Macam-Macam Warna yang ada di Dunia

Tidak akan indah pada suatu obyek apabila macam-macam warna tidak ditambahkan untuk estetika dari obyek tersebut. Bisa dikatakan, di dunia ini akan sangat hampa apabila warna tidak ada. Terlebih lagi di zaman yang sudah sangat canggih seperti sekarang ini, ada banyak warna lain yang tercipta dan bisa digunakan untuk memperindah banyak hal.

Ada peribahasa juga yang sering melibatkan warna untuk mengatakan sesuatu yang indah dan bersifat positif. Sepenting itu sebuah warna pada kehidupan manusia. Beruntung kalian yang tidak menderita color blind, karena itu sangat menyiksa untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Mereka juga tidak akan pernah bisa mendeskripsikan seberapa indah berbagai corak rupa tersebut.

Bahkan pada dunia digital printing jersey, macam-macam warna menjadi hal yang sangat penting demi memenuhi pesanan dari klien. Mungkin dari mereka akan membuat logo, maka percampuran corak harus sesuai dengan identitas dari logo tersebut. Ada baiknya antara penyedia jasa dan klien jika ingin membuat logo, baju, yang berkaitan dengan printing harus didiskusikan bersama.

Seperti kita tahu juga, warna memiliki sejarah panjang, pengelompokkan dan paling penting adalah menyimpan arti di dalamnya. Hati-hati bila memberi hadiah kepada orang yang disayang, karena dari corak juga memiliki arti penting. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Sejarah Warna Hingga Tercipta Berbagai Macam Jenis

Sudah sangat sering melihat berbagai macamnya, mungkin kamu juga bertanya-tanya, kapan mereka semua ditemukan oleh manusia? Sementara itu, memang masih banyak dipertanyakan sejak dulu. Karena bahkan pada zaman batu, sudah ada banyak lukisan dinding gua berwarna dengan baik.

BACA JUGA:  Suka Warna Abu-Abu? Ketahui Jenis-Jenis, dan Psikologi Warnanya

Entah itu didapat dari daun, buah-buahan atau bahkan rempah, mereka membuatnya agar mendapat lukisan bagus dan lebih hidup menggunakan macam-macam warna tersebut. Banyak ahli berkata, bahwa ini merupakan spektrum spesifik yang terkandung dalam cahaya sempurna.

Kamu bisa lihat pada langit yang langsung cerah saat baru turun hujan, pasti ada pelangi muncul. Harus diketahui juga bahwa identitas mereka itu semua ditentukan oleh panjang gelombang cahaya.

Panjang gelombang mereka yang masih bisa dideteksi pada mata manusia yaitu sekitar 780 dan 380 nanometer. Ada banyak penelitian tentang warna pada dunia modern ini, tapi masih belum tahu kapan semua warna itu mulai tercipta.

Bahkan di Indonesia, lukisan dinding batu tepatnya lukisan di Sulawesi Selatan, Maros, Gua Leang-Leang, ada gambar sepotong tangan dan babi hutan yang sangat khas. Diperkirakan, semuanya itu disimbolkan sebagai visi mereka.

Jadi, macam-macam warna pada zaman batu, warna digunakan sebagai aspek kehidupan sehingga setiap gambar akan diberi pewarnaan berbeda seperti perisai, topeng dan benda-benda kuno lainnya. Saat zaman primitif itu, didominasi dengan merah, hitam, putih dan juga kuning.

macam macam warna

Warna Menurut Pengelompokkan Jenisnya

Mungkin kebanyakan orang bila disuruh menyebutkan jenis-jenisnya, akan mengatakan kuning, merah, hijau dan warna-warna yang sangat dikenal mereka sejak dari kecil. Tapi, sebenarnya sebelum itu, ada pengelompokkan menurut jenisnya.

BACA JUGA:  Arti Warna Gold dan Fakta Menarik di Dalamnya

Jadi sebenarnya untuk macam-macam warna yang dari dasar itu, sudah dipecah oleh kelompoknya dan dikenal oleh orang-orang di dunia ini. Orang bekerja langsung pada seni rupa, digital graphic dan sejenisnya harus paham tentang ini.

Hal tersebut sangat penting karena mereka juga menunjukkan sebuah identitas. Terlebih lagi bila berhubungan dengan psikologis orang yang menikmatinya. Maka, inilah pengelompokkan jenisnya :

Untuk corak ini memang terbentuk sendiri tanpa disertai dengan campuran lainnya. Jika kamu belum tahu, mereka adalah merah, biru dan kuning.

  • Sekunder

Apabila kamu mencampurkan 2 corak dari jenis premier, maka terbentuklah yang jenis sekunder. Semua itu adalah :

  1. Merah dari merah serta kuning
  2. Hijau campuran biru juga kuning
  3. Dan ungu atau violet dari biru dan merah
  • Intermediate

Pada lingkaran warna, untuk bagian intermediate berada di antara primer dan sekunder karena memang diciptakannya dari percampuran tersebut. Sebagai contoh corak ciptaannya adalah :

  1. Merah violet
  2. Merah jingga
  3. Kuning jingga
  4. Kuning hijau
  5. Biru hijau
  6. Biru ungu
  • Tersier

Masih campuran dari primer dan sekunder hingga menciptakan cokelat merah, cokelat kuning juga cokelat biru.

  • Kuarter

Sementara kuarter berasal dari perpaduan tersier hingga warna yang dihasilkan cokelat jingga, cokelat ungu, dan cokelat hijau.

Arti dari Macam-Macam Warna yang Kita Kenal

Seperti yang sudah kami terangkan pada penjelasan sebelumnya, corak mereka memang memiliki arti tersimpan. Mengetahui makna terkandungnya, sangat bermanfaat ketika akan memberikan hadiah, bisa menyesuaikan dengan keadaan orang tersebut.

BACA JUGA:  Makna dan Karakter dari Warna Jingga yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui bagaimana warna itu tercipta berdasarkan campuran dari masing-masing kelompok, menciptakan corak berbeda yang mengubahnya sangat indah hingga memiliki nilai estetik sendiri.

Selain memberi keindahan, mereka juga menjadi sebuah simbol perasaan secara jujur. Bisa dibilang, apabila enggan mengungkapkan sesuatu, bisa dikatakan dengan macam-macam warna pada benda yang diberikan.

Berikut ini kami akan memberikan contoh arti dari berbagai jenis dari mereka yang sangat membantumu dalam menentukan hadiah atau bahkan tema suatu acara :

  1. Hitam : gelap buruk dan hal-hal kurang baik.
  2. Putih : suci dan melambangkan sifat baik.
  3. Kuning : ceria, hangat, optimisme juga semangat.
  4. Merah : kuat, berani, tegas, aktif, dominan, hidup
  5. Cokelat : hangat, tenang serta nyaman.
  6. Ungu : memancarkan kekuatan, kesetiaan dan kepuasan.
  7. Biru : pemikiran jernih
  8. Hijau : selaras, seimbang, perdamaian hingga ketenangan.
  9. Merah muda/ pink : lemah lembut dan cantik

Temukan kepribadian sendiri pada semua penjelasan yang kami jabarkan tersebut. Dari sejarah hingga pembagiannya, memang macam-macam warna itu ada banyak dan sangat penting fungsinya bagi kehidupan manusia di dunia, hingga memiliki arti tersendiri.

error: Content is protected !!