Inilah Jenis Bahan Kaos Terbaik yang Banyak Digunakan di Industri Tekstil

Bahan kaos – Kaos merupakan pakaian yang sangat identik dengan pria. Banyak pria yang lebih memilih menggunakan kaos dibandingkan dengan kemeja atau pun pakaian yang lainnya. Alasannya sederhana, karena kaos cenderung lebih simpel dan tidak ribet saat akan akan dikenakan.

Bahkan sekelas Mark Zuckerberg pun yang merupakan salah satu orang terkaya lebih suka menggunakan kaos dalam aktivitas sehari-harinya. Namun ternyata ada banyak sekali bahan kaos yang bisa dijadikan pilihan.

Nah pada kesempatan ini akan dijelaskan beberapa bahan pembuat kaos yang biasanya digunakan di industri tekstil. Ternyata kaos yang biasa digunakan sehari-hari oleh kaum adam ini memiliki beberapa bahan dengan karakteristik yang berbeda. Nah supaya tidak semakin penasaran lagi, mari langsung simak saja penjelasannya di bawah ini.

Bahan Kaos Single Knit

Bahan pembuat kaos yang pertama adalah single knit, bahan yang satu ini merupakan bahan yang paling umum digunakan dan hampir mayoritas kaos yang ada di pasaran terbuat dari bahan ini. Ciri khas dari bahan kaos dengan rajutan single knit yaitu bagian luar dan dalam kaos memiliki tekstur yang berbeda.

serat bahan kain

Berikut ini adalah beberapa jenis kain pembuat kaos yang termasuk single knit.

1. Bahan Kaos Distro Cotton Combed

bahan-kaos-katun-combed

Bahan yang satu ini biasanya banyak digunakan oleh distro distro ternama. Hal ini dikarenakan tekstur dari bahan pembuat kaos yang satu ini sangat halus sehingga begitu nyaman saat dikenakan dan juga bisa di sablon dengan berbagai jenis sablon manual. Selain itu juga bahan yang terbuat dari katun ini juga memiliki daya serap yang baik terhadap keringat. Jadi sangat cocok digunakan bagi pria yang mudah sekali berkeringat.

sumber: katalog mulia laksana

Hanya saja kekurangan dari cotton combed ini yaitu harganya yang relatif jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan pembuat kaos yang lainnya. Namun hal ini masih sebanding dengan kualitas bahan yang akan akan didapatkan. Setidaknya bahan yang satu ini dibagi kedalam tiga jenis:

  • Pertama Cotton Combed 20s : Memiliki ketebalan yang paling tebal
  • Kedua Cotton Combed 24s : Memiliki ketebalan sedang, tidak terlalu tebal maupun tipis
  • Lalu ketiga Cotton Combed 30s : Mempunyai ketebalan paling tipis sehingga paling banyak dicari

2. Cotton Carded

bahan kaos carded

Bahan terbaik selanjutnya yang termasuk single kit adalah cotton carded. Jika dibandingkan dengan saudaranya cotton combed, bahan yang satu ini mempunyai tekstur yang kurang begitu halus dan juga rata. Namun karena bahan pembuat utamanya adalah serat alami berupa kapas, cotton carded masih mampu menyerap keringat dengan baik.

Kelebihan bahan yang satu ini yaitu memiliki harga yang relatif lebih murah. Hal ini menjadikan cotton carded banyak dicari oleh kelas menengah maupun bagi yang memiliki budget terbatas namun ingin tampil keren ala distro.

3. Cotton Modal

bahan kaos cotton modal

Cotton modal merupakan bahan kaos terbaik yang termasuk single kit selanjutnya. Bahan yang satu ini merupakan campuran dari serat katun (cotton) dan juga serat kayu (beechwood). Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kain ini seperti halus, lembut, sejuk saat digunakan, awet, serta juga bisa di daur ulang.

Namun ada satu hal spesial yang hanya dimiliki oleh cotton modal. Kain yang satu ini memiliki permukaan yang berkilau serta lebih jatuh jika dibandingkan dengan kain yang lainnya. Pokoknya jika membutuhkan kaos yang memiliki bahan premium maka disarankan untuk menggunakan bahan jenis ini.

