Yuk Kenalan Dulu dengan Kain Velvet yang Berkarakter Mewah Nan Unik!

Ingin membuka usaha jahit? Atau ingin berbisnis kain? Atau hanya sekedar ingin menjahit pakaian dan ingin menggunakan jenis kain velvet.

Jangan khawatir bagi yang minim informasi jenis kain yang satu ini, karena dalam artikel ini akan dikupas tuntas mengenai informasinya. Terkait sejarah dan pengertian kain velvet, karakteristik, jenis, kelebihan, kekurangan hingga tipe pakaian yang bisa menggunakan bahan ini.

Setiap jenis kain yang diproduksi serta beredar dipasaran tentu saja memiliki karakteristik dan kegunaannya secara optimal masing-masing.

Misalnya saja kain-kain wol yang cocok untuk bahan jaket kala musim dingin, atau bahan sutra yang cocok untuk dress. Begitu pula dengan kain berjenis velvet ini yang juga memiliki banyak keunikan untuk diaplikasikan.

Meski tentu saja tidak semua orang paham bukan mengenai detail perkembangan kain-kain dari waktu ke waktu. Namun agaknya jika ingin memulai bisnis dibidang jahit atau dunia kain menjadi perlu lho memahami jenis-jenis kain termasuk jenis velvet ini.

Yuk tanpa berlama-lama lagi mari simak uraian berikut mengenai kupas tuntas kain jenis velvet yang super mewah dan unik!

Kain Velvet

Apa Itu Kain Velvet?

Jika mendengar nama velvet sebagai jenis kain pasti pikiran langsung tertuju pada hal yang unik, mewah dan seperti sesuatu yang manis bukan. Nyatanya pikiran semacam ini menjadi benar adanya karena memang jenis kain ini sendiri memiliki tampilan yang mewah lho.

Kain velvet atau yang bisa disebut juga dengan kain beludru ini sendiri memiliki penampilan visual yang super rapi dan lembut.

Banyak orang menyebut kain jenis velvet juga dengan sebutan kain beludru yang mana tekstur luarnya berumbai oleh benang yang halus. Juntaian benang-benang ini sendiri terdistribusi dengan baik di seluruh penjuru kain dengan ukuran pile pendek dan padat.

Kelembutan kain ini didapatkan dari proses pembuatannya yang memanfaatkan bahan alami juga sintesis serta karena juntaian benangnya rapat serta padat.

Mengenal Sejarah dan Perkembangan Kain Unik Ini!

Setelah mengenal pengertian kain velvet yang bisa disebut juga kain beludru maka berikut ini mari beranjak soal pembahasan sejarah perkembangannya. Sesuai catatan literature perjalanan kain yang ada dan tersebar didunia kain tentu sejarahnya sudah panjang yaitu sejak manusia purba berkembang.

BACA JUGA:  Bertekstur Unik, Inilah Serba-Serbi Kain Emboss yang Perlu Diketahui

Kain sendiri dahulu hanya dibuat dengan teknik sederhana dan memanfaatkan kulit pohon, daun-daunan atau kulit binatang saja.

Tujuan dibuat kain oleh nenek moyang manusia purba tidak serumit saat ini yang berfungsi sebagai penambah percaya diri atau fashion. Dahulu kain hanya berfungsi sebagai penghangat tubuh, penjaga tubuh dari serangga dan pembeda antara laki-laki serta perempuan. Namun akhirnya setelah peradaban semakin berevolusi kedepan, berbagai jenis kain dan fungsinya pun berkembang.

Salah satunya yang paling berkembang adalah jenis kain velvet atau beludru ini sendiri, yang mana sudah berkembang sejak tahun 1440-1500. Super kuno sekali bukan? dan kini manusia bisa memanfaatkan, mengelola, melihat dan merasakan kain beludru ini dari masa ke masa.

Pada zaman dahulu, kain beludru sendiri hanya digunakan oleh kalangan orang yang berada dan berkasta tinggi.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan karakteristik serta visual yang mewah memang sudah melekat pada jenis kain yang satu ini. Oleh sebab itu pada masa lampau kain beludru ini hanya bisa dimiliki para kaum bangsawan. Dahulu untuk membuat kain beludru memerlukan sutra serta prosesnya lama, sehingga tidak semua orang bisa menggunakannya, beda dengan era sekarang.

Apa Karakteristik Bahan Kain Beludru atau Velvet Ini?

Setelah mengetahui pengertian serta sejarah singkat mengenai jenis kain beludru ini,maka sebelum memproduksi, menjual atau memakainya perlu memahami karakteristiknya dahulu. Apa saja karakteristik yang bisa ditemukan pada bahan kain beludru ini? yuk simak uraiannya berikut!

