Filosofi dan Cara Menciptakan Warna Lavender yang Perlu Diketahui

 

Warna lavender sebanarnya bisa dikatakan sebagai warna ungu cukup cerah. Bahkan banyak yang bilang jika corak tersebut memiliki nilai terbaik dari berbagai macam jenis ungu lainnya. Untuk bisa mendapatkan lavender, memang harus mencampurkan warna-warna dari primer ke sekunder dengan massa yang sama agar tercipta sempurna.

Kali ini, kami memang akan memberi informasi penting bagimu, bagaimana mengkreasikan ungu, sehingga terlihat seperti corak lavender. Sudah pernah melihat bunganya, bukan? Sangat indah bila dipandang mata. Bahkan maknanya juga sangat dalam dan terkesan romantic.

Warna Lavender

Cara menciptakan warna lavender tidaklah sulit, asalkan memiliki dasar corak premier dan sekunder lengkap. Dimulai dari pembuatan ungunya terlebih dulu, kemudian mencampurkan berbagai jenis lagi, hingga menciptakan ungu terang seperti lavender dengan sempurna. Silakan simak penjelasan berikut, agar lebih memahaminya.

Arti dan Filosofi Lavender Beserta Fungsinya

Sebelum kami menjelaskan bagaimana pembuatan warna jenis lavender bagus melalui dasar ungu, ada baiknya untuk mengetahui arti, makna serta filosofinya. Sehingga tidak salah mengartikan suatu hal, ketika ingin menghadiahkan sesuatu spesial menggunakan warna lavender.

Warna Lavender

Begitu juga bila ingin memberi bunga tersebut, harus disesuaikan pada suasana pada saat menghadiahkannya. Warna lavender memiliki arti kesucian, cinta dan pengabdian. Sungguh dalam artinya dan tidak sembarangan.

Bahkan di Eropa sekalipun, jenis ungu yang satu ini memiliki makna kemewahan dan juga elegan. Sehingga banyak gaun, atau bahkan tema pesta menggunakan corak tersebut sebagai nilai estetik atau keindahan.

BACA JUGA:  Mengenal Warna Peach dan Jenis - Jenisnya Agar Tepat Digunakan

Menurut filosofinya, bahkan lavender melambangkan pertumbuhan seorang wanita hingga menunjukkan jati dirinya yang anggun. Bila dilihat lagi, memang hal tersebut juga menunjukkan keanggunan dari wanita yang mengenakan pakaian corak itu.

Namun, di sisi lain, lavender juga menunjukkan kesendirian. Tidak salah juga menyebutnya sebagai warna janda karena makna lainnya memang menunjukkan orang tersebut tidak berpasangan.

Meski begitu, apabila semua makna disatukan, bisa menjadi arti dari lavender bahwa wanita anggun dan cantik yang menghargai cinta tapi memiliki sifat mandiri, karena mereka juga tidak akan bergantung pada orang lain.

Warna Lavender

Menciptakan Warna Lavender Dimulai dari Pembuatan Ungu

Pada dunia desain digital, corak tersebut memang memiliki kesan istimewa dan cukup unik. Apabila diterapkan pada jersey printing dianggap memunculkan nuansa nostalgia serta melambangkan keajaiban dengan harapan tim tersebut bisa menang. Biasanya, pada desain, kode yang digunakan untuk menciptakan corak tersebut adalah #e6e6fa | RGB 230.230.250 | CMYK 8/8/0/2.

Berbeda ketika ingin mengecat suatu obyek benda atau bahkan ruangan hingga menciptakan warna lavender, dimulai dulu dengan dasarnya, yaitu ungu. Tidak begitu sulit bila menciptakan hal tersebut karena sudah ada tutorial pencampuran.