4. Cotton Bamboo

bahan kaos cotton bamboo

Sebagaimana Namanya, bahan single kit yang satu ini terbuat dari campuran cotton dan juga serat bamboo. Umumnya kandungan cotton pada kain ini bisa mencapai 70%, sementara 30% sisanya adalah serat bamboo. Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh kain yang satu ini, beberapa diantaranya adalah ringan di kulit, lembut, nyaman saat digunakan, anti bakteri, elastis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

sumber: katalog mulia laksana

Jenis bahan kaos terbaik yang satu ini sangat cocok digunakan untuk membuat baju ataupun kaos anak. Hal ini dikarenakan kulit anak-anak biasanya masih sensitif sementara bahan yang satu ini sangat cocok bagi yang memiliki kulit sensitif. Tak heran jika harga dari bahan yang satu ini juga cenderung lebih tinggi dibandingkan cotton combed.

5. Cotton Supima

bahan kaos cotton supima

Nah bahan single kit yang terakhir adalah cotton supima. Bahan yang satu ini bisa dikatakan sangat langka. Hal ini dikarenakan serat cotton pembuatnya hanya satu persen saja dari total produksi kapas yang ada di dunia. Tak heran jika cotton supima hanya digunakan oleh brand-brand tertentu saja.

Umumnya cotton supima ini dipakai untuk membuat kaos oleh brand pakaian dunia yang memang sudah sangat terkenal. Hal ini wajar saja karena bahan yang satu ini memiliki keunggulan serat kainnya lebih kuat, tekstur nya lebih lembut, serta warna yang dimilikinya juga lebih cerah dan cemerlang.

Bahan Kaos Fancy Fabrics

jalansilk.com

Bahan pembuat kaos yang selanjutnya adalah fancy fabrics, bahan yang termasuk ke dalam fancy fabrics merupakan bahan-bahan pembuat kaos yang memiliki corak unik dan menarik. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang tergolong ke dalam pembuat kaos yang satu ini.

1. CVC Shiro Chameleon

Bahan yang satu ini merupakan campuran dari cotton dan juga polyester. CVC Shiro Chameleon memiliki ciri khas campuran dua warna di dalam kainnya. Pertama adalah warna dasar dan kedua warna hitam. Corak warna yang dihasilkan oleh kedua corak tersebut terlihat cukup jelas pada kain yang satu ini.

2. CVC Threetone & Twotone

Sama dengan CVC Shiro Chameleon, bahan kaos yang satu ini juga terbuat dari campuran cotton dan polyester. Hanya saja CVC Threetone memiliki tiga campuran warna sekaligus di dalam kainnya. Ketiga warna tersebut adalah warna dasar, hitam, dan juga putih. Sementara untuk CVC Twotone terbuat dari campuran warna dasar serta warna putih.

3. CVC Astro

bahan kaos-cvc-astro

Kain yang satu ini memiliki dua campuran warna utama. Pertama warna dasar dan yang kedua adalah warna putih dengan motif garis garis yang terdapat pada permukaan kainnya. CVC astro mempunyai ketebalan yang tipis yaitu 30s sehingga nyaman dan tidak gerah saat akan digunakan.

4. CVC Fuzy

Dimana CVC Fuzy merupakan jenis kain pembuat kaos yang memiliki karakteristik unik. Selain tekstur kainnya lembut, bahan yang satu ini juga memiliki motif bulu halus pada bagian permukaan kainnya. Walaupun begitu bulu-bulu ini tidak akan menyebabkan gatal karena bahan ini terbuat dari serat yang alami.

5. Cotton Slub

Bagi siapa saja yang sedang mencari bahan kaos dengan tekstur benang timbul dan tenggelam, maka cotton slub sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Jenis bahan yang satu ini memiliki ciri khas pada permukaan rajutannya. Dimana rajutannya cenderung menebal dan menipis.

6. Cotton Galaxy

bahan kaos cotton galaxy

Nama lain dari jenis kain yang satu ini adalah Cotton Mamboo. Terbuat dari full cotton, bahan ini juga memiliki karakteristik yang cukup unik. Ya, cotton galaxy memiliki bintik warna-warni pada permukaannya sehingga banyak orang yang mencari jenis bahan yang satu ini. Ketebalan nya juga tidak terlalu tebal karena tergolong pada 30s.

