Pengertian, Jenis, Macam-macam dan Manfaat Olahraga

Setiap orang rasanya sudah tidak asing dengan hal bernama “Olahraga”. Macam-macam olahraga ada banyak jenisnya dan kegiatan ini bagi sebagian orang telah menjadi rutinitas penting. Namun, tidak sedikit pula yang tidak senang melakukannya, padahal manfaatnya begitu berlimpah.

olahraga

Berbagai Pengertian Olahraga Menurut Ahlinya

Bagi sebagian orang, olahraga bisa saja menjadi hobi. Ada berbagai jenisnya, mulai dari yang tidak melibatkan alat bantu seperti sprint hingga dengan peralatan tambahan seperti basket atau badminton. Namun, jika berbicara mengenai definisi, sudahkah Anda tahu pengertian olahraga? Berikut beberapa pendapat ahli:

  1. Suryanto Rukmono, S, Si.

Menurut Suryanto Rukmono, S, Si. Olahraga dimaknai sebagai kegiatan yang bertujuan melatih tubuh manusia guna menjadi terlihat sehat serta kuat. Dalam hal ini tidak hanya kesehatan jasmani, tetapi juga rohani masing-masing.

Sebagai tambahan dari definisi olahraga, jika dilakukan secara teratur serta dengan perencanaan yang baik, maka kegiatan ini dapat menjadi salah satu objek paling baik dalam proses pembentukan badan seseorang.

sport.exeter.ac.uk
  1. Wikipedia

Sebagai salah satu laman yang memuat berbagai informasi, Wikipedia juga menjabarkan definisi dari olahraga. Dari situs ini didapatkan maknanya adalah kegiatan untuk mmberikan pelatihan pada tubuh dalam konteks rohani maupun jasmani.

Salah satu tujuan yang dapat mendefinisikan olahraga itu sendiri adalah untuk terlihat segar dan bugar saat beraktivitas dalam keseharian. Selain itu, kegiatan ini bisa dijadikan cara melatih kejiwaan juga. Wah, siapa pun ingin merasakannya, kan?

chicago.suntimes.com
  1. Cholik Mutoir

Definisi olahraga ada berbagai macam dari banyak sumber, tetapi intinya tetap sama. Menurut pengertian dari Cholik Mutoir, kegiatan ini merupakan proses sistematik. Proses ini terdiri dari aktivitas-aktivitas untuk membantu perkembangan guna membina potensi rohani dan jasmani seseorang.

Selain untuk tujuan kebugaran, olahraga juga dimaknai mempunyai ideologi secara utuh serta memiliki kualitas baik. Hal tersebut berguna bagi proses pengembangan prestasi yang dituangkan ke dalam pertandingan atau permainan berdasarkan pancasila.

  1. Dewan Olahraga Eropa

Dewan Olahraga Eropa tentu pula menjabarkan definisi olahraga menurutnya, yaitu sebagai kegiatan spontan yang dikerjakan secara bebas. Aktivitas ini dilakukan pada waktu luang untuk menggerakkan tubuh. Tujuannya pun sama, mencari kesehatan rohani dan jasmani.

Dengan melakukan olahraga, diharapkan tubuh menjadi terasa lebih segar, ringan, dan bugar. Selain itu suplay oksigen menuju otak menajadi lebih lancar tanpa hambatan. Definisi dari Dewan Olahraga Eropa ini dapat dikatakan sejalan dengan pendapat lainnya.

seattleymca.org
  1. Edward

Satu lagi pengertian dari kata olahraga. Menurut Edward, kegiatan ini dapat dimaknai sebagai suatu aktivitas yang dilakukan secara spontan dan sesuai dengan konsep penerapan. Ada banyak cara dalam pelaksanaannya, seperti melalui games, bermain, maupun sport.

  1. Hans Tandra

Definisi olahraga menurut Hans Tandra adalah gerakan tubuh dengan teratur yang berirama. Tujuan melakukannya adalah untuk perbaikan dalam kebugaran tubuh. Selain itu, diharapkan juga agar terjadi perbaikan sistem imun sehingga tetap sehat.

  1. Jesika Doland

Jesika Doland juga memberikan perspektifnya mengenai pengertian olahraga. Definisi darinya cukup unik yaitu media atau sarana dalam meredakan stress yang dianggap paling baik di dunia. Selain itu, kegiatann ini juga dapat mengalihkan pikiran seseorang dari kekhawatiran. Serta agar otot tidak tegang.

