Kain Microfiber, Kain Terbaik untuk Pembersih Rumah

 

Debu dan kotoran di rumah kerap kali menempel pada beberapa peralatan rumah. Oleh sebab itu, diperlukan kain yang cukup efektif untuk membersihkannya, karena sapu saja tidak akan cukup. Kain yang cukup efektif untuk membersihkan debu adalah kain microfiber.

Kain microfiber sangat cocok untuk membersihkan debu yang kerap menempel di beberapa perabotan rumah tangga. Terkadang, debu seringkali berterbangan dan menempel kembali jika kurang bersih dalam membersihkannya.

Rumah yang nyaman, tentunya akan sangat menunjang untuk kesehatan. Semua itu didasarkan kepada faktor kebersihan. Oleh sebab itu, mencari lap kain yang dapat membersihkan rumah merupakan faktor utama agar dapat membuat lebih sehat semua penghuni rumah.

Kain Microfiber

Apa Itu Kain Microfiber?

Kain microfiber adalah kain yang memiliki serat yang cukup halus dan juga kain tersebut cukup efektif untuk menyerap air, karena daya serapnya yang tinggi. Serat Microfiber seringkali terdapat pada handuk, jubah mandi, dan juga lap pembersih dapur.

Kain ini terbuat dari 80% Polyester dan 20% nylon. Dengan perbandingan tersebut, kain ini cukup efektif untuk menyerap air dan membersihkan kotoran. Bahkan tanpa bantuan bahan kimia atau sabun sekalipun. Oleh sebab itu, kain ini seringkali digunakan untuk membersihkan semua peralatan rumah.

Banyak sekali macam-macam jenis kain dengan serat microfiber yang tersedia di pasaran. Bahkan bila kandungan kain tersebut berkualitas buruk, maka serat kain seringkali menempel pada peralatan yang dibersihkan tersebut. Dengan demikian, untuk memilih kain yang terbaik ini, harus dipastikan untuk memperhatikan kandungannya.

Kain ini memiliki serat yang sangat halus, bahkan menyerupai sebuah kain yang terdiri dari serat kain yang lebih halus. Saking halusnya, kain tersebut dapat menciptakan gelombang listrik yang dapat menarik segala jenis debu dan kotoran.

Asal-usul Kain Microfiber

Kain microfiber itu sendiri diciptakan pertama kali di Eropa pada tahun 1994. Seiring berkembangnya zaman, kain ini pun diciptakan untuk pembuatan handuk bayi dan juga jubah mandi. Nama Microfiber itu sendiri diambil dari nama teknologi yang menciptakannya.

Sejak saat itu, karena daya serapnya yang efektif kain tersebut dialihfungsikan sebagai alat pembersih. Kain yang diberi nama Microfiber itu sendiri, merupakan kain halus yang berserat lebih halus dari jenis kain lainnya, bahkan kain sutra sekalipun.

BACA JUGA:  Yuk Kenalan Dulu dengan Kain Velvet yang Berkarakter Mewah Nan Unik!

Nama microfiber merupakan sebuah nama kain dengan daya serap yang luar biasa. Saat ini, kain tersebut dibuat untuk membuat lap pembersih perabot rumah tangga, lap pel, lap dapur, serta beberapa fungsi alat pembersih rumah lainnya.

Saat ini, terdapat beberapa jenis kain dengan serat microfiber yaitu: kain dengan serat microfiber yang serbaguna, kain dengan serat microfiber Ultra plush, kain dengan serat microfiber khusus untuk kaca dan elektronik , kain dengan serat microfiber waffle weave.

Kelebihan Kain Microfiber

Pada kain microfiber dengan kualitas nomor satu sering dipilih sebagai alat kebersihan karena beberapa alasan. Berikut beberapa alasan dan kelebihan yang menjadikan kain jenis ini cocok untuk bersih-bersih:

1. Tidak Menimbulkan Alergi

Untuk kain dengan serat microfiber dengan kualitas nomor satu, termasuk kain yang cukup bagus. Bahkan tidak meninggalkan noda bulu di beberapa perabotan rumah tangga yang dibersihkannya. Dengan demikian, minim resiko menimbulkan alergi. Bahkan sangat aman digunakan oleh orang yang memiliki alergi debu sekalipun.

