Serba-Serbi Kain Milano, Bahan yang Nyaman dan Lembut untuk Pakaian

Dalam kebutuhan tekstil, terdapat banyak sekali jenis bahan baku yang digunakan untuk keperluan fashion. Kain milano menjadi salah satu yang digemari oleh masyarakat. Jenis kain tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari budget hingga cara pembuatan.

Mengenal jenis kain sangat penting untuk dilakukan sebelum membeli baju. Dengan begitu calon pembeli dapat mengetahui rentang harga yang disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan dalam pembuatan pakaian. Seseorang pun dapat mengetahui karakteristik kain dan kenyamanannya ketika dipakai.

Bagi yang ingin mendesain atau membuat baju sendiri, berikut ini informasi mengenai bahan tekstil milano yang perlu diketahui agar tidak salah ketika membeli.

Apa Itu Kain Milano?

Selain fleece, kain milano menjadi salah satu bahan premium yang banyak diminati masyarakat. Bagi yang memiliki kepribadian aktif, jenis kain ini sangat nyaman digunakan sepanjang hari. Bahan ini juga dapat menyerap keringat dengan sehingga membuat tubuh tidak lembab.

Milano merupakan jenis kain rajutan yang terbuat dari campuran katun, rambut, sutra, polyester, viskos, elastane, dan spandex dalam komposisinya. Selain itu, kain ini termasuk tebal sehingga tidak mudah hancur ketika dipotong.

BACA JUGA:  Mengenali Kain Twiscone, Tentang Karakteristik dan Peruntukannya

Terdapat beberapa tipe yang beragam tergantung dari segi ketebalan, bahan, dan penampilannya, seperti bahan jersey, academics, punto, dan roma. Masing-masing kain tersebut memiliki kegunaan dan pengaplikasian yang berbeda.

Karakteristik Kain

Setiap jenis kain memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan ini dapat dilihat melalui tekstur dan kenyamanan ketika dipakai. Berikut ini beberapa karakteristik dari kain milano yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum membeli.

1. Lembut

Kain milano merupakan terbuat dari bahan premium yang lembut terutama ketika dipakai atau disentuh. Selain itu, bahan ini juga terasa dingin apabila tersentuh oleh kulit. Tidak mengherankan, jika kain ini sangat nyaman digunakan beraktivitas sehari-hari.

2. Menyerap Keringat

Tidak hanya lembut, kain milano juga memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik. Hal ini karena material kain terdiri dari campuran cotton, sutra, polyester, hingga spandex. Sehingga sangat nyaman dan terasa ringan.

3. Aman dan Tahan Lama

Jenis ini termasuk aman digunakan tetapi harus melewati tahap pencucian terlebih dahulu. Tidak hanya itu, milano juga tahan lama karena memiliki tekstur kain yang tebal dan tidak mudah kusut ketika di potong atau bahkan dipakai.

4. Bentuk dan Warna

Meski bertekstur tebal, jenis kain ini terbilang tidak kaku, dan bahannya jatuh yang membuatnya semakin cantik dan elegan. Selain itu, bahan tersedia dalam berbagai macam warna dan motif yang terlihat mengkilat.

5. Mudah Rusak

Kain atau pakaian berbahan milano akan mudah rusak apabila melakukan perendaman dengan detergen dalam waktu lebih dari 1 jam. Tentunya hal tersebut dapat merusak struktur kain. Sebaiknya perhatikan instruksi dengan baik sebelum melakukan pencucian untuk mencegah kerusakan.

Baca juga: bahan kain lotto

Kelebihan dan Kekurangan

Milano memiliki sejumlah kelebihan yang disukai oleh banyak orang. Kain ini dikenal lembut dan tidak menimbulkan iritasi apabila sering bergesekan dengan kulit. Selain itu, bahan ini juga dapat menyerap keringat dan awet.

BACA JUGA:  Yuk Bahas Tuntas Seputar Kain Oxford

Bahan ini dilengkapi dengan tekstur ringan dan tidak kaku, sehingga ketika dikenakan akan jatuh ke bawah. Tidak hanya itu, kain memiliki warna yang cenderung mengkilap yang akan memberikan kesan premium dan glamour.

Meskipun memiliki struktur yang kuat, ternyata serat dari milano ini mudah rusak oleh cairan kimia. Pengguna tidak disarankan untuk merendam kain menggunakan deterjen terlalu lama. Pastikan tidak lebih dari satu jam ketika merendam.

Penggunaan Kain Milano dalam Fashion

Bahan milano ini bersifat universal yang dapat digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Struktur, komposisi, dan warna membuat kain ini pun cocok untuk menambah detail pada furniture dan desain interior, seperti gorden, sofa, sprei, penutup furniture, layar, dan lain sebagainya.

Untuk milano jenis dry fit bisa dipakai untuk pembuatan jersey printing olahraga seperti:

Selanjutnya, rajutan viscose, silk halus, serta spandex sangat cocok dan nyaman digunakan sebagai material untuk celana. Sedangkan serat kapas, rum dan viscose dengan ketebalan kecil ideal untuk material kemeja, atasan, blus, dan pakaian musim panas.

Cara Perawatan Kain yang Tepat

Sebenarnya kain milano ini memiliki perawatan yang sederhana, bahkan kualitasnya akan bertambah apabila sudah dibersihkan. Hal ini karena milano mempunyai elastisitas yang tinggi dan dapat menahan tekanan mekanis dengan baik. Jadi, pastikan untuk memahami jenis kain terlebih dahulu serta mencuci sesuai dengan instruksi pabrik.

BACA JUGA:  Kenali Lebih Dalam Tentang Kain Ripstop dan Kelebihannya

Serat sintetis atau bahan lain yang terdapat pada jenis kain ini direkomendasikan untuk mencucinya dengan air hangat, serta gunakan pula deterjen tanpa pemutih. Mengingat struktur kain yang kokoh, penggunaan mesin cuci dan pengering masih diperbolehkan dalam proses pencucian. Untuk menyetrika, pastikan untuk mengatur suhu tidak lebih dari 110 derajat.

Itulah ulasan selengkapnya mengenai kain milano yang perlu diketahui. Kain ini memiliki tekstur yang lembut dan ringan, sehingga sangat cocok untuk digunakan sehari-hari. Perawatannya pun cukup mudah asal mematuhi instruksi pabrik ketika mencuci, agar kain lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

error: Content is protected !!