Dibalik Warna Pelangi dan Penggunaannya Pada Kehidupan Sehari-Hari

 

Keceriaan bisa dilambangkan dengan warna pelangi karena semua yang ada dalam kombinasi tersebut, memiliki kesan cerah, gembira dan aura positif lainnya. Maka, tidak salah ada banyak peribahasa yang menggunakan nama pelangi untuk menyebutkan kegembiraan pada suatu hal. Bahkan jika melihat pelangi itu sendiri, ada kekaguman meski sering melihatnya.

Dari masih TK hingga sebesar ini, mungkin sudah banyak yang tahu ada berapa macam warna terdapat pada komponen itu. Padahal pelangi sendiri bisa dikatakan tercipta karena pembiasan cahaya setelah warna langit menghitam karena hujan mengguyur bumi.

Jika mengatakan bahwa pelangi itu ada 7, namun belum berakhir sampai di situ saja. Karena ada beberapa rahasia yang harus diketahui oleh banyak orang, hingga fungsi full color terdapat pada pembiasan cahaya tersebut, ketika sudah dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Seperti penjelasan detail ini, mungkin kamu akan memahaminya.

Pembentukan Warna Pelangi dan Fakta di Baliknya

Mari kita mengawali sub bab pertama dengan pembentukan pelangi menurut ilmiah, yang memiliki keterangan bahwa itu merupakan busur warna yang muncul pada langit, sesaat setelah perubahan cuaca tertentu. Biasanya dari hujan deras dan berubah panas serta cerah secara langsung.

Meskipun biasanya menemukan warna pelangi pada sebuah tempat-tempat yang dianggap umum dan ceria, serta penggunaan fashion bagi orang-orang dengan kepribadian terbuka seperti ekstrovert, ternyata banyak seragam olahraga menggunakan printing full color.

BACA JUGA:  Jenis Warna Maroon dan Psikologinya yang Perlu Diketahui

Pada digital printing yang menerima jasa pembuatan jersey full printing, ada banyak klub atau komunitas membuat seragam identitasnya dengan penuh warna layaknya pelangi. Dengan teknologi canggih masa kini, warna dihasilkan setelah cetak, akan sangat jelas dan bagus.

Dalam pembuatannya itu memang terinspirasi dari cerahnya pelangi dibentuk dari air pada udara kemudian dibiaskan oleh matahari. Itu berperan sebagai cahaya polikromatik, karena pada dasarnya memang matahari memiliki banyak warna.

Fakta baru lainnya mungkin belum begitu diketahui saat ini oleh kamu, bukan? Masih ada beberapa fakta lagi yang harus dikupas, yaitu :

– Tidak semua orang melihat warna sama pada sebuah pelangi yang muncul. Hal itu dikarenakan posisi dan jarak orang dalam melihatnya jelas tidak sama.

-Baik bentuk dan juga warna, ternyata dipengaruhi oleh posisi matahari. Sebuah pelangi bisa dilihat sempurna apabila matahari sedang berada pada sudut 42, yaitu waktu pagi dan sore.

-Dan fakta terakhir menyatakan bahwa pelangi sebenarnya tidak hanya satu jenis, tetapi terdapat 4, yaitu :

  1. Circular rainbow terjadi karena keberadaan pantulan cahaya
  2. Red rainbow akan muncul bila bersamaan dengan waktu senja.
  3. Dan terakhir reguler rainbow yang terjadi pada pagi dan sore.
  4. Lalu pelangi muncul pada saat siang hari.

Warna Pelangi

Manfaat Warna-Warni Pada Kehidupan Nyata

Mungkin orang yang suka dengan monochrome serta memiliki sifat tertutup, akan enggan sekali bila mengenakan pakaian full color karena terlihat sangat stand out. Artinya, berbeda dengan lainnya serta sangat mencolok.

BACA JUGA:  Fungsi Warna Burgundy dalam Dunia Desain dan Percetakan Digital

Namun, berbeda dengan orang ceria, terbuka dan membutuhkan perhatian dari banyak orang, justru warna pelangi cocok bagi mereka. Sudah sangat jelas memang bila penuh dengan corak cerah, menandakan kegembiraan serta keceriaan.

Meski beberapa orang tidak suka dengan banyak warna mencolok seperti pada pelangi, tapi dalam kehidupan nyata sehari-hari, memiliki manfaat tersendiri yang mungkin akan disetujui juga oleh para penggemar warna gelap.

Beberapa gambaran ini, mungkin banyak orang yang sangat setuju bahwa tema full color akan sangat cocok :

  1. Pada tempat biasa didatangi anak-anak. Misalnya PAUD, TK Daycare dan tempat area bermain pada mall atau supermarket. Karena beragam corak itu memang ciri khas anak-anak yang ceria.
  2. Untuk memancing banyak konsumen, kemasan full color pada sebuah produk memang menjadi faktor terbaik kesuksesan bisnis.
  3. Media belajar dengan penuh warna bisa meningkatkan daya ingat pada anak. Sehingga banyak metode belajar demikian dilakukan.
  4. Pada film animasi, ribuan color memang diikutsertakan demi menciptakan konten terbaik yang bisa disajikan kepada para penikmatnya.
  5. Tidak luput juga seni rupa juga membutuhkan banyak warna. Hal itu agar karya tercipta sempurna hingga terjual dengan nominal yang tinggi.

Warna Pelangi

Baca juga:

Makna Hidup yang Bisa Dipetik dari 7 Warna Pelangi

Tadi juga sempat kami sebutkan bahwa berbagai peribahasa menggunakan kata pelangi itu memiliki arti mendalam. Khususnya sebagai media pendorong semangat seseorang agar tidak semakin terpuruk.

BACA JUGA:  Mengenal Warna Pastel Lengkap dengan Karakteristik dan Penggunaannya

Bayangkan saja, ketika hidup yang dijalani terlihat abu-abu dan tidak ada perubahan, bukankah terkesan monoton dan membuat setres? Itu juga bisa menjadi penyebab pemikiran bahwa hidup sangat membosankan.

Tapi, berbeda bila ada warna kebahagiaan memoles kehidupan kamu sendiri, pasti memberikan suasana berbeda dan menjadi lebih berarti. Dari beberapa penggalan pernyataan berikut, mungkin bisa membuat kamu lebih menghargai hidup lebih baik lagi, yaitu :

  1. Setelah terjadi hujan deras serta gelap, ada waktunya berubah cerah hingga membiaskan warna pelangi yang begitu indah. Begitu juga pada hidupmu. Mungkin sekarang sedang kacau, pasti ada di mana suatu saat akan secerah mentari dan penuh corak kebahagiaan.
  2. Setiap warna memiliki makna berbeda, begitu juga manusia, tiap hidup mereka memiliki tujuan yang berbeda pula.
  3. Keindahan pelangi memang durasinya sebentar, itu mengajarkan kita untuk menghargai waktu indah yang ada meski tidak berlangsung lama.
  4. Memiliki 7 warna berbeda tapi ketika bersatu sangat terlihat indah. Maka, dalam hidup setiap perbedaan memang harus saling menghormati agar menciptakan keharmonisan.

Ada benarnya juga sebuah lagu anak-anak yang dulu kita nyanyikan. Memang sungguh indah pelangi itu hingga hanya Tuhan saja yang mampu menciptakannya. Sebagai manusia, harus mengambil dan memanfaatkan keindahan warna pelangi untuk segala hal bermanfaat.

error: Content is protected !!