Kain Diamond: Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Mungkin bagi pengguna hijab sudah familiar dengan jenis kain yang satu ini yaitu kain diamond. Sebuah kain yang memang paling banyak digunakan untuk pembuatan hijab. Kain ini memiliki tekstur yang sangat unik dan khas yakni kasar layaknya berpasir dan juga seperti kulit jeruk. Karenanya saat digunakan sebagai bahan baku pembuatan hijab, bahan ini akan sangat mudah dibedakan.

Jenis Kain Diamond yang Ada Di Pasaran

Sama seperti kain pada umumnya, kain diamond ini juga memiliki banyak sekali jenis yang beredar di pasaran. Hal ini tentu akan memudahkan pengguna ketika hendak memilih bahan sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginannya. Tentu saja setiap jenis kain ini akan berbeda-beda dan memiliki ciri khasnya masing-masing, diantaranya:

1. Diamond Italiano

Pertama ada jenis kain diamond yang dikenal dengan karakteristiknya yang kaku, dan juga lebih kasar serta lebih tebal dibandingkan yang lain. Meskipun begitu kain ini tidak panas sama sekali ketika digunakan dan juga kain ini bisa sedikit melar dibanding ukuran aslinya. Biasanya kain ini banyak digunakan oleh konveksi hijab untuk pembuatan untuk pashmina ataupun hijab segi empat.

BACA JUGA:  Mengenal Karakteristik Bahan Kain Baloteli Dan Informasi Lengkap Lainnya

2. Diamond Crepe

Selanjutnya adalah jenis kain yang sekilas mirip dengan italiano namun kain yang ini lebih ringan jika dibandingkan dengan italiano. Kain ini juga jauh lebih halus jika dibandingkan dengan kain diamond jenis italiano. Dengan karakteristiknya yang seperti itu jenis kain yang satu ini cocok untuk digunakan sebagai bahan hijab instan ataupun khimar.

3. Diamond Bubble

Terakhir adalah jenis bubble dan merupakan kain jenis diamond yang paling halus dan lembut jika diantara dua jenis sebelumnya. Kain ini juga memiliki tampilan dan sifat yang khas jika dibandingkan yang lainnya sehingga mudah untuk dikenali. Biasanya kain jenis ini lebih banyak digunakan untuk pembuatan hijab instan.

kain diamond

Kelebihan yang Dimiliki

Hal selanjutnya yang akan dibahas dari kain ini adalah kelebihan yang dimilikinya. Tentu saja sama seperti bahan kain lainnya, kain jenis ini juga memiliki kelebihannya tersendiri. Sehingga tentu saja kelebihannya ini bisa dimanfaatkan dengan baik supaya barang yang dihasilkan sesuai dengan kualitas yang diinginkan. Untuk kelebihan dari kain jenis diamond ini diantaranya :

1. Bahannya Ringan

Sebelumnya beberapa kali sudah disinggung bahwa bahan kain ini memiliki karakteristik yang ringan. Bahkan kelebihan ini dimiliki oleh semua jenis dari kain diamond. Selain ringan, karakteristiknya yang jatuh membuatnya indah saat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerudung. Sehingga kesan anggun akan didapatkan siapapun yang memakainya.

BACA JUGA:  Yuk Kenalan Dulu dengan Kain Velvet yang Berkarakter Mewah Nan Unik!

2. Sangat Mudah Dibentuk

Meskipun memiliki karakteristik yang ringan dan jatuh, namun kain sangat mudah untuk dibentuk. Salah satunya adalah yang jenis diamond Italiano karena memang karakteristik kain tersebut sudah kaku. Sehingga sangat cocok digunakan untuk pashmina dan hijab segi empat karena tidak membutuhkan waktu lama untuk dibentuk.

3. Sejuk Ketika Dikenakan

Selain ringan, bahan yang satu ini juga sangat sejuk ketika dikenakan. Baik itu sebagai hijab maupun sebagai baju. Karena karakteristiknya ini bahan diamond akan tetap nyaman meskipun digunakan pada cuaca yang sedang panas sekalipun. Bahkan saat sedang beraktivitas banyak sekalipun, bahan ini akan tetap membuat nyaman.

4. Bahan Tidak Transparan

Banyak yang berpikiran bahwa kain ini akan transparan karena memang tipis, tapi ternyata tidak seperti itu. Bahan ini sama sekali tidak transparan dan hal ini disebabkan susunan rapat yang dimiliki oleh serat kain ini. Sehingga jangan khawatir akan menerawang ketika digunakan.

Kekurangan yang Harus Diperhatikan

Selain kelebihan tentu kain ini juga memiliki kekurangan yang pastinya perlu untuk diperhatikan. Dengan memperhatikan kekurangannya, maka hal tersebut bisa diatasi supaya bahan tetap terlihat berkualitas. Adapun beberapa kekurangan dari kain jenis ini yang harus diperhatikan diantaranya :

BACA JUGA:  Uniknya Kain Twist Drill untuk Pembuatan Pakaian

1. Mudah Tertiup Angin

Ingat bahwa kelebihan yang dimiliki oleh kain ini adalah ringan, maka hal itu juga bisa menjadi masalah. Sebab karena terlalu ringan, terkadang bahan ini akan sangat mudah untuk tertiup oleh angin. Sehingga untuk mengatasinya, saat digunakan di luar ruangan bisa menambahkan ornamen pemberat seperti bros, peniti, ataupun pentul.

2. Warna yang Mudah Pudar

Mungkin banyak yang berpikir bahwa warna yang mudah pudar itu dikarenakan proses pencucian yang dilakukan secara terus menerus. Padahal tidak seperti itu, kain ini akan mengalami warna pudar apabila terlalu sering terpapar sinar matahari. Cara mengatasinya cukup dengan menghindari menjemur pakaian dengan bahan ini di bawah sinar matahari langsung.

3. Tidak Tahan Terhadap Panas

Terakhir selain mudah pudar jika terkena panas matahari, bahan yang satu ini juga bisa rusak apabila terkena suhu yang terlalu tinggi. Dalam hal ini termasuk suhu panas yang dihasilkan dari setrikaan. Oleh karena itu saat menyetrika bahan ini hindari suhu yang terlalu panas, sehingga bahan tidak akan mudah rusak.

Jadi itulah pembahasan seputar kain diamond, dimulai dari jenis, kelebihan, dan juga kekurangannya. Ternyata bahan yang selama ini ditemukan dalam hijab salah satunya adalah bahan jenis ini. Jadi jangan lagi tertukar dengan bahan hijab yang lain.

error: Content is protected !!