Bahas Lengkap Tentang Kain Blacu, Mulai Dari Karakteristik Hingga Kelebihan  

 

Tidak banyak yang tahu bahwa pada awal kemunculan nya kain blacu merupakan jenis kain yang banyak digunakan untuk sebagai pembungkus tepung terigu ataupun gula. Terkesan kurang begitu menarik memang. Namun siapa sangka, kini kain yang satu ini telah bertransformasi dan sudah banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Terlebih lagi saat saat ini Pemerintah secara resmi sudah mengeluarkan peraturan penggunaan plastik di toserba-toserba yang ada. Hal ini menjadikan penggunaan kain bahan blacu ini semakin meningkat. Kenapa? Soalnya kain yang satu ini banyak digunakan untuk membuat tas totebag. Nah ingin tau lebih jauh tentang kain yang satu ini? Yuk langsung simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini.

kain blacu

Apa Itu Kain Blacu?

Blacu atau sebagian orang biasa menyebutnya dengan kain bloco merupakan salah satu jenis kain yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan. Kain yang satu ini terbuat dari kapas yang merupakan bahan alami sehingga sangat aman untuk dikenakan. Di pasaran, blacu ini biasanya dapat ditemukan dalam warna putih ataupun grey yang merupakan warna hasil dari proses blanching.

Jika di tarik mundur lagi ke belakang, sebenarnya kain blacu ini merupakan kain yang berbahan dasar kain mori. Untuk membuat kain yang satu ini, benang-benang yang sudah terbentuk selanjutnya akan digulung supaya bisa berubah menjadi pintalan. Jika kain sudah dipintal, Langkah berikutnya yaitu kain akan ditenun agar benang-benang tersebut berubah menjadi kain.

Salah satu sifat yang dimiliki oleh kain ini yaitu sangat fleksibel. Jadi tidak heran jika banyak yang mencari kain ini baik untuk dijadikan pakaian, membuat berbagai tas, kerajinan, souvenir, ataupun yang lainnya. Nah untuk mengetahui karakteristik dan ciri-cirinya secara lebih mendalam silahkan baca uraiannya di bawah ini.

Bagaimana Karakteristik Dari Kain Blacu?

Masing-masing kain tentunya memiliki karakteristik atau ciri-ciri tertentu yang khas. Nah berbeda dengan jenis kain yang lainnya, blacu juga mempunyai beberapa karakteristik unik yang tentunya penting diketahui untuk lebih mengenalnya. Supaya tidak semakin penasaran, berikut ini adalah beberapa ciri dari kain bloco ini.

BACA JUGA:  Bahan Kemeja yang Paling Banyak Digunakan dan Tips Memilihnya

1. Memiliki Warna yang Natural

Sebagaimana sudah disinggung di awal bahwa blacu atau kain bloco ini merupakan kain yang memiliki warna putih ataupun grey kekuning-kuningan. Warna semacam ini bisa dikatakan natural karena berasal dari bahan pembuatnya yakni kapas. Hal ini menjadikan kain yang satu ini mudah dikenali di pasaran. Selain itu juga karena warnanya natural maka mudah untuk diwarnai dengan warna yang lain.

2. Termasuk Kedalam Kain yang Ringan

Karakteristik selanjutnya dari kain bloco atau blacu ini yaitu bobotnya yang ringan. Hal ini dikarenakan bahan dasar atau utama pembuat dari kain yang satu ini kapas. Jadi saat digunakan untuk berbagai kebutuhan baik untuk kerajinan ataupun yang lainnya, blacu ini tidak akan tetap nyaman untuk dikreasikan bagaimanapun juga.

3. Tekstur nya Agak Sedikit Kasar

Kain blacu memang memiliki tekstur yang agak sedikit kasar jika dibandingkan dengan kain yang lainnya. Namun hal ini menjadikan kain yang satu ini terbilang cukup mudah untuk dikenali hanya dengan merabanya saja. Meskipun termasuk kain yang terbilang agak kasar, namun semakin kesini kain yang satu ini semakin popular dan banyak juga yang mencarinya.

