Bahan Katun : Deskripsi, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan dan Jenis yang Ada Di Pasaran

Bukan rahasia umum lagi jika kain memiliki banyak sekali jenis yang bisa dimanfaatkan untuk membuat baju, salah satunya adalah kain katun. Kain atau bahan katun ini merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk membuat beberapa jenis pakaian. Hal ini dikarenakan kain katun memiliki banyak jenis yang tersedia di pasaran.

jenis bahan katun

Selain banyaknya jenis yang tersedia di pasaran, bahan katun juga memiliki kelebihan yang membuatnya memiliki banyak penggemar. Karenanya tidak heran jika kain ini sangat sering digunakan untuk beragam pakaian. Tidak hanya itu saja, kemudahan untuk mendapatkan bahan ini juga menjadi alasan lain mengapa kain ini begitu terkenal di kalangan pengusaha konveksi.

Apa Itu Bahan Katun

katun

Meskipun sudah banyak yang menggunakannya, namun masih banyak yang tidak mengetahui apa itu bahan katun sebenarnya. Secara sederhananya kain ini adalah bahan yang terbuat dari cotton atau kapas. Hal itulah yang membuat kain ini memiliki nama katun, yang diambil dari kata cotton. Benang yang menyusun kain ini merupakan benang yang terbuat dari serat kapas.

Karakteristik yang Dimiliki

Salah satu ciri khas dari kain yang satu ini adalah teksturnya yang sangat ringan dan sangat nyaman saat digunakan. Serat kain yang satu ini sangat halus, pada beberapa jenis bahannya bahkan kain ini memiliki tekstur lembut layaknya kain sutra. Hal ini dikarenakan kain yang satu ini tersusun dari bahan yang ringan.

Selain itu katun biasanya lebih banyak digunakan untuk membuat kaos, dan pada beberapa jenisnya agak mudah kusut saat digunakan. Untuk ketebalannya sendiri katun ini bisa dibilang memiliki banyak sekali pilihan. Ada beberapa yang memiliki ketebalan yang tebal sehingga cocok untuk pembuatan jaket, dan juga ada yang tipis sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan kaos oblong.

kain katun

Kelebihan

Melihat sekilas dari karakteristik yang dimilikinya, pasti sudah mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki oleh bahan katun ini. Meskipun begitu tidak ada salahnya jika kelebihan ini lebih dibahas secara mendalam dengan tujuan untuk memberikan gambaran kepada konsumen. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kain katun, diantaranya :

1. Kain Lebih Nyaman

Pertama yang menjadi kelebihan dari kain ini adalah kenyamanan yang didapatkan oleh penggunanya lebih ekstra. Dimana kain katun memiliki karakteristik yang lembut dan tidak kasar sama sekali ketika digunakan. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir kulit akan tergesek dengan permukaan kain yang kasar.

2. Adem Saat Digunakan

Selain nyaman karena lembut, bahan ini juga memberikan kenyamanan sebab saat digunakan bahan ini memberikan sensasi sejuk dan juga adem. Jadi tidak heran jika bahan ini banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan kaos. Sehingga sangat cocok untuk digunakan bahkan dalam keadaan yang panas sekalipun.

3. Bahan Lebih Kuat

Kain katun ini memiliki daya tahan yang bisa dibilang tinggi, karena bahannya memang lebih kuat. Bahan ini sangat tahan lama sehingga tidak mudah sobek ketika digunakan, dan aman untuk dibawa pada aktivitas yang memerlukan banyak gerakan. Selain itu meskipun bahan ini sering dicuci juga akan tetap aman.

4. Menyerap Keringat

Kelebihan yang lainnya dari bahan katun ini adalah mudah menyerap keringat dan juga mudah menyerap air. Jadi tentunya tidak akan menimbulkan bau apek saat digunakan yang disebabkan oleh keringat. Dengan begitu bahan ini juga memberikan kenyamanan yang ekstra kepada penggunanya karena tidak akan membuat apek dan pengap.

