Bahan Kemeja yang Paling Banyak Digunakan dan Tips Memilihnya

Jenis pakaian yang satu ini seringkali digunakan untuk oleh wanita dan pria pada berbagai kesempatan formal. Oleh sebab itu, bahan kemeja yang digunakannya pun harus mendukung aktivitas tersebut. Contohnya harus tetap rapi dan tidak mudah kusut.

Walaupun untuk penggunaan bahan kemeja ini berbeda untuk kemeja yang dikhususkan untuk pria dan juga kemeja yang dikhususkan untuk wanita. Terlebih pada model yang digunakannya. Khususnya, kemeja yang digunakan untuk bekerja di kantor.

Memilih kemeja untuk pria dan wanita, tidak hanya berdasarkan kepada jenis bahan yang digunakan. Lebih daripada itu, pada model yang digunakannya. Terutama bila digunakan untuk bekerja di kantor atau juga untuk berbagai acara formal lainnya.

Bahan Kemeja

Definisi Kemeja

Sebelum mengenali lebih lengkap mengenai bahan kemeja terbaik, lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai definisi kemeja itu sendiri. Dengan demikian, bisa menjadi paham dan tahu memilih bahan yang terbaik untuk penggunaan kemeja tersebut.

Kemeja merupakan jenis pakaian formal dengan bentuk simetri, secara umumnya menggunakan kerah untuk membuatnya lebih berkesan formal. Jenis pakaian yang satu ini banyak digunakan oleh pria dan wanita, namun terdapat perbedaan yang menonjol dari modelnya.

Walaupun terkadang menggunakan bahan untuk kemeja yang sama untuk pria dan wanita, namun untuk membuat model pakaian kemeja pada pria dan wanita seringkali menggunakan bahan yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan, beberapa bahan tertentu tidak mendukung model kemeja wanita.

Macam-macam Bahan untuk Kemeja

Kemeja termasuk jenis pakaian yang fleksibel dalam penggunaan bahannya. Tak ada ketentuan paten mengenai bahan apa yang harus digunakan. Berikut ini beberapa bahan untuk kemeja terbaik untuk pria dan wanita, yaitu:

1. Katun

Bahan katun merupakan primadona untuk semua jenis pakaian, tanpa terkecuali untuk bahan kemeja. Penggunaan bahan ini sangat nyaman, baik untuk kemeja wanita dan pria. Hal tersebut dikarenakan keunggulan bahan katun yang menggunakan 100% kapas murni.

Kemeja dengan bahan katun lebih bersifat awet dan tahan lama. Oleh sebab itu, jenis bahan tersebut seringkali digunakan untuk kemeja yang dikhususkan untuk kemeja pada kegiatan formal. Dengan beberapa kelebihannya, kemeja dengan bahan tersebut sangat nyaman digunakan bahkan dalam kondisi cuaca panas sekalipun.

BACA JUGA:  Mengenal Lebih Jauh Tentang Jenis Kain Cotton Combed

2. Denim

Semua orang menyukai jenis pakaian dengan gaya denim. Hal tersebut menjadikan bahan denim digunakan untuk bahan untuk  kemeja wanita dan pria untuk kesan casual dan sporty. Bahan denim merupakan pasangan dari celana jeans, yang memiliki tekstur seperti celana jeans.

Kemeja yang menggunakan bahan denim dapat membuat penggunanya lebih maskulin dan santai untuk pria, sementara untuk wanita dapat memberikan kesan santai dan dinamis, tanpa mengesampingkan tampilan sisi feminim pada pengguna wanita tersebut.

3. Drill

Penggunaan bahan drill untuk bahan kemeja, seringkali digunakan oleh jasa konveksi untuk bahan pembuatan baju PDL, seragam tentara, atau seragam ekstrakurikuler di sekolah yang mengharuskan penggunaan bahan yang kuat untuk digunakan di kegiatan outdoor.  Keunggulan kemeja menggunakan bahan drill ini lebih kuat dan tidak mudah sobek.

Kemeja dengan bahan ini lebih cocok bila digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang mengarungi alam bebas. Walaupun untuk kegiatan menjelajahi alam bebas, namun kemeja tersebut tidak panas, kaku dan kasar. Bahkan lembut ketika disentuhnya. Jenis drill ini terdapat 3 macam, yaitu drill halus, sedang, dan kasar.

4. Chambray

Bahan kain ini merupakan sejenis denim yang memiliki tekstur lebih halus. Chambray seringkali dibuat untuk bahan untuk kemeja yang Sporty, dan tidak terlalu formal. Penggunaan bahan ini seringkali digunakan bagi mereka yang ingin menggunakan kemeja bahan denim, namun tidak kaku dan kasar.