  1. Seno Gumira Aji Darma

Seno Gumira Aji Darma mendefinisikan olahraga dari segi kompetisi, yaitu sebagai sarana atau media kompetisi agar menjadikan seseorang tersebut juara dan mendapat peringkat pertama. Tentu juga selain itu, kegiatan ini akan menyehatkan tubuh serta menemukan oang-orang berbakat di setiap cabang.

  1. Kathryn Marsden

Ada lagi definisi dari olahraga dari pendapat lain, yaitu menurut Kathryn Marsden. Makna pengertian kegiatan fisik yang satu ini adalah salah satu media ataupun cara dalam meredakan stress. Aktivitas ini sangat mudah dikerjakan oleh siapa saja tanpa adanya pengeluaran biaya menguras kantong.

jenis olahraga


Jenis-jenis Olahraga yang Sangat Populer

Bagi Anda yang ingin mulai berolahraga, jangan risau karena ada banyak sekali jenis dan bentuk dari kegiatan menyehatkan ini. Jadi, jika merasa bosan dengan jenis satu, maka dapat mencobah pilihan lainnya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Futsal

Sepertinya olahraga jenis yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Sekilas, dapat dikatakan bahwa futsal tampak mirip dengan sepakbola. Namun, terdapat banyak perbedaan mendasar mulai dari jumlah pemain, ukuran dan jenis lapangan, ukuran bola, aturan permainan, dan banyak lagi.

olahraga futsal

Pada pertandingan futsal, ada 2 grup yang bertanding. Masing-masing kelompok terdiri atas lima orang. Ukuran lapangannya cenderung lebih kecil, umumnya 25×15 m. Durasi permainan adalah 2×20 menit. Namun, tujuan permainan ini sama dengan sepak bola, yaitu mencetak gol sebanyak-banyaknya.

  1. Sepak bola

Nah, rasanya hampir semua orang kenal atau paling minimal adalah tahu mengenai olahraga dengan bola ini. Setiap lima tahun sekali, pertandingan sepak bola diadakan secara rutin dan diramaikan oleh banyak sekali penggemarnya. Mereka memberi dukungan untuk klub-klub favoritnya yang bertanding.

olahraga sepak bola

Sepak bola dimainkan oleh dua tim yang masing masing beranggotakan sebelas pemain (oleh karena itu sering disebut kesebelasan) dengan mengenakan seragam jersey. Satu di antaranya memegang posisi sebagai penjaga gawang. Setiap grup berusaha mencetak skor (gol) sebanyak mungkin. Pencetak angka terbanyak akan menjadi pemenang.

  1. E-sport

E-sport atau olahraga elektronik ini dapat dikatakan sebagai jenis paling berbeda. Jika biasanya aktivitas dilakukan dengan berbagai gerakan aktif, di cabang ini pemain tidak dituntut untuk terlalu banyak berkeringat. Pertandingan diadakan di depan komputer dengan memainkan sebuah game.

olahraga esport

Walaupun belum hadir dari zaman dahulu, e-sport ini cukup populer akhir-akhir ini terutama di kalangan remaja. Banyak pemain profesional bermunculan dan dijadikan sebagai contoh kesuksesan. Untuk menjadi seorang ahli, pemain memerlukan kemampuan mengatur strategi, timing, dan lain-lain.

  1. Badminton

Badminton juga merupakan salah satu jenis olahraga paling terkenal di dunia. Indonesia telah berhasil mengantongi berbagai prestasi dari bermacam kompetisi yang diikuti oleh para perwakilan. Beberapa atlet andal Indonesia adalah Liliyana Natsir, Jonatan Christie, Kevin Sanjaya S., dan ada banyak lagi.

olahraga badminton
republika

Permainan badminton terdiri dari berbagai sector, yaitu tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran. Dalam permainan ini peserta menggunakan raket dan shuttlecocok di sebuah lapangan. Umumnya skor yang digunakan adala 21 dan pemenangnya memenangkan 2 set permainan.