4. Mudah Untuk Dibentuk

Karakteristik selanjutnya dari blacu ini yaitu mudah dibentuk. Jadi tidak heran jika banyak industri kerajinan ataupun souvenir yang menggunakan bahan ini untuk membuat berbagai macam kreasi nya. Hal ini dikarenakan kain ini dapat dengan mudah dikreasikan baik di tekuk ataupun dipotong yang disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Ketahanannya Cukup Kuat

Perlu diketahui bahwa semakin kesini kain bloco atau blacu juga mengalami sedikit modifikasi. Selain ada yang terbuat dari kapas murni, balcu juga ada juga yang terbuat dari campuran bahan lainnya seperti rayon. Nah karakteristik dari kain hasil campuran ini biasanya akan lebih kuat jika dibandingkan dengan blacu yang hanya terbuat dari kapas saja.

Apa Saja Kelebihan yang Dimiliki Oleh Kain Blacu?

Setelah mengetahui definisi dan beberapa karakteristik yang dimiliki oleh kain yang satu ini, maka selanjutnya mari kenali beberapa kelebihan yang dimilikinya. Mengetahui berbagai kelebihan ini tentunya akan sangat penting supaya menjadi lebih yakin jika akan membeli kain bloco ini untuk berbagai keperluan. Lalu apa saja kelebihannya? Berikut ini adalah selengkapnya.

1. Merupakan Kain yang Ramah Lingkungan

Sebagaimana diketahui bersama bahwa saat ini masalah lingkungan sudah menjadi isu yang banyak diperbincangkan secara global. Banyak aktivitas atau kegiatan manusia yang secara tidak sadar membuat rusak lingkungan itu sendiri. Salah satunya adalah penggunaan pakaian yang terbuat dari bahan kimia ataupun penggunaan plastik yang sulit terurai.

Nah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi hal tersebut yakni dengan menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan alami seperti blacu ini. Hal ini dikarenakan bahan yang satu ini terbuat dari serat alami berupa kapas jadi akan mudah terurai langsung di tanah. Selain itu untuk mengurangi plastik bisa juga menggunakan tote bag yang terbuat dari blacu ini.

BACA JUGA:  Kain Diadora, Spesialis Bahan untuk Segala Jenis Sportswear

2. Aman Digunakan Untuk Semua Kalangan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh kain ini yaitu aman digunakan untuk semua kalangan. Baik anak-anak maupun orang dewasa sangat bisa untuk menggunakan kain bloco ini. Terlebih lagi untuk anak-anak yang memiliki kekebalan tubuh lebih rendah, maka blacu ini lebih aman untuk digunakan karena terbuat dari serat alami. Selain itu kemungkinan kulit terkena alergi juga sangat kecil.

3. Terasa Adem Saat Digunakan

Kain blacu juga bisa dikatakan merupakan kain yang cukup adem saat digunakan. Ini tentunya menjadi kelebihan berikutnya yang dimiliki oleh kain yang satu ini. Ya, kain yang terbuat dari bahan dasar kapan yang kemudian dipintal untuk menjadi kain ini akan terasa dingin dan nyaman saat dikenakan. Terlebih lagi untuk negara tropis seperti Indonesia, maka menggunakan pakaian berbahan blacu ini akan terasa adem dan nyaman.

4. Memiliki Kegunaan yang Lebih Fleksibel

Kain yang satu ini bisa dikatakan kain yang fleksibel dan cukup banyak kegunaannya. Selain digunakan untuk membuat pakaian, kain ini juga sangat umum digunakan untuk membuat kerajinan ataupun souvenir. Alasannya yaitu karena blacu merupakan kain yang sangat mudah untuk dibentuk jadi bisa dikreasikan tanpa takut robek.

5. Memiliki Harga yang Bersahabat dengan Dompet

Kelebihan terakhir yang sekaligus menjadi kabar gembira bagi para pecinta kain yaitu harga dari blacu ini sangat terjangkau sehingga tidak akan membuat dompet jempol. Hal ini jugalah sebenarnya yang menjadikan kain ini banyak digunakan oleh industri souvenir karena bisa menekan pengeluaran modal. Pokoknya aman deh di dompet jika akan membeli kain yang satu ini.

Apakah Kain Blacu Blacu Memiliki Kekurangan?

Sebagaimana jenis kain yang lainnya, di samping memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya banyak dicari, kain bloco ini pun mempunyai beberapa kekurangan. Nah berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kain yang satu ini. Penting juga untuk mengetahui kekurangannya agar bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya.