Chambray seringkali dipilih untuk membuat tampilan baju kemeja yang sporty, baik untuk pria dan wanita. Namun, bahan ini memiliki tekstur yang lebih halus. Bahkan bahan ini, merupakan jenis turunan dari bahan denim. Bahkan beberapa orang merasa kebingungan untuk membedakan antara chambray dan denim.

5. Silk

Walaupun penggunaan bahan ini seringkali digunakan untuk kemeja wanita. Namun, tidak ada salahnya pria pun menggunakan bahan yang sama untuk kemeja yang nyaman dan sejuk di kulit. Memang lebih mahal, namun manfaat yang didapatkan dengan menggunakan bahan ini sebanding dengan harganya.

Silk merupakan sutra murni yang tentunya memiliki serat yang sangat halus. Sebagaimana kain sutera pada umumnya, jenis kain ini seringkali sangat halus, namun memberikan kesan sejuk. Oleh sebab itu, penggunaan bahan ini sangat cocok bila digunakan untuk daerah yang beriklim panas.

6. Flanel

Kemeja dengan bahan flanel identik dengan kemeja bermotif kotak-kotak. Walaupun sedikit berbulu, namun kemeja dengan bahan ini cukup efektif untuk digunakan pada iklim yang bersuhu dingin. Oleh sebab itu, kemeja dengan bahan ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat Eropa atau mereka yang tinggal di pegunungan.

Dahulu, kemeja kain flanel digunakan oleh seseorang yang bekerja di ladang karena sifat kainnya yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Kini, seiring dengan perkembangan fashion,  banyak yang menggunakannya untuk menunjang penampilan menjadi lebih modis. Terlebih saat ini, beragam motif kain flanel pun sudah tersedia.

BACA JUGA:  Kain Satin: Karakteristik, Jenis, Perbedaan Dengan Kain Sateen, Pemanfaatan

7. Chiffon

Bahan ini seringkali dipilih untuk bahan kemeja yang lebih tipis. Kemeja dengan menggunakan bahan ini banyak digunakan untuk membuat kemeja pria dan wanita, baik untuk acara santai maupun formal. Walaupun tipis, namun bahan ini pun cenderung panas. Dengan demikian, tidak masalah bila ingin menggunakannya ketika hawa dingin.

Kain Chiffon itu sendiri dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu silk Chiffon, poly Chiffon dan blend Chiffon. Walaupun banyak para wanita yang menggunakannya, namun karena teksturnya tersebut akhirnya banyak juga pria yang menggunakan kemeja dengan bahan ini.

8. Wolfis

Kemeja yang menggunakan bahan ini mendapatkan manfaat dari kombinasi bahan katun dan sutra, yaitu halus, lembut, dan tidak membuat gerah. Kandungan bahan ini 100 % Polyester. Dengan demikian, bahan ini memiliki harga yang cukup terjangkau dengan beberapa kelebihannya.

Wolfis dipilih untuk dibuat kemeja karena terbuat dari 100% Polyester yang membuatnya memiliki harga yang terjangkau. Disamping murah, kain ini juga tidak menerawang dan lebih halus bahkan tidak mudah kusut. Oleh sebab itu, memilih bahan ini untuk pembuatan kemeja sangat disarankan.

9. Rayon

Salah satu bahan kemeja terbaik lainnya yaitu bahan Rayon. Bahan ini memiliki serat hidrogen, karbon, dan juga oksigen. Oleh sebab itu, bahan ini memiliki tekstur yang kuat namun sejuk di kulit. Bahan ini juga seringkali disebut sebagai sutra buatan, karena teksturnya yang halus.

Kemeja yang menggunakan bahan Rayon, memiliki beberapa kelebihan yang lebih unggul. Hal tersebut dikarenakan teksturnya yang halus sehingga memungkinkan untuk membuat kemeja tidak mudah kusut. Sebagaimana kriteria bahan untuk membuat kemeja pada umumnya yang mengharuskan menggunakan bahan yang tidak mudah kusut.

10. Satin Jepang

Bahan kemeja untuk jenis kemeja yang memiliki tekstur mengkilap, yaitu Satin Jepang jawabannya. Kemeja berbahan satin Jepang ini bisa digunakan untuk membuat kemeja pria dan wanita. Penggunaan bahan ini lebih sejuk di kulit, walaupun sepintas tampak mengkilat dan panas.

