Serba-Serbi Bahan Jersey yang Nyaman untuk Berbagai Kebutuhan Fashion

Dalam dunia fashion, pemilihan jenis kain dapat mempengaruhi kenyamanan pemakainya. Bahan jersey menjadi salah satu material yang populer digunakan untuk pakaian olahraga maupun busana muslim, seperti gamis, kerudung, hijab, dan lain sebagainya.

Tekstur kain yang elastis membuat banyak diminati, karena mudah direnggangkan dan lembut. Sehingga sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Selain itu, kain ini juga memiliki banyak pilihan warna yang beragam. Kualitasnya pun sangat bervariasi, sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan konsumen. Semakin bagus kualitas kain, tentunya semakin mahal pula harganya.

Jadi, pastikan untuk memilih kain yang tepat sebelum membeli. Tertarik untuk membeli kain jersey? Berikut ini beberapa informasi lengkap mengenai material jersey yang perlu diketahui.

bahan jersey premium

Mengenal Kain Jersey

Sesuai dengan namanya, kain ini sebenarnya berasal dari Pulau Jersey yang terletak di antara Perancis dan Inggris. Meski awalnya terbuat dari wol, kini bahan jersey merupakan salah satu jenis kain rajut yang terbuat dari kombinasi serat katun dan sintetis. Jenis kain ini sangat digemari masyarakat karena sifatnya yang elastis atau mudah merenggang (cotton stretch).

Kain jersey juga dikenal dengan tekstur permukaannya yang lebih halus, tidak berbulu, dan tebal dibanding jenis bahan lainnya. Selain itu, sifat jatuh pada kain membuat tampilannya menjadi lebih elegan serta dapat mengikuti lekuk atau bentuk tubuh penggunanya.

Jadi, jika ingin memakai pakaian berbahan jersey sebaiknya memilih ukuran yang lebih besar dan tebal untuk menghindari kesan ketat ketika memakainya.

Tidak hanya itu, bahan ini juga memiliki beberapa jenis dengan berbagai varian warna dan motif. Material yang digunakan pun berbeda-beda sehingga dapat menentukan kualitas dan harga dari kain tersebut.

bahan kain jersey

Karakteristik Kain Jersey

Setiap jenis kain mempunyai karakteristik dan ciri khas tersendiri yang tidak ditemukan pada material lainnya. Bahan ini cukup populer karena sifatnya yang fleksibel dan elastis, sehingga bisa dengan mudah direnggangkan. Selain itu, kain ini juga tidak mudah kusut dan tetap terlihat rapi meskipun tidak disetrika.

Tekstur kain yang lembut dan halus membuatnya sangat nyaman dan terasa dingin ketika dikenakan. Bahannya yang jatuh juga dapat mengikuti lekuk tubuh serta tidak ketat.

Tingkat ketebalan kain pun sangat beragam dari yang tebal hingga tipis. Biasanya bahan jersey tebal digunakan untuk membuat gamis, sedangkan yang tipis dijadikan kerudung. Warna yang tersedia cukup bervariasi, mulai dari yang gelap, terang, hingga soft atau lembut.

Jenis-Jenis Bahan Jersey

Bahan jersey menjadi salah satu jenis kain yang banyak diminati oleh masyarakat. Kain juga memiliki karakteristik yang unik dan nyaman digunakan.

Terdapat beberapa jenis kain jersey yang beredar di pasar dengan kualitas dan harga yang bervariasi, sebagai berikut.

1. Drifit

bahan jersey dry fit

Jersey drifit terbuat dari material serat nilon, polyester, dengan campuran katun (cotton). Kain ini memiliki keunggulan yaitu sifatnya yang adem dan ringan, serta nyaman saat dikenakan. Bahan jersey sering digunakan untuk pembuatan jersey olahraga, seperti bulu tangkis, tenis, dan sepakbola.

Pilihan warna yang ditawarkan juga beragam, mulai dari hitam, biru tua, coklat, abu tua, hingga berwarna terang.

Terdapat dua jenis kain drifit yang dapat ditemukan di pasaran, yaitu lokal dan grade ori atau non-original. Namun, kain grade ori banyak diminati karena memiliki karakteristik yang sedikit mengkilap, elastis, halus serta terasa dingin saat dikenakan.

