Kain Spunbond: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Manfaat Untuk Produk Yang Dihasilkan

Penggunaan kain spunbond ini memang dianggap non woven atau merupakan pengganti plastik yang digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya saja sebagai bahan pengganti kertas atau plastik pada saat berbelanja, sehingga tas berbahan spunbond sangat direkomendasikan. Untuk keperluan medis dan hal lainnya juga kain ini sangat baik kualitasnya sebagai kain non woven.

Penggunaan spunbond juga bisa didaur ulang yang kemudian bisa meminimalisir adanya sampah plastik yang sering digunakan. Selanjutnya spunbond ini bisa diolah dengan berbagai keperluan untuk berbagai hal, seperti tas, masker, penutup kepala, goodie bag dan sebagainya.

Pengertian Spunbond

Berbagai macam jenis kain yang ada saat ini tidak lepas dari manfaatnya. Yaitu kain sebagai bahan dasar pembuatan produksi fashion atau produk tertentu. Salah satunya yaitu kain spunbond yang mulai trend dan dianggap ramah lingkungan. Karena kain jenis spunbond ini dimanfaatkan dalam berbagai produk layanan dan dianggap sebagai bahan non weapon yang artinya sangat bebas dari bahan kimia ini sangat spesial bagi bahan spunbond.

Spunbond disebut dengan kain polypropylene dengan proses kimia yang tersusun dari serat secara mekanik. Dan begitu banyak digunakan saat ini sebagai bahan pengganti plastik serta higienis. Dengan keberadaan spunbond yang berkualitas ini memang memiliki manfaat yang besar dalam dunia kesehatan pula.

Kain yang sangat ramah lingkungan dan bisa didaur ulang menjadikan spunbond ini sebagai solusi kain pengganti plastik. Banyak produk yang akhirnya dihasilkan dari adanya kain spunbond saat ini. Baik dikonsumsi dan dibuat secara pribadi atau dibuat missal dan dikonsumsi produk seperti tas, masker, paper bag dan sebagainya.

Itulah kenapa spunbond ini sangat dikenal dan bermanfaat untuk berbagai produk dan berkontribusi sangat besar pada lingkungan. Salah satunya nilai steril dari kain ini, kemampuan untuk bisa didaur ulang dan mampu mengurangi konsumsi sampah plastik. Dengan memahami adanya pengertian dari spunbond ini maka selanjutnya memahami jenis yang dimiliki spunbond.

Kain Spunbond

Jenis kain Spunbond

Spunbond yang ada saat ini memang beraneka warna serta memiliki ketebalan yang berbeda. Dan biasanya pemanfaatan spunbond juga berdasarkan sifat dari kain tersebut yang kemudian diaplikasikan pada produk lainnya. Sementara jenis kain dari spunbond ini didasarkan pada tingkat ketebalan masing-masing kain.

1.Ukuran 100 gr Pada Spunbond

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan penggunaan tas belanja ramah lingkungan, maka spunbond dipilih sebagai kain dasar tas. Dengan memiliki ketebalan ukuran hingga 100 gr ini memang dianggap kokoh, tebal serta cocok guna mengangkat barang yang lebih berat. Dibandingkan dengan plastik yang sekali buang jika digunakan, tas spunbond ini bisa dipakai berulang kali.

BACA JUGA:  Mengetahui Jenis Kain Toyobo yang Asli serta Cara Perawatannya

Beberapa tas belanja, goodie bag, tas kerajinan menggunakan bahan spunbond ini sebagai dasar pembuatan. Dari segi harga tentu lebih mahal dari spunbond dengan ketebalan yang kurang dari 100 gr. Selanjutnya spunbond juga dibuat lebih banyak ragam bentuk serta warna. Sehingga orang-orang bisa memilih tas spunbond sesuai selera.

2. Spunbond Dengan Ukuran 50 gr-70 gr

Dengan memiliki ketebalan ukuran yang kurang dari 100 gr tapi masih mendekati ketebalannya. Maka spunbond ukuran 50 hingga 70 gram ini biasa digunakan sebagai bahan dasar tas handmade, seperti bentuk goodie bag. Dan pembuatan goodie bag juga bisa

Goodie bag biasanya dimanfaatkan untuk berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, souvenir dan sebagainya. Sebagai tempat yang lebih awet dan bisa dipakai berulang kali memang menjadikan spunbond pilihan tepat guna. Dari segi harga, lebih murah dibandingkan dengan bahan spunbond yang lebih tebal, sehingga memang cocok juga sebagai bahan produksi kerajinan tas spunbond.

