Makna dan Karakter dari Warna Jingga yang Perlu Diketahui

 

Warna jingga, warna yang mengingatkan pada senja ini merupakan warna antara merah dan kuning dan dapat terlihat pada panjang gelombang 620-585 nm. Warna ini sering disebut dengan warna oranye dan identik dengan buah jeruk ini, memiliki banyak sekali macamnya.

Warna merupakan suatu elemen yang paling dominan dalam kehidupan. Warna juga dapat menunjukkan suatu perasaan terhadap sesuatu, objek, cahaya, maupun otak. Bahkan menurut Carl Gustav Jung, setiap warna memiliki makna, potensi, dan kekuatan mempengaruhi produktivitas, emosi, hingga suasana hati.

Fungsi warna ini juga sangat berpengaruh kepada perekonomian, salah satu roda perekonomian yang mengandalkan warna adalah industri garmen. Jersey printing adalah salah satunya, peran warna jenis jingga dalam proses printing dengan sublimasi sangat penting.

Sebab, dalam proses printing tentu harus ada kesesuaian antara warna yang diminta klien dan warna yang dihasilkan mesin print. Warna juga begitu penting dalam industri printing ini, sebab setiap konsumen memiliki pilihan warna berbeda yang menunjukkan emosi masing-masing.

Selain itu, warna juga sangat berperan penting dalam interior rumah dan dalam segala aspek kehidupan lainnya, termasuk di dalamnya adalah warna jingga. Di alam ini sangat menemukan jingga, tidak terpaku hanya kepada objek namun juga terhadap fenomena alam yang sering mencuatkan warna indah ini.

warna-jingga

Pengaruh Psikologi Jingga Bagi Pencintanya

Selain dapat dilihat dan dinikmati oleh mata, warna juga dapat menjadi pesan untuk mempengaruhi perilaku seseorang terhadap sesuatu. Seperti halnya jingga yang merupakan peleburan antara warna kuning dan warna merah. Kedua warna tersebut memberikan kesan hangat.

BACA JUGA:  Perbedaan Warna RGB Dan CMYK yang Wajib Kamu Pahami

Atas dasar ini banyak orang yang mengenakan warna yang identik dengan senja ini menjadi mengingat masa lalu yang penuh kehangatan tanpa ada nuansa menakut-nakuti. Sehingga, kenangan yang akan muncul hanya kenangan indah dan mengesankan.

Dalam pandangan psikologis, warna jingga menggambarkan kegembiraan dan kreativitas. Jenis warna ini memberikan energi positif. Sehingga apabila kamu sedang sedih atau kecewa, maka saat kamu melihat jingga semua peradaan itu akan hilang dan digantikan oleh perasaan nyaman dan bahagia.

Selain itu, jingga memiliki unsur agresif yang berasal dari warna merah yang dibalut keceriaan dan kelembutan warna kuning. Hal ini menunjukkan keseimbangan dari warna ini. Sebagian mereka pencinta jingga adalah orang yang berhati tulus dan memiliki banyak ide-ide baru.

warna-jingga

Makna Warna Jingga yang Perlu Diketahui

Menurut sebuah penelitian, jingga memiliki pengaruh terhadap faktor fisik karena dapat meningkatkan rasa lapar. Sebab jingga dapat meningkatkan selera makan seseorang. Warna ini juga identik dengan jeruk yang mengandung banyak vitamin C dan makanan lain yang menyehatkan.

Oleh sebab itu, warna ini sering digunakan untuk menghiasi interior restoran dan dapur, atau setidaknya menggunakan nuansa jingga. Warna ini juga sangat tidak disarankan menjadi dekorasi ruangan untuk orang yang sedang diet atau menjaga berat badannya.

BACA JUGA:  Mengenal Warna Primer, Jenis-Jenis, Serta Arti dalam Psikologi Warna

Warna jingga juga dapat memperoleh inspirasi seperti saat kamu melihat senja di sore hari, meningkatkan suplai oksigen menuju otak, mempermudah kamu dalam bersosialisasi, menambah kebijakan kamu dalam menentukan keputusan, memiliki kepercayaan diri yang baik dan pengertian.

Meskipun warna ini banyak memberikan dampak positif, namun jika kamu terlalu berlebihan warna ini dapat memberikan makna negatif. Makna negatif yang muncul dari penggunaan warna ini adalah egois, arogan, dan kurang memperdulikan orang lain.

Terlalu sedikit menggunakan jingga juga akan memberikan makna kurangnya motivasi dan kepercayaan diri, serta menggambarkan kesepian. Oleh sebab itu, penggunaan warna ini harus proporsional agar memberikan makna yang positif.

Karakter yang Positif Pencinta Jingga

Bagi kamu pencinta warna jingga, bisa jadi kepribadian mengesankan kamu ini memiliki kaitan yang erat dengan warna kesukaan kamu. Karakter positif yang kamu miliki karena menyukai warna ini sangat mengesankan dan bisa dibilang hanya kamu yang memiliki perpaduan karakter ini.

Kebanyakan dari pencinta jingga adalah sosok yang cerdas. Kamu mampu menyelesaikan semua masalah dari yang sepele hingga yang rumit tanpa mengalami kesulitan yang berarti. Hal ini disebabkan kamu memiliki cara cerdas dalam menyelesaikannya. Selain itu, kamu juga pandai dalam menyelesaikan masalah orang lain.

Kamu juga adalah tipe orang yang bersifat apa adanya meski di depan orang baru. Kamu tidak suka berpura-pura karena yang kamu inginkan adalah orang lain akan menyukai kamu apa adanya dengan karakter asli kamu. Hal ini jelas sangat positif untuk ditiru oleh siapa saja.

BACA JUGA:  Filosofi dan Cara Menciptakan Warna Lavender yang Perlu Diketahui

Selalu memiliki cara untuk terhindar dari masalah adalah salah satu karakter kamu pencinta jingga. Meskipun kamu pandai menyelesaikan masalah, namun kamu lebih suka tidak tersandung masalah. Sehingga dengan kecerdasan yang kamu miliki, kamu selalu memiliki cara jitu terhindar dari masalah.

Sama seperti kesan pertama melihat warna jingga yang menyegarkan dan memberi energi, kamu pencintanya juga memiliki karakter yang aktif dan energik. Karakter ini sangat menonjol saat kamu berada di luar ruangan dan karakter ini yang membuat kamu sangat disukai oleh banyak orang.

Karakter Negatif yang Paling Menonjol dari Pencinta Jingga

Setiap karakter positif akan selalu disertai dengan karakter negatif, hal ini juga berlaku bagi kamu pencinta jingga. Karakter negatif yang paling menonjol dari diri kamu adalah kurangnya konsistensi saat menentukan sesuatu. Kamu sering mengutarakan kata-kata yang mudah berubah, sebentar bilang iya dan sebentar bilang tidak.

Selain itu karena kamu memiliki karakter yang aktif dan energik, kamu ingin selalu menonjol diantara yang lain. Oleh sebab itu kamu akan menghabiskan energi untuk mencari perhatian banyak orang dan berusaha keras agar segala yang kamu lakukan menonjol diantara yang lain.

Meski begitu, kamu masih bisa mengendalikan karakter negatif tersebut dan tidak perlu merasa buruk karena sudah menjadi pencinta jingga. Sebab warna jingga akan memberikan kamu kekuatan emosional di masa-masa tersulit.

error: Content is protected !!