Perbedaan Warna RGB Dan CMYK yang Wajib Kamu Pahami

 

Masih banyak orang yang tidak mengetahui mengenai perbedaan warna RGB dan CMYK, bagi kamu yang bekerja di bidang printing pastinya wajib untuk mengetahui beberapa perbedan antara kedua jenis warna ini. Sebab dengan mengetahuinya maka bisa menggunakan dengan tepat. Pastinya ketika ingin membuat desain spanduk maupun baju maka permainan warna sangat diperlukan.

Hal ini membuat tampilan spanduk maupun baju terlihat menarik, karena itulah dengan mengetahui mengenai warna RGB dan RCK ini diharapkan kamu bisa membuat hasil yang menarik, apalagi info ini adalah suatu hal dasar sehingga sangat disayangkan jika tidak mengetahuinya. Apalagi setiap warna juga memiliki fungsi tersendiri, dengan menggunakannya dengan tepat maka bisa menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual.

Oleh sebab itu sangat penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan warna RGB dan CMYK, apalagi kedua jenis kelompok tersebut memiliki fungsi tersendiri. Apalagi warna rgb dan cmyk merupakan hal tidak asing untuk ditemui ketika bekerja di bidang desain grafis nanti. Karena itu berikut beberapa perbedaan yang terdapat di kedua jenis warna ini.

Ditambah lagi kedua kelompok ini terdiri dari warna berbeda, sehingga jangan sampai menggunakan warna yang salah. Karena RGB dan CMYK merupakan singkatan dari warna yang terdiri di dalamnya. Walaupun terdiri dari beberapa warna maka bisa menghasilkan cetakan dengan berbagai warna, hal ini dikarenakan kedua kelompok ini jika dipadukan bisa menghasilkan warna beragam.

WARNA RGB

Mengenal Apa Itu Warna RGB?

Sebelum mengetahui mengenai perbedaan warna RGB dan CMYK maka hal dasar yang harus diketahui adalah apa itu warna RGB. Sebab jika tidak mengenal apa itu warna RGB maka bagaimana mengetahui perbedaannya dengan warna CMYK. Warna RGB sendiri merupakan kelompok warna terdiri dari red, green, dan blue. Warna ini sendiri berfungsi sebagai pencahayaan.

Tidak heran jika ketiganya digunakan pada bagian display monitor atau warna primer. Namun penggunaan RGB digunakan pada display monitor tergantung dengan teknologi yang dipakai pada LCD maupun CRT. Namun apabila ketiga dicampurkan maka akan menciptakan warna putih, kelompok RGB sendiri juga banyak digunakan pada media elektronik seperti monitor, televisi, maupun scanner.

Karena ketiganya termasuk dalam kelompok warna terang maka tidak heran jika tidak digunakan untuk dicetak namun hanya untuk display monitor. Kondisi seperti ini pastinya membuat kamu menjadi lebih bebas bermain dengan warna. Akan tetapi RGB tidak bisa sempurna digunakan apabila kapasitas komputer tidak baik. Namun jika menggunakan komputer yang bagus maka bisa menghasilkan RGB yang bagus serta berkualitas.

Oleh sebab itu dengan mengetahui seperti apa RGB itu maka bisa mengetahui perbedaan warna RGB dan CMYK. Jadi jangan sampai kamu menggunakan kelompok warna yang termasuk dalam RGB sehingga menghasilkan produk yang tidak menarik. Dengan menggunakan sesuai tempatnya maka bisa menghasilkan produk berkualitas, namun jangan lupa untuk menggunakan alat yang berkualitas sebab memberikan pengaruh besar terhadap hasilnya.

BACA JUGA:  Mengenal Warna Olive Beserta Cara Membuat Kombinasi

WARNA CMYK

Mengetahui Apa itu Warna CMYK?

Selain mengetahui perbedaan RGB dan CMYK maka wajib bagi kamu mengetahui apa itu CMYK. CMYK sendiri terdiri dari warna cyan, magenta, yellow, dan black. Warna ini sendiri disebuat sebagai warna proses atau 4 warna. Tentunya penggunaan warna ini bertujuan menjadi penyeimbang dari RGB, tidak heran jika berfungsi sebagai pengurangan gelombang cahaya yang dihasilkan oleh RGB.

Tentunya jika RGB terletak di layar monitor maka CMYK sendiri digunakan pada bagian printernya, hal ini bisa terlihat dari tinta printer yang terdiri dri 4 warna ini. Apabila kamu melewatkan salah satu warna maka dijamin bisa menghasilkan cetakan yang tidak bagus warnanya. Jadi sangat diharapkan ketika salah satu warna habis maka wajib menggunakannya apabila tidak ingin kecewa.

Tentunya jika tidak menggunakan warna CMYK maka tidak ada keseimbangan dalam perpaduan warna, sebab jika menggunakan RGB saja maka hasilnya akan terlalu terang sehingga menganggu penglihatan orang. Ditambah lagi hasilnya juga tidak menarik, oleh sebab itu dengan mengetahui perbedaan warna RGB dan CMYK maka bisa menggunakannya dengan tepat.

Bayangkan saja bagaimana buruknya hasil cetakan yang salah dalam menggunakan RGB dan CMYK ini ataupun salah satu warna CMYK diganti dengan warna lain. Sebab dalam printer apapun baik untuk kertas maupun baju maka tetap menggunakan 4 warna ini dan bukan warna lain. Karena perpaduan warna ini bisa menghasilkan warna yang pas.

BACA JUGA:  Arti Dan Sejarah Warna Merah dari Zaman Purba Hingga Jenisnya

Perbedaan Antara Kelompok RGB dan CMYK

Setelah mengetahui apa itu RGB dan CMYK maka wajib untuk kamu mengetahui perbedaan warna RGB dan CMYK ini. Beberapa perbedaan yang ada di dalamnya adalah seperti penggunaan pada alat percetakan, RGB biasanya pada monitor komputer tempat pembuatan desainnya sedangkan CMYK akan digunakan pada bagian printer untuk mencetak produk.

Selain itu perbedaan antara kedua kelompok ini adalah pada warna yang dihasilkan, dimana RGB akan menghasilkan warna terang jika dicampurkan yaitu warna putih. Sedangkan CMYK jika dicampur akan menghasilkan warna gelap yaitu hitam. Tentunya kedua jenis warna ini saling melengkapi, sehingga jika tidak menggunakan salah satu jenis warna saja maka bisa menghasilkan produk buruk.

Apalagi ketika membuat suatu produk maka dituntut untuk eye catching sehingga menarik di mata calon pembeli. Perbedaan pada kedua kelompok ini terletak pada penggunaan di bagian desainnya, dimana RGB akan digunakan pada desain yang masih berada di layar monitor. Namun CMYK pada desain yang telah dicetak, hal ini dipengaruhi pada alat yang menggunakan warna ini.

Oleh sebab itu inilah beberapa perbedaan antara kedua kelompok ini, karena itu sangat diharapkan kamu bisa menggunakannya dengan tepat. Serta yang harus diingat adalah jika salah satu warna disingkirkan maka bisa menghasilkan perpaduan buruk sehingga semuanya wajib digunakan. Jadi sangat fatal jika bekerja dibagian digital jersey printing namun tidak mengetahui perbedaan warna RGB dan CMYK.

error: Content is protected !!