  1. Mengendarai Sepeda

Mungkin dahulu kala, bersepeda hanyalah dilakukan untu bersantai ria atau jika sedang ingin pergi ke suatu tempat. Namun, sekarang kegiatan ini sudah menjadi olahraga dengan banyak sekali peminat. Bahkan, di beberapa kesempatan telah diadakan perlombaan dalam mengendarai sepeda.

olahraga sepeda

Jenis sepeda yang beredaran di pasaran pun berbeda-beda. Pembeli dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Dalam ranah perlombaan, terdapat berbagai macam kaegori kompetisi. Hal ini bergantung pada jarak, bentuk jalur, dan sistem. Terdengar, menarik bukan?

  1. Bola Voli

Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga dengan menggunakan bola sebagai artribut permainannya. Dalam setiap pertandingan, terdapat dua grup yang berhadapan. Setiap regu ini terdiri atas enam pemain dengan perannya masing-masing. Pemenangnya adalah pencetak skor terbanyak.

olahraga voli

Olahraga bola voli telah dikenal oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Aktivitas fisik ini mengandalkan kekuatan otot tangan dalam menerima dan mengembalikan bola. Pemain tidak diperkenankan untuk menggunakan kakinya. Dalam permainan ini digunakan net dengan ketentuan sesuai standar.

  1. Lari

Lari merupakan salah satu kegiatan yang sangat umum untuk dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, misalnya saat terburu-buru atau dikejar hewan buas. Namun, kegiatan ini sekarang telah menjadi salah satu cabang olahraga paling popular. Selain itu, banyak pula perlombaan pada bidang tersebut.

olahraga lari

Perlombaan olahraga lari terdiri dari berbagai macam, mulai dari jarak pendek, jauh, marathon, hingga estafet. Dalam kegiatan ini, pelari dituntut untuk berlomba menjadi yang tercepat. Namun, selain itu para atlet juga perlu memperhatikan startegi dan aturan pertandingan agar tidak mengalami diskualifikasi.

  1. Taekwondo

Pada awalnya mungkin banyak orang mempelajari taekwondo sekadar untuk membela atau melindungi diri sendiri atau orang lain. Namun, seiring berjalannya waktu, olahraga yang satu ini telah dijadikan kompetisi dan dilombakan di berbagai tingkat dan banyak negara di dunia. Keren sekali, bukan?

olahraga taekwondo
wtkmedia.com

Taekwondo merupakan sebuah seni bela diri berasal dari Korea. Olahraga ini terdiri dari berbagai teknik dan jurus untuk digunakan dalam mengalahkan lawan. Hal menarik dari kegiatan fisik ini adalah terdapat sabuk-sabuk dengan berabagai warna yang menggambarkan level sang atlet setelah melalui ujian.

  1. Tenis Lapangan

Tenis lapangan sepertinya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Olahraga ini menggunakan raket dan bola kecil dalam permainannya. Terdapat pula net yang memisahkan kedua pihak bersaing. Cabangnya mirip dengan badminton, yaitu tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta campuran.

olahraga tenis

Dalam bermain tenis, para pemain memerlukan stamina yang cukup besar mengingat ukuran lapangan cukup luas dan bola dapat berpindah ke mana saja. Di cabang olahraga ini juga dikenal berbagai jenis teknik bermain seperti forehand, backhand, groundstroke, spin, dropshot, passing shot, hingga lob.

  1. Senam

Siapapun tentu telah mengenal kegiatan senam. Olahraga ini hampir sudah pernah dilakukan oleh banyak orang sedari kecil. Di sekolah pun para murid seringkali diajarkan secara rutin. Tujuannya tentu untuk menyehatkan serta menjaga kebugaran tubuh.

Dalam melakukan senam biasanya terdapat gerakan-gerakan khusus untu pemanasa, inti, dan pendinginan. Olahraga ini memiliki banyak macam sesuai dengan tujuannya masing-masing, misalnya untuk menyehatkan jantung. Telah diadakan juga banyak perlombaan di cabang ini.

ymcaharrisburg.org

Manfaat Melimpah dari Olahraga

Sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan baik, olahraga dapat memberikan manfaat melimpah bagi pelakunya selain beberapa hal umum, seperti menyehatkan badan dan menjaga stamina. Berikut ini adalah beberapa penjabarannya:

  1. Menghalau Kedatangan Penyakit

Seperti yang telah disebut-sebut sebelumnya bahwa manfaat berolahraga salah satunya adalah menaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Hal ini dapat pula membawa olahragawan atau olahragawati ke tahap menghalau serangan berbagai penyakit. Tentunya jika dilakukan dengan baik dan benar.

