Apa Itu Kain TC? Simak Pembahasan Selengkapnya Berikut Ini

 

Ada banyak sekali bahan kain untuk pembuatan baju seperti misalnya kaos. Beberapa memakai kain katun, yang punya 2 jenis yaitu cotton combed dan cotton carded. Tidak hanya itu saja banyak juga yang memilih menggunakan jenis kain TC atau lebih dikenal dengan kain teteron cotton.

Jenis kain tersebut cukup banyak dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan kaos atau pakaian lain. Salah satu alasannya karena harganya yang relatif lebih terjangkau. Bagi yang ingin lebih mengenal apa itu kain TC atau teteron cotton, simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Kain TC (Teteron Cotton)

Sebagai informasi saja, kain teteron cotton sebenarnya terbuat dari perpaduan 2 jenis bahan yaitu polyester dan katun (cotton). Namun dengan perbandingan bahan polyester yang lebih banyak. Sekitar 65% bahan polyester serta 35% bahan katun. Semua pasti sudah tahu jika katun terbuat dari 100% serat kapas alami.

Tapi bahan polyester justru terbuat dari serat buatan yang berupa fiberpoly. Pada umumnya bahan fiberpoly banyak dipakai untuk industri plastik. Sebenarnya teteron dulunya lebih dikenal sebagai salah satu merek dagang yang cukup populer pada era tahun 70-an. Sekarang teteron lebih populer menjadi nama kain yang sering dipakai untuk pembuatan kaos.

BACA JUGA:  Sejarah dan Karakteristik Kain Nagata Drill serta Kelebihan dan Kekurangannya

kain TC

Karakteristik Kain TC (Teteron Cotton)

Bagi yang ingin mencoba membeli baju kaos dengan bahan teteron cotton (TC) mungkin bisa dipahami dulu karakteristiknya. Di bawah ini akan dijelaskan apa saja ciri-ciri umum dari kain teteron cotton yang sering dijumpai di pasaran. Berikut ulasan selengkapnya :

1. Cenderung Panas

Sudah sedikit dibahas sebelumnya jika kain teteron cotton sebetulnya terbuat dari bahan polyester yang komposisinya lebih banyak dari katun. Bahan polyester sendiri merupakan bahan yang banyak dipakai dalam produksi biji plastik. Artinya polyester merupakan bahan synthetic, tidak seperti katun yang terbuat dari bahan alami serat kapas.

Maka jangan heran jika jenis kain ini cukup panas jika digunakan. Selain itu kain teteron cotton juga cukup sulit menyerap keringat. Namun karena cenderung panas, ada baiknya mempertimbangkan bahan ini ketika memilih jaket. Jaket bahan teteron bisa memberikan rasa lebih hangat sehingga mampu menghalau rasa dingin pada tubuh.

2. Tahan Walaupun Direndam Dalam Waktu Yang Lama

Bila ingin mencari baju yang awet, pilih saja yang terbuat dari kain teteron ini. Pasalnya jenis kain ini punya kekuatan yang besar. Walaupun direndam dalam air cucian hingga 3 jam lamanya tidak akan mudah rusak. Padahal untuk kain katun, perendaman dalam waktu lama pasti dapat langsung merusak serat kainnya.

BACA JUGA:  Bahas Lengkap Tentang Kain Blacu, Mulai Dari Karakteristik Hingga Kelebihan  

3. Jika Terkena Noda Cenderung Susah Hilang

Pernah mendapati pakaian atau kaos terkena noda baik itu dari minyak atau makanan dan susah hilang? Kemungkinan besar bahan kain pakaian itu adalah jenis teteron cotton. Meski tergolong kuat ketika direndam, namun sekali terkena noda kain ini akan sulit hilang dan kembali seperti semula. Maka sebaiknya hati-hati menjaga kebersihan jika kebetulan sedang menggunakan baju berbahan kain ini.

4. Tidak Mudah Kusut Dan Melar

Kain teteron juga dikenal tidak mudah kusut. Faktanya bahan polyester yang menjadi komposisi terbesar kain teteron bersifat anti kerut. Efeknya baju dengan bahan kain tersebut tidak sulit saat disetrika. Selain itu teteron ini juga dikenal sebagai bahan anti melar. Sehingga tidak heran jika banyak dipakai untuk bahan pembuatan baju.

Baca juga: kelebihan cotton combed

5. Harganya Cenderung Terjangkau

Salah satu faktor mengapa banyak baju yang menggunakan kain teteron cotton adalah karena harganya yang cenderung lebih murah. Jika dibandingkan dengan bahan katun, jelas teteron jauh lebih terjangkau. Oleh karena bahan kain teteron harganya murah, otomatis baju yang terbuat dari kain ini juga sangat murah.

BACA JUGA:  Bahan Scuba yang Jadi Favorit di Dunia Fashion dan Penjelasan Lengkapnya  

Jadi tidak heran jika bahan kaos partai biasa menggunakan kain teteron. Bahkan tidak sedikit pula yang menggunakannya sebagai bahan pembuatan jaket.

6. Tekstur Kain Cukup Halus

Jangan berpikir teteron memiliki tekstur yang kasar. Meskipun sebagian besar didominasi dengan bahan polyester, namun masih ada sedikit bahan katun di dalamnya. Oleh karena itu, teteron tetap memiliki tekstur halus walaupun komposisi bahan katunnya tidak 100%.

Untuk berapa tingkat kehalusan sepertinya relatif. Tergantung berapa komposisi katun yang dicampurkan ketika pembuatan kain teteron tersebut. Semua disesuaikan dengan keinginan produsen kain teteron itu sendiri.

7. Sangat Flexible Untuk Digunakan Sebagai Pakaian

Kain TC ternyata juga lebih unggul dari segi kemudahannya ketika didesain. Saat ini desain baju sepertinya terus mengalami perkembangan. Dibandingkan dengan kain katun, teteron cotton jauh lebih gampang untuk diberikan segala macam aksesoris.

Mungkin karena sifatnya yang punya kekuatan besar dan tidak mudah kusut. Maka tidak heran, jika banyak sekali baju dengan aksesoris ramai, cenderung menggunakan kain ini sebagai bahannya.

Itu tadi sekilas tentang apa itu kain TC atau teteron cotton. Banyak sekali produsen pakaian yang menggunakan bahan kain ini. Selain lebih ekonomis, teteron cotton juga punya tekstur cukup lembut karena masih ada kandungan katun di dalamnya.

error: Content is protected !!