Mengenal Warna Salem dan Elemen yang Terkandung di Dalamnya

 

Jika kita melihat asal – usulnya, warna salem ini tidak bisa lepas dari orange. Orang-orang seringkali menyebutnya sebagai salmon. Bahkan di dalam bahasa Inggris, warna kalem ini dikenal dengan sebutan salmon color. Artinya salmon ini memang sangat identik dengan daging ikan salmon segar.

Jika dilihat secara biasa saja, salmon adalah kombinasi antara orange dengan merah muda. Namun kalau melihatnya dengan lebih teliti, kamu bakal menemukan ciri khas dari salmon ini. Ciri yang paling kuat adalah warna merah mudanya yang seringkali terlihat samar menyerupai orange muda.

Kalau kamu mendapatkan sensasi tersebut pada saat melihat sebuah objek, bisa dipastikan kalau warna objek tersebut adalah salmon. Seringkali jenis warna ini dianggap sebagai peach. Padahal salem sebenarnya jauh lebih cerah. Warna ini juga lebih mendekati merah jambu.

Warna salem ini sendiri banyak diterapkan dalam berbagai jenis objek dari mulai pakaian, furniture, desain grafis, dan lain-lain. Ada nuansa damai dan santai saat warna ini masuk ke dalam mata kamu. Tidak heran kalau penggemar salem cukup banyak juga. Secara fashion, konsep salmon ini sangat pas untuk dikenakan oleh mereka yang berkulit cerah.

Kesan casual akan muncul dengan sangat kuat meskipun model fashion yang dikenakan terbilang resmi. Banyak sekali konsep fashion seperti ini. Kamu juga memiliki beberapa setelan fashion salem di rumah bukan? Bagaimana menurutmu? Setuju tidak kalau warna soft ini membuat penampilan terlihat casual?

BACA JUGA:  Mengenal Arti Warna Biru Sekaligus Kode RGBnya

WARNA salem

Salem Termasuk ke Dalam Kelompok Warna Pastel

Jarang orang tahu, salem ini termasuk ke dalam kategori warna pastel. Dikategorikan pastel karena warnanya memang cenderung muda. Ada banyak jenis warna lain yang termasuk ke dalam pastel di dunia ini. Contohnya adalah hijau muda dengan transparansi di atas 50 persen, dan warna lain juga tentunya.

Secara psikologi, pastel sangat erat kaitannya dengan kelembutan. Hal inilah yang kemudian membuat warna pastel identik dengan perempuan. Terutama untuk ranah fashion, salmon ini banyak diterapkan pada pembuatan pakaian, tas, sepatu, dan lain-lain. Saat dikenakan, salem juga memberikan nuansa manis dan cantik khususnya bagi kaum perempuan.

Apalagi kalau kamu pandai dalam mengkombinasikannya dengan warna lain yang cocok. Tentu penampilanmu akan jauh lebih maksimal dalam segala kondisi. Tidak selalu harus berkulit cerah, kalau kamu berkulit gelap sekalipun pastel ini masih bisa dikenakan asalkan kamu bisa menambahkan ornamen khusus agar penampilanmu tidak terlalu kontras.

Jenis – jenis dari Warna Salem

Meskipun termasuk ke dalam golongan pastel atau muda, ternyata salem ini terbagi menjadi beberapa jenis. Sejauh ini ada tiga turunan salmon yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera yang paling kamu gemari. Jenis pertama adalah light salmon atau salem muda.

BACA JUGA:  Perpaduan Warna Makin Mudah dengan Skema Warna

Warna ini merupakan yang paling soft daripada opsi salem itu sendiri. Biasanya salem ini diterapkan pada berbagai aspek seperti produk, fashion, desain grafis dan lain-lain. Seringkali juga diberikan ornamen sablon dengan corak khusus untuk menambah keindahannya.

jenis salem lain yang bisa kamu pilih adalah dark salmon atau salem tua. Jenis warna ini tentunya merupakan kebalikan dari salem muda. Pada varian warna ini, merah mudanya jauh lebih dominan. Namun nuansa orange juga masih terasa pekat.

Jenis warna salem yang terakhir adalah pink salmon atau salem merah muda. Inilah yang paling mirip dengan daging ikan salmon segar. Biasanya jenis warna ini digunakan dalam dunia fashion saja. Terutama fashion untuk perempuan karena banyak perempuang yang menggemari warna yang satu ini.

WARNA salem baju

Kombinasi Salem dalam Kehidupan Sehari – hari

Kalau kamu hendak mengkombinasikan salem dengan warna lain, sebaiknya gunakan kombinasi yang jauh lebih gelap. Tujuannya agar salmon yang muncul jadi jauh lebih kuat. Namun kamu juga bisa menyatukannya dengan warna muda kalau pandai memilih corak yang tepat.

Berdasarkan hasil riset, warna santai sangat pas jika dikombinasikan dengan orange, putih, khaki, hitam, abu muda, baby pink, biru pastel, dan denim. Kombinasi warna salmon dengan warna tersebut bisa membuat penampilan jauh lebih casual dengan nuansa yang seimbang dan segar.

Pengaruh Salmon Secara Psikologis yang Sangat Besar

Setiap jenis warna memberikan dampak psikologis yang sangat besar bagi mereka yang melihatnya. Begitu juga dengan warna salem ini. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli, jenis warna muda ini bisa memberikan energi bagi yang melihatnya, terutama rasa riang gembira dan ceria sehingga sangat berpengaruh pada psikologis seseorang.

BACA JUGA:  Warna Putih dan Serba-Serbinya yang Wajib Kamu Tahu

Tidak hanya itu saja, warna ini juga membuat mereka yang mengenakannya menjadi pusat perhatian. Namun disisi lain, salmon ini akan membuat mereka yang mengenakannya menjadi tenang. Karenanya varian pastel ini sangat pas untuk kamu aplikasikan saat menghadiri acara besar.

Selain beberapa dampak positif di atas, salem ini juga memberikan dampak positif pada mood kamu. Biasanya hati akan menjadi jauh lebih tenang saat melihat ornamen dengan salmon ini sendiri. Sangat pas juga kalau kamu berencana mendekorasi ruangan dengan varian warna satu ini.

Penggunaan Warna Salem Dalam Dunia Digital Printing

Tidak hanya dalam dunia fashion atau interior saja, salmon ini sering digunakan dalam dunia printing. Namun tentu saja tidak semua model printing akan pas dengan jenis pastel ini. Biasanya salem diterapkan pada desain logo, cover buku, banner, spanduk, neon box dan berbagai objek printing sublimasi lainnya.

Contoh penerapan salem dalam dunia nyata adalah desain banner cafe yang sedang mengusung tema valentine. Banner dengan tema ini sangat pas untuk menggunakan warna salem karena memiliki nuansa kelembutan, kasih sayang, serta romantisme yang kuat.

error: Content is protected !!