Aktivitas fisik dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga terjadi penuruan bebagai risiko penyakit bagi tubuh. Olahraga secara rutin dan dengan cara baik serta diiringi pola hidup sehat tentu dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan, seperti hipertensi, diabetes melitus, nyeri sendi, hingga stroke.

  1. Menjaga Berat Tubuh

Seperti yang telah diketahui bahwa berolahraga dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Dengan berbagai aktivitas fisik ini kalori dapat terbakar. Hal ini tentu akan mempengaruhi jumlah lemak yang kerap kali menimbulkan masalah pada tubuh seseorang menjadi lebih rendah.

Dengan berolahraga, lemak tubuh dapat mengalami penurunan. Selain itu, berat badan juga dapat menjadi lebih terjaga. Dengan hal ini, orang yang berolahraga tidak hanya akan mendapat bentuk tubuh ideal tetapi juga manfaat kesehatan lainnya. Tentunya harus dilakukan tidak dengan durasi berlebihan.

  1. Pengalihan Stress

Siapa sangka jika berolahraga dapat menghilangkan perasaan hati yang buruk? Ya, pada dasarnya mungkin sebagian orang telah merasakan bahwa dengan melakukan aktivitas ini mood akan menjadi lebih baik. Hal ini mungkin terjadi sebagai efek tubuh terasa lebih bugar dan segar.

Di dalam tubuh manusia terdapat banyak jenis hormon yang kerjanya dipengaruhi oleh keadaan tertentu. Contoh mudahnya adalah serotonin atau sering disebut sebagai salah satu hormon pemberi pengaruh pada kebahagiaan. Nah, olahraga merupakan cara untuk menstimulasinya.

  1. Menguatkan Tulang dan Otot

Tulang dan otot yang kuat merupakan dambaan setiap orang karena pada kondisi tersebut setiap orang dapat berkativitas dengan mudah dan bebas. Hal ini berlaku bagi setiap kalangan. Anak muda maupun dewasa perlu berolahraga untuk terjaganya kondisi prima dari alat gerak aktif dan pasif ini.

Otot harus rutin diasah agar tidak mengalami gangguan. Tulang pun sama, kepadatannya perlu dijaga dan ditingkatkan agar tidak cepat terserah penyakit. Selain dengan makanan bergizi, olahraga yang cukup juga bisa menjadi kunci sehatnya kedua bagian tubuh ini.

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif adalah keterampilan seseorang berupa terjadinya proses berpikir, menalar, mengingat, hingga memecahkan masalah. Satu dari sekian banyaknya manfaat dari berolahraga adalah meningkat kemampuan dalam hal tersebut.

Olahraga yang baik dapat meningkatkan denyut jantung sehingga aliran darah menuju otak dapat terpenuhi. Selain itu, produksi hormone untu peningkatan tumbuhnya sel otak pun akan terstimulasi. Hal ini dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit penyerang fungsi kognitif.

  1. Membantu Peningkatan Energi

Salah satu manfaat penting dari kegiatan olahraga adalah terjadi peningkatan energi pada tubuh. Dengan aktivitas fisik ini, oksigen dari sistem pernapasan akan ditransportasikan ke seluruh tubuh secara merata dan proses menjadi lancar karenanya.

Oksigen bagi tubuh sangat diperlukan untuk berbagai proses penting, misalnya dalam penghasilan energi yang disebut dengan ATP. Pada beberapa tahapannya, keberadaan O2 sangat diperlukan. Oleh karena itu, olahraga penting untuk memperlancarnya.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa olahraga mampu membuat tubuh lebih fresh dan nyaman. Hal ini tentu dapat berakibat baik pada tidur seseorang. Perasaan tersebut akan menghantarkan orang yang berolahraga kepada istirahat dengan lebih nyenyak, tenang, dan berkualitas.

Nah, itu tadi beberapa hal mengenai serba-serbi terkait olahraga, mulai dari pengertian, macam atau jenis, hingga manfaatnya bagi tubuh manusia yang melakukannya. Namun, perlu untuk selalu diingat bahwa segala aktivitas fisik tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Harus sesuai dengan porsinya.

Di samping itu, pastikan pula Anda melakukannya sesuai dengan prosedur yang dianjurkan. Jangan sampai menimbulkan beberapa hal buruk seperti kesleo, terjatuh, atau bahkan bengkak.