Kenali Warna Silver Lebih Dalam, Pengertian Hingga Kegunaannya

 

Warna silver memang tidak sepopuler jenis warna lainnya seperti merah, hijau, biru dan kuning yang biasa kita kenal pada lagu pelangi. Namun, silver ternyata sudah banyak kita jumpai di sekitar kita, hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa benda menggunakan jenis warna ini.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, pastinya sudah mengenal berbagai macam jenis warna, namun masih banyak sekali orang yang belum mengenal semua warna di sekitarnya. Hal ini disebabkan mata kita menangkap beberapa warna karena mampu menangkap spectrum cahaya yang dipantulkan pada benda-benda, dan diproses oleh otak.

Menurut beberapa peneliti salah satunya Brewster pada tahun 1831. Warna di dunia ini ada 4 kelompok. Yaitu warna primer, sekunder, tersier dan netral. Kelompok warna tersebut digambarkan dalam bentuk lingkaran warna yang biasa kita lihat di zaman sekarang ini, mudah kita lihat di internet.

Pengertian Warna Silver yang Perlu Diketahui

Makna warna secara umum ialah spectrum tertentu yang terdapat pada cahaya, identitas sebuah warna bisa ditentukan dari panjang gelombang pada cahaya putih tersebut. Contoh mudahnya biru memiliki panjang gelombang sebesar 460 nanometer. Untuk gelombang biasa bisa ditanggap oleh manusia berkisar 380-780 nanometer.

Adapun pengertian warna yang terkait dengan alat optis ialah interpretasi otak pada campuran tiga warna primer atau utama di antaranya ada hijau, biru dan merah. Sedangkan dalam seni rupa pengertian lainnya yaitu sebagai pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang ada pada permukaan sebuah benda.

BACA JUGA:  Mengenal Arti Warna Biru Sekaligus Kode RGBnya

Setiap warna memiliki arti tertentu, misal saja merah bisa diartikan sebagai keberanian, putih bisa diartikan sebagai kesucian, namun sebagian ada yang beranggapan bahwa putih bisa diartikan sebagai kematian karena mirip dengan kain kafan. Kuning ialah kehangatan dan hijau optimis dan tenang.

Adapun warna silver bisa diartikan sebagai sebuah warna yang bisa menciptakan kesan glamour, kemilau, mahal sesuai dengan karakter dari perak. Warna ini sebenarnya memiliki arti kurang lebih sama dengan warna gold atau emas. Di mana melambangkan kekayaan, harta, canggih, harmonis dan lain sebagainya.

Ada banyak perusahaan tertarik menggunakan jenis warna ini sebagai simbolnya. Hal ini sebagai doa atau harapan agar perusahaan atau bisnis yang sedang dibangun mampu maju dan berkembang sesuai arti dari silver. Penting pula untuk diketahui bahwa jenis warna ini hampir sama dengan warna perak kemilau.

Macam Kegunaan dari Warna Perak

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa perak merupakan silver. Jenis ini hampir mirip dengan putih namun lebih kehitaman. Banyak juga yang mengartikan salah karena menyamakannya dengan abu-abu. Ada banyak kegunaan warna silver yang bisa kamu pahami, di antaranya

  1. Dunia printing

Di zaman penuh modern ini ada banyak sekali teknologi canggih yang bisa kamu nikmati dengan mudah, salah satunya adalah digital printing. Cukup menggunakan printing kamu bisa membuat pakaian yang sama, seragam, benda-benda lucu yang sama dan segala hal berkaitan dengan bidang ini.

BACA JUGA:  Perbedaan Warna RGB Dan CMYK yang Wajib Kamu Pahami

Silver menjadi salah satu warna yang harus ada pada bisnis satu ini. Silver digunakan untuk berbagai macam hal dan inovasi yang akhirnya menghasilkan sesuatu yang menakjubkan. Contoh mudahnya silver bisa digunakan sebagai warna inti pembuatan baju berupa kaos dan celana.

  1. Dunia otomotif

Warna silver juga bisa kamu temukan pada dunia usaha otomotif, misal saja pada mobil dan motor. Ada banyak sekali alasan kenapa jenis ini dipilih banyak konsumen. Yang pertama bisa menjadi opsi pertama bagi pembeli mobil yang bingung memilih antara putih dan hitam.

Pilihan mobil secara tepat juga akan membuat mobil lebih tampak elegan, menarik dan menawan. Perawatannya juga lebih mudah dibanding putih. Agar tidak mudah rusak kamu harus merawatnya dengan mencuci atau mengelap jika mobil kotor.

  1. Sebagai pilihan fashion

Memang benar jika semua warna bisa masuk dalam dunia fashion, begitu juga dengan silver. Kamu bisa menemukan dengan mudah pada bidang fashion, baik pada pakaian, jersey printing, tas, sepatu, kerudung, topi, aksesoris kerajinan tembaga seperi gelang, cincin tembaga, dan berbagai macam produk lainnya. Selain fashion biasanya perak digunakan sebagai cat dasar.

BACA JUGA:  Dibalik Warna Pelangi dan Penggunaannya Pada Kehidupan Sehari-Hari

Perbedaan Warna Abu-abu dan Silver

Banyak orang mengira bahwa abu-abu merupakan warna silver, jika dilihat secara seksama sebenarnya warna netral yang masuk dalam kategori abu-abu. Untuk bisa membedakan keduanya kamu bisa melihat bahwa warna perak contohnya sendok dan abu-abu contohnya pasir.

Warna abu-abu masuk dalam kategori netral, sejajar dengan netral lainnya seperti cokelat, hitam, krem dan putih. Begitu juga dengan netral, di mana warna ini tengah-tengah antara hitam dan putih. Yang membedakan dengan abu-abu adalah silver lebih mengkilap.

Adapun dalam hal karakteristik atau kepribadian, abu-abu memiliki sifat lebih kalem dan tidak banyak tingkah, sedangkan silver cenderung lebih bersinar dan bersemangat. Abu-abu menyukai keseimbangan, tidak mencolok, ringkas dan efisien, sedangkan silver lebih menyukai sesuatu yang menonjol yang akan mewujudkan kesuksesan kedepannya.

Warna abu-abu cenderung menyukai rasa nyaman dan aman, sedangkan silver lebih menyukai hal menantang. Hal ini disebabkan silver memiliki karakteristik sama dengan dengan gold atau emas, yang mana emas simbol dari kesuksesan dan kekayaan ingin selalu berjuang dan bersemangat dalam meraih kekayaan dan harta.

Ada banyak sekali jenis warna di sekitar kita, salah satunya silver. Jenis ini memang bukan warna primer atau utama, namun keberadaannya sering digunakan sebagai warna penting dalam bidang tertentu. Warna silver ini bisa kamu temukan dalam berbagai bidang di sekitar kita, salah satunya cat dasar.

error: Content is protected !!