Sementara itu, pada kain drifit lokal mempunyai tekstur dengan lubang pori-pori pada permukaannya yang berfungsi untuk sirkulasi udara, sehingga keringat dapat menguap dengan cepat.

2. Spandek Jersey atau ITY

bahan jersey spandek

Populer dengan sebutan spandek jersey korea, bahan kain satu ini memiliki karakteristik yang keset dan halus pada serat permukaan kain. Warna kain tersedia pun lebih soft atau kalem serta tidak mengkilap.

Selain itu, bahan jersey ini sangat nyaman, lembut, serta sejuk dipakai. Bobot kain ini umumnya sekitar 280 gsm, tidak heran jika kualitas dari spandek ITY ini sangat baik.

3. High Twist

sumber: shopee

Bahan jersey jenis high twist ini dikenal dengan warnanya yang beragam. Pilihan warna yang tersedia bahkan mencapai puluhan dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, rajutan dari kain ini tampak rapi serta tampilannya mengkilap berkat serat sintetis polyester pada proses pembuatannya.

Campuran bahan polyester pada kain membuatnya sedikit panas saat dikenakan. Kain jersey ini terdiri dari dua jenis yaitu kaos dan tenun. Bahan tenun biasanya digunakan untuk pembuatan jas atau blazer, sedangkan untuk kaos digunakan sebagai gamis dan kerudung karena bersifat melar.

4. Jersey Stella

bahan jersey stella

Termasuk dalam jenis kain super dengan kualitas yang hampir serupa dengan spandek ITY, jersey stella menempati satu grade dibawahnya. Bahan jersey ini memiliki tekstur yang lembut dan sedikit licin ketika disentuh , serta tidak mengkilap.

Kain jersey ini mempunyai lebar sekitar 1,75 m dengan berat 210 gsm sampai 220 gsm yang bisa dijumpai di pasaran. Tidak mengherankan jika harga dari kain berkualitas tinggi ini lebih mahal dibanding bahan lainnya.

5. Serena

bahan jersey serena

Nama jersey serena ini memang cukup populer di kalangan pecinta Adidas dan Nike. Hal ini dikarenakan tekstur kainnya yang lembut dan cukup padat dengan kualitas hampir setara dengan kedua produk tersebut. Salah satu karakteristik dari kain serena yaitu tingkat elastisitas dan kerenggangan yang tinggi.

Selain itu, bahannya pun mudah kering dan dapat menyerap keringat dengan baik. Jersey serena juga sangat lembut dan sejuk ketika dikenakan, sehingga banyak disukai untuk dijadikan untuk pembuatan kaos olahraga.

6. Etiway

bahan jersey etiway

Jersey etiway memiliki ukuran lebar sekitar 180 cm dengan bobot mencapai 210 gsm, dan masih termasuk dalam jenis kain high twist.

Dibandingkan jenis lain, serat rajutan yang kurang rapi menjadi karakteristik utama kain ini. Bahannya pun cukup sejuk dan jatuh saat dikenakan, serta sedikit mengkilap.

7. Crepe

sumber: shopee

Dikenal pula sebagai spandek crepe, bahan ini cukup unik karena memiliki tekstur seperti jeruk. Tekstur yang unik inilah membuat jenis kain ini begitu digemari konsumen. Kain ini memiliki panjang sekitar 2,5 sampai 2,8 meter per satu kilogram, namun tergantung pada bobot dan ketebalan bahan.

8. Paragon

bahan jersey paragon

Berbeda dengan jersey kebanyakan, karakteristik paragon ini tidak melar dan lebih hangat. Bahan ini juga tidak membuat lekuk tubuh pemakainya terlihat jelas. Harganya pun lebih murah dan sangat ekonomis. Selain itu, jenis kain ini sering digunakan untuk pembuatan seragam basket.

9. Rayon

bahan jersey rayon

Jenis kain jersey atau spandek rayon ini cukup populer di kalangan produsen gamis. Tekstur bahan yang lembut dan dapat menyerap keringat dengan baik membuatnya sering digunakan sebagai material utama pembuatan gamis. Tentunya membuat pemakai merasa sangat nyaman.

10. Scarlet dan Sherly

Tidak hanya itu saja, ada pula Jersey scarlet yang biasa digunakan untuk pembuatan gamis. Bahan ini juga termasuk yang paling murah, harga tersebut juga mempengaruhi kualitas sehingga lebih rendah dibanding jenis lainnya.