Penggunaan Kain yang biasa seringkali meninggalkan debu dan serat kain yang menempel. Bahkan ketika permukaan yang dibersihkan tersebut mengering, seringkali debu yang menempel tersebut menimbulkan jenis kotoran baru. Dengan demikian, dapat menimbulkan hypoallergenic.

2. Ramah Lingkungan

Kain ini membersihkan dengan cukup efektif, bahkan tidak membutuhkan beberapa bahan kimia yang dapat merusak lingkungan, seperti cairan pemutih, cairan pembunuh bakteri dan juga beberapa jenis deterjen yang bukan saja kandungan zat kimianya saja yang dapat merusak lingkungan. Tetapi juga kemasan plastik yang digunakannya.

Penggunaan kain dengan serat microfiber ini, dapat membuat lingkungan lebih sehat. Pasalnya dapat mengurangi dampak sampah plastik yang ditimbulkan karena penggunaan kemasan dari berbagai jenis deterjen atau cairan pembersih yang menggunakan kemasan plastik.

3. Tahan Lama

Keunggulan lainnya dari kain dengan serat microfiber ini, cukup efektif untuk membersihkan kotoran dan tidak mudah rusak. Dengan demikian, kain ini pun bersifat tahan lama. Oleh sebab itu, penggunaan untuk jangka waktu yang lama tidak akan merubah tekstur kain tersebut.

Serat microfiber akan menghasilkan lap yang awet dan tahan lama. Bahkan jika digunakan secara berulang kali. Kain ini memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah rapuh, walaupun sering dicuci berkali-kali. Oleh sebab itu, salah satu keunggulan dari kain ini memiliki sifat yang tahan lama.

4. Lebih Mudah Menyerap Air

Serat microfiber merupakan serat terbaik dalam menyerap air. Oleh sebab itu, kain ini seringkali digunakan untuk lap pembersih karena sifatnya yang 7 X lebih efektif dalam menyerap air. Hal tersebut dikarenakan seratnya yang cukup halus, karena dibuat dengan teknologi yang mutakhir.

Proses splitting pada pembuatan kain dengan serat microfiber ini dapat mengunci air dan menyerap air lebih banyak. Dengan demikian, segala jenis kotoran yang berwujud benda cair dapat diserap secara sempurna. Bahkan dikuncinya hingga tidak menimbulkan kotoran pada yang lainnya.

BACA JUGA:  Bahan Poly Cotton: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan & Cara Merawatnya

5. Hemat Biaya

Membersihkan beberapa perabotan rumah tangga dengan menggunakan kain dengan serat microfiber ini lebih hemat biaya, karena tidak perlu lagi membutuhkan cairan pembersih lainnya yang membutuhkan biaya tambahan dalam membersihkan perabotan rumah tangga tersebut.

Beberapa jenis kain membutuhkan sabun pembersih dan sejenisnya yang dapat membuat biaya untuk membersihkan rumah menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk menggunakan kain dengan serat microfiber ini agar lebih hemat biaya, dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk membersihkan rumah.

Itulah beberapa keunggulan kain microfiber yang harus diketahui oleh banyak orang. Dengan mengetahuinya, menjadi lebih tahu akan pentingnya penggunaan kain ini untuk membuat rumah menjadi lebih bersih dan sehat untuk seluruh anggota keluarga.

Alasan Sebaiknya Menggunakan Lap Kain dengan Microfiber

Ada banyak alasan sebaiknya memilih kain microfiber untuk lap, salah satunya karena seratnya yang halus mampu membersihkan kotoran karena minyak dan kotoran. Tidak hanya itu, seratnya yang halus tersebut dapat menciptakan permukaan yang lebih luas, bahkan bisa mencapai 40 kali lebih luas dibandingkan dengan serat kain biasa.

Daya serapnya mampu menyerap berat air hingga 7 kali berat air. Hal tersebut dikarenakan, serat microfiber diproses melalui proses splitting, yang mampu menampung dan menahan minyak serta cairan serta kotoran akan terkunci hingga dibersihkan.

Kandungan bahan ini yang menggunakan dua kandungan terbaik seperti Polyester dan polyamide yang dapat menciptakan listrik positif sehingga dapat menarik listrik negatif yang terdapat pada debu dan kotoran. Dengan demikian, debu dan kotoran mampu dibersihkan secara sempurna.

Tidak hanya untuk debu, berbagai jenis hewan kecil pun seperti kutu, tungau, dan bakteri yang berkembang biak pun mampu dibersihkan secara sempurna dengan serat microfiber ini. Dengan demikian, rumah akan menjadi lebih sehat.

