Arti Dan Sejarah Warna Merah dari Zaman Purba Hingga Jenisnya

 

Warna merah adalah salah satu elemen yang sudah lama dikenal oleh banyak orang di dunia ini. Warna merupakan elemen pembentuk dunia ini yang menciptakan keselarasan dalam hidup. Sebab, dengan warna kamu dapat menciptakan suana damai dan teduh dan dengan warna juga kamu bisa menciptakan kekacauan.

Warna juga sering menjadi suatu identitas suatu grup. Misalnya saja salah satu grup sepak bola yang sangat identik dengan merah yaitu Liverpool FC. Grup sepak bola ini lekat dengan jersey merah, sehingga banyak penggemar yang menginginkan warna jersey yang sama dengan grup tersebut.

Dengan adanya keinginan tersebut, membuat industri jersey printing di dunia mengalami lonjakan permintaan merah. Hal ini jelas sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha di bidang ini. Dengan adanya identitas warna dari ikon dunia terkenal, secara otomatis para penggemar akan mengikuti warna tersebut.

Merah dianggap spesial karena karena dianggap memiliki simbol penafsiran tersendiri di berbagai negara. Di Indonesia sendiri warna ini begitu istimewa karena melambangkan keberanian yang menggebu, sehingga dijadikan sebagai warna bendera bersama dengan warna putih.

Merah juga merupakan warna yang paling sering dijadikan subjek study di berbagai penelitian. Hal ini tidak terlepas dari sejarah dari warna ini dan dampaknya bagi pengguna warna ini. Oleh sebab itu, kami akan menjelaskan mengenai sejarah merah yang sudah dikenal sejak zaman purba.

Sejarah Warna Merah yang Perlu Diketahui

Meskipun warna sudah hadir sejak dunia ini diciptakan. Namun bagi manusia purba di zaman dahulu, merah merupakan satu-satunya warna yang dianggap sebagai warna. Sebab, manusia purba menghabiskan waktu yang lama untuk menganggap warna lain itu sebagai warna.

Pembuktian dari merah sebagai satu-satunya warna yang sebenarnya pada zaman itu. Hal itu dapat dilihat dari lukisan-lukisan bison yang berusia ribuan tahun di Gua Altamira Spanyol, lukisan itu seluruhnya bernuansa merah.

Pembuktian lainnya merah sebagai warna tunggal yang diketahui oleh manusia purba adalah ditemukannya lukisan tangan manusia dan babi hutan. Lukisan tersebut menggunakan merah sebagai satu-satunya warna di Gua Leang-leang. Gua ini berada di kawasan Pedesaan Maros, Sulawesi Selatan.

Menurut para ahli, penggunaan warna ini ini juga merupakan salah satu komunikasi manusia purba. Jenis komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi visual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa warna merah memegang peranan sangat penting dalam awal kehidupan manusia.

Hingga saat ini, merah sering digunakan di banyak budaya dan juga politik di seluruh dunia. Misalnya saja Rusia, kata merah memiliki akar kata yang sama dengan kata indah yaitu krasnyy dan krasivy.

Di negara ini merah memiliki makna yang spesial, hal ini dibuktikan dengan pemberian nama lapangan merah pada tempat-tempat penting. Tempat tersebut yaitu tempat beradanya Kremlin di Katedral Santo Basil dan Tempat bersemayamnya Lenin yang dinamakan lapangan merah.

Selain itu, dalam Revolusi Perancis merah memiliki peran penting. Warna ini dijadikan sebagai warna bendera yang dikibarkan oleh para revolusioner demi menghormati pejuang yang telah gugur dan sebagai tanda pemberontakan rakyat kepada kerajaan Prancis.

BACA JUGA:  Memahami Warna Mint, Kode Warna, Jenis-Jenis, dan Perpaduannya

arti warna merah

Filosofi Warna Merah yang Berani, Mencolok dan Menawan

Keistimewaan merah di berbagai negara tidak lepas dari nilai filosofisnya. Warna satu ini adalah warna yang mencolok, berani, dan menawan. Warna ini juga merupakan warna yang sangat dominan dan banyak benda, bangunan, dan lainnya yang memiliki warna ini.

Yang tidak asing bagi kamu adalah adanya lampu merah yang digunakan sebagi rambu lalu lintas di hampir seluruh penjuru dunia. Hal ini dikarenakan merah dapat menjadikan kamu lebih hati-hati saat melihatnya karena merah merupakan warna dari simbol larangan.

Selain itu, merah adalah warna yang cerah dan hangat. Warna ini mampu membangkitkan emosi, hasrat, nafsu, dan gairah yang kuat, sehingga warna ini erat kaitannya dengan cinta. Meski demikian, merah dapat memberikan kehangatan dan kenyamanan bagi siapa saya yang melihat.

Merah juga dapat meningkatkan energi fisik kamu, meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Sehingga dengan melihat warna ini adrenalin kamu akan terpacu dan dengan cepat kamu akan bergerak dan melakukan kegiatan dengan semangat.

Baca juga: Beda warna RGB dan CMYK

macam-macam warna merah

Macam Macam Dan Jenis Warna Merah Paling Populer

Sama halnya dengan warna lain, warna jenis merah juga memiliki banyak variasi dari warna ini paling terang hingga paling gelap. Di dunia ini terdapat variasi macam-macam warna merah yang paling populer, yaitu :

  1. Maroon
BACA JUGA:  Mengenal Warna Olive Beserta Cara Membuat Kombinasi

Maroon memiliki perpaduan merah dan kebiru-biruan tua. Warna ini menandakan tindakan manusia yang terkontrol dan bijaksana. Warnanya lebih lembut dari merah anggur dan tidak terlalu mencolok seperti merah sejati.

  1. Burgundy

Burgundi merupakan merah keunguan yang gelap, lebih serius tapi kurang energik jika dibandingkan dengan merah sejati. Warna ini menunjukkan kekuatan yang dikendalikan, ambisi terarah, dan tindakan bermartabat. Warna ini disukai oleh para bangsawan.

  1. Crimson

Merah dengan sedikit warna biru di dalamnya. Warna ini menunjukkan tekad untuk mencapai keberhasilan tanpa membuat orang lain kesal.

  1. Scarlet

Scarlet merupakan warna merah yang memiliki sedikit warna jingga dan menghasilkan warna yang kaya dan cerah. Makna dari warna ini adalah antusiasme dan kecintaan terhadap hidup yang biasanya dirasakan oleh seseorang. Meski kurang intens, warna ini lebih menyenangkan daripada merah sejati.

  1. Merah Muda

Merah muda menunjukkan romansa, cinta, dan persahabatan. Namun, warna ini sering kali menyoroti kualitas perempuan dan mendorong kepada kepasifan.

  1. Merah Koral

Warna ini adalah variasi merah yang diadopsi dari karang laut. Untuk mendapatkan warna koral kamu dapat mengkombinasikan warna jingga dengan campuran merah muda. Warna ini dapat membangkitkan semangat, memberikan nuansa kehangatan, dan kesan flamboyan.

Merah memiliki keistimewaan di berbagai negara, hal itu dikarenakan sejarahnya yang begitu penting dan maknanya. Meski warna merah memiliki banyak jenis variasinya, namun tetap memiliki makna positif untuk kamu.

error: Content is protected !!