1. Memiliki Tekstur Unik, Lembut Berbulu

Karakteristik utama dari kain beludru atau velvet ini sendiri adalah memiliki tekstur lembut berbulu. Bulu ini sendiri nampak dari benang-benang halus pendek yang tersebar di seluruh penjuru kainnya. Gumpalan benang pendek ini memiliki tekstur super lembut jika disentuh dan membuat nyaman.

2. Merupakan Kain yang Memiliki Kualitas Baik dan Tahan Lama

Karakteristik lain dari kain velvet ini sendiri adalah kainnya memiliki kualitas baik dan tahan lama. Dibandingkan dengan jenis katun atau satin yang umum beredar dipasaran maka kain beludru ini lebih high class. Proses pembuatannya yang relatif lebih lama membuatnya menjadi berkualitas baik dan awet lho setelah digunakan lama.

3. Permukaannya Cenderung Berkilau dan Mewah

Jika suka dengan permukaan kain yang berkilau dan menampilkan kesan mewah selain menggunakan sutra maka bisa gunakan kain velvet. Dimana untuk karakteristik secara visual yang nampak memang adalah warna-warna kainnya yang lebih menonjol. Berkilap, mewah, unik adalah kata yang paling cocok disematkan untuk jenis kain satu ini.

4. Tidak Kaku dan Nyaman Digunakan

Meski nampak bergumpal dan seperti berbulu, tentu saja untuk bahan kainnya sendiri tidak kaku lho. Jadi jika diubah menjadi pakaian akan tetap nampak jatuh dan tidak kaku di badan. Apalagi super nyaman digunakan, karena bahannya lembut saat menempel ke kulit!

BACA JUGA:  Kain Bludru: Pengertian, Proses Pembuatan, Karakteristik, dan Tips Merawatnya

Jenis-jenis Kain Velvet Dipasaran Indonesia yang Paling Mudah Ditemui

Ternyata ada banyak karakteristik yang bisa ditemui pada kain beludru atau velvet ini ya, begitu juga dengan jenisnya lho. Nah kira-kira jenis-jenis kain beludru apa yang paling mudah ditemukan di pasaran Indonesia? Simak uraiannya berikut!

1. Jenis Crinkle Velvet

Jenis kain velvet yang banyak dijumpai pertama adalah jenis crinkle velvet yang mana cocok untuk pembuatan blues. Bahan ini memiliki pola yang unik dengan bercak-bercak tanda sebagai aksennya. Meski memiliki aksen unik tapi kelakuannya tidak kalah dan masih bisa didapatkan kok!

2. Jenis Velvet Sifon

Selanjutnya untuk jenis velvet yang paling banyak ditemui di pasaran Indonesia datang dari jenis velvet sifon. Untuk jenis velvet ini memiliki tekstur dan volume yang tipis seperti sifon dan cocok dikombinasikan bahan lainnya. Bahannya super ringan, jatuh namun memang lumayan menerawang sehingga butuh furing tambahan.

3. Jenis Stretch Velvet

Jika suka dengan kain beludru namun simple untuk keperluan sehari-hari, pakaian casual dan santai bisa memilih jenis ini. Dimana untuk jenis kain stretch velvet sendiri memiliki kombinasi bahan antara spandek dan polyester. Untuk jenis bahan ini perawatannya mudah, bisa dicuci dengan mesin namun memang kurang mewah secara visual.

4. Velvet Katun

Untuk jenis kain beludru katun sendiri jauh lebih standar dibandingkan jenis lainnya dan lebih berat secara volume. Untuk jenis katun beludru ini juga tampilannya tidak berkilau sehingga tidak memancing kesan glamour. Velvet katun ini namun cocok sebagai bahan pelindung pakaian atau jaket kok.

5. Jenis Velvet Sutra

Jika ingin yang berkualitas nomor satu maka bisa pilih jenis velvet sutra yang menjadi jenis kain produksi pertama dari seri velvet. Kain ini memiliki volume super lembut meski memiliki ketebalan yang baik serta visualnya super mewah. Bahan kain ini menjadi yang  paling mahal pada jenisnya dan cocok untuk acara-acara formal.

Kelebihan dari Penggunaan Kain Jenis Velvet Ini!

Kira-kira apa saja ya kelebihan dari pemilihan kain beludru atau velvet ini sebagai bahan pembuatan pakaian, jahit atau modal bisnis. Inilah beberapa kelebihan yang bisa ditemukan jika menggunakan kain velvet ini!