3. Ukuran 25 gr-50 gr Untuk Spunbond

Pada ketebalan kain paling rendah dari spunbond dengan ukuran 25 hingga 75 gram ini tentu lebih tipis. Bahkan tidak mungkin digunakan sebagai bahan dasar pembuatan task arena terlalu tipis tak mampu menahan berat. Sehingga pada bahan spunbond yang tipis ini biasanya digunakan sebagai furing tas, masker, tutup kepala atau pelindung.

Dari segi harga tentu spunbond ini lebih murah dan sangat terjangkau digunakan sebagai bahan dasar beberapa produk. Bahkan jenis dengan tebal 25 hingga 50 gram ini untuk kesehatan dan bernilai lebih higienis. Contohnya saja masker yang diproduksi serta penutup kepala yang digunakan para tenaga medis menggunakan spunbond.

Dengan memahami adanya beberapa jenis dari ketebalan kain yang ada dari spunbond. Maka pahami pula kelebihan yang dimiliki oleh bahan spunbond ini.

Kelebihan Kain Spunbond

Keberadaan spunbond sebagai kain yang dianggap serba guna serta ramah lingkungan ini tentu menjadikan spunbond begitu favorit. Produk berkualitas yang dihasilkan juga mampu mengurangi konsumsi penggunaan plastik saat ini.

  • Sebagai solusi pengganti plastik, keberadaan spunbond memang dianggap mampu menggantikan posisi tas plastik saat ini. Sehingga mampu mengurangi limbah plastik dan memberikan solusi baik dengan tas yang bisa digunakan berulang kali.
  • Mempunyai julukan kain go green ini, spunbond sangat ramah lingkungan dengan sifat yang awet serta memiliki kualitas sebagai tempat barang. Jika menggunakan bahan yang kuat, spunbond ini menjadi tas yang layak pakai dan tebal,
  • Berbagai macam warna, dari kain spunbond ini memang sangat menarik dan membuat pemakaiannya lebih nyaman. Bisa disesuaikan dengan warna kesukaan dan bisa pula dikreasikan sebagai tas spunbond warna-warni.
  • Aman digunakan dalam waktu lama, karena bahan penyusunnya tidak mengandung bahan kimia. Misalnya saja produk masker, justru menjaga untuk tetap steril saat digunakan.
  • Mudah dicuci, merupakan kelebihan dari penggunaan spunbond ini. cukup dengan air bersih dan deterjen kemudian bilas. Dan lakukan penjemuran hanya diangin-anginkan saja sudah cukup menjadikan spunbond bersih dan siap dipakai ulang.
  • Bisa jadi kerajinan tangan, hanya dengan memanfaatkan ketebalan kain yang berbeda. Kemudian warna serta memadukan dengan bentuk tentu menjadikan spunbond sebagai kain yang inovatif. Serta menghasilkan kreatifitas baru sebagai produk yang bernilai tinggi.
  • Harga terjangkau, sehingga menjangkau semua masyarakat yang akan menggunakan kain spunbond. Atau digunakan pada produk kesehatan lainnya yang memang berguna sebagai perlindungan.
BACA JUGA:  Kain Majun, Limbah Pabrik yang Bermanfaat untuk Dunia Industri

Dengan memahami kelebihan dari spunbond sebagai kain yang kaya akan produk. Maka selanjutnya pahami pula manfaat dari kain spunbond ini secara lebih spesifik.

Manfaat Kain Spunbond

Dalam penggunaan dari produk spunbond tentu banyak manfaatnya untuk manusia. Pemanfaatan ini juga bisa dilihat dari produk yang dihasilkan oleh kain spunbond. Inilah beberapa manfaat dari spunbond sebagai kain yang berkualitas.

1. Tas Belanja

Inovasi dan gaya mewah baru dengan kehadiran tas belanja berbahan spunbond bisa menjadi tren tersendiri. Tidak perlu khawatir dengan kualitas bahan yang digunakan karena jenis spunbond yang tebal sangat kokoh. Kemudian bisa dipadukan dengan berbagai varian warna karena pilihan warna dari spunbond sangat banyak.

Tas belanja ini juga ada yang memang disediakan oleh toko, supermarket bahkan dihasilkan dari kerajinan tangan secara mandiri. Pemilihan bahan spunbond yang murah juga sebagai faktor utama dihasilkannya tas belanja harga terjangkau.