Penggunaan Satin Jepang untuk kemeja sangat cocok bila digunakan untuk model jenis kemeja wanita. Perbedaan satin Jepang dengan Satin biasa terletak pada teksturnya yang lebih halus. Dengan demikian, kemeja yang menggunakan bahan ini akan tampak lebih elegan dan mewah.

Kriteria Bahan Kemeja yang Berkualitas

Memilih bahan untuk kemeja yang berkualitas saat ini sangatlah mudah, mengingat ada banyak jenis bahan untuk kemeja di pasaran yang bisa dijadikan pilihan. Namun pastinya untuk bahan kemeja yang berkualitas haruslah terbuat dari bahan yang tidak mudah kusut dan nyaman digunakan.

Kenyamanan merupakan hal yang utama untuk memilih bahan yang tepat untuk kemeja. Terlebih, jika kemeja tersebut digunakan untuk bekerja atau aktivitas padat lainnya. Tentunya haruslah memiliki tekstur yang lebih mudah menyerap keringat.

Khususnya untuk penggunaan bahan untuk kemeja, memilih yang tidak mudah kusut sangatlah penting. Kemeja yang tidak mudah kusut, akan membuat penampilan lebih elegan sepanjang hari. Oleh sebab itu, salah satu kriteria wajib untuk memilih bahan kemeja ini haruslah tidak mudah kusut.

BACA JUGA:  Kain Mori yang Ternyata Tidak Hanya Digunakan Untuk Kain Kafan

Tips Memilih Bahan Kemeja yang Berkualitas

Terkadang diantara kita merasa kebingungan untuk memilih bahan kemeja yang berkualitas. Oleh sebab itu, banyak diantaranya yang menggunakan tolak ukur harga yang mahal untuk memilihnya. Padahal, harga yang mahal belum tentu berkualitas. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

1. Pilihlah Bahan yang Sesuai dengan Penggunaan Kemeja

Pembuatan kemeja tentunya akan berbeda-beda tergantung pada kebutuhan masing-masing pengguna kemeja tersebut. Baik untuk kepentingan industri, maupun untuk kepentingan pribadi. Ada kemeja yang diperuntukkan untuk seragam, kegiatan outdoor. Pastikan untuk memilih bahan yang tepat dan sesuai dengan penggunaan kemeja tersebut agar mendapatkan bahan yang berkualitas.

2. Pilihlah Bahan yang Tidak Mudah Kusut

Memilih kemeja dengan bahan yang berkualitas sebaiknya untuk memilih bahan yang tidak mudah kusut. Terutama, jika penggunaan kemeja tersebut untuk digunakan pada acara formal. Tentunya harus memilih bahan yang tidak mudah kusut, agar dapat menunjang kegiatan sehari-hari tersebut.

3. Pilihlah Bahan yang sesuai dengan Iklim Cuaca

Bahan kemeja yang berkualitas haruslah nyaman ketika digunakan, tidak panas. Oleh sebab itu, tips yang penting ini berguna untuk memilih bahan untuk kemeja yang berkualitas dengan mempertimbangkan faktor cuaca. Dalam artian, cuaca yang panas membutuhkan bahan yang sejuk. Begitu pula sebaliknya.

4. Kenali Macam-macam Bahan untuk Kemeja

Sebelum memilih untuk membuat kemeja, sebaiknya untuk mengenali berbagai jenis macam-macam bahan untuk membuat kemeja tersebut. Dengan mengenali jenis-jenisnya, bisa dipastikan dapat memilih bahan yang berkualitas untuk kemeja, yang dapat disesuaikan dengan peruntukan kemeja tersebut.

5. Pilihlah Bahan untuk Kemeja yang Awet dan Tidak Mudah Rusak

Tips ini masih ada kaitannya dengan pengenalan berbagai jenis bahan untuk kemeja. Dengan mengenalinya, bisa dipastikan dapat mengetahui detail bahan yang awet dan berkualitas untuk jenis kemeja tersebut. Oleh sebab itu, pilihlah jenis baju yang memiliki tekstur yang tahan lama dan tidak mudah rusak.

Memilih bahan untuk kemeja yang tepat, tentunya harus memahami terlebih dahulu jenis kemeja yang akan digunakan. Mengetahui hal tersebut, sangatlah penting guna mendapatkan bahan yang sesuai dengan standar bahan untuk kemeja.

Khususnya untuk para pelaku industri pembuatan kemeja. Memilih bahan kemeja harus berdasarkan pada harga dan kualitas kemeja tersebut. Dengan demikian, dapat menghasilkan kemeja yang berkualitas tapi juga harga modal yang rendah, sehingga keuntungan akan mudah didapatkan.

error: Content is protected !!