Mengenal Warna Ungu Berdasarkan Arti, Jenis-Jenis dan Psikologi Warnanya

 

Tidak sedikit orang pasti menyukai warna ungu. Karena jenis ini menjadi warna yang kerap kali dipadukan dengan warna atau rona yang cukup menenangkan. Ungu menjadi salah satu rona dengan percampuran violet serta magenta. Pada awalnya, nama ini diperoleh dari bahasa latin yaitu purpura.

Jika kamu menyukai rona ini, maka kamu merupakan orang-orang dengan sifat cenderung memikirkan perasaan serta kepentingan orang lain. Singkatnya, kamu sering mendahulukan kepentingan orang lain dibandingkan dengan kepentingan kalian sendiri. Walaupun begitu, pastikan kalian untuk tetap bersikap lebih hati-hati dengan sifat tersebut.

Karena tidak sedikit orang yang menyukai rona ini dan sering kali dimanfaatkan oleh orang lain. Karena mereka mengetahui bahwa kamu merupakan orang dengan sifat kepedulian cukup tinggi. Akibatnya, banyak orang mengambil keuntungan dari sikap kamu tersebut. Akibatnya, karaktermu akan menjadi kelemahan pada dirimu sendiri.

warna ungu

Sejarah Penggunaan Warna Ungu yang Perlu Diketahui

Mungkin kamu pernah berpikir kapan penggunaan warna atau rona ini. Pada dasarnya, rona tersebut merupakan panjang gelombang pelangi paling kuat. Bahkan, dalam sejarah ungu atau purple merupakan warna paling kuat yang berevolusi dari waktu ke waktu. Bahkan, asal- usulnya lebih signifikan dan menarik dibandingkan lainnya.

Jika dilihat dalam ilmu pra sejarah sendiri, keberadaannya telah ada sejak nenek moyang melihat pertama kali buah dengan rona tersebut. Tidak hanya buah namun juga bunga, burung, ikan, dan makhluk hidup lainnya. Karena rona ini sangat langka untuk ditemukan pada alam terbuka.

BACA JUGA:  Suka Warna Abu-Abu? Ketahui Jenis-Jenis, dan Psikologi Warnanya

Namun, sejalan dengan adanya perkembangan serta evolusi kian berkembang, corak atau warna ungu tersebut semakin bervariasi dan beragam. Bahkan, pewarna ungu paling terkenal berasal dari tahun 1900 SM. Karena butuh hingga 12 ribu kerang untuk melakukan ekstraksi terhadap 1,5 gram pewarna murni tersebut.

Sehingga, hal tersebut tidak cukup untuk melakukan perbaikan terhadap pakaian seukuran toga Romawi. Sehingga, tidak mengherankan jika warna tersebut kerap kali hanya dapat ditemukan pada kaisar serta individu istimewa. Dalam perjalannya sendiri, warna tersebut semakin kompleks akibat pigmen-pigmen variasinya.

warna ungu

Memahami Apa Saja Jenis-Jenis Warna atau Rona Ungu

Mungkin kamu masih berpikir dan penasaran apakan rona ini merupakan corak dengan 1 warna atau tidak. Karena terdapat berbagai macam karakteristik corak ungu yang wajib diketahui. Dalam ilmu di bidang desain sendiri, warna ungu memiliki arti atau makna cukup impresif.

Di sisi lain, mengingat dengan namanya sendiri, ungu atau purple memiliki beberapa jenis. Tepatnya terdapat 27 jenis wajib dipahami. Untuk rona utama sendiri adalah ungu. Sedangkan, untuk jenis-jenisnya mencangkup mulberry, terong, studio, terang, pucat, lipstik, plum matang, whisteria, thrian, ultraviolet, dan burung early.

Beberapa jenis lainnya adalah ungu biru tulis, royal, barat laut, mouve, pink mountbatten, elektrik, anggur, inggris, lavender, bunga irish, indigo, indigo elektrik, heliotrap, dan ungu gelap. Banyaknya warna ungu tersebut tentunya membuat kamu merasa bingung dan pusing untuk menentukan jenis terbaik sesuai dengan karaktermu.