Kedua jenis kain ini memiliki permukaan yang lebih kasar dengan serat kain yang cenderung tidak rapi dan renggang. Pilihan warnanya juga sedikit kusam dan tidak terlalu terang.

Kelebihan Kain Jersey

Sebelum membeli kain yang pas untuk kebutuhan, biasanya seseorang cenderung memilih bahan dengan kualitas tinggi, serta harganya yang sesuai budget. Inilah beberapa kelebihan dari bahan jersey yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih.

1. Tingkat Ketebalan Bervariasi

warna kain jersey

Di pasaran, tingkat ketebalan kain jersey ini cukup bervariasi, mulai dari yang tebal hingga tipis. Biasanya jenis kain yang tipis memiliki berat kurang lebih sekitar 160 gsm. Bagi yang ingin membuat baju dengan bahan ini, sebaiknya memilih kain yang cukup tebal untuk menghindari lekuk tubuh yang terlalu berlebihan.

2. Pilihan Warna Beragam

Selain tingkat ketebalan, kain jersey juga mempunyai variasi warna yang beragam, mulai dari yang gelap, cerah, hingga soft atau kalem. Banyaknya pilihan warna ini membuat kain jersey semakin diminati konsumen, terutama dalam pembuatan pakaian muslim atau gamis.

2. Elastis dan Tidak Mudah Kusut

kualitas bahan jersey

Sifatnya yang elastis dan jatuh membuat kain jersey sangat nyaman ketika dikenakan. Bahan yang melar membuat pakaian tidak melekat pada tubuh, sehingga tidak terlihat menggelembung.

Bagi yang malas menyetrika pakaian, kain jersey bisa menjadi pilihan yang tepat. Kain mempunyai sifat yang tidak mudah kusut, sehingga dapat langsung dikenakan meski tanpa disetrika.

4. Cepat Kering dan Mampu Menyerap Keringat

Kain jersey terbuat dari bahan campuran katun dan polyester. Kedua bahan tersebut memiliki sifat yang dapat menyerap keringat dengan baik. Oleh karena itu, bahan ini sering digunakan untuk pembuatan pakaian olahraga.

Tidak hanya itu, jersey terbuat dari bahan yang sangat mudah kering. Mencuci pakaian dari bahan ini juga menjadi lebih hemat waktu dan energi. Selain itu, pengguna tidak perlu khawatir ketika dicuci pada musim hujan.

5. Tahan Lama

Pakaian berbahan jersey ini bisa terbilang cukup tahan lama, terutama pada warna. Pakaian dari bahan ini tidak mudah pudar dan akan terlihat baru meski sudah dilakukan dalam waktu yang lama. Perawatan kain yang benar juga sangat mempengaruhi kualitas warna.

Cara Merawat Bahan Jersey

Supaya kain tetap awet, merawat bahan jersey tidak boleh sembarangan. Pencucian manual dengan tangan sangat disarankan untuk mencegah benang keluar dan kerusakan pada serat kain. Cukup kucek kain secara perlahan jika kondisinya tidak terlalu kotor. Pastikan untuk menggunakan deterjen cair ketika mencuci agar serat kain tetap halus dan tidak kaku.

Ketika akan menjemur pakaian, usahakan jangan terlalu keras saat meremas untuk mengeluarkan air dan hindari penggunaan pengering. Hal tersebut untuk mencegah kerusakan dan melar. Sebaiknya jemur pakaian di bawah atap, jangan langsung dibawah sinar matahari.

Kain jersey memang tidak mudah kusut, namun jika ingin disetrika sebaiknya atur suhu pada level sedang atau medium. Suhu yang terlalu panas dapat menimbulkan kerusakan pada serat kain dan membuatnya terlihat mengkilap.

Perawatan jersey perlu dilakukan dengan tepat supaya tahan lama hingga bertahun-tahun. Selain itu, warna kain juga tetap bagus dan tidak luntur.

Itulah ulasan lengkap mengenai bahan jersey dan informasi penting lainnya. Kain ini memang cukup populer dengan jenisnya yang beragam serta warnanya yang lebih bervariasi. Setiap bahan pun mempunyai karakteristik yang berbeda dan mungkin dapat dijadikan pertimbangan ketika membeli. Jadi, pastikan untuk membeli kain sesuai dengan kebutuhan serta nyaman saat dikenakan.