1. Secara Tampilan Lebih Mewah

Untuk kelebihan pertama dari kain velvet ini yang  paling nampak adalah secara tampilan super mewah. Visual semacam ini memang sudah menjadi rahasia umum dan ciri khas jenis velvet atau beludru ini. Jadi bagi yang suka visual mewah bisa gunakan jenis ini!

2. Tahan Lama dan Awet

Kecenderungan bahannya yang baik membuat kain berjenis velvet ini menjadi memiliki masa waktu pemakaian lebih lama. Bahannya yang super nyaman, berkualitas , lembut itu bisa tidak mudah luntur dan melar jika digunakan. Jadi akan menekan waktu masa pembelian pakaian lainnya karena awet digunakan!

3. Mudah Dikombinasikan dengan Bahan Tambahan

Meski menjadi salah satu bahan kain yang mewah namun jenis velvet ini sangat fleksibel dikombinasikan. Misalnya ingin menambah furing, menambah jenis kain polyster, katun, rayon atau lainnya itu bisa disesuaikan. Jadi jangan khawatir kalau desainnya akan kaku dan monoton.

BACA JUGA:  Bahan Lacoste : Pengertian, Jenis, Kelebihan, Serta Kekurangan

4. Tersedia Berbagai Jenis dari Standar Hingga Premium

Kelebihan lainnya dari jenis kain ini sendiri adalah sangat beragam. Mulai dari kelas standar hingga kelas premium. Sehingga memudahkan konsumen untuk memilih harga dan kebutuhan yang sesuai.

Kekurangan yang Bisa Didapat Dengan Penggunaan Kain Jenis Velvet

Selain kelebihan di atas yang bisa ditemui ketika memilih jenis kain beludru atau velvet ini, juga diimbangi dengan kekurangan didalamnya. Apa saja kekurangan yang bisa ditemui ketika memilih jenis kain ini?

1. Perawatannya Cukup Sulit

Kekurangan yang paling nampak dan sering ditemui ketika menggunakan kain ini adalah soal perawatannya yang cukup rumit. Hal ini dikarenakan tidak semua jenis kain beludru atau velvet bisa dicuci langsung dengan mesin cuci atau disetrika. Ada beberapa jenisnya yang perlu perawatan ekstra dengan bantuan dry clean atau setrika uap misalnya.

2. Harga Relatif Mahal

Kekurangan lainnya dari kain ini adalah harganya relatif lebih mahal. Ini jelas dikarenakan kelasnya yang premium dan memang bahannya super berkualitas. Jadi bagi yang mencari kain dengan harga murah agaknya akan tidak puas dengan harga jenis kain ini.

3. Tidak Semua Penjahit Akrab dengan Kain Ini

Kekurangan lainnya adalah tidak semua penjahit akrab dengan kain ini. Alih-alih kain mahal, mewah dan bertekstur unik maka tidak semua penjahit bisa menjahitnya. Kombinasi bahan yang cocok serta potongan pola harus diperhatikan jika menjahit pakaian berbahan velvet.

Apa Model Pakaian yang Cocok Berbahan Dasar Kain Jenis Velvet Ini?

Setelah membahas panjang mengenai pengertian, sejarah, karakteristik, jenis hingga kelebihan dan kekurangannya. Maka mari membahas kira-kira tipe model dan pakaian jenis apa yang bisa memanfaatkan bahan velvet ini ya. Tentu saja sebenarnya ada banyak sekali jenis tipe dan model pakaian yang bisa memanfaatkan bahan kain ini seperti blues.

Kemudian bahan velvet ini bisa dijadikan sebagai penunjang pembuatan pakaian formal seperti kemeja atau pakaian non-formal seperti crop-top serta kaos.

Lantas jika ingin tampil mewah ke pesta juga bisa lho menggunakan bahan kain velvet sebagai penunjang pembuatan gaun pesta atau gamis. Serta yang tidak kalah epic nya adalah kain beludru ini sendiri cocok lho untuk menunjang pembuatan lapisan jaket atau bahkan celana.

Nah itulah diatas kupas tuntas super lengkap, detail dan mendalam mengenai kain velvet yang memiliki karakteristik super mewah dan unik. Kain jenis velvet ternyata memiliki sejarah perkembangannya yang panjang, memiliki banyak kelebihan, jenis hingga bisa diolah untuk berbagai model pakaian.

Jadi bagi yang ingin menggunakan kain ini kini sudah tidak perlu ragu karena sudah mendapatkan informasi seperti diatas!

error: Content is protected !!