5. Tidak Membuat Alergi

Karena kain ini memiliki serat kain yang halus, maka bisa meminimalisir terjadinya alergi akibat adanya gesekan antara kulit dengan bahan. Tidak hanya itu saja karena karakteristik kain ini yang menyerap keringat, maka bisa dibilang akan menghindari penggunanya dari bakteri. Sehingga kain ini akan benar-benar sangat nyaman ketika digunakan.

bahan kain katun

Kekurangan

Selain kelebihan, bahan yang satu ini juga memiliki kekurangan seperti halnya bahan yang lain. Namun begitu bisa dibilang kalau kekurangan kain yang satu ini sedikit jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Adapun beberapa kekurangan yang sayangnya dimiliki oleh kain ini diantaranya :

1. Mudah Kusut

Pada beberapa jenis bahan dari katun ini ada yang mudah sekali kusut ketika digunakan. Hal ini biasanya terjadi pada jenis katun yang memiliki karakteristik lebih tebal. Namun begitu kekurangannya yang satu ini masih bisa disiasati dengan cara pakaian digosok dulu sebelum digunakan. Supaya saat dikenakan pakaian masih tetap rapi dan tidak terlihat kusut.

2. Beberapa Ada yang Menerawang

Sebelumnya sudah disinggung sedikit bahwa kain ini memiliki ketebalan yang beragam dan beberapa diantaranya yang tipis. Untuk bahan yang tipis ini, katun biasanya memiliki sifat yang agak menerawang. Sehingga ketika hendak memakainya ada baiknya untuk menggunakan dalaman tambahan.

3. Mudah Luntur

Selain mudah kusut, pada beberapa jenis ada juga kain katun yang mudah luntur saat digunakan. Biasanya ini dikarenakan pewarnaan yang tidak sempurna pada prosesnya. Hal ini menyebabkan kain menjadi mudah luntur, dan warna tidak bisa menempel dengan baik. Akhirnya kain akan mudah luntur ketika dicuci.

Jenis-Jenis Bahan Katun yang Ada Di Pasaran

Untuk jenisnya sendiri bahan ini bisa dibilang sangat banyak, sehingga kain ini bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan. Tentu saja setiap jenis-jenis kain katun ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan peruntukan yang berbeda-beda juga. Penasaran apa saja jenis-jenis kain katun yang ada di pasaran? Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Katun Jepang

Pertama adalah jenis yang terbuat dari 90 sampai 100% serat kapas dengan kualitas yang dimilikinya merupakan kualitas premium. Jadi tidak heran jika bahan yang satu ini sangat lembut saat digunakan, dan harganya lumayan tinggi. Biasanya kain ini memiliki motif yang cerah dan memiliki banyak pilihan warna.

2. Katun Linen

Harga kain jenis ini cukup mahal, hal ini dikarenakan kain yang satu ini memiliki proses pembuatan yang rumit. Kain ini memiliki tekstur yang lembut, agak kaku, dan juga dingin saat digunakan. Biasanya kain yang satu ini sering digunakan untuk membuat pakaian kasual baik untuk perempuan maupun pria.

3. Katun Flanel

Sepertinya sudah banyak yang menebak jika kain yang satu ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan kemeja. Karakteristik dari kain yang satu ini adalah tebal, sebab kain ini terbuat dari bahan wol. Sehingga memberikan sensasi rasa hangat ketika digunakan dan juga lembut disaat yang bersamaan.

4. Katun Rayon

Kain katun yang satu ini juga terbuat dari bahan campuran semi sintetis yakni campuran antara serat rayon dan juga kapas. Bahan ini ketika digunakan akan memberikan sensasi sejuk ke kulit, selain itu bahan ini juga ringan, nyaman, dan juga tidak licin. Permukaan dari kain yang satu ini juga lebih berkilau.

5. Katun Silk

Ciri khas dari kain yang satu ini adalah halus, lembut, dan juga licin saat digunakan. Hal ini dikarenakan bahan baku yang menyusun kain ini terbuat dari serat sutra, nylon, atau polyester. Bahan ini biasanya sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan gaun ataupun rok. Karena bahan ini terlihat lebih licin, dan juga memancarkan aura elegan kepada pemakainya.