BACA JUGA:  Memahami Warna Mint, Kode Warna, Jenis-Jenis, dan Perpaduannya

Namun, kamu tidak perlu bingung karena jenis rona ini memiliki karakter berbeda-beda dan sesuai dengan kepribadian. Akibatnya, jika kamu atau temanmu menyukai jenis ini walaupun dengan corak atau kecerahan beda, pada dasarnya memiliki karakter sama.

Mengenal Arti Rona ini dalam Perspektif Psikologi

Terdapat beberapa arti rona ini dalam perspektif psikologi. Pada dasarnya, jenis rona ini memiliki berbagai macam arti. Dimana, arti tersebut diantaranya adalah memiliki pengaruh, kekuatan spiritual, aspirasi tertinggi, simbol kerajaan, simbol kebangsawanan, misteri, harga, serta keajaiban.

Di sisi lain, seseorang yang menyukai rona ini adalah seseorang dengan tingkat kepercayaan dalam menghadapi suatu masalah dihadapinya. Mereka sangat meyakini bahwa apa yang dikerjakannya pasti akan mendapatkan hasil paling baik dan memuaskan untuk diri mereka masing-masing.

Secara ilmu psikologi sendiri warna ungu memiliki pengaruh sangat kuat terhadap suatu perasaan atau mood seseorang. Bahkan, rona atau corak ini mampu membawa seseorang terhadap adanya perasaan berbeda. Walaupun begitu, pada dasarnya rona tersebut dinilai sebagai corak yang menunjukkan adanya kepribadian pada setiap seseorang.

Dalam segi sosiologi sendiri juga dikenal sebagai seseorang misterius serta imajinasi. Bahkan, ungu tua dikenal dengan arti orang yang lekat terhadap kekayaan dan kemewahan. Sementara nuansa lavender melambangkan seseorang dikenal cukup feminisme, sentimental, serta menyukai hal-hal nostalgia.

BACA JUGA:  Perpaduan Warna Makin Mudah dengan Skema Warna

Keseimbangan Rona Ungu dalam Kehidupan

Pada dasarnya, corak tersebut merupakan corak yang memberikan kesan baik terhadap orang lain. Akan tetapi, penggunaannya harus tetap dipahami. Karena ketika banyak menggunakan coran tersebut, maka akan terjadi ketidak seimbangan antara warna gelap dan negatif bagi diri sendiri.

Hal tersebut dapat diketahui jika seseorang menggunakannya secara berlebihan atau tidak dikombinasikan, maka akan melambangkan bahwa seseorang tersebut merupakan seseorang mudah marah, berkesan sombong, serta arogan. Sementara itu, ketika menggunakan warna ungu sedikit maka melambangkan apatis serta negatif. Sehingga, pastikan untuk menggunakannya secara seimbang.

Di sisi lain, corak tersebut juga memberikan kesan hangat serta dingin jika dipadukan dengan menggunakan merah serta biru. Karena corak tersebut sangat tidak biasa digunakan dalam perpaduan alam. Di era kuno sendiri rona tersebut dipadukan sebagai imajinatif atau spiritual.

warna ungu

Bahkan, di era modern ini tidak sedikit seseorang atau industri seperti industri di bidang jersey custom menggunakan jenis corak ungu tersebut pada industri mereka. Karena ungu menjadi salah satu warna terbaik untuk digunakan dalam industri percetakan printing. Sehingga, tidak salah untuk menggunakannya.

Dengan menggunakan rona tersebut, maka akan memberikan kesan kehangatan bagi pemakainya. Karena rona ini sangat menarik bagi sebagian besar orang. Jika kamu merupakan seseorang yang ingin membangkitkan semangat, maka tidak salah jika menyukai rona tersebut. Walaupun begitu, pastikan untuk menggunakan warna ungu secara proporsional.

error: Content is protected !!