Kain Japan Drill, Bahan Favorit untuk Berbagai Seragam

 

Bagi para pecinta kain di Indonesia, pastinya sudah tidak asing dengan kain Japan drill. Jenis kain ini sering digunakan untuk seragam kantoran, jas dan celana formal karena bahannya yang tebal dan kuat. Selain itu, jenis kain ini memiliki permukaan yang lembut sehingga sangat nyaman digunakan untuk bahan seragam.

Japan drill adalah sebuah kain terbuat dari kandungan katun dan polyester. Dalam hal ini komposisi katun lebih dominan sehingga membuat kain menjadi lebih kuat dan nyaman untuk digunakan. Selain itu, kain drill ini berserat tinggi sehingga membuat kain menjadi kuat.

Perbedaan Kain Japan Drill & Hisofy Drill

Salah satu jenis kain yang sangat mirip dengan Japan Drill adalah Hisofy Drill. Secara bentuk fisik, kedua kain tersebut terlihat sangat mirip. Hal ini seringkali menyebabkan orang salah memilih antara kedua kain tersebut. Namun, jika diperhatikan secara lebih detail, kedua kain tersebut memiliki perbedaan yang tipis.

Perbedaan pertama adalah tekstur dari permukaan kain. Japan drill memiliki permukaan yang lebih bertekstur dan kasar dibandingkan dengan Hisofy drill. Meskipun begitu, hal ini tidak berpengaruh terhadap kenyamanan pemakaian kedua kain tersebut.

BACA JUGA:  Karakteristik, Kelebihan, dan Kekurangan Kain Lotto sebagai Bahan Pakaian Olahraga

Perbedaan selanjutnya adalah kekerasan kain. Japan drill memiliki bahan yang lebih kaku dan membentuk dibandingkan dengan kain Hisofy. Meskipun begitu, kain Jepang ini masih mudah dibentuk dan tidak mudah kusut. Jadi, proses setrika pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Dan perbedaan terakhir adalah harganya. Harga Japan drill lebih murah dibandingkan dengan Hisofy drill. Jadi, jika di pasaran menemukan harga drill yang mahal, cek terlebih dahulu karakteristiknya agar tidak sampai salah membeli.

Sebagai referensi beberapa merk terkenal dari Japan drill adalah Taipan Drill, Passuka Japan Drill, Obor drill dan masih banyak lagi. Meskipun berasal dari merk yang berbeda-beda, namun semua kualitasnya sama.

japan drill
sumber: shopee

Kelebihan & Kekurangan Kain Japan Drill

Sebelum membeli sebuah kain, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kain yang akan dibeli. Dengan begitu, pembeli bisa mengetahui apakah kain tersebut masih cocok untuk dibeli atau tidak. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan dari kain Japan drill yang bisa menjadi pertimbangan:

1. Berserat Tinggi & Kuat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kain drill memiliki serat yang tinggi. Hal ini membuat bahan menjadi sangat kuat dan tidak mudah sobek meskipun ditarik. Karena ini jugalah bahan bahan ini banyak digunakan sebagai seragam kantoran lapangan.

BACA JUGA:  Kain Bludru: Pengertian, Proses Pembuatan, Karakteristik, dan Tips Merawatnya

2. Bahan yang Awet & Tidak Mudah Pudar

Kelebihan lain dari Japan drill adalah bahannya yang awet dan tidak mudah pudar meskipun telah dicuci berkali-kali. Bahkan dibandingkan kain lainnya seperti kanvas, tropical, Japan drill tergolong paling awet. Jadi, setelah pemakaian dan pencucian berkali-kali, bahan kain akan tetap kuat dan tidak mudah lemas.

Hal yang sama pun berlaku untuk warna kain. Selama proses pencucian dan penjemuran dilakukan dengan cara benar, warna kain akan terlihat selalu bagus. Untuk bisa mempertahankan warnanya agar tidak mudah pudar, ada baiknya untuk tidak menjemurnya dibawah sinar matahari langsung.

3. Tekstur yang Unik & Tidak Mudah Kusut

Jika dilihat secara detail, Japan drill memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar dibandingkan dengan kain dril lainnya. Hal ini dikarenakan adanya bintik-bintik kecil pada permukaan kain yang membuatnya sedikit lebih kasar. Akan tetapi, munculnya bintik-bintik tersebut tidak mengganggu kenyamanan dari kain ini.

Karena tekstur inilah, kain ini tidak mudah lemas dan kusut meskipun telah digunakan seharian. Dengan karakter ini, maka pengguna tidak perlu repot ataupun khawatir mengenai kerapian pakaian. Dan hal inilah alasan Utama mengapa perkantoran menggunakan ini sebagai seragam kantor.

BACA JUGA:  Yuk Simak Apa Saja Keunggulan Dari Kain Sifon Serta Cara Merawatnya Agar Lebih Awet

4. Adem & Menyerap Keringat

Meskipun bahannya tebal dan sedikit kaku, namun Japan drill terbuat dari katun yang adem dan dapat menyerap keringat dengan baik. Jadi, meskipun baju telah digunakan seharian, orang tidak akan merasakan gerah maupun kepanasan.

Baca juga: bahan jaket dan jenisnya

5. Tidak Cocok untuk Pakaian Santai

Bahan Japan drill memiliki bahan adem dan menyerap keringat, namun bahannya yang tebal membuatnya tidak cocok digunakan untuk pakaian sehari-hari. Bahan ini akan membuat orang terlihat lebih berisi dan lebar jika model bajunya tidak tepat.

6. Mahal

Dibandingkan dengan beberapa jenis kain yang ada di pasaran, jenis kain drill yang satu ini tergolong mahal. Hal ini dikarenakan kadar katun yang cukup tinggi di dalam kain sehingga membuatnya nyaman digunakan. Jadi, kain ini memang tidak banyak digunakan untuk pakaian sehari-hari melainkan untuk pembuatan baju kantor.

Jadi, itulah segala hal yang perlu diketahui mengenai kain Japan drill. Meskipun harganya tergolong lebih mahal dibandingkan dengan kain katun pada umumnya, namun kualitasnya cukup bagus.

Para pemilik kain atau baju dari Japan drill juga tidak perlu repot merawat atau mencucinya, karena perawatannya pun cukup mudah. Jadi, bagi yang sedang mencari kain untuk seragam kantor, ini bisa menjadi pilihan

error: Content is protected !!