7. Teteron Cotton (TC)

Jenis bahan yang satu ini terbuat dari campuran cotton combed dan juga polyester. Kandungan polyester biasanya lebih dominan karena mampu mencapai 65%, sementara sisanya merupakan cotton combed. Teteron cotton merupakan bahan pembuat kaos yang awet dan tidak mudah melar. Hanya saja kekurangannya yaitu kurang mampu menyerap keringat.

8. Chief Value Cotton (CVC)

Chief Value Cotton merupakan bahan terakhir yang termasuk ke dalam jenis bahan pembuat kaos Fancy Fabrics. Bahan yang satu ini memiliki tekstur yang lembut serta mampu menyerap keringat dengan baik sehingga cocok untuk dijadikan bahan pembuat outfit sehari-hari. Kain yang satu ini juga biasanya digunakan sebagai bahan utama untuk membuat kaos polo.

Jenis Bahan Kaos Lainnya yang Bisa Dijadikan Pilihan

Selain kain pembuat kaos yang termasuk ke dalam single knit dan juga fancy fabrics, ada juga beberapa jenis bahan yang tidak kalah berkualitas nya untuk dijadikan kaos. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang bisa dijadikan referensi saat nantinya akan membuat kaos.

1. Viscose

Viscose merupakan jenis kain pembuat kaos yang terbuat dari serat sintetis atau buatan manusia. Kelebihan dari bahan yang satu ini yaitu bagus dalam segi penyerapan warna. Jadi saat digunakan untuk membuat kaos warnanya tidak akan mudah luntur. Namun tentu saja harganya juga sebanding dengan kelebihan yang dimilikinya.

2. Wafer

Alasan kenapa bahan yang satu ini disebut wafer karena terdapatnya aksen kotak-kotak di permukaan kain yang satu ini. Bahan wafer banyak digunakan untuk membuat jersey atau kaos olahraga. Hal ini dikarenakan bahan yang satu ini terasa adem saat digunakan sehingga nyaman saat dipakai berlarian di lapangan.

3. Dri-fit

bahan kaos drifit

Para pecinta olahraga khususnya dunia kulit bundar pasti sudah tidak asing lagi dengan kain yang satu ini. Sama dengan wafer, dri-fit juga merupakan jenis bahan kaos terbaik yang banyak digunakan untuk membuat jersey atau pakaian olahraga. Hanya saja kualitas dari dri-fit ini jauh di atas wafer.

Selain mampu menyerap keringat dengan baik, bahan yang satu ini juga memiliki kekuatan yang baik serta bertekstur halus. Elastisitas nya juga tinggi sehingga sangat nyaman jika digunakan untuk berlarian di tengah lapangan.

Beberapa jenis produk yang biasa memakai bahan jersey dry fit diantaranya:

4. Yarn Dyed

Yarn Dyed merupakan jawaban bagi siapa saja yang menyukai motif kaos dengan motif warna-warni.  Bahan yang satu ini akan diwarnai terlebih dahulu sebelum kemudian dirajut menjadi bahan yang siap di jahit menjadi kaos. Hal inilah yang membuat perpaduan warna pada kain yang satu ini lebih simetris dan terlihat lebih rapi.

5. Hyget

Kain yang satu ini umumnya digunakan untuk membuat kaos dalam jumlah yang sangat besar seperti kaos untuk partai politik. Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan untuk membeli kain jenis ini tergolong murah. Kaos yang terbuat dari hyget juga umumnya tidak menyerap keringat dan juga sangat tipis.

5. Spandex

Bahan spandek merupakan jenis kain pembuat kaos yang memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik. Hal inilah yang menjadikan bahan yang satu ini banyak digunakan untuk membuat kaos dalam pria. Tekstur nya yang elastis membuat spandek ini terasa sangat nyaman saat digunakan sebagai bahan pembuat kaos dalam.

Itulah informasi seputar bahan kaos terbaik yang banyak digunakan di dunia konveksi atau pun industri tekstil. Ternyata jika ditelusuri secara lebih mendalam ada banyak sekali bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat kaos. Informasi ini tentu saja menambah wawasan bagi para pembaca bahwa kaos yang dikenakan oleh para pria itu bisa dibuat dari berbagai bahan yang masing-masing nya memiliki kelebihan dan kekurangan.