1. Kualitas Bahan Tergolong Rendah

Jika dibandingkan dengan kain lainnya, blacu ini bisa dikatakan kain yang memiliki kualitas kain dibawah rata-rata. Namun meskipun begitu dengan segala kelebihan yang dimilikinya menjadikan kain ini tetap banyak dicari oleh banyak orang. Hanya saja memang jika untuk membuat pakaian dengan kualitas terbaik maka penggunaan kain ini kurang begitu direkomendasikan.

2. Teksturnya Sedikit Kasar

Kekurangan lainnya dari kain blacu ini yaitu tekstur nya yang sedikit kasar jika dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya. Makanya tidak heran jika harga kain yang satu ini sangat bersahabat dan tidak akan membuat dompet jebol. Hal ini juga sebenarnya yang menjadi alasan kain ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuat tas atau totebag dibandingkan untuk membuat pakaian.

BACA JUGA:  Mengenali Kain Twiscone, Tentang Karakteristik dan Peruntukannya

3. Hanya Dijual Dalam Satu Warna Saja

Kabar buruk bagi yang ingin membeli kain ini dalam berbagai varian warna, sebab blacu ini hanya di jual di pasaran dalam satu warna saja yaitu putih atau grey kecoklat-coklatan. Jadi bagi yang membutuhkan warna lain dibutuhkan pewarnaan lanjutan menggunakan tinta atau yang lainnya.

Digunakan Untuk Apa Saja Biasanya Kain Blacu Ini?

Nah bag yang masih penasaran tentang kegunaan dari kain yang satu ini, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa kegunaan dari kain bloco ini. Kebanyakan memang kain ini digunakan untuk membuat berbagai souvenir dan kerajinan. Jadi pada kesempatan ini akan diberikan informasi tentang beberapa kerajinan yang terbuat dari blacu ini.

1. Tas atau Tote Bag

Blacu memang merupakan jenis kain yang banyak digunakan untuk membuat tas atau totebag. Terlebih lagi setelah Pemerintah mengeluarkan larangan penggunaan plastik di seluruh supermarket yang ada. Hal ini menjadikan permintaan terhadap kain bloco cenderung meningkat seiring dengan kebutuhan totebag yang semakin banyak pula.

2. Gorden, Taplak meja, ataupun Sarung Bantal

Selain digunakan untuk membuat totebag, kain blacu juga ternyata bisa digunakan untuk membuat gorden, taplak, meja, sarung bantal, dan juga perkakas rumah tangga lainnya. Jadi sangat bisa dicoba untuk berkreasi sendiri sambal mengisi waktu luang.

3. Souvenir atau Bingkisan Souvenir

Nah bagi yang sedang mencari ide atau inspirasi untuk souvenir ataupun bingkisan souvenir, blacu ini bisa jadi alternatif pilihannya. Kain yang satu ini juga sangat bisa digunakan untuk untuk membuat souvenir yang bisa pakaian untuk pesta pernikahan, khitanan, ataupun yang lainnya.

Bagaimana Cara Merawat Kain Blacu yang Benar?

Sebelum memutuskan untuk membeli kain ataupun berbagai kerajinan yang terbuat dari blacu, ada baiknya membaca hal yang satu ini dulu. Hal ini dikarenakan belum banyak juga orang yang tahu tentang merawat kain ini secara benar. Lalu bagaimana caranya?

  • Sebisa mungkin hindari merendam saat akan mencuci nya
  • Cukup dibersihkan dengan cara di lap dengan kain yang basah
  • Hindari menjemur kain ini langsung di bawah sinar matahari
  • Jangan pernah untuk menyimpannya di tempat lembab jika tidak mau kain menjadi berjamur
  • Agar tidak sobek, jauhkan dari benda yang tajam

Nah itulah informasi seputar kain blacu yang sudah diulas secara tuntas. Setelah membaca informasi ini tentunya pengetahuan tentang ilmu kain semakin bertambah lagi. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kain ini maka diharapkan bisa lebih bijak sebelum memutuskan untuk membelinya. Jadi lihat dulu karakteristik kain yang dibutuhkannya seperti apa, baru jika cocok bisa membeli kain yang satu ini.

error: Content is protected !!