2. Souvenir

Pada acara besar, pemberian souvenir sering dilakukan, misalnya saja ulang tahun, pernikahan dan sebagainya. Kain spunbond yang memang begitu terjangkau harganya dipilih sebagai bahan dasar souvenir. Dengan adanya warna yang berbagai macam dari spunbond juga menjadi faktor dipilihnya bahan tersebut.

Berbagai macam produk souvenir bisa dihasilkan untuk pelengkap acara pernikahan, khitanan, ulang tahun, tasyakuran, seminar, workshop dan sebagainya. Dengan begitu, keberadaan spunbond ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang bagus dan lebih ramah lingkungan.

3. Goodie Bag

Goodie bag ini sangat banyak digunakan dan menjadi tren untuk berbagai barang pada acara seperti seminar, tempat souvenir dan sebagainya. Dan penggunaan dari goodie bag bisa digunakan berulang kali dan sebagai konsumsi pribadi.

Goodie bag ini dianggap lebih go green dan digunakan secara berulang kali, sehingga meminimalkan sampah plastik pada acara tertentu. Selain itu, pemilihan goodie bag dianggap lebih praktis dan murah meriah apalagi jika dipesan untuk partai besar.

BACA JUGA:  Mengenal Bahan Kain Supernova untuk Membuat Pakaian Terbaik

4. Masker

Ternyata bahan pembuat masker adalah spunbond dengan level paling tipis. Masker ini sangat penting dan higienis digunakan oleh masyarakat saat ini. Penggunaan masker berbahan spunbond ini memang relatif mudah didapatkan dan murah.

Selain itu masker juga digunakan untuk melindungi dari debu, saat sakit flu bahkan digunakan oleh tenaga medis . salah satu komponen selain pelindung kepala yang wajib dipakai tenaga medis adalah masker berbahan spunbond ini.

5. Pelindung Benda

Memiliki benda kesayangan? Dan butuh dilindungi dari berbagai macam gangguan terutama debu, pelindung badan beda atau sebagainya. Maka gunakan kain spunbond untuk perlindungan benda yang dimiliki dan mudah dibawa kemana saja.

6. Furing Produk Tas

Biasanya tas sekolah atau tas untuk bepergian harus ditambahkan furing di dalamnya. Salah satunya dengan menggunakan bahan spunbond sebagai furing dalam tas. Selian dinilai tipis juga mampu memberikan perlindungan dan aet digunakan dalam waktu yang lama.

7. Bros

Suka dengan pernak-pernik bros? jika memang suka maka bahan spunbond dipilih sebagai dasar pembuatan bros. Dengan adanya aneka warna dari spunbond menambah kreasi bros jadi semakin menarik serta kreatif. Biasanya bros yang dihasilkan dibentuk aneka macam dengan warna cerah yang menarik sehingga memiliki nilai jual lebih tinggi.

8. Hiasan Bunga

Tidak hanya menghasilkan kerajinan bros saja ternyata bahan spunbond juga bisa menghasilkan hiasan bunga yang sangat cantik. Dengan memanfaatkan variasi dari warna spunbond yang menarik akhirnya mampu menghasilkan karya hias yang layak untuk dinikmati.

9. Lapisan Popok Sekali Pakai

Dengan sifat spunbond yang higienis bisa dimanfaatkan sebagai lapisan perlengkapan bayi yaitu dalam popok sekali pakai. Sehingga bisa menjaga kulit bayi dan anak lebih bersih serta nyaman. Tentunya kain spunbond ini dipilih berdasarkan tingkat ketipisan kain serta kualitas yang tinggi. Sehingga menghasilkan lapisan popok bayi sekali pakai yang mampu melindungi dan nyaman.

Dengan memahami manfaat yang telah dihasilkan dari kain spunbond ini ternyata banyak produk yang memakai bahan tersebut. Spunbond dengan bahan yang mampu didaur ulang ini bisa menciptakan produk yang ramah lingkungan dan mudah dijangkau masyarakat.

Bahkan tren penggunaan spunbond ini menjadi lebih banyak dipilih oleh pengguna sebagai bentuk go green. Dan juga bisa mengurangi penggunaan plastik sebagai tempat yang lebih baik. Bahkan produk berbahan spunbond ini bisa dicuci, atau di daur ulang dan digunakan pada waktu yang lama. Sehingga menjadi produk masyarakat yang paling favorit dan jadi tren saat ini.

error: Content is protected !!