Fungsi Warna Burgundy dalam Dunia Desain dan Percetakan Digital

 

Bagi sebagian orang, warna burgundy mungkin menjadi salah satu warna yang asing karena kebanyakan dari kita hanya mengenal warna pokok saja, seperti mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nilai, dan ungu). Tidak heran jika kita merasa bingung saat mengetahui deskripsi yang mencantumkan warna satu ini.

Pada dasarnya, setiap warna memiliki peran atau fungsi yang sama, hanya saja nilai atau makna di dalamnya yang berbeda. Begitu juga dengan burgundy yang memiliki makna tersendiri dibanding warna lain sehingga kita wajib memahami warna tersebut sebelum akhirnya menggunakan dalam dunia desain atau percetakan digital.

Identitas Warna Burgundy yang Berasal dari Perancis

Burgundy lebih dikenal dengan nama warna merah tua layaknya warna anggur. Nama burgundy berasal dari Prancis dan pasalnya nama ini berarti orang Burgundy Jerman Kuno. Ada dua variasi yang kita kenal selama ini, yaitu burgundy cerah dan burgundy tua yang memengaruhi tampilan warnanya.

Seperti warna pada umumnya, warna ini juga digunakan sebagai lambang atau penanda yang membuat kita lebih mudah untuk mengingat sesuatu. Misalnya saja, dengan melihat warna ini, secara otomatis kita akan mengingat benda-benda atau hal lain yang berhubungan dengan burgundy, seperti jaket dengan brand ternama.

Sekarang ini, warna burgundy sedang happening sehingga sangat cocok untuk keperluan branding yang dapat memengaruhi persepsi seseorang. Warna yang sedang hits ini akan lebih mudah dikenali dan diingat masyarakat luas, apalagi jika kamu dapat memadukan dengan warna lain dan desain yang sesuai.

BACA JUGA:  Serba - serbi Warna Coklat Susu yang Wajib Kamu Ketahui

Memiliki Fungsi Sebagai Isyarat atau Alat Komunikasi

Selain sebagai identitas suatu kelompok atau produk, warna juga memiliki fungsi sebagai isyarat atau alat komunikasi. Warna mengandung makna atau pesan tertentu yang dipahami oleh kebanyakan orang, misalnya melambangkan kesucian, keberanian, kedamaian, dan lain sebagainya. Hal ini juga bisa kamu temukan dari burgundy.

Setiap warna melambangkan tradisi atau pola tertentu pada sekelompok masyarakat. Kelompok masyarakat yang satu mungkin mengartikan suatu warna berbeda dengan kelompok lainnya karena biasanya ini hanya dipahami oleh sebagian kecil orang. Namun, ada juga warna memiliki lambang atau makna yang sudah mendunia.

Warna burgundy terlihat seperti perpaduan antara warna merah tua dengan warna ungu. Warna ini sering digunakan dalam fashion karena menampilkan kesan yang mewah dan elegan. Begitu juga dalam dunia desain dan percetakan digital, banyak konsumen memilih burgundy saat mencetak poster, sablon, atau produk printing lainnya.

Makna Psikologi yang Terkandung dalam Warna

Bukan hanya sebagai alat komunikasi, setiap warna juga memiliki fungsi dalam kehidupan kita. Tanpa kita sadari, warna dapat menggambarkan kepribadian seseorang atau kecenderungan seseorang. Misalnya saja, orang introvert lebih suka warna dingin dan gelap, sedangkan orang ekstrofert lebih suka warna cerah dan panas.

Suasana di suatu tempat juga dapat digambarkan melalui pemilihan warna, misalnya warna gelap yang terkesan menyeramkan dan warna terang dengan cenderung menghasilkan warna ceria. Hal ini juga berlaku di dunia digital printing karena nantinya warna yang digunakan dapat menggambarkan atau memberikan kesan tersendiri.

BACA JUGA:  Arti Dan Sejarah Warna Merah dari Zaman Purba Hingga Jenisnya

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, warna burgundy identik dengan kesan elegan dan mewah. Jadi, bagi kamu yang ingin memberikan sentuhan yang indah pada brosur ini, maka dapat memilih warna ini untuk menambah kesan yang elegan. Dengan begitu, orang yang melihat brosur tersebut akan menggambarkan tempat atau sesuatu yang mewah dan elegan.

Estetika dari Warna Suatu Karya

Warna memiliki peran tersendiri jika kamu menggunakannya dalam sebuah desain, seperti memberikan keindahan suatu karya. Pemilihan warna menjadi satu hal yang sangat penting karena berpengaruh pada suatu hasil karya seseorang. Itulah mengapa kamu harus tahu karakteristik masing-masing warna sebelum menggunakannya pada desain digital printing.

Misalnya saja saat kamu membuat desain untuk jersey full printing maka harus memilih warna yang tepat agar jersey tersebut terlihat menarik dan indah. Salah satu warna yang paling banyak digunakan dan banyak digemari oleh sebagian orang adalah burgundy. Dengan warna ini, jersey akan terlihat lebih mewah dan berkelas saat digunakan.

Fungsi Sebagai Struktural atau Pengarah

Warna burgundy juga memiliki fungsi sebagai struktural atau pengarah agar orang yang membaca atau menikmati karya dapat melihat hal penting di dalamnya yang ingin disampaikan oleh desainer atau pembuatnya. Pada umumnya, warna hitam sering digunakan sebagai warna tulisan sehingga semua informasi terlihat sama.

BACA JUGA:  Mengenal Warna Peach dan Jenis - Jenisnya Agar Tepat Digunakan

Namun, beberapa informasi terkadang merupakan poin penting atau sesuatu yang ingin ditekankan sehingga harus ada pembeda dengan tulisan atau bagian lain dalam karya tersebut. Penggunaan warna yang berbeda bisa menjadi salah satu cara untuk membuat bagian penting tersebut terlihat lebih menonjol atau penting.

Ada dua macam burgundy cerah atau tua sehingga kamu dapat memilih sesuai dengan keinginannya. Apabila digunakan burgundy tua, maka tulisan di dalamnya harus berwarna lebih cerah, misalnya putih. Sebaliknya, jika burgundy cerah menjadi pilihan, maka tulisan di dalamnya harus lebih tua sehingga terlihat harmonis.

Asosiasi dari Warna secara Alamiah

Warna burgundy sedang menjadi perbincangan hangat karena menampilkan warna unik yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Warna ini memiliki properti yang melekat pada objek alam tertentu sehingga membuat kita memikirkan objek tersebut saat melihat warna yang serupa atau identik, misalnya anggur atau wine.

Burgundy menggambarkan bagaimana objek anggur terlihat begitu nyata. Sebenarnya, masih banyak objek lain yang identik dengan burgundy dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya warna langit saat sore hari, warna memar dan lain sebagainya. Dengan melihat warnanya saja, kita langsung mengasosiasikan objek alam tersebut.

Jadi, bagi kamu yang ingin menggunakan warna ini, pastikan untuk mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu agar makna yang ingin disampaikan sesuai dengan makna yang terkandung dalam warna tersebut. Melakukan percobaan terhadap warna burgundy juga harus dilakukan agar produk digital printing yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

error: Content is protected !!