Kenali Warna Nila sebagai Warna Indigo bagi Desain Kamu

 

Warna nila merupakan salah satu jenis warna yang banyak dimengerti oleh masyarakat luas dan banyak digunakan untuk warna dalam lukisan. Warna menjadi satu medium di dunia yang selalu menemani kehidupan. Dimana, warna dapat memberikan berbagai makna dalam setiap hal yang berbeda. Tentunya dapat juga memberikan inspirasi berdasarkan warna.

Misalkan saja pada pakaian, warna akan memberikan kesan lebih menarik. Seseorang akan memilihnya sesuai kesukaannya. Tidak hanya itu, warna dapat menjadi ciri khas seseorang. Ataupun menjadi suatu kebahagiaan seseorang. Memang bermakna berbeda untuk setiap insannya sesuai kesukaan masing-masing.

Selain pakaian, contoh lainnya adalah penggunaan warna pada zodiak. Seringkali dapat dijadikan gambaran karakteristik diri seseorang. Walaupun tidak sepenuhnya benar, tetapi sebagian orang mempercayainya dan meyakini bahwa memang karakteristiknya dapat didasarkan pada warna kelahirannya. Sehingga banyak orang yang menyukai warna nila berdasarkan zodiaknya.

Contoh lainnya, warna sering diidentikkan dengan hal-hal sekitar masyarakat. Misalkan warna merah dianggap sebagai penarik nafsu makanan sehingga pada toko penjual makanan ini sering digunakan sebagai warna dasar logo usahanya. Ini dapat menambah daya tarik pelanggan untuk berkunjung ke usaha tersebut.

Contoh lainnya, ketika warna hijau diidentikkan sebagai warna yang menyatu dengan alam. Dapat menyejukkan dan memberikan kesan tenang. Nah, warna ini identik dengan indigo memang menjadi satu warna menarik yang jarang digunakan oleh orang. Ternyata yang satu ini memiliki warna makna – makna khusus.

BACA JUGA:  Fungsi Warna Burgundy dalam Dunia Desain dan Percetakan Digital

warna-nila-2

Awal Mula dari Warna Nila

Tidak hanya sejarah – sejarah perperangan yang perlu diketahui, satu hal sederhana ini juga ada sejarahnya loh. Warna unik ini menjadi salah satu warna klasik karena sudah ada sejak 4000 sebelum masehi. Tepatnya, ditemukan di daerah Huaca Prieta, Peru.

Sejarah menyatakan jenis ini merupakan warna yang diambil dari sebuah nama tanaman pada masa Indus Valley Civilisation ketika 5000 sebelum masehi. Masyarakat pada zaman ini menggunakan tanaman indigo sebagai pewarna. Pada akhrinya bangsa mesopotamina membentuk warna ini dengan menggunakan tanah liat.

Kejadian ini menjadikan catatan sejarah di masa lalu. Kemudian, pada tahun 1289 warna inipun menjadi catatan di negara Eropa sebagai salah satu warna yang ada di negara tersebut. hal ini dikarenakan warna ini ada ketika adanya masa penjajahan Eropa oleh maro polo.

Pada masa sekarang, warna nila masih menjadi trend terhadap penamaan perusahaan – perusahaan terkenal dengan menggunakan kata indigo di dalam nama brandnya. Misalkan saja terdapat Indigo Airlines di India yang merupakan sebuah maskapai penerbangan. Kemudian, di negara besar seperti Amerika Serikat terdapat The Indigo Tribe.

Istilah indigo juga dijadikan julukan bagi seseorang yang memiliki penglihatan yang lebih dari biasanya. Artinya, seseorang yang mampu menggunakan indra keenamnya untuk melakukan hal ini. Tidak jarang, di Indonesia banyak orang yang memiliki kondisi ini.

BACA JUGA:  Mengenal Warna Pastel Lengkap dengan Karakteristik dan Penggunaannya

Jenis – jenis Tone dengan Varian Berbeda

Jenis warna apapun, memiliki tone warna atau varian berbedanya. Mulai dari yang bertone terang hingga bertone gelap. Warna ini memiliki beberapa macam tone yaitu nila standar, nila listrik (electric indigo), nila muda (deep indigo) dan nila tropis (tropical indigo).

Tone warna nila memiliki kode warna yang berbeda. Tentunya kode ini menjadi pembeda setiap tonenya. Kode #4B0082 merupakan kode untuk nila standar. Kode #6F00FF merupakan kode nila listrik atau electric indigo yang memiliki warna lebih terang dibandingkan nila standar.

Kode #8A2BE2 merupakan kode warna ini atau deep indigo dengan warna yang lebih terang, namun lebih rendah dari nila elektrik. Sedangkan, kode #9683EC merupakan kode untuk tone nila tropis atau tropical indigo yang cenderung lebih terang.

Makna yang Terkandung dari Warna Indigo

Sebagai salah satu warna pelangi, jenis ini dianggap ampuh memiliki fungsi untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kata indigo ini membuatnya dianggap mampu menyembuhkan penyakit gangguan mental pada seseorang. Tentunya akan sangat membantu dalam pemulihan dari penyakit yang menyerang pada gangguan mental seseorang.

Ini juga dipercaya dapat dijadikan alternatif dalam melancarkan dan membersihkan masalah pada aliran darah. Dapat dijadikan terapi ampuh bagi kamu yang memiliki gangguan pada bagian mata dan bagian telinga. Sehingga warna ini dipercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

BACA JUGA:  Memahami Warna Mint, Kode Warna, Jenis-Jenis, dan Perpaduannya

Selain itu, warna ini merupakan kombinasi dari ungu dan biru. Letak warna ini dalam pelangi memang sulit untuk ditemukan. Karena itulah jenis ini mewakili intuisi, idealism, integritas dan intospeksi. Komposisi yang tepat sebaiknya dilakukan ketika menggunakannya. Karena jika berlebih maka dapat menyebabkan intoleransi atau konflik.

Berbicara komposisi, ini menjadi salah satu warna yang juga digunakan dalam dunia digital jersey printing. Dalam dunia perdesainan, tools yang digunakan untuk membuat desain digital biasanya memberikan metode pemilihan warna sesuai kolaborasi yang tepat sehingga menghasilkan karya yang estetik.

Dapat juga ditemui pada tempat percetakan bahwa berbagai warna dikombinasikan untuk menghasilkan printan yang menarik. Warna nila tentunya menjadi salah satu yang tidak absen di dalamnya. Ketersesuaian warna ini memang jarang karena warnanya yang dominan gelap. Akan tetapi, ada beberapa tone yang bagus digunakan.

Seperti pembahasan di atas, tone – tone tersebut dapat disesuaikan atau dikombinasikan dengan jenis warna lainnya sesuai keinginan pembuat desain. Menarik tentunya jika kombinasi warna ini berhasil menghasilkan sesuatu yang luar biasa dan menarik perhatian banyak orang.

Berbagai warna mewarnai kehidupan manusia. Hal ini juga yang memperngaruhi hampir setiap gerak – gerik kehidupan. Tidak dapat dipungkiri, banyak jenis warna yang dikenal di dunia hingga saat ini. Salah satunya warna nila yang sering dinilai sebagai warna indigo dengan berbagai makna lain di dalamnya.

error: Content is protected !!