Mengenal Kain Voal, Kain yang Banyak Digunakan Sebagai Hijab!

Dunia tekstil dan industri fashion memang adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan trend busana terbaru, banyak pihak yang kreatif agar produknya bisa diterima masyarakat luas. Salah satu produk busana muslim khususnya hijab yang sampai saat ini masih cukup banyak diminati adalah yang terbuat dari kain voal.

Ya, kain yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para hijabers atau penggemar busana muslim yang lainnya. Hanya saja tidak sedikit juga yang masih belum mengetahui tentang apa sebenarnya kain ini dan bagaimana ciri-cirinya. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas secara lebih mendalam.

Kain Voal

Apa Itu Kain Voal?

Voile atau voal merupakan jenis kain yang terbuat dari 100% katun tipis. Kain yang satu ini banyak sekali digunakan untuk pembuatan hijab di samping ada juga yang memanfaatkannya untuk dijadikan pembuatan pakaian. Kain ini sangat cocok digunakan di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia karena sifatnya yang ringan, menyerap keringat, serta dingin saat dikenakan.

Selain itu, kain yang satu ini juga mudah menyerap warna sehingga banyak sekali pilihan motif dan warna yang tersedia di pasaran. Kain voal juga tidak terawang saat di lipat dikarenakan sifatnya yang semi transparan. Tak aneh jika banyak perempuan yang suka dengan pakaian atau hijab berbahan dasar kain ini dikarenakan tidak licin dan kaku sehingga nyaman saat dikenakan.

Mengenal Jenis-jenis Bahan Voal yang Tersedia di Pasaran

Nah bagi siapa saja yang akan mencari kain ini untuk berbagai kebutuhan, penting untuk mengetahui informasi ini. Setidaknya ada lima jenis kain ini yang di jual di pasaran, masing-masingnya memiliki karakteristik tersendiri dan penggunaannya berbeda-beda. Nah supaya tidak semakin penasaran langsung saja simak jenis-jenis kainnya di bawah ini.

1. Voal Basic

Jenis kain pertama yaitu voal basic. Kain yang satu ini harganya paling murah di pasaran. Dikarenakan hal tersebut, voal basic juga kualitasnya paling rendah dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya. Kain ini terbuat dari cukup banyak bahan polyester sehingga tekstur nya lebih kaku.

2. Voal Premium

Dibandingkan dengan boal basic, voal premium memiliki tekstur yang lebih halus. Hal ini dikarenakan kain yang satu ini memiliki campuran katun yang lebih banyak. Jika dilihat dari ketebalan nya, voal premium ini tergolong lebih tipis namun mudah menyerap keringat.

3. Voal Superfine

Voal Superfine merupakan jenis kain voal yang kualitasnya lebih tinggi daripada voal basic dan voal premium. Kain ini juga lebih tebal dan terlihat tidak begitu transparan. Jenis voal superfine ini lebih tebal dan halus sehingga sangat nyaman saat digunakan. Jenis kain ini bisa dikatakan voal dengan kualitas pertengahan dibandingkan yang lainnya.

4. Voal Silk Premium

Jenis voal yang satu ini hampir sama dengan voal superfine. Hanya saja yang membedakan antara keduanya adalah voal silk premium memiliki kandungan silk sehingga permukaannya lebih bersinar dan tampak terkesan lebih mewah.

5. Voal Ultrafine

Jenis yang terakhir adalah voal ultrafine. Kain ini merupakan jenis kain yang kualitasnya paling baik dibandingkan keempat jenis yang lainnya. Voal ultrafine lebih halus dan menyerap lebih baik keringat dibandingkan yang lainnya  dikarenakan kadar katun nya yang tinggi.

Lihat juga: bahan kain baloteli

Kelebihan Kain Voal

Ada beberapa kelebihan yang menjadikan kain ini banyak dicari dan dibutuhkan. Kelebihan-kelebihan ini tentunya tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya yang ada di pasaran. Nah berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jenis kain yang satu ini.

  • Tidak membuat gerah dikarenakan kain ini memiliki sirkulasi udara yang baik
  • Terasa sangat adem saat dikenakan untuk aktivitas sehari-hari
  • Teksturnya tidak licin dan tidak kaku sehingga mudah dibentuk
  • Bahannya tidak mudah lecek
  • Memiliki motif dan variasi warna yang sangat beragam
  • Memiliki kesan elegan karena sifat kainnya yang jatuh
  • Harga yang ditawarkan kain ini cukup terjangkau

Cara Merawat Pakaian atau Jilbab Berbahan Kain Voal

Selanjutnya akan dibahas mengenai beberapa tips bagaimana cara merawat pakaian atau jilbab yang terbuat dari kain ini. Ada beberapa perawatan khusus yang harus diberikan agar kain yang satu ini bisa awet dan bertahan lama. Apa saja itu?

  • Pisahkan pakaian atau jilbab yang berbahan voal dari pakaian lainnya agar warna dari pakaian lain tidak mempengaruhi kualitas kain ini
  • Disarankan untuk tidak mencucinya menggunakan mesin, cukup di kucek sebentar saja menggunakan tangan
  • Boleh menggunakan deterjen cair ataupun bubuk
  • Sebisa mungkin hindari penggunaan pelembut pakaian
  • Hindari shu yang terlalu panas saat akan menyetrikanya

Nah itulah informasi seputar kain voal yang tentu saja akan sangat bermanfaat. Setelah membaca ini diharapkan wawasan tentang dunia kain bisa semakin bertambah dan tidak kebingungan lagi jika suatu saat membutuhkan kain yang satu ini untuk kebutuhan fashion ataupun yang lainnya.