Cara Perawatan

Merawat kain dengan serat microfiber ini tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut ini langkah-langkah cara perawatan yang sebaiknya dilakukan:

1. Pisahkan Jenis Kain tersebut dengan Kain Lainnya

Serat Microfiber merupakan jenis serat yang mudah sekali untuk menyerap kotoran. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk memisahkan terlebih dahulu ketika akan merendamnya dengan jenis pakaian lainnya, agar kotoran tidak bercampur. Terutama, bila jenis kotoran tersebut tempat berkembang biaknya bakteri penyebab penyakit.

Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan untuk merendam cucian kain dengan serat microfiber ini secara terpisah atau mencuci terlebih dahulu sebelum mencampurnya dengan jenis pakaian lainnya. Dengan demikian, kotoran yang terdapat pada kain ini tidak menempel pada baju lainnya.

BACA JUGA:  Yuk Simak Informasi Kain Maxmara, Kain Bak Sutera Yang Kian Populer

2. Gunakanlah Deterjen Seperti pada Umumnya

Sudah menjadi hal yang biasa menggunakan detergen untuk mencuci. Begitu juga dengan penggunaan detergen untuk mencuci serat kain microfiber ini. Tidak ada salahnya menggunakan deterjen yang sama. Hanya saja teknik pencuciannya yang berbeda.

Detergent biasa digunakan untuk merendam cucian. Namun, untuk merendamnya bersama dengan kain microfiber ini sebaiknya dipisahkan atau dicuci terlebih dahulu. Dengan demikian, kotoran yang terdapat pada kain ini tidak akan menempel pada jenis kain lainnya.

3. Sebaiknya Cuci dengan Tangan

Kain dengan serat microfiber ini merupakan jenis kain yang sangat halus. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk mencucinya dengan tangan agar serat kain tidak rusak. Kain ini sangat efektif untuk menampung kotoran, namun memiliki serat yang sangat halus. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk mencucinya dengan tangan.

Mencuci dengan mesin cuci bukan berarti tidak diperbolehkan, namun serat kain tersebut akan lebih mudah rusak karenanya. Oleh sebab itu, untuk menjaganya agar tetap awet, diusahakan untuk tidak menggunakan mesin cuci.

4. Gunakanlah Air Hangat untuk Merendamnya

Merendam kain dengan serat microfiber ini, sebaiknya untuk dilakukan secara terpisah dan menggunakan air hangat untuk merendamnya. Air hangat efektif untuk mengangkat kotoran dan lemak yang terdapat pada kain tersebut. Dengan demikian, lemak dan kotoran dapat dengan mudah dibersihkan bahkan hanya mencucinya dengan tangan.

Pisahkan bahan jenis microfiber pada tempat khusus, lalu rendam dengan menggunakan air hangat. Dalam beberapa menit lemak dan kotoran akan terlepas dengan mudah. Disamping itu, akan mempermudah proses pencuciannya. Air hangat pun tidak akan merusak serat kain tersebut.

5. Tidak Dijemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Cara perawatan kain dengan serat microfiber ini, sebaiknya untuk tidak menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Hal tersebut, dapat membuat kain lebih cepat rusak. Apabila ingin mengeringkannya, cukup dengan cara diangin-anginkan saja. Kain ini pun akan mudah mengering.

Menjemurnya di bawah sinar matahari langsung dapat membuat serat kain menjadi kaku dan rontok. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk menghindari hal tersebut. Menggunakan angin untuk mengeringkannya dapat menjaga tekstur kain ini lebih lembut sesuai dengan kondisi tekstur kain di awal.

Mengetahui cara perawatan kain dengan serat microfiber ini sangatlah penting. Hal tersebut dapat membuat kain ini lebih awet dan teksturnya lebih terjaga. Dengan tekstur yang terjaga tersebut, cukup efektif untuk membersihkan kotoran di rumah. Dengan demikian, keluarga pun akan terjamin kesehatan dan kebersihannya.

Memilih kain microfiber sebagai alat pembersih rumah merupakan hal yang tepat. Beberapa keunggulan yang telah dijelaskan sebelumnya, mengharuskan untuk memilih kain tersebut guna menunjang kebersihan dan kesehatan seluruh anggota keluarga di rumah.

error: Content is protected !!