6. Katun Combed

Meskipun berjenis kain katun, namun katun combed ini memiliki karakteristik tidak berbulu. Hal ini dikarenakan cara pembuatannya yakni combed yang bisa memisahkan serat –serat kapas panjang dan juga pendek. Metode combed ini juga sering disebut sebagai metode sisir.

7. Katun Spandek

Dinamakan katun spandek karena bahan yang satu ini terbuat dari campuran kapas dan juga bahan sintetis spandek (lycra). Salah satu ciri khas dari kain yang satu ini adalah sifatnya yang melar atau mudah diregangkan (stretch) sehingga banyak digunakan untuk bahan jersey. Meskipun begitu tingkat elastis yang dimilikinya biasanya ditentukan dari seberapa banyak serat spandek yang digunakan.

8. Katun Denim

Mungkin saat melihatnya pertama kali banyak yang menyangka bahwa bahan yang satu ini murni terbuat dari jeans. Padahal bahan ini terbuat dari murni katun namun dianyam dengan teknik twill. Hal inilah yang menyebabkan bahan ini memiliki pola seperti bahan denim, biasanya bahan ini digunakan untuk pembuatan jaket, rok, ataupun celana.

9. Katun Madinah

Untuk katun yang satu ini bisa dibilang merupakan jenis katun yang memiliki kualitas premium. Dengan harga yang lumayan tinggi, katun ini menawarkan kualitas yang tidak main-main. Katun ini memiliki permukaan yang sangat halus dan juga licin serta sangat lembut ketika digunakan.

10. Katun Supernova

Banyak yang menyangka jika katun flannel merupakan jenis katun yang paling populer di Indonesia, padahal ada jenis lainnya yakni supernova. Bisa dibilang hampir semua pakaian seperti gamis, baju, celana, rok, bahkan sampai hijab menggunakan bahan jenis ini. Kain ini memiliki karakteristik yang unik yakni ringan namun tidak jatuh.

11. Katun Bambu

Sesuai dengan namanya kain yang satu ini terbuat dari campuran serat bamboo dan juga serat katun. Karena terbuat dari campuran serat bamboo, maka bahan yang satu ini memiliki sifat yang ramah lingkungan. Selain itu bahan ini juga memiliki anti bacterial alami dan juga memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik.

12. Katun Minyak

Rasanya kain yang satu ini belum terlalu terkenal di kalangan masyarakat. Untuk karakteristiknya sendiri, sekilas kain ini mirip dengan kain sutera karena sama-sama memiliki kilap dan juga terkesan halus. Meskipun begitu kilap pada kain ini akan lama-lama menghilang ketika sudah lama dicuci.

13. Katun Toyobo Original Import

Bisa dibilang kain ini juga memiliki karakteristik yang premium sebab sama sekali tidak kaku, licin, halus, adem saat digunakan, dan juga ringan. Bahkan serat dari bahan ini juga rapi jika dilihat dari atas. Bahan ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan baju yang formil ataupun non formil.

14. Katun Ima Slub Import dan Ima Polos

Banyak yang bingung membedakan keduanya, padahal kedua bahan ini sebenarnya sama. Hal yang menjadi sedikit perbedaan adalah ima polos memiliki permukaan kain yang halus, sementara ima slub permukaannya lebih terlihat.

15. Katun Biasa

Terakhir adalah bahan katun biasa dan merupakan katun dengan kualitas yang paling rendah, sehingga pastinya harga yang dimiliki lebih murah. Meskipun begitu katun ini tetap masih mampu menyerap keringat, dan memiliki beragam pilihan warna.

Ternyata kain katun ini memang memiliki karakteristik yang luar biasa, dan juga banyak sekali jenisnya yang beredar di pasaran. Sehingga tidak heran jika bahan katun ini menjadi primadona di kalangan pengusaha konveksi. Karena itu kain katun ini bisa dibilang sebagai kain serbaguna yang bisa digunakan untuk beragam keperluan.