Langsung saja, cari jenis cat yang memiliki pigment bagus sebagai campuran agar ungu bisa tercipta, langkah-langkahnya yaitu :

  1. Ketika membeli catnya, harus memperhatikan pigmennya terlebih dulu. Sebagai contohnya, ada pigmen warna kuning pada cat merah, nanti ketika dioleskan memiliki bias kekuningan hingga mempengaruhi dengan cat lain yang dicampur.
  2. Kami sarankan, jika ingin membuat warna ungu sempurna harus memilih cat dengan pigmen kuning atau juga hijau yang akan mengeluarkan bias tersebut. Meski begitu, bias hijau menyumbangkan lebih banyak terciptanya corak yang diinginkan.
  3. Cara singkatnya, apabila ingin cepat menunjukkan keunguan pada semua cat tersebut, kami sarankan campurkan merah dengan putih untuk menciptakan permanent rose dan biru ultramarine. Apabila kedua warna tersebut dicampur, tercipta ungu yang bagus.
BACA JUGA:  Makna dan Karakter dari Warna Jingga yang Perlu Diketahui

Campurkan Corak Lainnya Hingga Tercipta Warna Lavender Sempurna

Terciptanya corak lavender, tidak lepas dari campuran warna lainnya sebagai pendukung. Dari nama lavender sendiri, memiliki berbagai macam jenis warna mulai dari yang terang hingga paling gelap sekalipun. Semuanya memiliki kode tersendiri.

Pencampuran ungu dengan warna lain untuk menciptakan warna lavender juga tidak boleh asal, harus ada aturannya. Coba lakukan pengujian corak dulu sebelum memberikan warna tersebut pada sebuah bidang, maka akan tercipta kesan lavender yang diharapkan oleh kamu sendiri.

Sebelumnya, apabila campuran warna permanent rose dengan biru ultramarine kurang menghasilkan ungu sesuai keinginan, tambahkan kembali warna birunya. Lakukan penambahan catnya setetes demi setetes agar memunculkan corak yang diinginkan.

Pastikan takarannya juga pas dan tidak berlebih agar ungu yang sudah dihasilkan tidak rusak hingga mengubahnya pada bias lain yang tidak masuk pada percampuran lavender. Berikut adalah langkah atau cara pencampurannya :

BACA JUGA:  Serba - serbi Warna Coklat Susu yang Wajib Kamu Ketahui

Memang pada dasarnya, lavender ada yang memiliki kesan lebih gelap dan mendalam. Jika ingin membuat yang seperti itu, pastikan mencampurkan warna ultramarine blue dalam jumlah banyak dari sebelumnya.

Selain itu pula, hitam juga cukup membantu. Akan tetapi, takarannya juga harus lebih sedikit. Cukup setetes saja, untuk menciptakan corak lebih dalam lagi.

  1. Memiliki arti yang anggun, lavender hangat juga sangat diperlukan. Jadi, untuk bisa memberikan kesan hangat tersebut harus ditambahkan dengan warna merah satu tetes saja. Jangan terlalu banyak.
  2. Namun, bila kamu adalah tipe orang ceria dan ingin memberikan kesan semangat dengan corak tersebut, maka tambahkan saja warna putih. Karena dasarnya memang lavender adalah ungu cerah, maka campuran putih akan sangat bagus.
  3. Ingin sesuatu yang lebih berbeda lagi, mungkin ada kesan kecoklatan, bisa dikatakan broken purple, tambahkan sedikit saja corak kekuningan hingga menghasilkan sedikit bias coklat.
  4. Bisa melakukan berbagai eksperimen lain hingga menemukan yang paling cocok dan sempurna bagi sendiri.

Pada ilmu desain memang semua itu memunculkan kesan nostalgia. Bila diterapkan pada kamar sendiri, maka ketenangan juga akan tercipta. Ada banyak lagi kombinasi pada warna lavender agar lebih natural dan sesuai dengan kepribadian sendiri. Jangan berfokus pada satu saja karena masih banyak jenis lainnya.

error: Content is protected !!