian. Inilah beberapa karakteristik dari kain berbahan spandek sebagai salah satu bahan dasar pakaian.

  1. Kain dari spandek cenderung terlihat tipis.
  2. Walaupun terlihat tipis, untuk kain spandek terlihat kuat, awet dan tahan lama. Apalagi jika bahan spandek dibandingkan dengan katun, jauh lebih unggul.
  3. Terasa lebih ketat saat dipakai dan begitu panas jika kandungan dari bahan polyester cenderung tinggi.
  4. Terlihat memberikan efek berkilau pada bahan spandek.
  5. Sangat bersifat elastik dan melar layaknya karet.
  6. Sangat nyaman digunakan dan tidak dibatasi oleh gerak si pemakainya.
  7. Memiliki kemampuan untuk bertahan pada ukuran aslinya sehingga kain berbahan spandek tidak mudah rusak.
  8. Bahan yang terasa menempel di tubuh ini maka kain spandek saat dipakai jadi terlihat tampilan bentuk tubuh si pemakai.
  9. Mudah diberikan berbagai warna dan perpaduan dengan bahan lainnya sehingga menciptakan ragam jenis kain yang berbeda dan banyak.

Itulah beberapa karakteristik dari kain yang berbahan spandek ini sehingga menjadi alasan untuk orang-orang memilih kain tersebut. Selanjutnya tentu terdapat Kelebihan dari kain spandek yang bisa dirasakan penggunanya.

Kelebihan Menggunakan Kain Spandek

Ada beberapa kelebihan dari bahan spandek ini dan kelebihan tersebut menjadi alasan orang-orang memilih bahan spandek sebagai bahan dasar pakaian. Inilah beberapa kelebihan dari kain berbahan spandek tersebut.

1. Terdapat Berbagai Varian

Varian yang dihasilkan kain berbahan spandek ini tentu melibatkan unsur perpaduan antara serat pada bahan penyusunnya. Seperti yang telah dijelaskan tentang berbagai macam jenis bahan spandek, spandek katun, spandek nilon, spandek jersey dan sebagainya. Sehingga menjadikan desainer pakaian menciptakan ragam pilihan pakaian berbahan spandek. Dan penggunanya bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keunggulan dari jenis spandek.

2. Sangat Ringan Dan Ruang Gerak Fleksibel

Dengan karakteristik kuat yang dimiliki kain spandek ini maka bahan yang digunakan sangat ringan, sehingga cocok untuk berolahraga dan aktivitas lainnya. Untuk si pengguna, pakaian berbahan spandek akan terasa lebih fleksibel dan tidak dibatasi ruang gerak.

BACA JUGA:  Cotton Bamboo, Bahan Super yang Cocok Untuk Pembuatan Kaos

3. Tahan Terhadap Sinar Ultraviolet

Awetnya bahan jersey yaitu saat terpapar oleh sinar UV, maka bahan tersebut tidak mengalami kendala saat dijemur di terik matahari. Serta tidak terpengaruh oleh minyak kulit si pemakai, sehingga spandek awet digunakan dalam jangka waktu lama.

4. Kembali Ke Ukuran Semula dan Elastis

Kemudahan dari kain berbahan spandek  saat dipakai yaitu mampu kembali ke ukuran semula. Atau bahkan bisa meregang hingga 3-5 kali dari ukuran yang sebenarnya. Hal tersebut tidak menjadikan kain jersey menjadi rusak sehingga sangat mudah kembali lagi ke ukuran sebenarnya. Serta sangat elastis sehingga begitu nyaman digunakan saat renang menggunakan pakaian berbahan spandek.

5. Tahan Lama dan Tidak Mudah Kerut

Pakaian berbahan dasar spandek ini akan sangat mudah digunakan karena tidak mudah kusut setelah dicuci bahkan tak perlu disetrika. Dan tahan lama dari segi kualitas bahan yaitu tahan terhadap UV, lotion bahan hingga zat lain. sehingga warna baju berbahan spandek pun sangat awet tidak pudar setelah bertahun-tahun.

itulah beberapa kelebihan dari bahan spandek yang bisa direkomendasikan untuk membuat pakaian yang nyaman, ringan dan memudahkan geraknya. Selanjutnya harus memahami seperti apa cara merawat kain spandek agar awet serta tahan lama.

Cara Merawat Bahan Spandek

Dalam menggunakan kain berbahan apapun tentu dibutuhkan perawatan yang dilakukan sehingga bahan lebih awet dan tahan lebih lama. Terutama melakukan perawatan pada spandek yang digunakan sebagai bahan dasar pakaian, inilah cara perawatannya.

1. Saat Mencuci Kain Spandek

Pisahkan serat kain kasar bahan lainnya sehingga kain spandek yang lembut tidak bergesekan dengan kain kasar tersebut saat dicuci. Saat terdapat noda pada bahan spandek cukup dikucek pada bagian terkena noda.

2. Cara Menjemur Pakaian Berbahan Spandek

Lakukan penjemuran dengan memanfaatkan sinar matahari, jangan khawatir akan sinar UV karena kain spandek bisa tahan sinar UV. Jika memakai pengering dari mesin cuci, bahan spandek cukup dikeringkan dan didinginkan saja .

3. Menyetrika Bahan Spandek

Sangat mudah menyetrika kain spandek ini, bahkan tidak perlu disetrika juga bahan spandek tidak akan berkerut. Sehingga memberikan nilai praktis kepada penggunanya dan pakaian berbahan jersey tidak terlihat kusut

Dengan adanya beberapa cara yang dilakukan dalam merawat kain berbahan spandek. Maka diharapkan pakaian dengan spandek tersebut tidak mudah rusak dan bisa tahan dalam waktu yang lama. Serta menjadi pilihan yang menarik sebagai dasar pembuatan pakaian yang akan dipilih banyak orang.

Bahan spandek saat ini juga menjadi bahan favorit pilihan desainer pakaian untuk mewujudkan pakaian yang bervariasi dengan memadukan bahan lainnya. Selanjutnya pemilihan bahan juga disesuaikan dengan kebutuhan akan jenis pakaian, misalnya untuk bepergian, olahraga atau bersantai. Sehingga penggunaan kain spandek jadi tepat guna dan tidak mengganggu serta menimbulkan ketidaknyamanan pemakainya.

error: Content is protected !!