Mengenal Arti Warna Biru Sekaligus Kode RGBnya

 

Warna biru merupakan salah satu warna favorit bagi sebagian besar orang, mulai anak-anak hingga dewasa banyak yang memilih warna satu ini. Walaupun jenis ini cukup populer dan disukai banyak orang, namun sangat jarang kita temukan pada berbagai buah juga sayur-sayuran.

Biru yang sering kita jumpai di sekitar kita di antaranya laut dan langit, hal ini bisa kita kaitkan dengan kebebasan, intuisi, luas, imajinasi, kepekaan serta inspirasi. Namun, melambangkan berbagai macam hal positif seperti kesetiaan, kebijaksanaan, iman, stabilitas dan juga kesetiaan.

Bila dilihat dari perspektif psikologi arti dari warna ini ialah bisa dikamulkan dan juga bertanggung jawab, menunjukkan rasa percaya diri dan rasa yang aman. Warna ini mencari kedamaian serta ketenangan atas segala hal. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan pengertian atau artinya.

Pengertian Warna Biru Secara Mendalam

Di bawah ini adalah pengertian warna blue jika dipelajari lebih dalam.

  1. Menenangkan

Yang pertama biru disini menemukan ketenangan, sikapnya yang menenangkan tidak akan suka mengganggu dalam hal jiwa, sangat berdampak positif bagi pikiran. Di dalamnya menggambarkan tentang kesabaran juga pengertian, tidak mengherankan jika banyak orang nyaman di sampingnya.

  1. Non konfrontasional

Arti yang kedua ialah non-konfrontasional ialah diyakini membawa kedamaian, sangat menenangkan juga tidak akan membuat keruh suasana, bahkan sangat membenci adanya konflik. Juga dianggap lebih tertutup karena tidak suka menjadi sorotan, namun di dalamnya memiliki semangat yang unik.

  1. Warna biru membawa makna positif
BACA JUGA:  Perbedaan Warna RGB Dan CMYK yang Wajib Kamu Pahami

Arti yang ketiga ialah mampu membawa makna positif, baik pada pikiran maupun tubuh. Tidak heran jika membawa roh yang mampu mengilhami istirahat juga bisa membuat tubuh memproduksi bahan kimia yang membuat perasaan menjadi tenang.

  1. Kuat baik

Makna yang keempat ialah kuat baik, bahkan diyakini bermakna tabah, ringan dan ramah. Bahkan keberadaannya pada agama melambangkan kesalehan juga ketulusan. Juga menimbulkan kepercayaan diri juga kecerdasan, konservatisme juga stabilitas. Juga masih banyak lagi makna positif lainnya.

  1. Melankolis

Selanjutnya dapat diartikan sebagai hal melankolis, jika banyak warna biru maka akan timbul perasaan melonkolis juga sedih. Sebaliknya jika ada dengan jumlah sedikit maka akan timbul kecurigaan, keras kepala, depresi, takut dan tidak bisa dikamulkan.

Mengenal Macam-macam Warna di Dunia

Sebelum mengenal lebih dalam tentang warna jenis ini, penting bagi Kamu untuk memahami jenis-jenis lainnya yang ada di dunia ini. Karena di dalamnya terdiri dari berbagai macam jenis, dengan mengenali jenis-jenisnya akan mempermudah Kamu mengetahui kedudukan warna jenis biru.

  1. Primer

Jenis ini menjadi salah satu warna utama yang di dalamnya terdiri dari kuning, biru dan merah. Tiga macam warna ini dikenal dengan nama Hue. Jenis ini bisa dikombinasikan dengan berbagai macam jenis lainnya, sehingga akan menghasilkan warna turunan.

BACA JUGA:  Filosofi dan Cara Menciptakan Warna Lavender yang Perlu Diketahui

Jenis di atas bisa ditangkap oleh mata manusia, karena biasanya jenis primer tidak memiliki cahaya, sebaliknya merupakan konsep biologis didasarkan pada respon fisiologis manusia pada umumnya. Tiga jenis ini sangat pokok dibanding jenis warna lainnya.

  1. Sekunder

Jenis ini dihasilkan dari percampuran primer dalam satu ruangan. Dari hasil percampuran tersebut terdiri dari warna biru dan kuning yang akan menghasilkan hijau. Untuk pencampuran merah dan kuning menghasilkan orange, dan bila merah tercampur biru akan menghasilkan ungu.

  1. Tersier

Jenis ini sangat unik karena muncul atau terbentuk dari penggabungan antara campuran jenis primer dengan jenis sekunder. Maka jenis warna yang dihasilkan sangat bervariasi. Salah satu paling dasar yang sangat penting dan pokok adalah biru.

Daftar dari RGB Karena Memiliki Satuan Sendiri

Dalam dunia printing, jenis ini tidak bisa lepas dari bidang tersebut. Ada banyak warna yang dibutuhkan, salah satunya adalah biru. Jenis ini dikenal sebagai warna dasar, tidak mengherankan jika banyak dibutuhkan. Salah satu yang sering kita temukan adalah printing jersey, jenis ini menjadi sangat terpopuler.

Sesuai dengan stkamur internasional dijelaskan bahwa biru memiliki satuan sendiri yang dikenal dengan nama RGB. Kepanjangan dari RGB adalah abreviasi dari Red, green dan blue. Di mana ketiga tersebut ialah warna dasar pembentuk berbagai macam jenis warna lain.

Baca juga: Perbedaan warna RGB dan CMYK

Penting bagi kamu untuk mengetahui bahwa biru seringnya dikelompokkan ke dalam 3 kategori, yaitu terang, agak pucat dan gelap. Jenis-jenis tersebut memiliki nama dan kode tersendiri. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat informasi detail berikut ini :

  1. Biru Terang
BACA JUGA:  Mengenal Warna Ungu Berdasarkan Arti, Jenis-Jenis dan Psikologi Warnanya

Pada warna biru terang dikenal juga dengan nama warna laut ada Aqua dengan kode 255 255, Light Cyan kode 224 255 255, Pale Turquoise kode 175 238 238, dan aquamarine dengan kode 127 255 212.

  1. Biru Medium

Jenis ini juga memiliki banyak nama, di antaranya ada biru turquoise 64224208, medium turquoise 72209204, dark turquoise 0206209, cadet blue 95158160, steel blue 70130180, light steel blue 176196222, powder blue 176224230, light blue 173216230, sky blue 87CEEB dan light sky blue 135206250.

  1. Biru Gelap

Jenis selanjutnya biru gelap di antaranya ada deep sky blue 0191255, dodger blue 30144255, cornflower blue 100149237, medium slate blue 123104238, royal blue 65105225, blue 00255, medium blue 00205, dark blue 00139, navy 00128, dan midnight blue 2525112.

Begitu banyak jenis-jenis warna ini yang ada di sekitar kita, tidak mengherankan bila keberadaannya sangat populer dan disukai banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan warna biru digunakan untuk berbagai macam jenis bidang, mulai fashion, digital printing, alat-alat rumah tangga dan lainnya.

error: Content is protected !!